cover
Contact Name
Arisantoso
Contact Email
arisantoso@i-tech.ac.id
Phone
+6285692405633
Journal Mail Official
jurnal.maklumatika@i-tech.ac.id
Editorial Address
Jl. Asem Dua No.22 Kelurahan Cipete Selatan, Kecamatan Cilandak, Kota Jakarta Selatan 12410
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Maklumatika
ISSN : 24075043     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Publikasi Ilmiah Informatika atau Jurnal Maklumatika diterbitkan oleh Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT. Jurnal maklumatika bertujuan untuk menyalurkan pemahaman tentang pengetahuan dan kemajuan teknologi informasi yang berupa hasil dari penelitian lapangan, laboratorium maupun studi pustaka. Jurnal maklumatika ini terbit satu tahun dua kali atau satu kali tiap semester yaitu bulan Januari dan Juli dengan mempublikasikan tulisan-tulisan ilmiah yang berisi gagasan, konseptual, kajian kepustakaan dan aplikasi.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Jurnal Maklumatika Vol.4 No.2 (2018)" : 6 Documents clear
ANALISA PERBANDINGAN SURVEY WIRELESS MANUAL DAN METODE SOFTWARE LINK PLANNER DI PT. INDONET Nanang Sadikin; Imam Nur Insani Firdaus
Jurnal Maklumatika Jurnal Maklumatika Vol.4 No.2 (2018)
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1571.155 KB)

Abstract

PT. Indonet merupakan perusahaan penyedia jasa internet. Salah satu produknya yaitu produk yang menggunakan media wireless. Divisi yang menangani media wireless yaitu Divisi Technical Operation (TO). Sebelum melakukan proses instalasi wireless divisi TO melakukan survey fisik lapangan terlebih dahulu yang tujuannya memeriksa kondisi fisik dari lokasi dimana akan ditempatkan segala perangkat radio yang akan digunakan. Selain itu, survey ini juga diperlukan untuk menentukan Line of Sight (LOS) atau Non Line of Sight (NLOS) link wireless antara antena pengirim dan antena penerima yang akan dipasang nanti. Setelah memperoleh informasi LOS yang baik antara antena pengirim dan penerima sangat penting sekali untuk instalasi Point to Point dan Point to Multi Point. Secara visual, kondisi LOS dapat diketahui apabila melihat antara antena pengirim dan antena penerima yang ingin berkomunikasi tanpa ada penghalang. Dapat melihat sisi yang lain, tidaklah cukup untuk dapat membangun sebuah koneksi wireless yang baik. Untuk itu, dibutuhkan informasi yang lebih detail, dimana ada perhitungan ketinggian atau jarak minimal diantara garis lurus yang menghubungkan dua titik dengan halangan tertinggi di antara dua titik tersebut. Salah satu software untuk kegiatan survey yaitu Link Planner. Sofware Link Planner yang dipakai Surveyor PT. Indonet untuk mengetahui informasi yang lebih detail mengenai survey wireless tersebut.
ANALISA DAN PERANCANGAN WEBSITE CROWDFUNDING DOMPET PEDULI UMMAT DAARUT TAUHIID JAKARTA Achmad Aditya Ashadul Ushud
Jurnal Maklumatika Jurnal Maklumatika Vol.4 No.2 (2018)
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (523.114 KB)

