cover
Contact Name
Khusnul Khotimah
Contact Email
bejosame21@gmail.com
Phone
+6281350014222
Journal Mail Official
bejosame21@gmail.com
Editorial Address
Jl. H. A. M. Rifaddin, Harapan Baru, Kec. Loa Janan Ilir, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75251
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Borneo Journal of Science and Mathematics Education
ISSN : -     EISSN : 27756556     DOI : https://doi.org/10.21093/bjsme
Borneo Journal of Science and Mathematics Education the Journal published by Faculty of Education and Teacher Training of UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, Indonesia. It is a peer-reviewed open access journal in the fields of Islamic Education.The publication of an article in Borneo Journal of Science and Mathematics Education is an essential building block in the development of a respected network of knowledge. It is a direct reflection of the quality of the work of the authors and the institutions that support them. Peer-reviewed articles support and embody the scientific method. It is important to agree upon standards of expected ethical behavior for all parties involved in the act of publishing: the author, the journal editors, the peer reviewers, and the publisher. The journal is published twice a year in June and December. It was firstly published in 2021. Borneo Journal of Science and Mathematics Education, accepts unpublished, high quality, and original research manuscripts in English and Arabic related applied mathematics, educational mathematics, applied statistics, inference statistics, physics, chemistry, biology.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 45 Documents
Pengembangan Pembelajaran Matematika Think Talk Write Berorientasi pada Kemampuan Matematis Ishmatul Maula
Borneo Journal of Science and Mathematics Education Vol 1 No 1 (2021): Borneo Journal of Science and Mathematics Education, Februari 2021
Publisher : Borneo Journal of Science and Mathematics Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (350.043 KB) | DOI: 10.21093/bjsme.v1i1.3129

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan pembelajaran matematika Think Talk Write (TTW) yang berorientasi pada kemampuan matematis siswa. Rancangan pembelajaran ini diwujudkan dalam bentuk perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelakasanaan Pembelajaran (RPP) yang dikembangkan menggunakan model Plomp (2010) yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Dalam pelaksanaan pengembangan ini menggunakan tiga tahapan Plomp, yaitu Preliminary Research, Prototyping Phase, dan Assessment Phase. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa rancangan pembelajaran matematika Think Talk Write telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif yang mampu menumbuhkan kemampuan matematis berupa kemampuan pemecahan masalah, komunikasi dan refresentasi.
Identifikasi Tumbuhan Famili Leguminosae sebagai Penyusun Struktur Vegetasi Hutan Kayu Putih Muhamad Agil
Borneo Journal of Science and Mathematics Education Vol 1 No 1 (2021): Borneo Journal of Science and Mathematics Education, Februari 2021
Publisher : Borneo Journal of Science and Mathematics Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (744.343 KB)

Abstract

Keanekaragaman vegetasi menjadi pembahasan menarik dalam sebuah penelitian untuk di teliti. Banyaknya variasi tumbuhan di suatu hutan akan bergerak dinamis seiring berjalannya waktu. Kondisi lingkungan yang terus berubah mengakibatkan terjadinya perubahan pada struktur vegetasi hutan. Salah satunya adalah hutan kayu putih yang terletak di Kecamatan Imogiri, Bantul. Sesuai dengan namanya maka mayoritas jenis pohon yang ditanam di hutan ini adalah kayu putih. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengetahui jenis tumbuhan khususnya family Leguminosae yang terdapat di hutan kayu putih. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ekplorasi dan inventarisasi. Identifikasi tanaman menggunakan buku referensi flora pegunungan jawa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan dan teridentifikasi 14 jenis tumbuhan Leguminosae yang termasuk dalam 11 genus dan 3 sub famili yaitu Papilionaceae, Caesalpiniaceae, Mimosaceae.
Optimasi Variasi Zat Pengatur Tumbuh NAA (napthalnene aceticacid) dan BAP (benzylaminopurine) pada Pembentukan Plantet Tanaman Jeruk Siam (Citurs nobilis var. Microcarpa) secara Invitro Intarti Intarti
Borneo Journal of Science and Mathematics Education Vol 1 No 1 (2021): Borneo Journal of Science and Mathematics Education, Februari 2021
Publisher : Borneo Journal of Science and Mathematics Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (362.625 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsentrasi optimum medium NAA (Napthalene aceticacid) dan BAP (Benzylaminopurine) yang perlu ditambahkan ke dalam medium kultur in vitro untuk penggandaan tunas dan akar dalam membentuk planlet jeruk siam (Citrus nobillis). Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan perlakuan variasi NAA dan BAP pada medium dengan perbandingan 0,05:0,31 mg/L (N1B5), 0,14:0,18 mg/L (N3B3) dan 0,23: 0,06 mg/L (N5B1). Masing-masing perlakuan dilakukan dengan 5 kali ulangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa medium N5B1 merupakan medium yang paling optimal untuk penggandaan tunas (meliputi: jumlah tunas, jumlah daun dan panjang tunas) maupun penggandaan akar (meliputi: jumlah akar dan panjang akar). Media dengan proporsi N5B1, menghasilkan jumlah planlet jeruk siam (C. nobillis) paling banyak yaitu 5 buah. Hasil Viabilitas (kemampuan tumbuh) menunjukkan bahwa planlet jeruk siam (C. nobillis) mampu hidup di lingkungan luar dan tahan terhadap kontaminasi jamur dan bakteri.
Pengaruh Faktor Fisik, Kimia, dan Biologi Medium Terhadap Laju Korosi Besi Wildan Saugi
Borneo Journal of Science and Mathematics Education Vol 1 No 1 (2021): Borneo Journal of Science and Mathematics Education, Februari 2021
Publisher : Borneo Journal of Science and Mathematics Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (950.813 KB)

