cover
Contact Name
Arisantoso
Contact Email
arisantoso@i-tech.ac.id
Phone
+6285692405633
Journal Mail Official
jurnal.maklumatika@i-tech.ac.id
Editorial Address
Jl. Asem Dua No.22 Kelurahan Cipete Selatan, Kecamatan Cilandak, Kota Jakarta Selatan 12410
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Maklumatika
ISSN : 24075043     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Publikasi Ilmiah Informatika atau Jurnal Maklumatika diterbitkan oleh Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT. Jurnal maklumatika bertujuan untuk menyalurkan pemahaman tentang pengetahuan dan kemajuan teknologi informasi yang berupa hasil dari penelitian lapangan, laboratorium maupun studi pustaka. Jurnal maklumatika ini terbit satu tahun dua kali atau satu kali tiap semester yaitu bulan Januari dan Juli dengan mempublikasikan tulisan-tulisan ilmiah yang berisi gagasan, konseptual, kajian kepustakaan dan aplikasi.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Jurnal Maklumatika Vol. 2 No. 1 (2015)" : 6 Documents clear
PENILAIAN PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN MAHASISWA TEKNIK INFORMATIKA MENGENAI UNDANG-UNDANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK Wahyu Nur Cholifah; Desi Novianti
Jurnal Maklumatika Jurnal Maklumatika Vol. 2 No. 1 (2015)
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (201.014 KB)

Abstract

Mahasiswa jurusan teknik informatika merupakan mahasiswa yang lebih mengenal dan dekat tentang komputer. Penggunaan internet adalah hal yang wajib, namun kecendrungan mahasiswa dalam mengambil data dan informasi tersebut biasanya tidak disertai dengan menelaah atau memahami data dan informasi yang di unggah, sehingga tidak tahu apakah data tersebut mengandung isi/konten yang benar serta dapat dipertanggung jawabkan. Tujuan dari penelitian ini adalah Agar mahasiswa dapat mengenal lebih dalam tentang Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik, mahasiswa lebih memahami isi dari Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik. Mahasiswa dapat memahami dan mengetahui pelanggaran dan sanksi hukum yang ada di dalam Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik dan mahasiswa dapat lebih selektif dan bijak dalam menyalin serta memindahkan data dari dan atau informasi yang di unggah. Dengan menggunakan metode korelasi dan reliability untuk membuktikan kebenaran data dimana pengolaan data menggunakan alat bantu SPSS.
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI HELPDESK PADA PT LENTICE SOLUTIONS Yohannes Yahya Welim; Helga Indra Rukmana
Jurnal Maklumatika Jurnal Maklumatika Vol. 2 No. 1 (2015)
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (427.942 KB)

Abstract

PT Lentice Solutions merupakan usaha bisnis dalam bidang IT berupa pembuatan sistem aplikasi untuk perusahaan, pengadaan pelatihan, pembuatan sistem aplikasi accounting, dan pengembangan aplikasi security. Pada saat pengembangan sistem aplikasi yang ada di customer, sering ditemukan beberapa kesalahan sistem (issue) yang muncul. Hal ini menyebabkan terhambatnya proses bisnis dalam perusahaan. Jika ini terjadi maka customer melaporkan issue yang melalui email kepada support Lentice untuk segera dilakukan eskalasi oleh engineer. Sistem informasi helpdesk di PT Lentice Solutions masih menggunakan email yang dinilai belum efektif dalam penanganan eskalasi tiket, sehingga kinerja engineer tidak optimal. Penanganan tiket tidak optimal karena tidak adanya pengaturan waktu tiket. Update progress tiket dari engineer sering terlambat dikirim. Hal ini menyebabkan customer tidak puas dengan kinerja engineer. Oleh karena itu dibutuhkan sistem informasi yang memadai agar proses eskalasi menjadi lebih cepat dan tepat. Hasil yang dicapai adalah membantu support dan engineer dalam menangani tiket, Customer dapat mengetahui perkembangan eskalasi penanganan tiket melalui notifikasi update yang dikirim otomatis ke email setelah engineer melakukan update eskalasi dan Pimpinan dapat menilai kinerja engineer dengan melihat performa engineer berdasarkan tiket yang dikerjakan serta perusahaan dapat mengetahui seberapa efektif action plan yang digunakan saat eskalasi tiket dilaksanakan maka penanganan tiket menjadi lebih optimal.
RANCANG BANGUN APLIKASI ANTRIAN LOKET UNTUK MENINGKATKAN KETERTIBAN PELAYANAN PELANGGAN (STUDI KASUS: KANTOR PDAM BEKASI) Syamsul Afandi; Didin Samsudin Adhuri
Jurnal Maklumatika Jurnal Maklumatika Vol. 2 No. 1 (2015)
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (503.698 KB)

