cover
Contact Name
Asrar Aspia
Contact Email
asraraspia@umsu.ac.id
Phone
+6283185759093
Journal Mail Official
jurnalilmiahmahasiswaedukasi@gmail.com
Editorial Address
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20238
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan
ISSN : 28080866     EISSN : 28080866     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] adalah jurnal ilmiah yang dikelola oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dengan melibatkan seluruh komponen akademisi yang ada di fakultas keguruan dan ilmu pendidikabaik pendidikan secara umum, pendidikan bahasa inggris, bahasa indonesia, akuntansi, pendidikan matematika, pendidikan guru sekolah dasar, bimbingan konseling. Jurnal ini akan terbit setiap 2 bulan sekali. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] telah memiliki ISSN Online (2808-0149), diterbitkan 6 kali dalam setahun pada bulan Januari, Maret, Mei, Juli, September, November tahun 2023. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] ini telah terakreditasi Google Scholar.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 4 (2022)" : 8 Documents clear
Pengaruh Video Youtube Terhadap Aktivitas Belajar Online Peserta Didik Pada Tema Indahnya Kebersamaan Di Kelas IV SD Negeri 101751 T.P 2020/2021 Vita Juniarti Rahayu
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 2, No 4 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (408.273 KB)

Abstract

Hasil belajar merupakan tujuan akhir dalam suatu pembelajaran yang erat kaitannya dengan pelaksanaan proses pembelajaran. Hasil observasi di kelas IVA dan IVB SD Negeri 101751 Klambir lima kebun, diketahui bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Oleh karena itu, perlu adanya suatu kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas belajar online pada peserta didik. Salah satunya dengan menggunakan Media Video youtube. Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih kurangnya perhatian orangtua dan rendahnya kemampuan dalam belajar peserta didik terhadap masalah pendidikan, tidak adanya tanggung jawab peserta didik dalam menyelesaikan tugas dan tidak perduli terhadap tugas online yang diberikan oleh guru. Secara menunjukkan bahwa variabel video youtube (X1) mempengaruhi secara positif dan signifikan. Artinya video youtube tersebut memiliki pengaruh secara langsung terhadap aktivitas belajar online (Y1) pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Video youtube dalam meningkatkan aktivitas belajar online pada peserta didik.
Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Di SD Negeri 067240 Medan di Tembung Ismi Alif Arisa Pasi
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 2, No 4 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (484.172 KB)

