cover
Contact Name
Asrar Aspia
Contact Email
asraraspia@umsu.ac.id
Phone
+6283185759093
Journal Mail Official
jurnalilmiahmahasiswaedukasi@gmail.com
Editorial Address
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20238
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan
ISSN : 28080866     EISSN : 28080866     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] adalah jurnal ilmiah yang dikelola oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dengan melibatkan seluruh komponen akademisi yang ada di fakultas keguruan dan ilmu pendidikabaik pendidikan secara umum, pendidikan bahasa inggris, bahasa indonesia, akuntansi, pendidikan matematika, pendidikan guru sekolah dasar, bimbingan konseling. Jurnal ini akan terbit setiap 2 bulan sekali. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] telah memiliki ISSN Online (2808-0149), diterbitkan 6 kali dalam setahun pada bulan Januari, Maret, Mei, Juli, September, November tahun 2023. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] ini telah terakreditasi Google Scholar.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2022)" : 8 Documents clear
Pengaruh Layanan Informasi Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Orientasi Karir Peserta Didik Dalam Pilihan Jurusan Siswa Di Kelas Viii Smp Al- Wasliyah 30 Medan Tahun Ajaran 2020/2021 Jelika Mutia Sari
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (503.477 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan informasi berbasis multimedia untuk meningkatkan orientasi karir siswa dalam pilihan jurusan di kelas VIII SMP AL-Wasliyah 30 Medan. Subjek penelitian ini adalah 30 orang siswa di kelas VIII A dan B. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Desain yang digunakan One-Group Pretes-Posttest Design. Dalam penelitian ini ada dua kelompok yaitu kelompok control dan eksprimen untuk membandingkan kedua kelompok. Dalam pengambilan data diukur sebelum dan sesudah perlakuan menggunakan angket (kuisoner) yang terdiri dari pertanyaan mengenai orientasi karir. Dalam pengujian Hipotesis menggunakan SPPSS (Statistical Product and Service Solution) for windows release 20.0. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa sebelum diberikan perlakuan (Pre-Test) kepada kelompok control diketahui rata-rata 41 kategori rendah sedangkan kelompok eksprimen diketahui bahwa rata-rata 40 kategori rendah. Kemudian berdasarkan penelitian diberikan perlakuan (Post-Test) kepada kelompok eksprimen dalam layanan informasi berbasis multimedia diketahui rata-rata 85 kategori sangat tinggi,sedangkan kepada kelompok control dalam layanan informasi menggunakan metode ceramah diketahui rata-rata 74 kategori tinggi. Jadi berdasarkan hasil penelitian: 1) Terdapat perbedaan yang signifikan orientasi karir siswa pada kelompok eksperimen, sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) mengikuti layanan informasi yang mengkombinasikan metode ceramah dan berbasis multimedia. 2) Terdapat perbedaan orientasi siswa pada kelompok kontrol, sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) mengikuti layanan informasi yang menggunakan metode berbasis multimedia.3) Tidak terdapat perbedaan orientasi karir siswa pada kelompok eksperimen yang diberikan layanan informasi yang mengkombinasikan berbasis multimedia.
Pengembangan Lkpd Matematika Materi Bangun Ruang Berbasis Etnomatika (Melalui Eksplorasi Alat Musik Tradisional Khas Batak Toba) Siska S
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (440.444 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara matematika dan budaya, khususnya dalam alat musik khas Batak dan menghasilkan pengembangan LKPD berbasis etnomatika pada materi bangun ruang dan RPP pada siswa SMP/MTs. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan R D yang dikemukakan oleh Sugiyono yang meliputi 10 langkah yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi produk, (5) revisi validasi, (6) uji coba produk, (7)revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi pemakaian dan (10) produksi massal, namun penelitian ini hanya sampai uji coba produk. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan lembar validasi RPP dan lembar LKPD matematika. Perolehan hasil rata-rata validasi oleh kedua validator untuk RPP masing-masing bernilai 4,6 dengan kategori sangat baik dan persentase mencapai 92% atau sangat layak dan perolehan hasil rata-rata validasi oleh kedua validator untuk LKPD masing-masing bernilai 4,9 dan 4,7 dengan kategori masing-masing sangat baik dan persentase mencapai 95,3% atau sangat layak. Hasil uji coba LKPD matematika yang dikembangkan disimpulkan telah layak dan mendapatkan respon yang baik dari siswa dengan mendapatkan skor rata-rata 4,7 dan persentase 95,5 % yang artinya sangat layak.
Pengembangan Media Bangun Datar Melalui Tari Mak Inang Berbasis Puzzle Matematika Tahun Pelajaran 2020/2021 Masda Zatira Pohan
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (528.95 KB)

