cover
Contact Name
Arisantoso
Contact Email
arisantoso@i-tech.ac.id
Phone
+6285692405633
Journal Mail Official
jurnal.maklumatika@i-tech.ac.id
Editorial Address
Jl. Asem Dua No.22 Kelurahan Cipete Selatan, Kecamatan Cilandak, Kota Jakarta Selatan 12410
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Maklumatika
ISSN : 24075043     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Publikasi Ilmiah Informatika atau Jurnal Maklumatika diterbitkan oleh Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT. Jurnal maklumatika bertujuan untuk menyalurkan pemahaman tentang pengetahuan dan kemajuan teknologi informasi yang berupa hasil dari penelitian lapangan, laboratorium maupun studi pustaka. Jurnal maklumatika ini terbit satu tahun dua kali atau satu kali tiap semester yaitu bulan Januari dan Juli dengan mempublikasikan tulisan-tulisan ilmiah yang berisi gagasan, konseptual, kajian kepustakaan dan aplikasi.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Jurnal Maklumatika Vol. 9 No. 1 (2022)" : 10 Documents clear
PERANCANGAN WEBSITE PENCATATAN KARTU MENUJU SEHAT (KMS) BALITA DI POSYANDU ORCHID DEPOK Susana Dwi Yulianti
Jurnal Maklumatika Jurnal Maklumatika Vol. 9 No. 1 (2022)
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (694.363 KB)

Abstract

Penggunaan teknologi informasi saat ini telah masuk kedalam berbagai bidang. Dalam kegiatan di masyarakat, terdapat Pos Pelayanan Terpadu atau yang sering disebut Posyandu. Posyandu Orchid merupakan posyandu yang berlokasi diperumahan Orchid Green Park, kelurahan Pasir Putih, kecamatan Sawangan, kota Depok. Kegiatan rutin yang dilakukan setiap bulan adalah Penimbangan Balita dan biasanya mendatangkan juga Bidan dari Puskesmas untuk memberikan layanan imunisasi. Prosedur yang dijalankan selama ini adalah setiap dilaksanakan penimbangan, orang tua balita harus registrasi ulang dengan mengisi formulir data diri dan balita yang isinya sama setiap bulannya. Sehingga terjadi redudansi data dan membutuhkan waktu untuk mengisi formulir terlebih dahulu. Dengan dibuatnya website pencatatan KMS balita memudahkan kader posyandu untuk melakukan pencatatan dan mempersingkat waktu dalam menghasilkan laporan yang harus diserahkan ke PKM. Metode rekayasa system yang digunakan pada penelitian ini adalah Waterfall Model. Hasil dari penelitian ini adalah proses registrasi berulang setiap datang ke posyandu sudah tidak terjadi lagi karena data balita yang sudah pernah datang sebelumnya sudah tersimpan di database dan laporan yang dihasilkan real time bisa dihasilkan setelah kegiatan selesai dilaksanakan.  
MEMBANGUN SISTEM PAKAR PENYAKIT YANG DI ALAMI PADA IBU HAMIL BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING Muhammad Nadif Febriyansyah; Mohammad Imam Shalahudin; Fajar Septian
Jurnal Maklumatika Jurnal Maklumatika Vol. 9 No. 1 (2022)
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (679.579 KB)

