cover
Contact Name
Asrar Aspia
Contact Email
asraraspia@umsu.ac.id
Phone
+6283185759093
Journal Mail Official
jurnalilmiahmahasiswaedukasi@gmail.com
Editorial Address
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20238
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan
ISSN : 28080866     EISSN : 28080866     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] adalah jurnal ilmiah yang dikelola oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dengan melibatkan seluruh komponen akademisi yang ada di fakultas keguruan dan ilmu pendidikabaik pendidikan secara umum, pendidikan bahasa inggris, bahasa indonesia, akuntansi, pendidikan matematika, pendidikan guru sekolah dasar, bimbingan konseling. Jurnal ini akan terbit setiap 2 bulan sekali. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] telah memiliki ISSN Online (2808-0149), diterbitkan 6 kali dalam setahun pada bulan Januari, Maret, Mei, Juli, September, November tahun 2023. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] ini telah terakreditasi Google Scholar.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2023)" : 10 Documents clear
Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar pada Siswa Kelas VII di SMP Muhammadiyah 07 Medan T.A 2020/2021 Apridiyanti A
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 3, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (326.287 KB)

Abstract

Bimbingan kelompok adalah layanan yang dapat membantu individu dengan cara membuat dinamika kelompok dan memberikan informasi serta membahas berbagai topik guna membantu individu dalam mengambil keputusan yang tepat dan menyusun rencana untuk kedepannya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan belajar pada siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 07 Medan Tahun Ajaran 2020/2021. Objek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII yang berjumlah 6 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bawa layanan bimbingan kelompok mampu meningkatkan kedisiplinan belajar pada siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 07 Medan Tahun Ajaran 2020/2021. Wawancara dan observasi yang dilakukan juga mendapatkan hasil bahwa siswa dapat meningkatkan kedisiplinan dalam belajar, dan siswa yang menjadi objek penelitian mengalami peningkatan dalam kedisiplinan belajar setelah diberikannya layanan bimbingan belajar.
Efektivitas Model Core (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) terhadap Critical Thinking Siswa pada Kelas V SD Negeri 112224 Kota Pinang Karmila Dewi Harahap
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 3, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (254.677 KB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Model CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) Terhadap Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Kelas V SD Negeri 112224 Kotapinang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V SD Negeri 112224 Kotapinang. Apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V sebelum dan sesudah menerapkan model CORE.Apakah terdapat pengaruh model CORE terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V SD Negeri 112224 Kotapinang. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V SD Negeri 112224 Kotapinang. Untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V sebelum dan sesudah menerapkan model CORE. Untuk mengetahui pengaruh model CORE terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V SD Negeri 112224 Kotapinang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yaitu menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan karekteristik sampel bersifat sama. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V yang ada di SD Negeri 112224 Kotapinang. Sedangkan sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VA SD Negeri 112224 Kotapinang yang berjumlah 25 orang. Yang mana dalam penelitian ini kelas eksperimen (Model CORE)berjumlah 13 peserta didik sedangkan kelas kontrol (Model Konvensional) berjumlah 12 peserta didik. Instrumen penelitian menggunakan tes berpikir kritis yang berjumlah 10 soal berbentuk isian yang sudah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil uji yang dilakukan dikelas ekperimen (Model CORE) diperoleh hasil 88,72sedangkan di kelas kontrol (Model konvensional) diperoleh hasil 80,56.Pembelajaran dengan menggunakan Model CORE bagi peserta didik kelas V menunjukkan kemampuan berpikir kritis yang lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran konvensional. Nilai signifikansi sebesar 0,000, yang mana 0,000 0,05. hal ini dinyatakan bahwa model CORE memberikan pengaruh terhadap berpikir kritis peserta didik. Nilai uji Thitung adalah sebesar 5,127 yang mana Thitung5,127 Ttabel 4,28. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CORE memberikan pengaruh yang lebih baik berpikir kritis peserta didik pada kelas V SD Negeri 112224 Kotapinang.
Efek Model Pembelajaran Inquiry terhadap Critical Thingking Peserta Didik dalam Mata Pelajaran PPKN Di SMP Negeri 01 Secanggang T. P. 2019/2020 Ade Diana Riski
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 3, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (232.063 KB)