Abstract

Menurunnya kemampuan berpikir peserta didik dalam mata pelajaran matematika pada materi bangun datar disebabkan karena tingkat kecerdasan peserta didik berbeda-beda dan metode penyampaian guru sehingga peneliti mendesain sebuah alat peraga pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain pengembangan media bangun datar melalui tari mak inang berbantuan puzzle matematika. Peneliti ini adalah penelitian pengembangan (RnD) menggunakan model 3-D yaitu pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop). Instrument penelitian adalah angket uji kelayakan ahli. Berdasarkan hasil validasi ahli dari hasil penelitian akhir pada IPPP-1 oleh ketiga ahli dengan rata-rata skor 3,33 dengan persentase 83,33% memenuhi kriteria layak. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa desain pengembangan media bangun datar melalui tari mak inang berbantuan puzzle matematika.
Desain Eskalasi Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Contextual Teaching And Learning (Ctl) Pada Pokok Bahasan Himpunan Deni Indriani Tampubolon
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (333.769 KB)

Abstract

Bahan ajar yang terlalu monoton dan tidak memiliki warna pada LKPD yang saat ini digunakan banyak siswa disekolah membuat siswa kurang tertarik untuk melihat bahkan membacanya. Tujuan penelitian ini adalah Bagaimana desain pengembangan dan kelayakan lembar kerja peserta didik (LKPD) Matematika dengan menggunakan model contextual teaching learning pada pokok bahasan Himpunan.Apakah lembar kerja peserta didik (LKPD) yang dikembangkan dapat menggunakan model contextual teaching learning pada pokok bahasan Himpunan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (RnD) menggunakan model 4-D yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). Namun dimodifikasi menjadi 3-D karena media penerapannya tidak sampai penyebaran. Instrumen penelitian adalah angket uji kelayakan RPP dan angket uji kelayakan LKPD. Berdasarkan hasil validasi Ahli, dari hasil penilaian akhir pada validasi RPP oleh ketiga ahli dengan rata-rata 4,4 dengan persentase 88,6% yaitu kategori Sangat layak. Hasil penilaian akhir pada validasi LKPD oleh ketiga ahli dengan dengan rata-rata skor 4,5 dengan persentase 87,2% yaitu kategori Sangat layak. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan Lembar Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis (LKPD) Berbasis Contextual Teaching Learning (CTL) Pada Pokok Bahasan Himpunan sangat layak digunakan.
Penerapan Perangkat Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Komputer Untuk Meningkatkan Semangat Belajar Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Di Kelas VIII Mts Ta’dib Al-Mualimin Al-Syakirin Tetty Andryani Nasution
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (557.308 KB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk: (i) mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa menggunakan media pembelajaran multimedia interaktif berbantuan komputer, dan (ii) mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika dengan mengguakan media pembelajaran multimedia interaktif berbantuan komputer di MTs. Ta’dib Al-Muslimin Al-Syakirin. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs. Ta’dib Al-Muslimin Al-Syakirin yang berjumlah 33 orang, sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah hasil belajar matematika siswa pada materi sistem persamaan dua variabel. Intrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes (tes awal, tes tindakan I pada siklus I, dan tes tindakan II pada siklus II), dan observasi. Berdasarkan hasil analisis data, dari tes awal diperoleh awal diperoleh 11 siswa (33,3%) yang mengalami ketuntasan belajar, setelah diberikan tindakan, pada akhir siklus I terjadi peningkatan ketuntasan belajar menjadi 30 siswa (57,6%), dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 30 siswa (91,4%). Selain itu, berdasarkan hasil observasi dari seluruh siklus terlihat bahwa telah terjadi peningkatan dalam pemecahan masalah dan motivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran.
Pengembangan Tari Serampang 12 Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Materi Geometri Transformasi Siska Anggi Pratiwi
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (711.874 KB)

