cover
Contact Name
Lukman Cahyadi
Contact Email
lukman.cahyadi@esaunggul.ac.id
Phone
+6289661704102
Journal Mail Official
lukman.cahyadi@esaunggul.ac.id
Editorial Address
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Journal of Hospital Management
Published by Universitas Esa Unggul
ISSN : 26158337     EISSN : 2828836X     DOI : -
Core Subject : Economy, Health,
ournal of Hospital Management adalah jurnal ilmiah yang memuat artikel hasil penelitian dan non penelitian bidang manajemen administrasi rumah sakit. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun yaitu di bulan Maret dan September
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 02 (2022): Journal of Hospital Management" : 6 Documents clear
DAMPAK GAYA KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA DOKTER SPESIALIS DENGAN MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI RSPAD GATOT SOEBROTO
Journal of Hospital Management Vol 5, No 02 (2022): Journal of Hospital Management
Publisher : Journal of Hospital Management

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ANTESEDEN DAN KONSEKUENSI DARI KUALITAS HUBUNGAN PENGUNJUNG RUMAH SAKIT : STUDI PADA RUMAH SAKIT KANKER DHARMAIS
Journal of Hospital Management Vol 5, No 02 (2022): Journal of Hospital Management
Publisher : Journal of Hospital Management

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Media sosial merupakan peran penting dalam strategi pemasaran. Media sosial dapat dimanfaatkan untuk mencipatakan komunikasi langsung dan hubungan baik dengan pelanggan. Oleh karena itu, perusahaan yang menggunakan media sosial harus memilih konten yang tepat dalam melakukan aktivitas pemasaran untuk meningkatkan hubungan pelanggan yang kuat, sehingga mempengaruhi niat partisipasi pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh aktivitas pemasaran melalui media sosial dan pengalaman pelanggan terhadap kualitas hubungan serta pengaruhnya terhadap niat partisipasi dalam aktivitas pemasaran melalui media sosial. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 200 responden yaitu pengunjung yang memiliki media sosial dan mengikuti media sosial Rumah Sakit Kanker Dharmais. Pada penelitian ini teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM) dengan program LISREL 8.8. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aktivitas pemasaran media sosial (APMS) dan pengalaman pelanggan (PP) berpengaruh signifikan terhadap kualitas hubungan (KH) yang juga berdampak positif pada niat partisipasi (NP), dan kualitas hubungan memediasi secara parsial pengaruh aktivitas pemasaran media sosial dan pengalaman pelanggan terhadap niat partisipasi. Hasil penelitian ini memberikan implikasi kepada manajer pemasaran untuk meningkatkan aktivitas pemasaran media sosial dan pengalaman pelanggan dalam membangun kualitas hubungan yang lebih baik sehingga menimbulkan niat partisipasi pelanggan
Budaya Organisasi Berpengaruh Terhadap Iklim Organisasi Dan Kepuasan Kerja Perawat Ruang Rawat Inap Rumah Sakit MRCCC Siloam Semanggi Jakarta
Journal of Hospital Management Vol 5, No 02 (2022): Journal of Hospital Management
Publisher : Journal of Hospital Management

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Latar Belakang dan Tujuan Kepuasan kerja sangat penting bagi organisasi dan pegawai, khususnya untuk meningkatkan kinerja, sehingga kepuasan kerja perlu untuk ditingkatkan terus menerus. Untuk itu, penelitian ini dilakukan untuk memperoleh bukti empiris pengaruh budaya organisasi terhadap iklim organisasi dan kepuasan kerja  perawat Ruang Rawat Inap Rumah Sakit MRCCC Siloam Semanggi Jakarta. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan desain kausal. Sampel penelitian adalah 120 perawat. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner dan dianalisis dengan analisis jalur yang diolah dengan SPSS. Unit analisis yaitu individu perawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya organisasi berpengaruh signifikan positif terhadap kepuasan kerja, iklim organisasi berpengaruh signifikan positif terhadap kepuasan kerja, dan budaya organisasi berpengaruh signifikan positif terhadap iklim organisasi.  Temuan penelitian menunjukkan bahwa budaya organisasi lebih berpengaruh terhadap kepuasan kerja. Kesimpulan dengan demikian implikasi praktis penelitian ini adalah kepuasan kerja dapat ditingkatkan melalui perbaikan budaya organisasi dan iklim organisasi.
ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU PENGGUNAAN SISTEM REKAM MEDIK ELEKTRONIK MENGGUNAKAN METODE UTAUT
Journal of Hospital Management Vol 5, No 02 (2022): Journal of Hospital Management
Publisher : Journal of Hospital Management