Abstract

Korosi adalah suatu fenomena kimia pada bahan-bahan logam yang dapat terjadi karena proses fisis, khemis maupun biologis. Proses fisis ditandai dengan rusaknya morfologi logam, proses khemis ditandai dengan proses kimiawi yang terjadi pada logam, dan proses biologis yang ditandai dengan adanya aktivitas bakteri perusak pada logam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Sulphate Reducing Bacteria (SRB), medium bakteri, aquades, dan udara terhadap laju korosi besi, mengetahui volume gas H2S yang dihasilkan oleh Sulphate Reducing Bacteria (SRB) lumpur lapindo pada proses biokorosi dan pemanfaatan hasil penelitian sebagai sumber belajar siswa SMA kelas X pada materi pembelajaran mikroorganisme. Penelitian ini mengunakan 4 perlakuan: Korosi yang ditimbulkan oleh Sulphate Reducing Bacteria (SRB) yang dibandingkan dengan penyebab korosi lainnya yaitu air, udara, dan air medium tumbuh Sulphate Reducing Bacteria (SRB). Perlakuan dilakukan dengan inkubasi selama 48 jam, 72 jam, 96 jam, 120 jam, dan 144 jam. Kemudian dihitung laju korosi masing-masing perlakuan dan volume gas H2S yang dihasilkan oleh Sulphate Reducing Bacteria (SRB). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media inkubasi berpengaruh terhadap laju korosi. Laju korosi tertinggi adalah paku besi yang diinokulasi dengan Sulphate Reducing Bacteria (SRB) sebesar 3,1969-5,5144 mm/tahun, sedangkan laju korosi terendah adalah pada perlakuan dengan udara yang mempunyai laju korosi sebesar 0,1037-0,5231 mm/tahun. Semakin lama waktu inkubasi, semakin besar volume H2S yang dihasilkan. Volume gas H2S tertinggi terdapat pada waktu inkubasi 144 jam yaitu sebanyak 1,2 mg/l, sedangkan volume gas H2S terendah terdapat pada waktu inkubasi 48 jam yaitu sebanyak 0,73 mg/l. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar biologi pada materi pembelajaran mikroorganisme yang diwujudkan dalam bentuk powerpoint.
Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (Tgt) di Kelas IV SDN 027 Terpadu Sungai Kunjang Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020 Mosy R Arrahmah; Zamroni Zamroni; Abdul Razak
Borneo Journal of Science and Mathematics Education Vol 1 No 2 (2021): Borneo Jornal of Science and Mathematics Education, Juni 2021
Publisher : Borneo Journal of Science and Mathematics Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (427.809 KB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh realita yang terjadi di Sekolah. Pada akhir tahun pelajaran masih juga terdapat 16 dari 32 siswa siswa yang belum dapat memenuhi Kriteria Ketuntasan Mininum (KKM) khususnya pada pembelajaran matematika materi bangun datar. Penyebabnya adalah siswa kesulitan membedakan antar rumus dan unsur yang ada pada bangun datar, kurang percaya diri terhadap kemampuan dirinya dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ada, serta kurangnya rangsangan guru terhadap siswa untuk menumbuhkan minat anak dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) di kelas IV SDN 027 Terpadu Sungai Kunjang Samarinda. Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dan masing-masing siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 027 Terpadu Sungai Kunjang Samarinda yang berjumlah 32 siswa terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan analisis kualitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu rubik penilaian hasil tes tertulis, lembar observasi guru, dan lembar observasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan rata-rata siswa pada prasiklus 62,82 persentase ketuntasan 50,00%. Kemudian dilanjutkan siklus I pertemuan I dengan nilai rata-rata 65,71 persentase ketuntasan 59,38%. Siklus I pertemuan II dengan nilai rata-rata 68,65 persentase ketuntasan 68,75%. Siklus II pertemuan I dengan nilai rata-rata 71,84 persentase ketuntasan 75%. Siklus II pertemuan II, kemampuan siswa meningkat dengan nilai rata-rata 73,84 persentase 87,5%. Sebenarnya jika dilihat dari nilai standar KKM sudah tercapai, namun belum mencapai nilai yang ditargetkan oleh peneliti yaitu 75. Selanjutnya pada kegiatan penyempurnaan pada pembelajaran dilakukan observasi akhir dan kemampuan siswa meningkat menjadi nilai rata-rata 76,34 persentase 90,63%. Dengan demikian, berdasarkan analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa pembelajaran model cooperative learning tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar matematika dikelas IV SDN 027 Terpadu Sungai Kunjang, Samarinda.
Optimalisasi Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa pada Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) di Yogyakarta Rabiatul Adawiyah; Dwi Purbowati
Borneo Journal of Science and Mathematics Education Vol 1 No 2 (2021): Borneo Jornal of Science and Mathematics Education, Juni 2021
Publisher : Borneo Journal of Science and Mathematics Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.421 KB)