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat adakah pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran inquiry terhadap berfikir kritis siswa SMP Negeri 01 Secanggang kelas VIII-1 Tahun pelajaran 2019/2020. Populasi dari penelitian ini adalah siswa siswi SMP Negeri 01 Secanggang maka sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII-1 yang berjumlah sebanyak 32 orang siswa. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Uji validitas angket, uji rehabilitas angket dan uji hipotesis. Penelitian ini adalah penelitian kolerasional. Teknik yang digunakan dengan membuat suatu analisis statistik, menggunakan uji kolerasi product moment sederhana hipotesis di uji pada sat signifikasi ? = .dari hasil analisis yang dilakukan, antara kedua variabel menpunyai hubungan yang cukup kuat. Upaya meningkatkan dan membina pengetahuan siswa, setelah diadakan analisis data yang dilakukan peneliti maka dapat diperoleh beberapa hal mengenai pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap berpikir kritis. Hal ini ditunjukkandengan nilai korelasi yang diperoleh dari perhitungan korelasi product moment (rhitung = 0,784 rtabel = 0,355) dan (thitung = 4,987 ttabel = 2,045). Hubungan mata pelajaran PPKn dengan model pembelajaran inquiry terhadap daya berpikir kritis siswa SMP NEGERI 01 Secanggang pada taraf signifikan 61,4% adalah 0,784 dikategorikan hubungan kuat. Artinya model pembelajaran inquiry sangat berpengaruh terhadap keterampilan berfikir kritis siswa dalam mata pelajaran PPKn disekolah SMP Negeri 01 Secanggang.
Implementasi Manfaat Bimbingan Kelompok Untuk Membantu Persiapan Karir Peserta Didik Kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Medan T.A 2020/2021 Adek Amalia
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 3, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (257.569 KB)

Abstract

Bimbingan Kelompok dalam penelitian ini merupakan proses pemberian bantuan kepada individu melalui suasana kelompok (dinamika kelompok) yang memungkinkan setiap anggota untuk berpartisipasi aktif dan berbagai pengalamandalam upaya pengembangan wawasan, sikap dan keterampilan yang diperlukan dalam upaya mencegah timbulnya masalah atau dalam upaya pengembangan pribadi. Hal ini sejalan dengan teori karir menurut Super yang mengatakan bahwa yang menyatakan bahwa konsep diri individu memainkan peranan utama dalam pemilihan karir seseorang. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok dalam Membantu Kesiapan Karir Siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Medan. Instrumen yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Objek dalam penelitian ini berjumlah 8 orang siswa diambil dari kelas IX-3 berdasarkan data yang diperoleh dari guru BK. Pelaksanaan layanan dilakukan dalam dua siklus layanan bimbingan kelompok. Desain penelitian dalam penelitian ini yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis datayang telah diuraikan, dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan dan kelompok yang di terapkan di kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Medan Tahun Ajaran 2020/2021 dapat membantu kesiapan karir siswa.
Analisis Kajian Sosiologi Sastra Novel I Am In Danger Karya Zaeem
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 3, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (34.883 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui masalah sosial berupa kemiskinan, kejahatan, dan disorganisasi keluarga dalam novel I Am In Danger karya Zaeem dengan pendekatan sosiologi sastra. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel I Am In Danger karya Zaeem. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif, yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data, mendeskripsikan data, dan selanjutnya menganalisis data. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman dokumantasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah membaca berulang-ulang novel, memahami, mengumpulkan data, menggarisbawahi, dan menyimpulkan hasil penelitian. Hasil penelitian ini adalah dapat menjawab dari pernyataan penelitian yaitu terdapat masalah sosial berupa kemiskinan, kejahatan, dan disorganisasi keluarga dengan pendekatan sosiologi sastra. Adapun data yang diperoleh dari masalah kemiskinan memperoleh data sebanyak 11 data, masalah kejahatan memperolah data sebanyak 9 data, dan masalah disorganisasi keluarga memperoleh data sebanyak 6 data. Dapat disimpulkan bahwa terdapat masalah sosial berupa kemiskinan, kejahatan, dan disorganisasi keluarga dalam novel I Am In Danger karya Zaeem dengan pendekatan sosiologi sastra.
Dampak Pembelajaran Daring dengan Pendekatan Asynchronous Terhadap Motivasi Belajar pada Mahasiwa Pendidikan Akuntansi FKIP UMSU Zharifah Raniyah
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 3, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (415.438 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menegtahui seberapa besar Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh dengan Pendekatan Asynchronous terhadap Motivasi Belajar Bagi Mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP UMSU. Subjek penelitian (responden) adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan Ex Post Facto dengan sampel sebanyak 117 mahasiswa. Metode pengambilan data menggunakan angket. Metode analisis data yang digunkaan adalah uji regresi linier sederhana dengan menggunakan bantuan SPSS 25 for windows. Temuan penelitian menunjukan bahwa pendekatan Asynchronous berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar. Hal tersebut dapat ditunjukan dengan nilai thitung sebesar 11,252, koefisien regresi (b) sebesar 0,944, nilai signifikasi (p) sebesar 0,000 (p 0,05) dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,524 atau 52,4% yang dapat diartikan bahwa 52,4% motivasi belajar dipengaruhi oleh Pembelajaran Jarak Jauh dengan Pendekatan Synchronous, sedangkan sisanya sebesar 47,6% dipengaruhi oleh variable lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
Kajian Pembelajaran Daring dengan Pendekatan Synchronous terhadap Semangat Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMSU Muhammad Taufik Siregar
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 3, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (288.417 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menegtahui seberapa besar Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh dengan Pendekatan Synchronous terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP UMSU. Subjek penelitian (responden) adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan Ex Post Facto dengan sampel sebanyak 117 mahasiswa. Metode pengambilan data menggunakan angket. Metode analisis data yang digunkaan adalah uji regresi linier sederhana dengan menggunakan bantuan SPSS 25 for windows. Temuan penelitian menunjukan bahwa pendekatan Synchronous berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar. Hal tersebut dapat ditunjukan dengan nilai thitung sebesar 8,008, koefisien regresi (b) sebesar 0,358, nilai signifikasi (p) sebesar 0,000 (p 0,05) dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,358 atau 35,8% yang dapat diartikan bahwa 35,8% motivasi belajar dipengaruhi oleh Pembelajaran Jarak Jauh dengan Pendekatan Synchronous, sedangkan sisanya sebesar 64,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
Pengaruh Sosiodemografi Terhadap Hasrat Berwirausaha Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Ade Dzuhainy
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 3, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.135 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sosiodemografi terhadap hasrat berwirausaha mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU). Faktor Sosiodemografi dalam penelitian ini adalah gender, pengalaman wirausaha, dan pekerjaan orang tua. Studi ini dilakukan pada mahasiswa program S-1 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMSU. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 64 mahasiswa program studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2017 sebanyak 25 orang dan Angkatan 2018 sebanyak 39 orang dengan teknik total sampling. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode analisis regresi logistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel gender tidak pengaruh signifikan terhadap hasrat berwiausaha mahasiswa. Variabel pengalaman wirausaha dan pekerjaan orang tua secara parsial berpengaruh signifikan terhadap hasrat berwirausaha mahasiswa. Secara simultan variabel gender, pengalaman wirausaha dan pekerjaan orang tua berpengaruh signifikan terhadap hasrat berwirausaha mahasiswa. Kontribusi gender, pengalaman wirausaha dan pekerjaan orang tua terhadap hasrat berwirausaha mahasiswa sebesar 64,4% sedangkan sisanya 35,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa variabel pengalaman wirausaha merupakan variabel yang paling dominan terhadap hasrat berwirausaha mahasiswa.
Implementasi Layanan Informasi Dengan Sarana Audio Visual Untuk Mengatasi Sikap Prokrastinasi Pendidikan Pada Peserta Didik Kelas VIII Di Smp Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak T.A 2020/2021 Eko Kurniawan
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 3, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (434.094 KB)