Abstract

Penelitian iini idi ilatar ibelakangi ioleh iaktivitas ibelajar isiswa imenurun iselama iproses ipembelajaran idaring. iRumusan imasalah iyaitu ipengaruh imodel ipembelajaran iblended ilearning iterhadap iaktivitas ibelajar isiswa ikelas iIV. iPenelitian iini ibertujuan iuntuk imengetahui iapakah iada ipengaruh imodel ipembelajaran iblended ilearning iterhadap iaktivitas ibelajar isiswa ikelas iIV iSD iNegeri i067240 iMedan iTembung. Jenis ipenelitian iyang idigunakan iadalah ipenelitian iquasi iexperimental idesign. iPopulasi ipenelitian iadalah iseluruh isiswa ikelas iIV idi iSD iNegeri i067240 iMedan iTembung. iSampel iberjumlah i50 isiswa i(24 isiswa ikelas iexperiment idan i26 isiswa ikelas ikontrol). iPenelitian iini idilakukan ipada itanggal i22 ijuni i2021 idi iSD iNegeri i067240 iMedan iTembung. iVariabel ibebas ipada ipenelitian iadalah imodel ipembelajaran iblended ilearning idan ivariabel iterikat iadalah iaktivitas ibelajar isiswa. iTeknik ianalisis idata ipenelitian iini iadalah i(1) iuji iprasyarat ianalisis iberupa iuji inormalitas idan iuji ihomogenitas idan i(2) iuji ihipotesis iberupa iuji it-test. iPengujian ihipotesis imenggunakan irumus it-test iyang ididahului idengan iuji iprasyarat ianalisis iyaitu iuji inormalitas idan iuji ihomogenitas. Hasil ipenelitian imenunjukkan ibahwa, imodel ipembelajaran iblended ilearning iberpengaruh iterhadap iaktivitas ibelajar isiswa ikelas iIV iSD iNegeri i067240 iMedan iTembung. iHal iini iterlihat idari idata iadalah ianalisis ikuantitatif idengan iuji ihipotesis iuji it-test imenggunakan iSPSS i16.0 ifor iwindows. iData ihasil iuji it-test imenunjukkan ibahwa inilai iSig i(2-tailed)= i0,04 idengan ipengambilan ikeputusan ijika isignifikasi i0,05 imaka i iHo iditolak idan iHa iditerima.
Efek Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (Air) Berbasis Media Video Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Smp Tahun Pelajaran 2020/2021 Suri Anggraini
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 2, No 4 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (879.303 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar matematika sebelum digunakan model pembelajaran AIR (Auditory Intellectualy Repetition) pada siswa Kelas VIII SMP Swasta Budi Agung.Adapun masalah yang ditemukan dalam penelitian ini adalah Siswa masih mengalami kesulitan dalam belajarmatematika. Penggunaan metode pembelajaran yang monoton sehingga siswa menjadi pasif. Kurangnya bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru kepada siswa. Kurangnya minat siswa dalam pelajaranmatematika. Guru tidak menggunakan model pembelajaran yang bervariatif. Penelitian dilaksanakan di SMP Swasta Budi Agung Medan yang beralamatkan di Jl.Platina Raya No.7, Rengas Pulau, Kec Medan Marelan, Kota Medan, Sumatera Utara 20255. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII-4 sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran auditory intellectualy repetition (AIR) menggunakan media video yang berjumlah 25 siswa, dan VIII-3 Sebagai kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran dengan metode Konvensional yang berjumlah 25 siswa. Berdasarkan data distribusi tes model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dapat disimpulakan bahwa dari responden menyatakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dengan menggunakan media video berada pada skala 35-41 yaitu 59,52% dikategorikan setuju, berarti berdasarkan data tes model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) setuju diterapkan. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis diperoleh harga thitung = 15,043 dan ttabel = 1,677, karena thitung ttabel maka terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR)terhadap minat belajar siswa.
Analisis Model Pembelajaran Problem Posing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tika Harliyani
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 2, No 4 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (448.603 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran Problem Posing dalam Meningkatkan Hasil Belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode Library Research. Sumber data yang diperoleh dari skripsi ini yaitu dengan menganalisis 10 jurnal atau artikel karya ilmiah yang berhubungan dengan model pembelajaran problem posing. Instrument penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Observasi dan dokumentasi dilakukan dengan mengumpulkan data- data tentang model pembelajaran problem posing, lalu dianalisis bagaimana model pembelajaran problem posingberpengaruh atau tidak dalam meningkatkan hasil belajarsiswa. Dari hasil analisis data yang diperoleh dari hasil penelitian sebelumnya menyatakan bahwa model pembelajaran problem posingsangat layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Ini terbukti dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti sebelumnya yang menggunakan model pembelajaran problem posing sebagai model pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan dari analisis yang telah dilakukan bahwa model pembelajaran problem posing ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatan Rasa Empati Peserta Didik Kelas X Sma Swasta Eria Medan T.A 2019/2020 Sriayu Diah Fitaloka
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 2, No 4 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (407.753 KB)

