cover
Contact Name
Asrar Aspia
Contact Email
asraraspia@umsu.ac.id
Phone
+6283185759093
Journal Mail Official
jurnalilmiahmahasiswaedukasi@gmail.com
Editorial Address
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20238
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan
ISSN : 28080866     EISSN : 28080866     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] adalah jurnal ilmiah yang dikelola oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dengan melibatkan seluruh komponen akademisi yang ada di fakultas keguruan dan ilmu pendidikabaik pendidikan secara umum, pendidikan bahasa inggris, bahasa indonesia, akuntansi, pendidikan matematika, pendidikan guru sekolah dasar, bimbingan konseling. Jurnal ini akan terbit setiap 2 bulan sekali. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] telah memiliki ISSN Online (2808-0149), diterbitkan 6 kali dalam setahun pada bulan Januari, Maret, Mei, Juli, September, November tahun 2023. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] ini telah terakreditasi Google Scholar.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 3 (2022)" : 8 Documents clear
Penerapan Layanan Informasi Dalam Membantu Kesiapan Karir Siswa/I Kelas XI Ipa SMA Swasta Ypk Medan T.A 2019/2020 Mudrikah M
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 2, No 3 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (395.822 KB)

Abstract

Layanan informasi merupakan usaha konselor dalam membantu siswa untuk membekali informasi sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh siswa, dalam menunjang keberhasilan siswa terutama dalam menentukan karir dimasa yang akan datang. Topik dalam layanan informasi ini adalah membantu kesiapan karir siswa dengan menggunakan layanan informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu kesiapan karir siswa baik dalam memasuki dunia pekerjaan maupun memasuki perguruan tinggi setelah tamat dari sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian layanan dengan menggunakan penelitian tindakan bimbingan dan konseling kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak 1 kelas yang berjumlah 20 orang. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan google form yang sesuai dengan penerapan layanan inforasi dalam membantu kesiapan karir siswa kelas XI IPA SMA Swasta YPK Medan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data memaparkan data dan mengambil kesimpulan. Perubahan yang dialami siswa bisa dilihat pengamatan pertama yang mendapatkan hasil 25%. sesudah melaksanakan tindakan lanjutan ataupun pengamatan kedua diperoleh hasil sebanyak 80%. Jadi bisa dikatakan bahwa siswa sudah mengalami perubahan. Dari hasil penelitian yang diketahui bahwa penerapan layanan informasi dalam membantu kesiapan karir siswa kelas XI IPA SMA Swasta YPK Medan sudah berhasil dilaksanakan dengan hasil yang sangat baik.
Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Perilaku Menyontek Kelas X TKJ Tamansiswa Medan T.A 2019/2020 Nidya Bella Agustina
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 2, No 3 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (263.47 KB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana layanan bimbingan kelompok untuk mengurangi perilaku menyontek kelas X TKJ Tamansiswa Medan Tahun Ajaran 2019/2020.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui layanan bimbingan kelompok untuk mengurangi perilaku menyontek kelas X TKJ Tamansiswa Medan Tahun Ajaran 2019/2020.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif.. Objek penelitian ini sebanyak 10 siswa kelas X yang memiliki ciri-ciri perilaku menyontek tinggi. Sample yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Instrumentasi pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Dengan dilakukannya Bimbingan Kelompok untuk mengurangi perilaku menyontek.Untuk mengurangin perilaku menyontek pada siswa kelas X TKJ Tamansiswa Medan Tahun Ajaran 2019/2020 terjadi menurunkan prilaku menyontek pada siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat digambarkan bahwa perilaku menyontek siswa telah menurun yang mulanya 80% menjadi 30%
Implementasi Layanan Penguasaan Konten Untuk Mengembangkan Kreativitas Belajar Anak Berbakat Kelas VIII Smp Muhammadiyah 07 Medan T. A 2019/2020 Ita Lestari
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 2, No 3 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (466.891 KB)