Abstract

The purpose of this study was to see the optimization of higher order thinking skills of students at the high school level in Yogyakarta by using the service learning model in biology learning, especially in schools using the 2013 curriculum. This study was a quasi-experimental with a pretest-posttest noneequivalent control group design. The population was all students of class X IPA at SMAN 1 Godean, SMAN 2 Nganglik and SMAN 1 Kalasan. Sampling using convenience sampling technique. Analysis of higher order thinking skills using Anderson Krathwohl's taxonomic indicators at the level of analyzing (C4) and evaluating (C5) were analyzed using the ANAKOVA test at the 0.05 significance level.
Estimasi Model Penyebaran Penyakit Kolera dengan Karantina Menggunakan Ensembel Kalman Filter Ahmad Maulana Syafi'i
Borneo Journal of Science and Mathematics Education Vol 1 No 2 (2021): Borneo Jornal of Science and Mathematics Education, Juni 2021
Publisher : Borneo Journal of Science and Mathematics Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (350.783 KB)

Abstract

Pada paper ini menjelaskan tentang model penyebaran penyakit kolera. Digunakan model yang diberikan oleh Lemos-Paiao dengan model tipe SIQR (Susceptible-Infected-Quarantined- Recovered) dan mempertimbangkan kelas konsentrasi bakteri. Pada model ini terdapat populasi karantina yang terdiri dari populasi terinfeksi bakteri kolera. Ensembel Kalman Filter adalah metode estimasi modifikasi kalman filter yang dapat digunakan untuk sistem dinamik non-linear. Pada paper ini digunakan metode EnKF untuk mengestimasi model penyebaran penyakit kolera dalam periode waktu tertentu. Hasil yang didapatkan ialah error maksimum relatif dari estimasi setiap populasi didapatkan < 5%. Dengan demikian metode Ensembel Kalamn Filter merupakan metode yang cocok digunakan dalam mengestimasi model penyebaran penyakit kolera.
Uji Aktivitas Antibakteri Ekstrak Etanol Daun Smilax Macrocarpa terhadap Bakteri Gram Positif dan Negatif Mukhammad Rouf Aska; Muhamad Agil
Borneo Journal of Science and Mathematics Education Vol 1 No 2 (2021): Borneo Jornal of Science and Mathematics Education, Juni 2021
Publisher : Borneo Journal of Science and Mathematics Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (350.005 KB)