Abstract

Seiring perkembangan zaman, untuk dapat mengetahui atau mendiagnosis tentang penyakit-penyakit pada ibu hamil mudah didapatkan dengan sistem pakar. Sistem pakar merupakan sistem yang mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer, agar dapat menyelesaikan masalah seperti yang dilakukan oleh para ahli. Tujuan pengembangan sistem pakar sebenarnya tidak menggantikan peran pakar, namun mengimplementasikan pengetahuan para pakar ke dalam perangkat lunak, sehingga dapat digunakan banyak orang tanpa biaya besar. Metode penelitian ini menggunakan teknik inferensi atau metode forward chaining. Forward chaining atau disebut bottom-up reasoning adalah cara penarikan kesimpulan yang dimulai dengan data atau fakta yang ada lalu bergerak maju melalui premis-premis untuk menuju ke kesimpulan. Pada teknik ini data digunakan sebagai penentu aturan mana yang harus dijalankan, kemudian aturan tersebut dijalankan. Teknik Forward Chaining merupakan teknik yang digunakan untuk proses inferensia yang memulai penalarannya dan sekumpulan data menuju kesimpulan yang dapat ditarik. Teknik Forward Chaining yaitu metode penalaran yang bergerak dan IF part menuju THEN part. Hasil penelitian ini adalah aplikasi dapat digunakan untuk konsultasi dalam melakukan analisis dan diagnosis dalam pengambilan keputusan penyakit pada ibu hamil, dengan melihat berbagai gejala penyakit yang dialami ibu hamil. Simpulan penelitian ini adalah dengan sistem pakar, orang awam dapat menyelesaikan masalah yang sebenarnya dengan bantuan para ahli.
PERANCANGAN MARKET PLACE KOPERASI UMKM INDONESIA SEJAHTERA (KOMINDO) Fernaldy Rizky Prawira Tuanaya; Arisantoso; Hari Setiyani
Jurnal Maklumatika Jurnal Maklumatika Vol. 9 No. 1 (2022)
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (895.608 KB)

Abstract

Perkembangan teknologi masih sepenuhnya belum dapat dipahami oleh sebagian orang. Hal ini didapat dari masih adanya sebagian pengusaha yang masih belum memanfaatkan teknologi informasi dalam bisnis. Salah satunya adalah Usaha Micro Kecil dan Menengah (UMKM) dimana pemanfaatan perkembangan teknologi belum semuanya dirasakan dalam kegiatan transaksi sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah membuat sistem aplikasi market place koperasi UMKM Indonesia Sejahtera (KOMINDO). Metodologi penelitian ini menggunakan studi pustaka, observasi, dan pengembangan sistem dengan diagram Unified Modelling Language (UML) dengan model waterfall untuk menentukan alur data dari aplikasi. Hasil penelitian ini adalah berupa aplikasi berbasis website dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP serta basis data MySQl yang dapat digunakan untuk menunjang kegiatan penjualan. Simpulan penelitian ini adalah dengan adanya aplikasi ini dapat membantu manajemen memudahkan transaksi di koperasi UMKM, seperti transaksi pengelolaan data, transaksi penjualan produk koperasi, pemasaran atau promo produk sehingga dapat dikenal tidak hanya lokal tapi bisa secara nasional dan hubungan antara pemilik dengan konsumen.
PENGEMBANGAN APLIKASI E-COMMERCE (STUDI KASUS: PT. SOLUSI PRIMA PACKAGING) Adam Raihan; Hari Setiyani; Fajar Septian
Jurnal Maklumatika Jurnal Maklumatika Vol. 9 No. 1 (2022)
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (574.503 KB)