Abstract

Siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 07 Medan memiliki kekurangan untuk mengembangkan kreativitas belajarnya dan juga sulit untuk membuat suatu konsep dari pembelajaran. Mereka susah untuk membuat ide kreativitasnya dengan berbagai bidang studi yang ada disekolah tersebut. Mereka bingung untuk membuat ide kreativitasnya agar terlihat catatan menjadi menarik.Permasalahan dari penelitian ini adalah tentang penerapan layanan penguasaan konten untuk mengembangkan kreativitas anak berbakat.Tujuan dari penelitian ini: Untuk mengetahui adanya penerapan layanan penguasaan konten untuk mengembangkan kreativitas belajar anak berbakat siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 07 Medan T.A 2019/2020. Adapun dalam penelitian ini ada enam siswa yaitu 3 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan kelas VIII. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan wawancara siswa-siswa yang bersangkutan. Dari hasil penelitian yang dapat diketahui bahwa penerapan layanan penguasaan konten untuk mengembangkan kreativitas belajar anak berbakat siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 07Tahun Ajaran 2019/2020. Sudah berjalan dengan baik dan sesuai rencana. Pada pelaksanaan layanan penguasaan konten 6 siswa yang mengalami kekurangan megembangkan kreativitas belajarnya dan setelah melakukan layanan sudah memiliki perubahan yang diharapkan dan pada pelaksanaan layanan penguasaan konten terjadi peningkatan sangat meningkat.
Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok Berbasis Pendekatan Rational Emotive Theraphy (Ret) Untuk Mengatasi Permasalahan Diskriminasi Sosial Peserta Didik Kelas VIII Smp An Nadwa Islamic Centre Binjai T.A 2019/2020 Nabilla Erbati
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 2, No 3 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (263.47 KB)

Abstract

Diskriminasi adalah sebagai suatu tindakan atau perlakuan yang mencerminkan ketidakadilan terhadap individu atau kelompok tertentu yang disebabkan oleh adanya karakteristik khusus yang dimiliki oleh individu atau kelompok tersebut. Hal ini terjadi karena manusia umumnya memiliki kecenderungan untuk membeda-bedakan atau mengelompokkan diri. Perlakuan secara tidak adil bisa terjadi dimana dan kapan saja karena adanya perbedaan karakteristik antara lain: Perbedaan suku dan ras; Perbedaan kelas sosial; Perbedaan gender; Perbedaan agama/kepercayaan; Perbedaan kondisi fisik dan lain-lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatasi permasalahan Diskriminasi Sosial Siswa dengan menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok dan Pendekatan Rational Emotive Theraphy (RET). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP An Nadwa Islamic Centre Binjai yang berjumlah 6 orang. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara yang sesuai dengan penerapan layanan bimbingan kelompok melalui pendekatan Rational Emotive Theraphy (RET) untuk mengatasi permasalahan diskriminasi sosial. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan reduksi data, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa siswa dapat mengatasi masalah diskriminasi sosial dengan baik sehingga siswa dapat saling menghormati dan menghargai antar sesama temannya dalam lingkungan sekitar setelah dilaksanakannya layanan bimbingan kelompok melalui pendekatan Rational Emotive Theraphy (RET).
Efek Media Aplikasi Instagram Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Pada Peserta Didik Kelas VII Smp Swasta Pelita Medan T.A 2019/2020 Lisa Hardianti
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 2, No 3 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (375.875 KB)