Abstract

Layanan informasi adalah kegiatan memberikan pemahaman kepada individuindividu yang berkepentingan tentang berbagai hal yang diperlukan untuk menjalani suatu tugas atau kegiatan,untuk menentukan arah suatu tujuan atau rencana yang dikehendaki. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi prokrastinasi akademik siswa kelas VIII SMP Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak Tahun Ajaran 2020/2021 yang ingin diatasi prokrastinasi akademiknya yang berjumlah 27 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan angket. Hasil dalam penelitian adalah pada saat sebelum diberi layanan informasi pengentasan prokrastinasi akademik berkisar antara 30%. Pada layanan I pengentasan prokrastinasi akademik siswa mengalami peningkatan sebesar 31%% sehingga menjadi ratarata 61%. Namun, pada pertemuan I pengentasan prokrastinasi akademik siswa belum berada pada kategori baik. Kemudian diterapkan layanan informasi II sebagai tindak lanjut dari hasil refleksi pertemuan I. Seluruh siswa yang menjadi subjek penelitian mengalami peningkatan dalam mengentaskan prokrastinasi akademik sebesar 28% sehingga menjadi 89%. Jika dibandingkan dengan data sebelum diterapkan layanan informasi dan pada pertemuan I, pada pertemuan II Seluruh siswa telah berada pada kategori baik, dengan skornya mencapai 89%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Layanan Informasi Dengan Media Audio Visual Dapat Mengatasi Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas VIII di SMP Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak Tahun Ajaran 2020/2021.
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Menggunakan Model Problem Based Learning pada Materi Bangun Datar Annisa Syafira Fuad
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 3, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana Pengembangan LKPD Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Materi Bangun Datar?, Apakah LKPD menggunakan model problem based learning layak sebagai media pembelajaran untuk peserta didik?, Bagaimana respon peserta didik terhadap LKPD dengan menggunakan model Problem Based Learning?. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk LKPD menggunakan model problem based learning pada materi bangun datar yang valid dan layak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dan menggunakan prosedur penelitian 4-D (four-D) yang dimodifikasi menjadi 3-D (three-D), yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengeembangan (development). Hasil penelitian ini: 1) peneliti telah menghasilkan LKPD menggunakan model problem based learning pada materi bangun datar pokok bahasan keliling dan luas segitiga; 2) hasil pen ilaian lembar kerja pesertadidik dari ahli materi sebesar 81,5% dengan tingkat kevalidan cukup valid dan penilaian LKPD dari ahli media sebesar 83,5% dengan tingkat kevalidan cukup valid; 3) memperoleh hasil penilaian melalui angket respon peserta didik dengan rata-rata persentase 85,96% dengan kategori sangat positif. Dari hasil penilaian ahli materi, ahli media dan respon peserta didik, maka LKPD yang dikembangkan valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran oleh peserta didik.

Page 1 of 1 | Total Record : 10