cover
Contact Name
Yudi Herdiana
Contact Email
computingjurnal@unibba.ac.id
Phone
+6281572559911
Journal Mail Official
computingjurnal@unibba.ac.id
Editorial Address
Sekretariat Program Studi Teknik Informatika Universitas Bale Bandung, Jl. R.A.A Wiranatakusumah No. 7 Baleendah
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Computing Jurnal Informatika
ISSN : 2656386X     EISSN : 27222888     DOI : https://doi.org/10.55222/computing
Core Subject : Science,
Computing Jurnal Informatika invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The Scope topics include, but are not limited to: Software Engineering Communication and networks Data warehousing, filtering, and mining Enterprise system development and resource management Ethics and social issues related to technology Knowledge management Management information and database systems Security and privacy System development and process management Usability engineering. Artificial Intelligence Agent System and Multi-Agent Systems Big Data and Data Mining Decision Support System Image Processing & Computer Vision Natural Language Processing Explainable human-in-the-loop artificial intelligence Trusted machine/deep learning
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 10 No. 01 (2023): JURNAL COMPUTING VOLUME 10 Nomor 01 Tahun 2023" : 7 Documents clear
PENERAPAN ALGORITMA VIGENERE CIPHER UNTUK KEAMANAN DATA PERESEPAN OBAT Jamilatul Aisyiah; Muhlis Tahir; Bambang Priyambodo; Bilqis Faridah; Arisa Yanuarima; Galih Gumelar Sudi Kartomo Pamungkas; Ria Alfina
COMPUTING | Jurnal Informatika Vol. 10 No. 01 (2023): JURNAL COMPUTING VOLUME 10 Nomor 01 Tahun 2023
Publisher : Program Studi Teknik Informatika FTI UNIBBA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengembangan teknologi informasi pada bidang kesehatan sangat berkembang pesat. Salah satunya pada kegiatan peresepan obat pada lembaga kesehatan seperti Puskesmas dan Rumah Sakit. Banyaknya proses peresepan obat yang dikirimkan secara online dan bersifat terbuka, dapat bisa menyebabkan masalah pencurian pada data resep obat oleh orang tidak berwenang sehingga menimbulkan kerugian bagi pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan Algoritma Vigenere Cipher untuk sistem enkripsi pada proses peresepan obat. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) yang akan menghasilkan sebuah produk yang telah diteliti, dirancang, diproduksi, dan diuji validitasnya secara ilmiah. Implementasi sistem ini menggunakan kriptografi pada data peresepan obat menggunakan Algoritma Vigenere Cipher dengan melakukan proses enkripsi dan dekripsi. Hasil dari penelitian ini penerapan data resep obat dengan menggunakan Algoritma Vigener Cipher telah berhasil merahasiakan resep dengan benar.
ANALISIS DATA PELANGGARAN LALU LINTAS DI PERSIMPANGAN KOTA BANDUNG : STUDI KASUS JALAN RAYA SOEKARNO HATTA Muhamad Hadziq Ilham; Rosmawati; Fitrah Rumaisa
COMPUTING | Jurnal Informatika Vol. 10 No. 01 (2023): JURNAL COMPUTING VOLUME 10 Nomor 01 Tahun 2023
Publisher : Program Studi Teknik Informatika FTI UNIBBA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Paper ini bertujuan untuk menganalisis data pelanggaran lalu lintas dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh pengendara kendaraan bermotor yang melintas di kota Bandung selama periode waktu tertentu. Sampel penelitian diambil dengan metode purposive sampling, yaitu pengendara kendaraan bermotor yang tercatat melakukan pelanggaran lalu lintas di persipangan sepanjang jalan raya Soekarno Hatta. Instrumen penelitian yang digunakan adalah rekaman dari cctv ATCS Dishub Bandung. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode statistik deskriptif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa pelanggaran lalu lintas yang terjadi pada persimpangan sepanjang jalan raya Soekarno Hatta mengalami kenaikan seiring bertambahnya volume jumlah kendaraan di Indonesia khususnya di kota Bandung. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan untuk meningkatkan pengawasan dan penegakan hukum terhadap pelanggar lalu lintas yang melakukan pelanggaran yang paling sering terjadi. Selain itu, perlu adanya upaya pencegahan dan pengurangan faktor risiko yang mempengaruhi perilaku pelanggaran lalu lintas, seperti memberikan edukasi tentang keselamatan berkendara dan meningkatkan kualitas infrastruktur jalan raya.