Abstract

Perkembangan dan kemajuan teknologi terus berkembang, mulai dari era teknologi pertanian, era teknologi industri, era teknologi informasi, dan era teknologi komunikasi dan informasi. Perkembangan ini membawa dampak dalam kehidupan seperti perkembangan aplikasi di dunia nyata yang bermula dari paket-paket aplikasi yang bersifat fungsional, di dunia maya beragam aplikasi e-commerce dibangun berdasarkan paradigma proses (business process). PT Solusi Prima Packaging (SOPRA) merupakan perusahaan manufaktur yang memproduksi berbagai macam kemasan untuk Makanan & Minuman, Kosmetik, Farmasi, dan banyak aplikasi lainnya. Dari input untuk pemilihan kemasan, perbandingan kemasan, lalu menuju ke proses untuk pembayaran serta diskon ini masih terdapat banyaknya bug yang menyulitkan pengguna sehinggi dibutuhkan di aplikasi e-commerce untuk memperbaiki pelayanan dan informasi data yang disediakan. Tujuan penelitian ini adalah membuat pengembangan aplikasi e-commerce. Metode penelitian yang digunakan studi pustaka, observasi dan wawancara, system development life cycle (SDLC) dengan model waterfall serta diagram alir data menggunakan Unified Modeling Language (UML). Hasil penelitian ini yaitu berupa aplikasi e-commerce yang akan di implementasikan pada PT. Sopra. Simpulan penelitian ini adalah dengan adanya aplikasi e-commerce maka pelayanan dapat dilakukan secara online dan penggunaan transaksi pembayaran yang bisa mempercepat proses transaksi tersebut.
PERANCANGAN APLIKASI DIGITAL ARSIP KAMPUS DALAM MENINGKATKAN KUANTITAS DAN KUALITAS PUBLIKASI KARYA ILMIAH MAHASISWA DAN DOSEN DI PERGURUAN TINGGI Arisantoso; Muhammad Rifa Aulia; Demorando Priesseno
Jurnal Maklumatika Jurnal Maklumatika Vol. 9 No. 1 (2022)
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (609.04 KB)

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi yang cepat ini memberikan dampak signifikan terhadap beberapa prinsip atau konsep manajemen perguruan tinggi, misalnya publikasi karya ilmiah Dosen dan Mahasiswa di arsipkan secara digital yang dulunya masih konvensional akan sangat bisa menjadi konsep terpadu dengan adanya sistem informasi digital, mulai dari pengecekan dokumen yang lebih efisien, melihat tanggal dokumen dibuat, merubah dokumen dengan praktis dan keamanan dokumen terjamin. Bahwa untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas publikasi karya ilmiah baik skala nasional dan internasional sebagai upaya mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta peningkatan daya saing bangsa dalam pengelolaan dan penyelenggaraannya, perguruan tinggi diwajibkan memiliki sistem digital arsip bagi setiap Dosen ataupun Mahasiswa yang telah selesai menyusun laporan penelitian, bahan ajar, skripsi atau laporan tugas akhir dan lain-lain pada repositori perguruan tinggi. Tujuan penelitian ini merancang aplikasi digital arsip untuk mewadahi publikasi karya ilmiah dosen dan mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan diantaranya studi pustaka, observasi dan wawancara, pengembangan sistem dengan extreme programming. Hasil penelitian ini berupa aplikasi untuk kemudahan Dosen dan Mahasiswa saat mempublikasi hasil penelitian, modul pembelajaran, tugas akhir dalam bentuk digital. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dibutuhkan dan diwajibkan kepada setiap perguruan tinggi untuk meningkatkan layanan secara digital serta mempercepat prosess pengelolaan dokumen yang ada.
APLIKASI SELF SERVICE MENU MENGGUNAKAN SCRUM BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS: TOKO GROSIR) Lipriadi; Budy Muhandri; Arisantoso
Jurnal Maklumatika Jurnal Maklumatika Vol. 9 No. 1 (2022)
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (594.639 KB)