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Latar Belakang dan Tujuan Rekam medis elektronik adalah sistem informasi kesehatan berbasis komputerisasi yang menyediakan dengan rinci catatan tentang data demografi pasien, riwayat kesehatan, alergi, dan riwayat hasil pemeriksaan laboratorium serta beberapa diantaranya juga dilengkapi dengan sistem pendukung keputusan. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh faktor ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial, dan kondisi fasilitas dengan variabel intervening niat perilaku yang dimoderasi faktor umur dan pengalaman terhadap perilaku penggunaan sistem rekam medis elektronik. Metode: Model yang digunakan untuk menguji penerimaan dan penggunaan teknologi adalah Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT).  Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain  penelitian explanatoris causalitas dengan sampel sebanyak 109 orang. Tehnik pengambilan data dengan kuesioner dan wawancara, diuji dengan analisis jalur. Hasil: Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat dirangkum bahwa temuan pada penelitian ini adalah sejalan dengan teori UTAUT dengan variabel faktor ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial dan kondisi fasilitas berpengaruh terhadap perilaku penggunaan rekam medis elektronik melalui niat perilaku yang dimoderasi faktor umur baik secara masing-masing maupun simultan. Selain itu, faktor moderasi umur berpengaruh terhadap perilaku penggunaan sistem rekam medis elektronik namun faktor moderasi pengalaman tidak berpengaruh terhadap perilaku penggunaan sistem rekam medis elektronik.  Implikasi: Penelitian ini membantu manajemen rumah sakit menyadari pentingnya dukungan manajemen dalam implementasi penerapan sistem yaitu penyediaan fasilitas dan tenaga pendukung IT yang akan membantu user jika mengalami kendala, juga membantu manajemen dalam mengembangkan fitur dan aplikasi sistem rekam medis elektronik ini untuk lebih mudah digunakan sesuai kebutuhan professional pemberi asuhan. 
Motivasi Resiliensi Karakteristik ODHA Di Klinik Utama X
Journal of Hospital Management Vol 5, No 02 (2022): Journal of Hospital Management
Publisher : Journal of Hospital Management

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kualitas hidup akan meningkat apabila kepatuhan minum obatnya bagus. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh karakteristik pasien ODHA (dengan penyakit penyerta dan dengan tidak penyakit penyerta) dan kompetensi tenaga kesehatan terhadap kualitas hidup dengan kepatuhan minum obat ARV sebagai variabel intervening di Klinik Utama X. Penelitian kuantitatif tipe kausatif dengan besar populasi sampel adalah sampel  jenuh. Data dianalisa dengan menggunakan Uji Path. Penelitian menunjukan bahwa karakteristik pasien ODHA dengan penyakit penyerta  sebesar 34,375% dan karakteristik pasien dengan tidak penyakit penyerta sebesar 65,625% Berdasarkan analisa deskriptif didapatkan kualitas hidup adalah tinggi (24,581±SD), kepatuhan minum obat ARV sedang (21,1077±SD) dan kompetensi tenaga kesehatan  tinggi (25,346±SD). Hasil  penelitian ini menunjukan terdapat hubungan yang positif antara kepatuhan minum obat ARV dengan kualitas hidup (p=0,003), terdapat hubungan secara langsung karakteristik pasien ODHA dengan kualitas hidup (p=0,001)  dan terdapat hubungan secara langsung antara kompetensi tenaga kesehatan dengan kualitas hidup (p=0,043) serta tidak terdapat hubungan secara tidak langsung baik karakteristik pasien ODHA (p=0,062) dan kompetensi tenaga kesehatan (p=0,805) terhadap kualitas hidup melalui kepatuhan minum obat ARV. Karakteristik pasien ODHA dengan tidak penyakit penyerta mempunyai kualitas hidup lebih baik dan terdapat motivasi untuk patuh pada diri pasien (Resiliensi). Kata kunci : kualitas hidup, kepatuhan, karakteristik, tenaga kesehatan.
Citra Merek Tidak Memberikan Pengaruh Secara Langsung Terhdadap Niat Kunjungan Medis Saat Pandemik Covid 19 Di JABODETABEK
Journal of Hospital Management Vol 5, No 02 (2022): Journal of Hospital Management
Publisher : Journal of Hospital Management

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rumah sakit saat ini mengalami perubahan yang cukup pesat dan tantangan bagi rumah sakit untuk bersaing, baik dengan sesama pemberi pelayanan kesehatan di dalam negeri maupun luar negeri. Era globalisasi menyebabkan konsumen dapat dengan mudah mendapatkan informasi tentang pelayanan kesehatan dari luar negeri sehingga mereka mudah untuk membanding-bandingkan. Untuk itu, rumah sakit saat ini berlomba-lomba untuk mampu memasarkan diri sebagai upaya untuk memenangkan persaingan tersebut. Rumah Sakit juga dihadapkan oleh suatu kondisi luar biasa yaitu pandemik Covid-19 yang menyebabkan dampak negatif yaitu menurunnya angka kunjungan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh citra merek dan patient perceived value terhadap niat berkunjung ke rumah sakit dengan mediasi kepercayaan pasien saat kondisi pandemik Covid19. Penelitian ini dilakukan selama November 2020 hingga April 2021. Populasi penelitian ini adalah ibu yang memiliki bayi atau balita yang menggunakan rumah sakit sebagai fasilitas kesehatan di daerah Jabodetabek. Jumlah sampel sebesar 91 orang dengan metode purposive sampling menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan path analysis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa citra merek, patient perceived value, kepercayaan pasien berpengaruh secara simultan terhadap niat berkunjung ke RS. Namun, temuan pada penelitian ini adalah citra merek dapat dimediasi oleh kepercayaan pasien untuk meningkatkan niat kunjungan medis ke RS, dimana data menunjukkan citra merek tidak memiliki pengaruh langsung terhadap kunjungan medis. 

Page 1 of 1 | Total Record : 6