cover
Contact Name
Asrar Aspia Manurung
Contact Email
asraraspia@umsu.ac.id
Phone
+628116311985
Journal Mail Official
asraraspia@umsu.ac.id
Editorial Address
Jalan Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20238
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam
ISSN : 28080149     EISSN : 28080149     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam [JIMPAI] adalah jurnal ilmiah yang dikelola oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dengan melibatkan seluruh komponen akademisi yang ada di Fakultas Agama Islam. JIMPAI adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian, studi mendalam, pemikiran kreatif, inovatif atau karya-karya dalam Pendidikan, Pendidikan Agama, Bahasa Arab, Pendidikan Anak Usia Dini, dan Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal ini akan terbit setiap 2 kali dalam sebulan, dimulai dari bulan Januari tahun 2023. JIMPAI telah memiliki ISSN Online (2808-0149) dan diterbitkan 6 kali dalam setahun pada bulan Januari, Maret, Mei, Juli, September, November.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2023)" : 10 Documents clear
Faktor Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Agresif pada Anak Usia Dini di Lingkungan Sekolah Kelurahan Glugur Darat II Kota Medan Sulistia Ksumawardani
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam [JIMPAI] Vol 3, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (179.588 KB)

Abstract

Perilaku agresif adalah bentuk perilaku yang bersikap menyerang, baik itu secara fisik juga verbal dengan tujuan untuk mencapai sesuatu yang diinginkan tanpa memikirkan akibat dari yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor faktor yang mempengaruhi perilaku agresif pada anak usia dini di lingkungan sekolah Kelurahan Glugur Darat II Kota Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kuantitatif Deskriptif. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian Asosiatif atau hubungan penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan dua variabel atau lebih. Analisis data menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda dan Analisis Faktor. Pengolahan data menggunakan SPSS 20. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Eigenvalue Component 1 sebesar 1,429 1 maka menjadi faktor 1 dan mampu menjelaskan 28,584% variasi. Sedangkan nilai Eigenvalue Component 2 sebesar 1,286 1 maka menjadi faktor 2 dan mampu menjelaskan 25,718% variasi. Dan nilai Eigenvalue Component 3 sebesar 1,072 1 maka menjadi faktor 3 dan mampu menjelaskan 21,536% variasi. Jika faktor 1, faktor 2 dan faktor 3 dijumlahkan, maka mampu menjelaskan 75,738% variasi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa faktor biologis, pola asuh orang tua dan peran guru, memiliki pengaruh besar terhadap perilaku agresif pada anak usia dini di lingkungan sekolah kelurahan Glugur Darat II Kota Medan.
Analisis Kontribusi BMT Dalam Pengembangan Usaha Mikro Kecil Anggota Koperasi Syariah Pada BMT Mandiri Abadi Syariah Suriyani Suriyani
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam [JIMPAI] Vol 3, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.917 KB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui peranan BMT, dan menganalisa tentang pengembangan usaha mikro kecil anggota koperasi syariah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif analisis deskriptif yang sumber datanya adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh langsung dengan melakukan wawancara terhadap pihak BMT terkait, yaitu BMT Mandiri Abadi Syariah. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui website milik bank, website terkait yang membahas pengembangan usaha mikro, dan dokumen-dokumen serta literatur terkait yang kemudian dilanjutkan dengan pengolahan data. Hasil temuan dari penelitian, BMT Mandiri Abadi Syariah melakukan beberapa hal, yaitu dalam pengembangkan usaha, pihak BMT memberikan keringanan modal yang dapat terjangkau oleh masyarakat kalangan bawah yang membutuhkan biaya dan tidak memiliki modal. BMT Mandiri Abadi Syariah merupakan solusi yang siap membantu masyarakat ekonomi rendah untuk dapat mengembangkan usaha, yang memiliki keterbatasan modal. Peranan BMT dalam pengembangan usaha mikro kecil yang disalurkan pada masyarakat sudah sangat pesat kedudukannya, masyarakat tidak asing lagi dengan koperasi simpan pinjam yang berbasis syariah yaitu BMT Mandiri Abadi Syariah. Berdasarkan data tersebut diatas, kegiatan operasional BMT Mandiri Abadi Syariah sudah sesuai dengan prinsip-prinsip syariah dalam memberikan pembiayaan yang ditetapkan oleh DSN-MUI.