Abstract

Perkembangan zaman yang semakin maju memicu jiwa kreativitas manusia dalam menemukan ide, dan inovasi agar dapat beradaptasi pada kehidupan, mampu mengikuti perkembangan era globalisasi, dan tidak tertinggal zaman. Teknologi digunakan manusia dalam memenuhi kegiatan ekonomi seperti transaksi jual beli. Misalnya transaksi perdagangan dan pembelian dilakukan melalui internet Hal ini memberikan dampak positif karena dapat mempertemukan antara penjual dan pembeli tanpa batasan waktu dan tempat. Para pengusaha toko grosir berdagang secara online baik melalui aplikasi e-commerce, online-shop, atau marketplace dimana target pasarnya semakin luas. Metode berjualan online dianggap praktis, efisien, fleksibel, hemat biaya, menjangkau pelanggan lebih banyak, sehingga meningkatkan pendapatan masyarakat dan memiliki pengaruh terhadap kegiatan pembangunan nasional (program kerja pemerintah). Tujuan penelitian ini merancang aplikasi self service menu untuk peningkatan layanan pelanggan. Metode penelitian yang digunakan studi pustaka, observasi,dan wawancara, pengembangan sistem dengan Scrum model. Hasil penelitian ini berupa aplikasi untuk memfasilitasi user untuk melakukan transaksi jual beli barang secara mandiri dan online tanpa harus ke toko secara langsung. Penelitian ini memuat data-data yang berkaitan dengan toko online (e-commerce) yang berisi data produk, transaksi jual-beli, checkout barang untuk melakukan pengecekan kembali, pembayaran barang yang sudah di pesan, dan pengiriman barang yang telah di pesan hingga sampai di tangan pembeli.
MEMBANGUN APLIKASI PENGGALANGAN DONASI PADA KOMUNITAS YOUTHPED INDONESIA DENGAN TEKNIK CROWDFUNDING Syahid Adli; Desi Sihamita; Arisantoso
Jurnal Maklumatika Jurnal Maklumatika Vol. 9 No. 1 (2022)
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1465.064 KB)

Abstract

Perkembangan teknologi menjamin manusia memenuhi kebutuhan informasi semakin mudah diakses dari manapun dan kapanpun melalui teknologi yakni internet. Melalui teknologi, interaksi manusia lebih fleksibel, dan cepat dalam mencapai visi, misi, dan tujuan organisasi/komunitas. Komunitas merupakan kelompok sosial di lingkungan masyarakat, terdiri dari berbagai macam individu. Youthped Indonesia merupakan komunitas dibidang metal healty, self development/self improvement bagi kaum muda. Komunitas ini selalu mengadakan event-event terkait dengan mental healty. Untuk mencapai event besar tersebut dibutuhkan sejumlah dana, sehingga peranan donatur dibutuhkan untuk keberhasilan event. Selanjutnya untuk mempermudah komunitas Youthped Indonesia mendapat dana dari para donatur dibutuhkan wadah atau media untuk donasi bagi para donaturnya. Selama ini, donasi dengan metode door to door tentunya dinilai kurang efektif dikarenakan memakan banyak waktu, tenaga, dan biaya operasional yang dibutuhkan. Kemudian akuntabilitasnya menjadi dipertanyakan apakah dana yang diperoleh berjumlah sama dengan yang diberikan donatur. Tujuan penelitian ini membangun aplikasi penggalangan donasi berbasis website. Metode penelitian yang digunakan diantaranya studi kepustakaan, observasi, pengembangan sistem dengan uml, teknik menggunakan teknik crowdfunding, waterfall model. Hasil penelitian ini berupa aplikasi penggalangan donasi agar pengelolaan mudah diakses para donatur, transparansi keuangan terjamin. Simpulan penelitian ini memuat data-data yang berkaitan dengan pengelolaan halaman kategori, projek, donatur, daftar donasi, pencairan dana, kontak, subscriber.
PERANCANGAN APLIKASI DATA SECURITY DALAM MELINDUNGI INFORMASI DIGITAL MENGGUNAKAN TEKNIK ALGORITMA RIJNDAEL BERBASIS DESKTOP Adhitya Ahmad Pradypta
Jurnal Maklumatika Jurnal Maklumatika Vol. 9 No. 1 (2022)
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (359.194 KB)

