cover
Contact Name
Arisantoso
Contact Email
arisantoso@i-tech.ac.id
Phone
+6285692405633
Journal Mail Official
jurnal.maklumatika@i-tech.ac.id
Editorial Address
Jl. Asem Dua No.22 Kelurahan Cipete Selatan, Kecamatan Cilandak, Kota Jakarta Selatan 12410
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Maklumatika
ISSN : 24075043     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Publikasi Ilmiah Informatika atau Jurnal Maklumatika diterbitkan oleh Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT. Jurnal maklumatika bertujuan untuk menyalurkan pemahaman tentang pengetahuan dan kemajuan teknologi informasi yang berupa hasil dari penelitian lapangan, laboratorium maupun studi pustaka. Jurnal maklumatika ini terbit satu tahun dua kali atau satu kali tiap semester yaitu bulan Januari dan Juli dengan mempublikasikan tulisan-tulisan ilmiah yang berisi gagasan, konseptual, kajian kepustakaan dan aplikasi.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Jurnal Maklumatika Vol. 7 No. 1 (2020)" : 10 Documents clear
SISTEM INFORMASI PENJADWALAN DAN HONOR GURU PADA TK ISLAM BAITURRAHMAH BERBASIS JAVA Een Juhriah
Jurnal Maklumatika Jurnal Maklumatika Vol. 7 No. 1 (2020)
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (574.419 KB)

Abstract

Perkembangan Teknologi memberi dampak di berbagai aspek kehidupan. Dampak dari Teknologi berpengaruh di berbagai bidang kehidupan seperti ekonomi, sosial, budaya, ataupun pendidikan. Dalam bidang pendidikan sebagian institusi sudah diwarnai dengan pengaruh teknologi. Agar kegiatan belajar mengajar berjalan lancar maka diperlukan suatu sistem penjadwalan yang baik. Permasalahan yang dialami TK Islam Baiturrahmah yakni: penjadwalan pembelajaran antara siswa dan guru belum terkomputerisasi sehingga sering kali jadwal guru satu dan lainnya bersamaan, hal ini membuat sekolah merevisi jadwal guru hal tersebut berdampak pada tidak sesuainya honor yang di dapat guru tersebut. Sehingga di butuhkan program dalam mengelolah ini semua. Metode yang digunakan dalam aplikasi ini adalah menggunakan model Waterfall. Dengan adanya penerapan aplikasi ini diharapkan dapat mempermudah pekerjaan pengolahan jadwal guru. Selain itu dapat mengatasi masalah yang ada pada sistem lama sehingga mampu memenuhi semua kebutuhan sistem. Aplikasi penjadwalan di buat dengan program java dan databases MySql serta menggunakan editor netbeans versi 8.2, menggunakan metode lapangan (field research) yang terjun langsung atau mengamati dan berpartisipasi secara langsung dalam penelitian dan dapat di terapkan langsung sebagai solusi dalam meningkatkan pelayanan sekolah Diharapkan dari aplikasi ini menghasilkan berupa penjadwalan yang baik dan pencarian data yang cepat dan tepat dan juga dapat menghasilkan laporan penjadwalan guru.
MEDIA PEMBELAJARAN JENIS-JENIS KAKTUS DENGAN PENERAPAN MARKER BASED TRACKING AUGMENTED REALITY Achmad Aditya Ashadul Ushud
Jurnal Maklumatika Jurnal Maklumatika Vol. 7 No. 1 (2020)
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (391.378 KB)

Abstract

Kaktus dikenal sebagai tanaman berduri yang hidup pada kondisi sedikit air karena kaktus dapat menyimpan air pada batangnya. Walaupun tidak semua kaktus mempunyai duri. Saat ini kaktus banyak dijadikan tanaman hias. Hal ini dikarenakan ada beberapa jenis kaktus memiliki bentuk yang indah, selain itu kaktus juga dikenal mudah dirawat karena tidak perlu sering-sering disiram. Penelitian ini bertujuan untuk mengenal dan mengidentifikasi jenis-jenis kaktus yang ada di dunia ini melalui media pembelajaran interaktif yang mudah dilakukan, yaitu Augmented Reality. Selama ini kaktus banyak dikenalkan hanya melalui buku, gambar atau foto. Sementara untuk menghadirkan kaktus sendiri merupakan hal yang sulit. Apalagi untuk sebagian jenis kaktus yang hidup di daerah tertentu dan termasuk langka. Sehingga untuk mengenali kaktus secara detail dirasakan sulit dilakukan. Melalui teknologi Augmented Reality dengan metode Marker Based Tracking dalam bentuk aplikasi pada handphone Android ini, diharapkan dapat membantu dalam proses pembelajaran jenis-jenis kaktus menjadi lebih mudah. Pengguna dapat mengidentifikasi jenis-jenis kaktus melalui layar handphone.
PEMODELAN ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP) DALAM BIDANG PENDIDIKAN DENGAN MENGGUNAKAN TOGAF: STUDI KASUS UNIVERSITAS KUNINGAN Dian Hermanto
Jurnal Maklumatika Jurnal Maklumatika Vol. 7 No. 1 (2020)
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (492.784 KB)