SISTEM KEAMANAN JARINGAN DALAM UJIAN ONLINE SMK IPIEMS SURABAYA MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA ADVANCED ENCRYPTION STANDARD (AES) Muhammad Aldito Primatama Primatama; Jenny Arista; Mochammad Naufal Haqayari; Hosniyah; Sigit Perdana; Muhlis Tahir
COMPUTING | Jurnal Informatika Vol. 10 No. 01 (2023): JURNAL COMPUTING VOLUME 10 Nomor 01 Tahun 2023
Publisher : Program Studi Teknik Informatika FTI UNIBBA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Di zaman modern ini, di mana Industri 4.0 telah menjadi bagian dari perkembangan zaman, penggunaan teknologi semakin berkembang dengan cepat di berbagai sektor, termasuk kesehatan, militer, dan pendidikan. Dalam bidang pendidikan, ujian online telah menjadi salah satu media pembelajaran yang populer. Namun, meskipun ujian online ini praktis, masih ada celah keamanan yang perlu diperhatikan. Dari celah tersebut maka diperlukan sistem ujian online yang memiliki fitur keamanan yang efektif dan akurat. Salah satu cara untuk mengatasi celah keamanan ini adalah dengan menggunakan salah satu metode enskripsi yang saat ini banyak digunakan, yaitu Advanced Encryption Standard (AES). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, terungkap bahwa penggunaan metode enkripsi AES bisa digunakan untuk mengamankan data-data penting dalam ujian online, seperti kata sandi, pertanyaan, dan jawaban. Proses enkripsi dilakukan dengan mengubah teks biasa menjadi nilai hash menggunakan kunci pribadi (private key), sehingga menghasilkan teks bersandi (ciphertext).
PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI TEMPAT SAMPAH OTOMATIS BERBASIS ARDUINO UNO MENGGUNAKAN ALGORITMA FUZZY LOGIC COMPUTING INFORMATIKA; Rustiyana; Khilda Nistrina; Sukiman; Sandhy Dwi A
COMPUTING | Jurnal Informatika Vol. 10 No. 01 (2023): JURNAL COMPUTING VOLUME 10 Nomor 01 Tahun 2023
Publisher : Program Studi Teknik Informatika FTI UNIBBA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sampah merupakan material sisa yang dibuang dan berasal dari kegiatan manusia. Seperti yang sudah diketahui masih banyak masalah sampah yang seakan menjadi hal yang ditakuti bagi mayarakat. Itu disebabkan rendahnya kesadaran masyarakat soal membuang sampah, sehingga sering terjadi masalah sampah yang berserakan sembarangan. Sampah yang dibuang sembarangan akan menjadi ancaman bagi kehidupan masyarakat, seperti mengakibatkan banjir, kotornya lingkungan, polusi udara, dan sebagainya. Rasa malas membung sampah disebabkan oleh berbagai faktor seperti kurang banyaknya fasilitas tempat sampah, fasilitas tempat sampah yang penuh sehingga orang memilih membuang sampah sembarangan, dan tutup tempat sampah yang kotor dan bau. Tempat sampah ini menggunakan sensor jarak (ultrasonik) untuk mendeteksi jarak ketinggian sampah, sensor jarak (ultrasonik) untuk medeteksi keberadaan atau jarak manusia dan Arduino uno sebagai pusat pengolahan datanya. Tempat sampah ini juga terdapat LED yang berfungsi sebagai indikator ketika tempat sampah penuh. Jika ketinggian sampah mencapai setengah dari tempat sampah, maka LED akan berwarna hijau, apabila tinggi sampah mencapai 4 cm dari tutup sampah, maka LED akan berwarna merah dan LCD menampilkan kapasitas sampah penuh. Penulis berharap tempat sampah pintar ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat atau siswa untuk membuang sampah pada tempatnya. Dalam proses perancangan tempat sampah otomatis ini dilakukan dengan menggunakan metode SDLC Waterfall dengan tahap analisis, perancangan, implementasi, dan pengujian. Metode pengumpulan data yang diperlukan untuk tahap analisis menggunakan metode wawancara kepada Kepala Sekolah/ guru kelas, observasi di SDN Nganceng dan studi pustaka yang relevan dengan penelitian yang dilakukan. Perancangannya menggunakan software Microsoft visio sebagai tool untuk perancangan blok diagram sistem dan flowchart. Pada tahap desain skema rangkaian menggunakan software Fritzing. Pengembangan sistem ini menggunakan software Arduino IDE sebagai aplikasi kode editor dalam mengimplementasikan perancangan menjadi aplikasi tempat sampah otomatis berbasis arduino menggunakan Fuzzy Logic. Hasil penelitian ini menunjukan sensor ultrasonik bekerja dengan baik dalam mendeteksi keberadaan manusia dan sensor ultrasonik dalam mendeteksi tinggi sampah kurang akurat, sehingga apabila tempat sampah dalam keadaan kosong, terkadang tinggi sampah terbaca minus, sedangkan apabila jarak sampah dengan sensor < 5 cm, maka sensor gagal mendeteksinya.