Abstract

Kesulitannya pemahaman konsep oleh peserta didik salah satunya disebabkan karena matematika mempunyai tingkat keabstrakan yang tinggi sehingga peneliti mendesain sebuah media pembelajaran berbasis media pembelajaran etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain pengembangan tari serampang 12 sebagai media pembelajaran etnomatematika. Penelitian ini adalah merupakan penelitian pengembangan (RnD) menggunakan model 3-D yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop). Instrumen penelitian adalah angket uji kelayakan ahli. Berdasarkan hasil validasi ahli, dari hasil penilaian akhir pada kelayakan tari serampang 12 sebagai media pembelajaran etnomatematika oleh ketiga ahli dengan rata-rata skor 3,53 dengan persentase 88,38% memenuhi kriteria layak. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa desain pengembangan tari serampang 12 sebagai media pembelajaran etnomatematika materi geometri transformasi layak digunakan.
Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Konformitas Peserta Didik Di Kelas X Sma Swasta Pab 8 Saentis Tahun Pembelajaran 2020/2021 Mia Anggraini
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (450.648 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan konformitas siswa kelas X SMA Swasta PAB 8 Saentis. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan metode penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Objek dalam penelitian adalah siswa kelas X IPA yang berjumlah 8 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara dengan teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah Sebelum diterapkan layanan bimbingan kelompok, siswa cenderung mengikuti bagaimana penampilan orang lain yang dianggap keren tanpa melihat diri bahwa mereka masih sekolah. Siswa tidak memperhatikan norma yang berlaku di sekolah sehingga mereka menjadi tidak taat dan melanggar semua kesepakatan yang telah disepakati ketika masuk ke sekolah ini. Awalnya konformitas kelompok ini mengarah pada hal negatif dengan jumlah anggota 8 orang dengan perilaku diantaranya mengeluarkan pakaian, tidak memakai simbol, tidak memakai dasi dan tidak memotong rambut sehingga terlihat tidak rapi. Setelah diterapkan layanan pertama siswa sudah mulai berfikir untuk merubah penampilan mereka dan berusaha meningkatkan konformitas kelompoknya kearah yang positif. Setelah diterapkan layanan kedua siswa yang awalnya memiliki konformitas kelompok kearah yang negatif meningkat menjadi positif dengan mereka mentaati peraturan dan kesepakatan dengan sekolah. Berpenampilan rapi, memasukkan pakaian, memakai dasi, serta memotong rambut menjadi rapi dan enak dilihat. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok dapat Meningkatkan Konformitas Siswa di Kelas X SMA Swasta PAB 8 Saentis Tahun Pembelajaran 2020/2021.
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Interaktif Berbasis Ict Berbantuan Software Construct 2 Untuk Peserta Didik Mts Meyly Andyny
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (682.809 KB)

Abstract

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan bahan ajar yang digunakan untuk memaksimalkan pemahaman siswa. LKPD memuat sekumpulan tugas mendasar siswa yang dilengkapi dengan materi, ringkasan, serta petunjuk pelaksanaan yang sesuai dengan indikator pencapaian. Penggunaan LKPD dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana LKPD interaktif berbasis ICT berbantuan software Construct 2 untuk siswa MTs kelas VII pada materi hubungan antar sudut serta untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D atau 4-P yang dimodifikasi menjadi tiga tahap, yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop). Subjek penelitian ini adalah siswa MTs Amaliyah Sunggal kelas VII dengan menggunakan skala kecil sebanyak 10 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket yang terdiri dari angket penilaian ahli materi, angket penilaian ahli media, dan angket respon siswa. LKPD interaktif berbasis ICT berbantuan software Construct 2 pada materi hubungan antar sudut yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat layak digunakan untuk siswa MTs kelas VII. Kelayakan terlihat dari hasil penilaian validator, dimana dari hasil penilaian ahli materi diperoleh nilai 88,2% dengan kategori sangat layak, dari ahli media diperoleh nilai 88,4% dengan kategori sangat layak, dan angket respon siswa diperoleh nilai 91,8% dengan kategori sangat menarik.

Page 1 of 1 | Total Record : 8