Abstract

Saat ini teknologi telah banyak memberikan kemudahan kepada penggunanya. Termasuk memberikandonasi kepada masyarakat kurang mampu atau membutuhkan. Calon donatur dapat mencari dan melihat para penerima donasi yang dibantunya, lalu dengan mudah memberikan donasi kepada pihak yang menjadi media penyaluran donasi tersebut. Dompet Peduli Ummat Daarut Tauhiid (DPU-DT) Jakarta telah lama membantu penyaluran donasi kepada masyarakat yang membutuhkan. Selama ini DPU-DT Jakarta biasanya mengirimkan informasi mengenai masyarakat yang akan dibantu melalui brosur, newsletter, dan website DPU-DT Jakarta sendiri. Namun pada website DPU-DT Jakarta, informasi hanya sekedar ditampilkan tanpa ada penjelasan detail tentang dana yang dibutuhkan, yang sudah terkumpul sampai dana akhir. Selain itu donatur kurang aktif untuk ikut membantu penggalangan dana sosial tersebut. Perancangan website ini merupakan tujuan dari penelitian ini adalah untuk menampilkan informasi tentang masyarakat yang dibantu, sekaligus untuk mengajak calon donatur untuk bergabung memberikan donasi dan mengetahui perkembangan masyarakat yang dibantunya mulai dari pengumpulan dana, hingga penyalurannya. Ditambah lagi donatur merasakan kebersamaan yang lebih tinggi karena ikut serta dalam membantu penggalangan dana tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah model Waterfall. Hasil dari penelitian ini adalah terpenuhinya kebutuhan dari DPU-DT Jakarta untuk memiliki sebuah website yang memudahkan baik donatur dan menyalurkan donasi kepada penerima yang membutuhkan.
STRATEGI PENERAPAN CLOUD COMPUTING UNTUK PERCEPATAN IMPLEMENTASI E-GOVERNMENT WILAYAH RURAL DI INDONESIA Ade Surya Budiman; Fahrizal
Jurnal Maklumatika Jurnal Maklumatika Vol.4 No.2 (2018)
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (520.865 KB)

Abstract

Pilar utama dalam penerapan e-Government adalah ketersediaan infrastruktur teknologi informasi. Infrastruktur teknologi informasi ini harus mampu menjamin ketersediaan, keamanan, kemudahan dan fleksibilitas akses informasi yang dibutuhkan stakeholder. Hal tersebut bisa dicapai diantaranya melalui sistem Cloud Computing. Kemampuan Cloud Computing diantaranya ketersediaan dan fleksibilitas dalam mengakses informasi. Akan tetapi, Cloud Computing juga memiliki isu-isu yang terkait, utamanya dalam hal keamanan, pengelolaan dan kecepatan akses jaringan teknologi informasi. Beberapa layanan Cloud Computing yaitu PaaS, SaaS dan IaaS. Indonesia dengan sebaran teknologi informasi yang belum merata, dilihat dari kemajuan infrastruktur dan penguasaan sumber daya manusia dibidang teknologi informasi. Hal ini kebanyakan ditemukan di daerah yang relatif jauh dari ibu kota provinsi atau dikategorikan sebagai wilayah rural. Penelitian ini dilakukan studi kelayakan e-Government untuk diterapkan oleh pemerintah daerah di wilayah rural, yang utamanya merupakan wilayah dengan keterbatasan akan ketersediaan dan kehandalan infrastruktur. Pada penelitian ini akan menganalisa kelayakan penerapan e-Government melalui metode yang memperhatikan aspek terkait Kekuatan (Strength), Kelemahan (Weaknesses), Kesempatan (Opportunities) dan Tantangan (Treats) atau disingkat Metode SWOT. Cloud Computing ditawarkan menjadi solusi atas aspek-aspek yang ditemukan dari hasil analisa SWOT terhadap penerapan e-Government. Dengan penerapan dan pemilihan layanan Cloud Computing yang tepat, diharapkan mempercepat implementasi sistem e-Government secara menyeluruh di wilayah Indonesia.
PROTOTIPE PENGEMBANGAN SISTEM APLIKASI BIMBINGAN DAN KONSELING MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM AT-TAHIRIYAH MENGGUNAKAN PENDEKATAN MODEL DIAGRAM ALIR DATA Arisantoso; Bambang Mulyatno; Zaenab Diah Febriani
Jurnal Maklumatika Jurnal Maklumatika Vol.4 No.2 (2018)
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (818.948 KB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi saat ini semakin berkembang cepat yang menuntut setiap orang menguasai dan menggunakannya untuk berbagai macam proses kegiatan. Begitupun dengan bidang pendidikan tinggi tentang bimbingan dan konseling mahasiswa, teknologi informasi bertujuan agar sebagai media informasi dan data yang dapat dilaksanakan lebih efektif dan efisien tanpa terhambat oleh batas ruang dan waktu. Setiap mahasiswa mempunyai latar belakang yang berlainan, baik latar belakang sosial, ekonomi, asal pendidikan, dan keluarga. Oleh karena itu konselor pada lembaga bimbingan dan konseling di Universitas sangat berperan dalam proses pengembangan kepribadian mahasiswa serta mengarahkan mahasiswa untuk bisa lebih baik dalam mengasah kemampuan sesuai dengan karakteristik individu yang dimiliki sehingga mendorong mahasiswa untuk dapat merencanakan kegiatan penyelesaian studi, perkembangan karir dan kehidupannya di masa yang akan datang. Metodologi penelitian ini menggunakan model Systems Development Life Cylce (SDLC) dan pengujian perangkat lunak dengan pengujian Focus Group Discussion (FGD) . Perangkat lunak yang digunakan dalam pengembangan sistem aplikasi bimbingan dan konseling yaitu menggunakan bahasa pemograman PHP dan MySQL sebagai basis data. Hasil dari penelitian ini adalah mempermudah konselor dalam menyikapi konseling karena sudah terdapat laporan data pelanggaran mahasiswa dan data hasil konseling yang dilengkapi informasi mengenai metode yang digunakan selama konseling.
PENERAPAN SMS GATEWAY DAN PACKET FILTER PADA PENGEMBANGAN SECURITY ALERT SYSTEM JARINGAN KOMPUTER Kurniati
Jurnal Maklumatika Jurnal Maklumatika Vol.4 No.2 (2018)
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (606.594 KB)