Abstract

Perkembangan kebutuhan pendidikan tinggi membuat bermunculannya penyelenggara pendidikan dengan menawarkan sistem yang bermacam-macam. Semakin meningkatnya persaingan diantara perguruan tinggi di Indonesia mendorong untuk memberikan pelayanan sebaik-baiknya. Faktor terpentingnya adalah penyediaan informasi yang relevan terhadap stakeholder, diantaranya calon mahasiswa, mahasiswa, dosen, administrasi, karyawan, alumni, pengguna lulusan, khususnya para pengelola perguruan tinggi. Universitas Kuningan termasuk perguruan tinggi swasta yang memiliki performa peningkatan yang baik. Universitas Kuningan berupaya meningkatkan kualitas dan mutu internal secara berkesinambungan dan menjadikan sumber daya internal sebagai strategi institusi dalam bersaing dengan perguruan tinggi lain. Dalam rangka memenuhi kebutuhan tersebut dibutuhkan suatu sistem yang terintegrasi, dan mampu mengikuti perkembangan. Untuk itu perlu diterapkan sistem Enterprise Resource Planning (ERP) yang mampu mendukung proses integrasi, otomatisasi, dan optimasi melalui model aplikasi sistem informasi internal yang dapat menangani pengelolaan semua sumber daya organisasi yang ada. Sebelum proses penerapan sistem ERP tersebut, penulis melakukan analisis terhadap semua sumber daya di Universitas Kuningan. Metode analisa dan penelitian yang digunakan adalah Framework TOGAF. Hasil analisis terhadap proses akan dituangkan dalam bentuk sebuah dokumen di dalamnya berisi deskripsi hasil analisis dan perancangan perangkat lunak, yaitu sebuah model arsitektur ERP Perguruan Tinggi. Dokumen ini digunakan sebagai rujukan dalam pengembangan sistem informasi berbasis ERP di masa yang akan datang.
PENERAPAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS UNTUK MODEL PENGUKURAN EMPLOYEE PERFORMANCE DEVELOPMENTPLAN SEBAGAI DECISION SUPPORT SYSTEM Sandro Alfeno; Bayu Lesmana Putra; Sindi Iklima Citra Nitami
Jurnal Maklumatika Jurnal Maklumatika Vol. 7 No. 1 (2020)
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (765.494 KB)

Abstract

Employee Performance Development Plan merupakan salah satu program dari PT Parador Management International dalam melakukan penilaian kinerja setiap karyawan yang bekerja di perusahaan ini. Penilaian kinerja adalah review sistematis dari kondisi kerja karyawan yang dilakukan secara formal terkait dengan standar kerja yang telah dilakukan oleh setiap perusahaan. Penilaian ini diharapkan dapat membantu pengambilan keputusan dan tindakan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Salah satu model sistem penunjang keputusan dalam menentukan persoalan yang melibatkan mutli kriteria adalah dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Dengan adanya kebutuhan tersebut maka pada penelitian ini membahas tentang sistem penunjang keputusan dalam penilaian kinerja karyawan dengan metode analytical hierarchy process. Penelitian ini dilakukan dengan mencari nilai bobot untuk setiap kriteria penilaian, diantaranya adalah Dependability (Kehandalan), Work Conduct (Perilaku Kerja), Appearance (Penampilan) dan Leadership (Kepemimpinan) kemudian dilakukan proses penilaian yang akan menentukan alternatif yang optimal. Penilaian kinerja berdasarkan kriteria tersebut dapat membantu management dalam pengambilan keputusan diantaranya untuk menentukan kenaikan jabatan, perpanjang kontrak kerja dan tidak diperpanjang kontrak kerja.
RANCANG BANGUN TEMPAT SAMPAH PINTAR OTOMATIS BERBASIS ARDUINO (STUDI KASUS : RT 06 RW 09 KELURAHAN MANGGARAI, KECAMATAN TEBET, JAKARTA SELATAN)
Jurnal Maklumatika Jurnal Maklumatika Vol. 7 No. 1 (2020)
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sampah merupakan salah satu permasalahan material sisa setelah berakhirnya suatu proses yang sering kita temui di lingkungan masyarakat. Penyebab terjadinya penumpukan sampah salah satu faktornya adalah kurangnya mawas diri atau kesadaran masyarakat dalam membuang sampahnya pada tempat yang disediakan. Selain itu, minimnya tempat sampah diberbagai tempat dan tak jarang sampah dibiarkan menumpuk terus menerus sehingga dapat mengganggu pemandangan dan menimbulkan bau yang tidak sedap. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah alat yang dapat memberikan peringatan ketika sampah sudah penuh dan akan terbuka secara otomatis ketika ada orang yang ingin membuang sampah. Metode penelitian ini menggunakan System Development Life Cycle (SDLC) dengan diagram flowchart sistem, diagram blok, metode pengujian perangkat dengan Pengujian Sensor Ultrasonik dan Motor Servo, serta pengujian Sensor Ultrasonik dan Buzzer. Hasil penelitian ini adalah sebuah Alat Sensor Ultrasonik yang digunakan untuk mendeteksi orang yang akan membuang sampah. Sedangkan motor servo digunakan untuk membuka atau menutup tempat sampah. Didalam tempat sampah terdapat Sensor Ultrasonik untuk mendeteksi sampah ketika sudah penuh, maka Mikrokontroler Arduino akan mengirimkan perintah ke Buzzer untuk memberikan peringatan berupa suara. Simpulan penelitian ini adalah Tempat sampah pintar otomatis dirancang menggunakan mikrokontroler Arduino Uno Atmega328 dan menggunakan bahasa pemrograman software Arduino IDE serta sensor ultrasonik.
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN KARYAWAN TERBAIK MENGGUNKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) STUDI KASUS PADA PT. BANDO INDONESIA Umbar Riyanto; Nunu Abtur Rahman
Jurnal Maklumatika Jurnal Maklumatika Vol. 7 No. 1 (2020)
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (552.009 KB)