Abstract

Tumbuhan genus Smilax memiliki umbi yang bermanfaat sebagai antibakteri, obat rheumatic dan afrodisiak. Jenis tumbuhan pada genus ini sangat banyak diantaranya Smilax macrocarpa yang dalam masyarakat Sunda dikenal sebagai Canar bokor. Untuk mendukung pemakaian secara empirik dan eksplorasi potensi tumbuhan maka dalam penelitian ini dilakukan uji antibakteri ekstrak daun S.macrocarpa terhadap bakteri Escherichia coli ATCC 35218 dan Bacillus subtilis ATCC 6051. Selain itu juga dilakukan identifikasi kandungan metabolit sekundernya yang berperan sebagai antibakteri. Metode penelitian ini dilakukan dengan cara mengekstraksi daun S. macrocarpa secara maserasi dengan pelarut etanol 70%. Potensi antibakteri dilakukan dengan cara menguji hasil ekstraksi ke bakteteri E.coli ATCC 35218 dan B. subtilis ATCC 6051 dengan metode dilusi cair untuk melihat Konsentrasi Hambat Minimum (KHM) serta metode agar padat secara gores untuk mengetahui Konsentrasi Bunuh Minimal (KBM). Kandungan metabolit sekunder dideteksi dengan metode Kromatografi lapis Tipis (KLT). Hasil Uji aktivitas ekstrak etanol daun S.macrocarpa terhadap bakteri E.coli menunjukkan nilai KHM 6.25% dan nilai KBM 12.5%. Sedangkan uji aktivitas ekstrak etanol daun S.macrocarpa terhadap bakteri B.subtilis diperoleh nilai KHM 12.5% dan KBM 25%. Ekstrak etanol daun S.macrocarpa teridentifikasi memiliki kandungan senyawa alkaloid, flavonoid dan saponin.
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Materi Dimensi Tiga di Kelas XII MA Firnanda Pradana Putra; Ainin Nurqolbu; M. Sabil Ihsan Jamil
Borneo Journal of Science and Mathematics Education Vol 1 No 2 (2021): Borneo Jornal of Science and Mathematics Education, Juni 2021
Publisher : Borneo Journal of Science and Mathematics Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (540.005 KB)

Abstract

Matematika merupakan bidang ilmu yang penting digunakan dalam pembelajaran. Selain itu, matematika juga banyak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Penting bagi kita untuk memiliki kemampuan pemecahan masalah matematika khususnya strategi pemecahan masalah seperti Polya yang terdiri dari memahami masalah, merancang sebuah perencanaan, menjalankan perencanaan, dan memeriksa kembali. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi dimensi tiga di kelas XII MA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dirancang dan dilaksanakan dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif yang terdiri dari rata-rata dan persentase untuk kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Data kemampuan pemecahan masalah matematika siswa diperoleh berdasarkan nilai tes evaluasi akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa I dan siswa II dikategorikan baik, sedangkan siswa III dikategorikan cukup dalam kemampuan pemecahan masalah matematika.
Efektivitas Pembelajaran Online Menggunakan Media Whatsapp Dalam Pembelajaran IPA Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah At-Tarbiyah Lusiana Devi; Bahrani Bahrani; Maulida Ulfa Hidayah
Borneo Journal of Science and Mathematics Education Vol 1 No 3 (2021): Borneo Journal of Science and Mathematics Education, Oktober 2021
Publisher : Borneo Journal of Science and Mathematics Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (269 KB)

Abstract

Kemampuan siswa dalam belajar Ilmu Pengatahun Alam sejak wabah pandemi covid-19 di MI AT-Tarbiyah Loa Janan Samarinda belum maksimal dengan standar KKM. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pembelajaran online menggunakan media video melalui aplikasi WhatsApp terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi IPA kelas IV MI AT-Tarbiyah Loa Janan Samarinda. Penelitian ini termasuk deksriptif kuantitatif dengan menggunakan Quasi Eksperimen. Sampel dalam penelitian ini terdiri atas kelas eksperimen (IV A) dan kelas kontrol (IV B) dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan pre-test dan post-test dan dianalisis menggunakan uji t (t-test). Berdasarkan analisis data bahwa kelas yang menggunakan media video yaitu kelas eksperimen nilai rata-rata kelas sebesar 97 sedangkan nilai kelas kontrol rata-ratanya sebesar 88. Selain itu, diperoleh nilai thit (4,702) > ttabel (2,02). Hal ini dapat dinyatakan bahwa thit > ttabel sehingga Ha diterima. Hasil tersebut menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar online siswa dengan menggunakan video dan tanpa menggunakan video. Dengan demikian, pembelajaran online menggunakan video melalui aplikasi WhatsApp efektif terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi IPA kelas IV MI At-Tarbiyah Loa Janan Samarinda.