Pengimplementasian Metode Partisipatori dan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Quran Hadits Kelas IX di Mts Muhammadiyah 15 Medan Sri Ira Handayani Sembiring
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam [JIMPAI] Vol 3, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (174.344 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi dan kendala dalam penggunaan model pembelajaran partisipatori. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang didasarkan pada paradigma kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis yaitu penelitian. Teknik pengumpulan data yang disajikan berupa teknik observasi, wawancara (interview) serta dokumentasi. Tahapan analisis data yang digunakan peneliti adalah berupa reduksi data, penyajian data, serta verifikasi data. Hasil pengembangan metode pembelajaran partisipatori merupakan rancangan yang dilakukan untuk mendeskripsikan keterampilan siswa dalam berinteraksi dalam pembelajaran yang disajikan oleh guru dengan menggunakan metode pembelajaran partisipatori tersebut. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX di MTs Muhammadiyah 15 Medan yang berjumlah 28 orang. Dengan perencanaan, pelaksanaan dapat dilaksanakan dengan baik, maka dapat mengevaluasi siswa dengan memberikan penilaian.
Dampak Metode Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah SMP Rahmat Islamiyah Medan Helvetia Sulis Mawar Dani
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam [JIMPAI] Vol 3, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1097.532 KB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada Pengaruh metode pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Rahmat Islamiyah Medan. Sedangkan yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran Cooperative Script , Repetition Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Rahmat Islamiyah Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, penelitian eksperimen ini masuk ke dalam kategori penelitian kuantitatif. Populasi ini diambil dari seluruh siswa SMP Rahmat Islamiyah sebanyak 50 orang dan Sampel yang diambil sebesar 25 siswa di kelas VIII-A dan 25 siswa di kelas VIII D. Penelitian ini dilakukan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu tes, dokumentasi, dan observasi Pengolahan data ini menggunakan rumus product moment, validitas, reliabilitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisa data yang diperoleh dengan menggunakan koefisien korelasi product moment dengan tabel nilai r pada taraf signifikan 5 % dan 1 % yaitu 0.3961 0.3882 0,769 dan dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Rahmat Islamiyah Medan dengan menggunakan metode pembelajaran Cooperative Script.
Penerapan Metode Drill Dalam Peningkatan Hasil Belajar Pada Materi Hukum Mawaris di Mts Al-Ijtihadiyah Martebing Zanna Ika Pramesti
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam [JIMPAI] Vol 3, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (408.517 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada materi hukum mawaris di MTs Al-Ijtihadiyah Martebing dan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa setelah guru menerapkan metode drill pada mata pelajaran hukum mawaris. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif analisis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-D MTs Al-Ijtihadiyah Martebing Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian ini dapat dilihat bahwa peningkatan hasil belajar siswa pada materi hukum mawaris mengalami peningkatan secara signifikan. Hal ini dapat dilihat dari pada nilai data awal siswa yang tuntas terdapat sekitar 10 orang persentasenya 33.33%, sedangkan siswa yang tidak tuntas sekitar 20 orang persentasenya 66.67%. Pada hasil tes siswa yang tuntas sekitar 22 orang persentasenya 73.33%, sedangkan siswa yang tidak tuntas sekitar 8 orang persentasenya 26.67%. Sehingga mengalami peningkatan yang signifikan sekitar 50%. Dari hasil di atas dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan.
Penggunaan Metode Pembelajaran di Masa Covid-19 Dalam Pembelajaran PAI SMP Dinda Hafidzah Srihartati Srihartati
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam [JIMPAI] Vol 3, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.936 KB)