Abstract

Dalam penentuan karyawan terbaik pada PT. Bando Indonesia terdapat beberapa faktor yang menjadi penilaian. Penilaian ini didasarkan pada hasil kinerja, kedisiplinan, kepribadian, kepedulian, kreativitas, keaktifan. Sehingga tidak menutup kemungkinan bahwa pengambilan suatu keputusan merupakan suatu yang sangat penting dalam menentukan keputusan yang harus diambil oleh decision maker. Dengan tujuan untuk membangun dan memberikan alternatif sebuah sistem penunjang keputusan yang mempunyai kemampuan analisa pemilihan performa karyawan berprestasi dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW), dimana masing-masing kriteria dalam hal ini faktor- faktor Kriteria dan keputusan alternatif dalam hal ini para karyawan dibandingkan satu dengan yang lainnya sehingga memberikan output nilai intensitas prioritas yang menghasilkan score nilai karyawan yang memberikan penilaian terhadap setiap kinerja karyawan berprestasi. Sistem penunjang keputusan ini membantu dan memberikan alternatif dalam melakukan penilaian setiap karyawan, melakukan perubahan kriteria, dan perubahan nilai bobot. Hal ini berguna untuk memudahkan pengambil keputusan yang terkait dengan masalah pemilihan karyawan berprestasi, sehingga akan di dapatkan karyawan yang paling layak diberi reward atau penghargaan.
SISTEM INFORMASI JASA LAUNDRY JAYA MENGGUNAKAN JAVA J2SE Neti Riastutik; Lukman; Dian Sari
Jurnal Maklumatika Jurnal Maklumatika Vol. 7 No. 1 (2020)
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (366.665 KB)

Abstract

Toko Laundry Jaya adalah tempat usaha yang bergerak di bidang pelayanan jasa laundry. Laundry Jaya berpeluang semakin meningkat bisnisnya karena mulai banyaknya pesanan dari para konsumen. Namun, seiring berkembangnya usaha dalam melayani konsumen, tak jarang ditemui pihak Laundry Jaya, Susah ketika menangani pesanan laundry dalam jumlah banyak. Hal ini disebabkan orderan yang semakin bertambah sehingga kurang perhatian dalam pendataan transaksi orderan baju kotor laundry konsumen yang diterima.. Metode yang digunakan dalam pembuatan program ini adalah model Waterfall. Sistem Informasi Pelayanan Jasa Laundry Jaya Laundry Berbasis Java J2SE dibuat sebagai solusi pelayanan jasa di Laundry Jaya dalam pengelolaan data laundry, data pelanggan (member, non-member), data transaksi pelanggan (member, non-member) dan penyajian laporan transaksi pelanggan (member, non-member), dan laporan pengeluaran toko dengan baik. Aplikasi Laundry Jaya tersebut di buat dengan program java dan databases MySql serta menggunakan editor netbeans versi 8.2,menggunakan metode Dalam penelitian menggunakan metode lapangan (field research), Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi yang dapat membantu pekerjaan pihak-pihak yang bekerja dalam toto laundry. Sistem pada aplikasi ini secara otomatis mencari data pelanggan toko,menghitung otomatis total harga serta dapat membuat laporan dalam perido harian,mingguan dan bulanan.
PERANCANGAN ALAT PENDETEKSI GARIS GAWANG LAPANGAN FUTSAL DENGAN SENSOR PASSIVE INFRARED RECEIVER (PIR) BERBASIS ARDUINO (STUDI KASUS LAPANGAN FUTSAL KOMPLEK POLRI PENGADEGAN) Faisal Lutfi; Mochamad Sanwasih
Jurnal Maklumatika Jurnal Maklumatika Vol. 7 No. 1 (2020)
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (333.28 KB)