Abstract

Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) terhadap masyarakat Bekasi dinilai kurang memuaskan terutama dari sektor sistem pelayanan dalam pembayaran. Pelanggan diminta untuk mengantri atau berbaris satu-persatu untuk menunggu mendapatkan layanan. Sering juga terjadi ketidakteraturan yang membuat petugas loket antrian akan kesulitan dalam menentukan orang pertama yang akan dilayani. Melalui program Visual Basic 2010 Expres dapat membuat sistem aplikasi otomatis melalui komputer sebagai sarana kontrol. Aplikasi yang dibuat yaitu berupa sistem antrian. Untuk mencapai tujuan kegiatan seperti yang dikemukakan diatas dan memenuhi kaidah-kaidah melakukan riset yang baik, maka dilakukan beberapa langkah metode yaitu : Metode Analisis, questionnaire, survey, wawancara, dan metode selanjutnya adalah metode Perancangan yang dilakukan dalam pembuatan aplikasi ini meliputi: perancangan sistem dengan menggunakan pendekatan Unified Modeling Language (UML), seperti pembuatan Use Case Diagram, Activity Diagram, Class Diagram dan Sequence Diagram dan Perancangan interface. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah membuat sistem perangkat lunak digunakan untuk mengatur atau mengontrol pengambilan dan pemanggilan nomor antrian pada loket. Pembuatan aplikasi ini diharapkan dapat memberikan kemudahan aktivitas dan efektifitas petugas loket antrian dalam melakukan pelayanan transaksi di kantor PDAM sehingga antrian dapat berjalan tertib.
PERANCANGAN STRATEGI PENERAPAN KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM BERDASARKAN PENDEKATAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS STUDI KASUS : TOKO SUMBER TEKNIK COOL BEKASI Arif Susanto; Andi Prastomo; Salman Alfarisi
Jurnal Maklumatika Jurnal Maklumatika Vol. 2 No. 1 (2015)
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (575.227 KB)

Abstract

Sebuah organisasi atau perusahaan tentunya harus tetap meningkatkan kualitas dan kekuatan internal agar dapat bersaing dengan perusahaan yang lain. Kekuatan internal tersebut tidak hanya berasal dari sumber daya manusia dan financial saja. Akan tetapi harus didukung dengan kekuatan yang berasal dari pengetahuan yang harus dapat di kelola agar kiranya knowledge sharing dan transfer knowledge dapat terjadi dengan baik untuk mencapai budaya organisasi yang inovatif. Untuk membantu dalam pengelolaan suatu knowledge dibutuhkan suatu system Knowledge Management serta dibutuhkan pondasi berupa strategi yang tepat. Sehingga dengan adanya pondasi berupa strategi yang tepat dalam mengimplementasikan KMS, diharapkan dapat terciptanya sebuah Knowledge Management System (KMS)yang sesuai dengan kondisi dan keadaan di Toko Sumber Teknik Cool dapat memberikan manfaat bagi kemajuan internal organisasi. Melihat pentingnya pengelolaan Knowledge di Toko Sumber Teknik Cool tersebut maka kami dari tim peneliti ingin meneliti dengan membuat usulan strategi penerapan KMS dimana pada saat pembuatan strategi penerapan KMS ini menggunakan beberapa metode dan teknik seperti teknik kuesioner dengan metode Focus Groud Discusion (FGD) untuk menentukan kebutuhan kriteria, faktor, dan alternatif penerapan KMS yang nantinya hasilkuesioner tersebut diproses kembali dengan teknik pendekatan Analytic Hirarcy Process (AHP)untuk menentukan strategi terbaik yang akan diterapkan di Toko Sumber Teknik Cool.
PENDEKATAN LOGIKA FUZZY INFRENCE SYSTEM MAMDANI SEBAGAI PENDUKUNG SELEKSI GURU TETAP STUDI KASUS: SMK. XYZ Imam Sunoto; Puput Irfansyah
Jurnal Maklumatika Jurnal Maklumatika Vol. 2 No. 1 (2015)
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (420.249 KB)