APLIKASI CV MATCHER UNTUK MELIHAT KECOCOKAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP DENGAN LOWONGAN PEKERJAAN MENGGUNAKAN MACHINE LEARNING DAN METODE COSINE SIMILARITY BERBASIS WEB COMPUTING INFORMATIKA; Yudi Herdiana; Denny Rusdianto; Wildan Anya Geraldine
COMPUTING | Jurnal Informatika Vol. 10 No. 01 (2023): JURNAL COMPUTING VOLUME 10 Nomor 01 Tahun 2023
Publisher : Program Studi Teknik Informatika FTI UNIBBA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tugas akhir skripsi merupakan salah satu syarat dalam menyelesaikan program strata I (satu). Sebelum memulai pengerjaan skripsi ini, dilakukan terlebih dahulu pengajuan proposal skripsi, yang mana akan menjadi sebuah dasar dalam pengerjaan tugas akhir skripsi. Berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah pengangguran di Indonesia pada Agustus 2021 adalah sebesar 9,10 juta penduduk. Jumlah itu menurun dibanding jumlah pengangguran setahun sebelumnya yang mencapai 9,77 juta orang. Permasalahan yang saat ini banyak dijumpai adalah ketatnya persaingan dalam memperoleh pekerjaan sehingga para pelamar kerja harus mempersiapkan lamaran kerja dengan matang, salah satunya yaitu berkas CV yang dapat menunjukkan keunggulan pelamar kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat aplikasi CV Matcher yang dapat membantu pelamar kerja dalam mengecek kesesuaian Curriculum Vitae yang mereka buat dengan kriteria kandidat yang sudah ditentukan oleh perusahaan yang dituju. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu dengan melakukan studi literatur. Selanjutnya dilanjutkan dengan tahapan perancangan sebagai gambaran umum dari aplikasi yang dibangun. Pada penelitian ini, model pengembangan pada perancangan sistem yang digunakan oleh penulis adalah model AI Project Cycle. Ada 6 tahapan pada model AI Project Cycle diantaranya adalah Problem Scoping, Data Acquisition, Data Exploration, Modelling, Evaluation, Deployment. Kemudian secara detail mengenai rancangan aplikasi pada tahap Deployment AI Project Cycle yaitu dengan menggunakan UML (Unified Modelling Language) yang meliputi use case diagram, dan activity diagram. Kemudian untuk beberapa Software yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah Balsamiq Mockup untuk merancang desain tampilan aplikasi. Google Colaboratory digunakan untuk merancang model Machine Learning yang akan digunakan. Selanjutnya untuk bahasa pemprograman yang digunakan adalah python 2.7. Untuk perancangan aplikasi menggunakan Unified Model Language (UML) dan HTML serta CSS Bootstrap untuk implementasi tampilannya. Hasil dari penelitian ini adalah dengan adanya aplikasi CV Matcher yang dapat mencocokan CV pelamar kerja dengan deskripsi lowongan pekerjaan yang akan dilamar.
PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN JARINGAN KOMPUTER MENGGUNAKAN PNETLAB UNTUK SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DENGAN METODE WEB BASED LEARNING COMPUTING INFORMATIKA; Yaya Suharya; Rosmalina; Nurul Imamah; Hendryana
COMPUTING | Jurnal Informatika Vol. 10 No. 01 (2023): JURNAL COMPUTING VOLUME 10 Nomor 01 Tahun 2023
Publisher : Program Studi Teknik Informatika FTI UNIBBA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada era globalisasi yang sedang berjalan saat ini semua instansi pendidikan terus berlomba-lomba dalam memperlancar proses pembelajaran, kuhususnya di bidang jurusan Teknik Komputer & Jaringan (TKJ) (Junaedi & Arifin, 2019). Jurusan TKJ merupakan suatu jurusan akademis yang mempelajari tentang tata cara merakit, memperbaiki PC (Personal Computer), instalasi program komputer, dan jaringan komputer. Permasalahan yang di garis bawahi yaitu proses kegiatan pembelajaran yang dilakukan secara konvensional, hal berikut perlu di analisa lebih dalam apakah materi pembelajaran sepenuhnya tersampaikan dan dipahami oleh peserta didik sehingga menjadi tolak ukur dalam mengembangkan sistem yang lebih baik dalam memahami materi pembelajaran jaringan komputer. Tujuan dari penelitian ini membahas pengembangan perancangan media pembelajaran dengan metode Website Based Learning jaringan komputer menggunakan website PNETLab untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis website dan menghasilkan media yang memudahkan antara guru dengan siswa dalam memahami pengenalan dan simulasi rancangan perangkat jaringan komputer sehingga menjadi alternatif sebagai media pembelajaran. Metode yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi pustaka dengan menggunakan model pengembangan Systems Develovment Life Cycle (SDLC) model air terjun (waterfall) dan selanjutnya dikembangkan menggunakan permograman web dengan tools PHP, MYSQL dan HTML. Kesimpulan hasil dan pengujian dalam penelitian pengembangan media pembelajaran website based learning mencapai akurasi 95%, hal ini disebabkan oleh kurikulum yang terus menerus berganti. Secara umum untuk hal lainnya aplikasi web ini dinyatakan praktis dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada pengenalan perangkat jaringan komputer. Kata kunci: Sistem Keamanan Jaringan, Ujian Online, Advanced Encryption Standard Jaringan Komputer, Media Pembelajaran, Peserta Didik, PNETLab, Teknik Komputer Jaringan, Website.. ABSTRACT: In the current era of globalization, all educational institutions continue to compete in facilitating the learning process, especially in the field of Computer & Network Engineering (TKJ) (Junaedi & Arifin, 2019). The TKJ department is an academic department that learns about the procedures for assembling, repairing a PC (Personal Computer), installing computer programs, and computer networks.The problem underlined is the process of learning activities carried out conventionally, the following needs to be analyzed more deeply whether the learning material is fully conveyed and understood by students so that it becomes a benchmark in developing a better system in understanding computer network learning material. The purpose of this study is to discuss the development of learning media design with the Website Based Learning method of computer networks using the PNETLab website to develop website-based learning media and produce media that make it easier for teachers and students to understand the introduction and simulation of computer network device design so that it becomes an alternative as a learning medium. The method used is interviews, observations and literature study using the Systems Development Life Cycle (SDLC) development model waterfall model and then developed using web programming with PHP, MYSQL and HTML tools.The conclusion of the results and testing in research on the development of website based learning learning media reached an accuracy of 95%, this was due to the curriculum that was constantly changing. In general, for other things, this web application is stated to be practical and effective to be used as a learning medium for the introduction of computer network devices.
IMPLEMENTASI PETA 3 DIMENSI MENGGUNAKAN METODE IMSDD (INTERACTIVE MULTIMEDIA SYSTEM DESIGN AND DEVELOPMENT) DAN WEBGL API BERBASIS WEB COMPUTING INFORMATIKA; Yusuf Muharam; M Bayu Anggara; Taufiq Jamil Hanafi
COMPUTING | Jurnal Informatika Vol. 10 No. 01 (2023): JURNAL COMPUTING VOLUME 10 Nomor 01 Tahun 2023
Publisher : Program Studi Teknik Informatika FTI UNIBBA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peta merupakan hal yang dibutuhkan banyak pengguna, tidak terkecuali pendidikan menengah pertama. SMP Karya Pembanguna 2 Majalaya merupakan salah satu pendidikan sekolah mengengah pertama yang mempunyai banyak bangunan fisik. Informasi peta kampus yang masih digunakan sampai sekarang adalah dalam berntuk master plan peta 2D berformat WORD. Hal ini mengakibatkan siwa/siswi dan pengunjung SMP Karya Pembanguna 2 Majalaya menjadi kebingungan dan tidak mengetahui letak bangunan serta ruangan yang ingin dituju. Membangun sebuah peta 3D interaktif yang dapat memperlihatkan lokasi dan letak bangunan beserta ruangannya berbasis web menggunakan WebGl API merupakan cara terbaik untuk memberikan layanan informasi kampus. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan system multimedia interaktif (IMSDD). Hasil dari penelitian ini adalah sebuah peta kampus berbentuk 3D berbasis web pada kampus SMP KP 2 Majalaya yang dapat memperlihastkan bentuk fisik bangunan, lokasi, dan informasi nama Gedung berserta ruangan yang ada di SMP Karya Pembanguna 2 Majalaya dalam bentuk peta digital.

Page 1 of 1 | Total Record : 7