Abstract

Futsal adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua tim. Didalam permainan futsal untuk satu timnya terdapat lima pemain yang berada dalam lapangan dan dua orang wasit yang mengawasi pertandingan. Namun di dalam lapangan futsal kita juga menemukan sebuah permasalahan seperti dalam mencetak gol yang dianulir wasit padahal bola tersebut sudah masuk ke melewati garis gawang. Sensor Passive Infrared Receiver (PIR) digunakan untuk mendeteksi pergerakan benda yang ada di depannya. Sensor ini terbuat dari pyroelectric yang dapat mendeteksi radias sinar infra merah. Cara kerja sensor ini dengan memancarkan sinar infra merah ke arah depan dan mendeteksi suatu objek yang ada di depannya dengan mendeteksi pantulannya (jika ada objek di depan sensor maka objek tersebut akan memantulkan sinar infra merah). Simpulannya dibuat sebuah alat untuk mendektesi bola yang masuk ke dalam gawang. Hal ini dilakukan untuk menjaga dan memastikan bola yang dimasukkan ke arah gawang terdeteksi masuk.
IMPLEMENTASI JARINGAN INTERNET PEDESAAN MENGGUNAKAN VSAT IP Nanang Sadikin; Ismoyo Mangkuharjo
Jurnal Maklumatika Jurnal Maklumatika Vol. 7 No. 1 (2020)
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (259.587 KB)

Abstract

Pusat internet pedesaan atau juga sering disebut Pusat Layanan Jasa Internet Kecamatan merupakan program pemerintah yang diselenggarakan oleh Departemen Komunikasi dan Informasi (Depkominfo) yang bekerjasama dengan PT. Aplikanusa Lintasarta sebagai penyedia layanan jasa internet (Internet Service Provider). Proyek ini menunjuk satu mitra di masing-masing tempat di setiap desa untuk menjadi Pusat Layanan Internet dalam suatu pedesaan yang menggunakan teknologi VSAT sebagai media penghubung dengan layanan Internet. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Studi Pustaka, dan metode observasi, serta merancang dan membangun Jaringan Internet Pedesaan menggunakan VSAT IP. Tujuan yang dicapai adalah membangun jaringan Internet ke seluruh pelosok desa yang belum terjangkau oleh akses telekomunikasi. Simpulan hasil penelitian adalah bahwa Jaringan Internet Pedesaan bisa dibangun menggunakan VSAT IP yang memiliki kehandalan antara lain tidak akan mengalami penurunan kecepatan bila jalur sibuk dan rute yang kompleks serta menjangkau daerah yang luas (nasional, regional, dan internasional).
APLIKASI BELAJAR MENGAJI BERBASIS ANDROID Ahmad Sauqi; Himawan
Jurnal Maklumatika Jurnal Maklumatika Vol. 7 No. 1 (2020)
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (499.839 KB)

Abstract

Aplikasi pembelajaran merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk menyampaikan isi materi yang melibatkan perangkat bergerak seperti ponsel, laptop dan tablet Personal Computer. Salah satu contoh pembelajaran yaitu belajar alquran. Alquran sebuah kitab suci utama dalam agama Islam, yang umat Muslim percaya bahwa kitab ini diturunkan oleh Allah SWT, kepada Nabi Muhammad SAW, sehingga sangat penting bagi kehidupan manusia maka sudah seharusnya bila anak-anak mempelajarinya sejak dini. Banyak cara yang digunakan untuk belajar membaca Alquran, salah satunya adalah metode iqra. Seiring dengan perkembangan dan kebutuhan teknologi saat ini pembelajaran iqra dapat dibuat menjadi lebih praktis dan menarik dalam segi visual dengan menggunakan ponsel berbasis android. Dengan menggunakan pembelajaran iqra berbasis android anak-anak (5-12 tahun) diharapkan merasa tidak bosan untuk mempelajari dasar-dasar membaca Alquran dan bagi anak yang memiliki orang tua yang sibuk, mereka bisa belajar sendiri, membaca Alquran berbasis aplikasi Android.

Page 1 of 1 | Total Record : 10