Abstract

Berdasarkan hasil analisis Indonesia Security Incident Response Team Internet Infrastructure (ID-SIRTII) menunjukan begitu banyaknya peringatan ancaman keamanan jaringan dan kerentanan sistem yang terjadi 3 tahun terakhir ini. Tingginya angka insiden yang tidak disadari oleh pemilik sistem ini terjadi akibat banyak sekali kelemahan yang dimiliki oleh sistem yang diterapkan secara parsial meskipun sebagian besar telah memiliki instrument pengamanan. Penerapan SMS Gateway dan Packet Filter pada Security Alert System jaringan komputer dan meningkatkan kesadaran akan keamanan dari pengelola sistem dengan meningkatkan self protection adalah cara untuk mengatasi masalah tersebut. Kedua cara tersebut berdasarkan studi literatur dapat mengurangi ancaman yang akan terjadi, yaitu dengan melakukan report status dari sistem secara real-time kepada administrator agar dapat memantau availabilty dari sistem yang dikelola secara berkala dengan member alert melalui media SMS tanpa harus seorang administrator berada di tempat. Sehingga, diharapkan juga dapat mengurangi beban kerja seorang administrator dalam memantau ancaman serangan dari luar terhadap jaringan komputer.
PERANCANGAN APLIKASI SIMULASI GAME PETUALANGAN JELAJAH INDONESIA MENGGUNAKAN RPG MAKER MV Moch Sanwasih; Hasan Siddiq
Jurnal Maklumatika Jurnal Maklumatika Vol.4 No.2 (2018)
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (606.387 KB)

Abstract

Game adalah suatu permainan yang bisa dilakukan satu orang atau lebih dari satu orang (berkelompok), permainan yang dibahas disini menggunakan media elektronik, dimana media elektronik tersebut merupakan sebuah hiburan berbentuk multimedia. Ada banyak jenis-jenis game, seperti : Card game, Puzzle game, Quiz game, Sinulation game, Role Playing Game (RPG) dan lainnya. Tujuan penelitian ini untuk memberikan penjelasan tentang bagaimana merancang sebuah permainan, perancangan game ini menggunakan sebuah software engine RPG Maker MV yang didalamnya terdapat langkah-langkah dan penjelasan software pembuat game dan game yang dihasilkan adalah untuk memotivasi dan memberi pengetahuan tentang proses pembuatan game bergenre RPG. Metode penelitian yang digunakan studi literatur. Studi literatur adalah cara yang dipakai untuk menghimpun data-data atau sumber-sumber yang berhubungan dengan topik penelitian. Studi literatur bisa didapat dari berbagai sumber, jurnal, buku, dokumentasi, internet dan pustaka. Hasil yang ingin dihasilkan dari engine RPG Maker MV dengan judul Petualangan Jelajah Indonesia dapat menjadi sarana edukasi bagi pemainnya, bahwa di Indonesia ada tempat-tempat seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan, Candi Sewu, Monas, Menara Siger dan hutan Kalimantan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bagaimana membuat sebuah game yang mudah yang bisa dilakukan dengan berbagai software game dan salah satunya yang digunakan adalah dengan RPG Maker MV.

Page 1 of 1 | Total Record : 6