Abstract

Kegiatan menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh siswa. Menulis bukan hanya sebatas kegitan menuliskan kata-kata diatas kertas saja, akan tetapi kegiatan menulis dapat melatih siswa untuk mengembangkan penalarannya. Keterampilan menulis ini tentu perlu adanya perhatian yang khusus untuk mengembangkan kemampuan menulis pada siswa. Menulis merupakan kegitan yang tidak dapat dihindari oleh siswa karena semua pelajaran tentunya menuntut siswa untuk dapat menulis dengan baik dan benar. Dengan menggunakan metode ceramah para siswa tidak mencapai nilai ketuntasan, ini terbukti bahwa perubahan atau inovasi dalam proses pembelajaran sangat penting dilakukan oleh guru dan calon guru. Kehadiran media dalam proses pembelajaran memberikan kemudahan bagi guru untuk mencapai tujuan proses pembelajaran kepada para siswa. Media juga menjadi alat bantu untuk memudahkan siswa memahami materi yang disampaikan oleh guru. kasus yang sudah dijelaskan diatas bahwa dengan media pembelajaran guru dapat membangkitkan semangat dan motivasi siswa agar gemar menulis. Setelah dilakukan research dengan perlakuan eksperimen (media aplikasi Instagram) dan kontrol (metode ceramah) pada sekolah SMP peneliti menemukan adanya pengaruh media aplikasi Instagram terhadap kemampuan menulis teks deksripsi siswa SMP Swasta Pelita Medan adalah sebesar 96,04%, dan 3,96% dipengaruhi oleh faktor lainnya.
Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengembangkan Karakter Kemandirian Siswa Kelas VIII Smp Negeri 41 Takengon T.P 2020/2021 Maqpirah M
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 2, No 3 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.427 KB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Upaya Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Mengembangkan Karakter Kemandirian Siswa Kelas VIII SMP Negeri 41 Takengon Tahun Pembelajaran 2020/2021. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Upaya Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Mengembangkan Karakter Kemandirian Siswa Kelas VIII SMP Negeri 41 Takengon Tahun Pembelajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Objek penelitian ini sebanyak 6 siswa kelas VIII yang memiliki karakter kemandirian rendah. Sample yang digunakan adalah teknikpurposive sampling. Instrumentasi pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Penelitian ini menggunakan whatsapp group karena sedang mengalami pandemic sehingga tidak bisa bertatap muka secara langsung.Untuk mengembangkan karakter kemandirian siswa guru bk berupaya sebagai pemberi layanan BK, sebagai motivatordan sebagai evaluasitor dengan hal begitu terbukti bahwa siswa dapat mengembangkan karakter kemandirian dengan optimal lagi hal ini dapat dilihat dengan percaya diri nya siswa ketika sedang menyampain pendapatnya bertanggung jawab terhadap tugas nya dan mampu mengambil keputusan sendiri
Analisis Penggunaan Disfemia Pada Tuturan Peserta Dua Sisi Talk Show “Kebebasan Berpendapat Berujung Persekusi” Di Tv One Isman Suryani Hasibuan
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 2, No 3 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (585.916 KB)

Abstract

Bahasa merupakan alat komunikasi penting bagi manusia , berbicara mengenai bahasa bahasa tidak terlepas dari penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Jadi penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk disfemia pada tuturan peserta dua sisi talk show di Tvone, yang dianalisis berdasarkan bentuk disfemia kata, frasa, dan ungkapan. Lokasi penelitian ini siaran youtube yang menjadi focus analisis dalam penelitian ini adalah acara dua sisi talk show “kebebasan berpendapat berujung persekusi” di TvOne. penelitian yang digunakan dalam penelitian ini studi dokumentasi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penguasaan bahasa yang baik dilingkungan para politisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu mendengarkan, catat dan menganalisis. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat penggunaan bahasa disfemia dalam bentuk kata, bentuk frasa, dan bentuk ungkapan. Bahasa disfemia dalam bentuk kata terdapat dalam tuturan “durjana”, bahasa disfemia dalam bentuk frasa terdapat dalam tuturan “aparat keparat”. Bahasa disfemia dalam bentuk ungkapan yaitu “ Adu domba”
Kajian Psikologi Lacanian Kartun Editorial Adit Sopo Jarwo Pada Program Mnctv Hardona Alfi Husni Afra Nasution
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 2, No 3 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (251.36 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek real, aspek imajiner, dan aspek simbolis pada tayangan kartun editorial Adit Sopo Jarwo dalam program MNCTV. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif menggunakan pendekatan psikologi Lacanian. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik kualitatif. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pustaka yang mengacu kepada psikologi tokoh kartun editorial Adit Sopo Jarwo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tayangan kartun editorial Adit Sopo Jarwo memiliki aspek real(kenyataan) pada tokoh kartun editorial Adit Sopo Jarwo menunjukkan beberapa tokoh memiliki keinginan untuk melakukan sesuatu, aspek imajiner (khayalan) menunjukkan tokoh pada kartun editorial Adit Sopo Jarwo mempunyai keinginan untuk mewujudkan aspek real, dan pada aspek simbolis (simbol), menunjukkan tokoh kartun editorial Adit Sopo Jarwo ingin mewujudkan keinginan, tetapi keinginan tersebut selalu ditutupi oleh aspek simbolis.

Page 1 of 1 | Total Record : 8