Abstract

Seperti yang kita ketahui saat ini ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang dengan sangat cepat, penggunaan berbagai macam informasi dan juga media yang menggunakan teknologi multimedia saat ini digunakan setiap harinya mulai dari personal / individu bahkan sampai organisasi maupun istitusi perusahaan. Salah satu Contohnya adalah aktivitas berfoto, merekam video dan lain-lain. Namun dibalik keunggulan perkembangan teknologi yang cepat saat ini juga terdapat beberapa celah keamanan khususnya pada data yang dimiliki oleh masing-masing individu atau lembaga. Sehingga perlu adanya suatu penelitian untuk mengamankan data - data penting yang akan digunakan baik oleh individu, instansi pemerintah/swasta, sekolah ataupun universitas. Salah satu hal pengamanan data yang bisa dilakukan adalah implementasikan sebuah metode enkripsi pada aplikasi pengamanan data. Hasil penelitian ini berupa aplikasi yang dibuat untuk mengamankan data–data penting seperti file yang berekstensi doc, exe, mp3, swf, mp4, avi dan lain – lain. Simpulan penelitian ini semua jenis format file dapat dilakukan menggunakan enkripsi dengan baik, file yang telah terenkripsi akan ditandai dengan file yang berekstensi *.encrypt. Aplikasi data security berbasis desktop ini dirancang dapat bekerja dengan baik dengan menggunakan teknik algoritma rijndael.
PENGEMBANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY MEDIA PEMBELAJARAN BUAH-BUAHAN PADA PLATFORM ANDROID Danny Yusuf; Fajar Septian
Jurnal Maklumatika Jurnal Maklumatika Vol. 9 No. 1 (2022)
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1089.706 KB)

Abstract

Bidang pendidikan, semakin berkurangnya minat belajar siswa dikarenakan perkembangan teknologi hiburan yang justru semakin menyuguhkan hal-hal menarik dan interaktif seperti film kartun maupun animasi tiga dimensi (3D). Peranan teknologi pada era 4.0 merupakan hal yang sangat penting dalam penunjang aktivitas sehari-hari, sebuah alat yang digunakan untuk mempermudah, memenuhi kebutuhan penggunanya masing masing. Sedangkan media pembelajaran yang saat ini digunakan masih didominasi oleh buku yang berisi tulisan dan gambar saja. Augmented reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata Penggunaan gambar (3D) dengan memanfaatkan Augmented Reality sebagai penunjang pembelajaran siswa untuk pengenalan buah-buahan berdasarkan kriteria yang ada agar tidak merasa bosan dan lebih berimajinatif serta menambah wawasan bagi para siswa-siswi dengan jenjang PAUD. Augmented Reality sangat bermanfaat dalam meningkatkan proses belajar mengajar.
PERANCANGAN APLIKASI LAPORAN PERBAIKAN JARINGAN INTERNET DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN (STUDI KASUS: PT. ZYX) Erlangga Al Farozi
Jurnal Maklumatika Jurnal Maklumatika Vol. 9 No. 1 (2022)
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (858.299 KB)

Abstract

PT. XYZ merupakan perusahaan dalam menyewakan jaringan internet pada perusahaan di seluruh Indonesia. Demi memberikan pelayanan yang terbaiknya kepada para pelanggan maka dibentuklah suatu divisi yang bernama Access Operation Maintenance (AOM) untuk melakukan penanganan gangguan jaringan para pelanggan. Saat penginputan laporan hasil perbaikan masih dilakukan dengan mengarsipkan secara fisik sehingga perlu membuat suatu perancangan aplikasi atas laporan hasil perbaikan jaringan berbasis komputerisasi dan sistematis menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan framework Codeigniter, Bootstrap dan XAMPP. Tujuan penelitian ini untuk menghindari duplikasi data dan memudahkan dalam hal monitoring laporan penanganan gangguan jaringan. Metode penelitian yang digunakan dalam perancangan aplikasi ini adalah metode studi pustaka, observasi, wawancara, dokumentasi, merancang dan membangun aplikasi laporan perbaikan jaringan internet. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aplikasi memudahkan staff admin dalam mengelola laporan, mengelola data jaringan dan tentunya akan meningkatkan efektifitas kinerja petugas. Simpulan dari penelitian ini dapat mempermudah admin dalam pengelolahan data sehingga pekerjaan menjadi lebih cepat dan efisien.

Page 1 of 1 | Total Record : 10