Abstract

Berbicara tentang rasa empati tidak akan lepas dari rasa peduli terhadap sesama dan orang lain, karena rasa empati merupakan rasa kepedulian terhadap orang lain, rasa ikut merasakan apa yang dirasakan dan dialami oleh orang lain, baik suka, duka, senang dan susah yang ditunjukkan atau diperlihatkan dengan bahasa verbal maupun non verbal seseorang. Sebagai upaya dalam peningkatan rasa empati siswa, dalam penelitian kali ini akan digunakan salah satu layanan bimbingan dan konseling yaitu layanan bimbingan kelompok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Subjek dalam penelitian ini adalah peneliti bekerjasama dengan guru BK disekolah, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 SMA Swasta Eria Medan yang berjumlah 8 orang yang memiliki empati rendah. Pengumpulan data ini dalah observasi, wawancara, google form dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan terjadi peningkatan rasa empati siswa kelas X IPS 1 dari siklus 1 ke siklus 2.
Analisis Penggunaan Google Classroom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19 Pratiwi Resky Handayani
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 2, No 4 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (450.154 KB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metodologi penelitian Library Research, dengan tujuan untuk mengetahui penggunaan Google Classroom dalam pembelajaran jarak jauh di masa pendemi covid-19.  Penelitian ini didasarkan atas terjadinya transformasi proses pelaksanaan pembelajaran dari pembelajaran tatap muka (face-toface learning) menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan mengandalkan teknologi sebagai pengganti media pembelajaran, yang dikenal dengan distance learning maupun pembelajaran daring (online learning). Berdasarkan hasil analisis terhadap jurnal–jurnal penelitian terkait penggunaan Google Classroom dalam pembelajaran jarak jauh ditemukan  sebesar 90%  penelitian tersebut menyatakan bahwa penggunaan Google Classroom  dalam  pembelajaran jarak jauh  sangat mendukung proses pembelajaran dimasa pandemi  covid-19. Aktivitas pembelajaran jarak jauh menggunakan Google Classroom dikatakan baik, karena dapat membantu dosen dalam menyampaikan materi,memberikan tugas, serta melakukan diskusi,selain itu Google Classroom juga dapat membantu mahasiswa untuk mempermudah  mengakses materi perkuliahan yang di berikan oleh dosen, pengumpulan tugas serta memberikan pertanyaan secara jarak jauh. Google Classroom dapat memfasilitasi proses pembelajaran jarak jauh dengan menyediakan berbagai fitur antara lain create assignment, create topic, create question, dan reuse post. Keunggulan Google Classroom membuat prose pembelajaran menjadi efektif dan efisien,hemat waktu, dapat dilakukan dimana saja kapan saja selagi terhubung kejaringan internet dan gratis dapat digunakan oleh siapapun. Akan tetapi Google Classroom membutuhkan fasilitas internet yang tinggi agar proses pembelajaran jarak jauh dapat berjalan dengan lancar.
Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Aplikasi Berbasis Wa Group Terhadap Motivasi Belajar Siswa Smk Di Kecamatan Percut Sei Tuan Syafitri Anjani Siregar
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 2, No 4 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Judul penelitian ini adalah pengaruh pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi berbasis WA group terhadap motivasi belajar siswa SMK di Kecamatan Percut Sei Tuan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada atau tidaknya pengaruh pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi berbasis WA group terhadap motivasi belajar siswa SMK. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah ada pengaruh pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi berbasis WA Group terhadap motivasi belajar  pada siswa SMK di Kecamatan Percut Sei Tuan”. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMK kelas XI yang berjumlah 33 orang. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan penyebaran angket. Uji yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas, uji validitas, uji reabilitas dan uji hipotesis (uji regresi linier sederhana dan uji-t). Berdasarkan hasil penelitian data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi berbasis WA group terhadap motivasi belajar siswa SMK di kecamatan Percut Sei Tuan.
Investigating Language Style Used By Atta Halilintar In His Youtube Channel Ririn Aulina
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 2, No 4 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (457.329 KB)

Abstract

Language style can be defined as the choice of words used by a specific group of people when speak in a place and in one condition. It is necessary for people to express their thought, ideas and opinions, thus, people use style depend on with whom they speak and where they are speaking to.  By understanding the language style, we also can help students in improving four English skills especially in listening and speaking. This research used qualitative descriptive method in which the data were collected from the scripts of Atta’s videos. The objectives of this study are (1) to describe the types of language styles that Atta Halilintar used in his video and (2) to find out the the ungrammatical sentences made by Atta Halilintar in his video. The scope of this research is a study of language variation, especially in language style found in YouTube video of Atta Halilintar. To be the data for this study taken from Atta’s video entitled “Studio Podcast Manusia 5t Bikin Atta Kagum Sama Bang Sandy” (July 5th, 2020). From this video found 965 utterances containing language styles. Then, these utterances classified and analyzed by using Martin Joos’ theory about language styles. The finding of this research is there are four types of language styles used in his video namely Frozen, Formal, Consultative, and Casual styles. The most common type of language styles that Atta Halilintar used is Consultative in which there are 24 utterances. He did not use intimate style since he was having a talk with Sandiaga Uno, a respected person in Indonesia. The last, the most dominant grammatical error made by Atta Halilintar was error of substitution for word usage in which there are 42 errors then followed by error of omission and the least error is addition.

Page 1 of 1 | Total Record : 8