Abstract

Guru adalah pendidik profesional yang mempunyai tugas, fungsi, dan peran penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Guru yang profesional diharapkan mampu berpartisipasi dalam pembangunan nasional untuk mewujudkan insan Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki jiwa estetis, etis, berbudi pekerti luhur, dan berkepribadian. Dalam memenuhi kebutuhan akan guru tetap di lingkungan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) XYZ, maka pihak sekolah mengadakan penyeleksian terhadap guru tidak tetap/ honorer yang telah mengajar cukup lama. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan pendekatan logika fuzzy infrence system mamdani. Kriteria penilaian dapat dilakukan dengan melihat Kriteria-kriteria yang dipertimbangkan dalam seleksi tersebut, yaitu: kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi professional, dan kompetensi sosial. Dari kriteria tersebut, maka dibuatlah suatu Sistem Pendukung Keputusan (SPK). Kriteria Penentuan seleksi guru tetap tersebut selanjutnya diolah dengan pendekatan logika fuzzy infrence system mamdani. Dengan bantuan software toolbox Matlab R2009b, dapat diperoleh dengan mudah peringkat-peringkat guru tidak tetap yang untuk selanjutnya dapat diajukan sebagai guru tetap. Hasil dari penelitian ini diharapkan kepala sekolah mampu menentukan seleksi guru tetap yang ada di SMK. XYZ secara efekif, efisien, dan objektif.
IMPLEMENTASI VIRTUAL PRIVATE NETWORK BERBASIS MIKROTIK TERHADAP APLIKASI SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH ( SIPKD ) DI PEMERINTAHAN KABUPATEN BOGOR Tengku Riza Firmansyah; Bambang Mulyatno
Jurnal Maklumatika Jurnal Maklumatika Vol. 2 No. 1 (2015)
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (411.536 KB)

Abstract

Pengelolaan Keuangan di Pemerintah Kabupaten Bogor yang menggunakan basis offline menyebabkan penyusunan laporan keuangan oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam penyampaian laporan keuangan sering mengalami keterlambatan, letak SKPD yang berjauhan menyebabkan sulit dan mahalnya mengkoneksikan antara SKPD dengan menggunakan jalur kabel secara local, sementara SKPD telah memiliki internet atau jaringan mereka masing-masing. Tujuan penilitian ini adalah agar SKPD dapat melakukan penyusunan laporan keuangan secara online dengan menggunakan aplikasi berbasis web dan memanfaatkan jaringan internet yang mereka miliki sehingga tidak membutuhkan biaya yang cukup besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (Library Research dan observasi) serta metode perancangan jaringan Virtual Private Network (VPN) dengan melakukan pemilihan jenis VPN, hardware VPN, protocol VPN. Hasil yang ingin dicapai agar terbentuknya jaringan private yang aman dan tidak membutuhkan terlalu banyak biaya pada penerapannya. Kesimpulan yang di dapat pada penelitian ini, VPN yang digunakan ialah berbasis mikrotik, protokol yang digunakan adalah site-to-site VPN, client terkoneksi menggunakan jalur internet yang mereka miliki, pada akhirnya Data center dapat mengeluarkan surat-surat yang berhubungan dengan pengelolaan keuangan dengan cepat dan tepat.

Page 1 of 1 | Total Record : 6