Abstract

Pandemi covid-19 memberikan dampak dalam kehidupan di indonesia, salah satu dampaknya ialah dalam aspek pendidikan dan kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk :(1) mengetahui apa saja penggunaan metode pembelajaran pada masa covid-19 dalam pembelajaran PAI di SMP Dinda Hafidzah (2)bagaimana penerapan metode pembelajaran pada masa covid-19 dalam pembelajaran PAI di SMP Dinda Hafidzah (3) bagaimana Problematika penggunaan metode pembelajaran pada masa covid-19 dalam pembelajaran PAI di SMP Dinda Hafidzah. Jenis penelitian ini penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan pengumpulan data yaitu: Wawancara, observasi, dokumentasi. Subjek penelitian kelas VII SMP Dinda Hafidzah. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu SMP Dinda Hafidzah menggunakan Metode luring dengan aktivitas layanan luring dengan bersekolah tatap muka dengan kurun waktu yang cukup singkat, Selama masa pandemi ini guru Pendidikan agama Islam sangat terbatas dalam menggunakan metode pembelajaran yang mana di masa sekarang ini guru Pendidikan Agama islam dalam pembelajaran hanya menggunakan tiga metode pembelajaran saja di setiap pembelajaran pendidikan agama islam yang hanya menggunakan metode pembelajaran Ceramah, Metode penugasan dan metode tanya jawab, Penerapan metode yang digunakan guru pendidikan agama Islam di SMP Dinda Hafidzah di masa pandemi covid-19 ini ialah dengan cara mengikuti rancangan pelaksanaan pembelajaran.
Tata Kelola Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Smp Negeri 1 Marbau Kabupaten Labuhan Batu Utara Wirda Lisa
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam [JIMPAI] Vol 3, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pokok masalah skripsi ini adalah proses manajemen kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Marbau Kabupaten Labuhan Batu Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Marbau, untuk mengetahui bagaimana pengorganisasian kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Marbau, untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Marbau, untuk mengetahui bagaimana evaluasi kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Marbau. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah SMP Negeri 1 Marbau, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, staf tata usaha, staf administrasi dan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Marbau. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan sistem wawancara observasi serta pencermatan dokumen. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu : Perencanaan kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Marbau dilakukan dengan pembentukan tim pengembangan kurikulum yang ditetapkan kepala sekolah dengan melakukan rapat tenaga kerja akhir semester, guru wajib menyediakan silabus, program tahunan, program semester dan RPP. Pengorganisasian kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMP negeri 1 Marbau menggunakan (subject curriculum) untuk mempermudah siswa mempelajari bahan pelajaran, pelaksanaan kurikulum di SMP Negeri 1 Marbau menggunakan pendekatan saintifik dan model pembelajaran berupa Contextual Teaching and Learning ( CTL). Evaluasi kurikulum di SMP Negeri 1 Marbau dilakukan dengan sistem pengawasan oleh dinas pendidikan terhadap sekolah untuk mengetahui pengembangan program pembelajaran. Setelah itu tim melakukan evaluasi yaitu hasil pembelajaran, kurikulum, sarana dan prasarana sekolah, SDM ( tenaga pendidik dan kependidikan.
Penanaman Nilai Karakter Keagamaan Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 47 Sunggal Citra Hasanah
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam [JIMPAI] Vol 3, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa kurangnya penanaman nilai karakter peserta didik untuk menerapkan perilaku religius dalam dirinya terkhusus pada pembelajaran pendidikan agama islam. Dengan permasalahan tersebut maka penulis mengidentifikasi masalah berupa: (1) adanya tingkat kesadaran peserta didik yang masih rendah dalam menerapkan perilaku religius, (2) Masih rendahnya prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (3) Penerapan pendidikan karakter keagamaan yang dinilai belum dilaksanakan secara efektif, dan (4) Berbagai masalah yang berkaitan dengan karakter peserta didik yang sangat mengkhawatirkan masyarakat.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan mengambil latar sekolah SMP Muhammadiyah 47 Sunggal. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Adapun analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran PAI dalam membentuk karakter keagamaan peserta didik terdapat tiga tahapan yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi. Adapun bentuk karakter yang ditanamkan kepada peserta didik pada mata pelajaran PAI yaitu, religius, disiplin, jujur, kerja keras, toleransi, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat komunikasi, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Dimana semua nilai karakter tersebut mesti tercantum dalam setiap proses pembelajaran terutama pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Adapun untuk mencapai penanaman nilai-nilai karakter keagamaan peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama Islam, maka beberapa metode yang digunakan berupa metode pembiasaan, metode nasihat, metode pemberi perhatian, serta metode hukuman.
Dampak Penggunaan Metode Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Lembah Sorik Marapi Ummi Salamah Pulungan
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam [JIMPAI] Vol 3, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa, dan apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diberi perlakuan menggunakan metode reciprocal teaching dengan siswa yang diberi perlakuan menggunakan metode ceramah. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Lembah Sorik Marapi Kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan jenis quasi eksperimen. Sampel penelitian berjumlah 33 siswa pada kelas VII-2 untuk kelas eksperimen, dan juga berjumlah 33 siswa VII-1 pada kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yaitu Sampling Purposive yang dipilih berdasarkan pertimbangan guru, instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes berbentuk pilihan ganda yang telah diuji validitas, dan reliabilitasnya. Adapun teknik pengumpulan data berupa tes (pretest-posttest) yang berjumlah 22 soal dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan penelitian menggunakan uji-t Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode reciprocal teaching yang diterapkan pada kelas eksperimen dapat mempengaruhi hasil belajar siswa secara signifikan pada pembelajaran PAI. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan metode yang digunakan. Hal ini terbukti dari deskripsi data pretest, ketika belum diterapkannya metode reciprocal teaching di kelas eksperimen mendapatkan hasil mean kelas x= 47,2 dan kelas kontrol x= 48,3. Namun setelah diberikan perlakuan x posttest kelas eksperimen mencapai x= 75,3 dan kelas kontrol x= 70,5. Sedangkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik uji-t diperoleh nilai thitung = 5,39 dan t tabel = 0,05 (1,69). Sehingga thitung (5,39 1,69).
Pengaruh Customer Bonding Terhadap Loyalitas Tamu Pada Penginapan Taj Residence Syariah Medan Susi Novianti
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam [JIMPAI] Vol 3, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari customer bonding terhadap loyalitas tamu. Adapun populasi dari penelitian ini sebanyak 33 populasi pada penginapan Taj Residence Syariah Medan. Sedangkan sampel diambil dengan menggunakan teknik total sampling yang merupakan teknik pengambilan sampel dimana seluruh populasi dijadikan sebagai sampel dalam penelitian dan jumlah sampel yang diteliti sebanyak 33 responden. Teknik analisa data menggunakan uji validitas data, uji reliabilitas data,uji asumsi klasik, uji regresi sederhana dan uji hipotesis, uji determinasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa customer bonding berpengaruh terhadap loyalitas tamu yang dinyatakan dengan hasil perhitungan t hitung t tabel yaitu 3,526 2,035 sehingga disimpulkan t hitung berada di penolakan H0 dan Ha diterima. Berdasarkan uji Determinasi Nilai R Square sebesar 0,294 atau 29,4% variabel loyalitas tamu (Y) dipengaruhi oleh customer bonding (X).

Page 1 of 1 | Total Record : 10