cover
Contact Name
Aulia Rahman
Contact Email
auliarahman1985@unsam.ac.id
Phone
+6285226355407
Journal Mail Official
auliarahman1985@unsam.ac.id
Editorial Address
https://ejurnalunsam.id/index.php/jsnbl/about/editorialTeam
Location
Kota langsa,
Aceh
INDONESIA
SEUNEUBOK LADA: Jurnal ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan
Published by Universitas Samudra
ISSN : 23560770     EISSN : 26852705     DOI : 10.33059/jsnbl.v10i2
The Seuneubok Lada journal only publishes scientific works resulting from empirical and theoretical research to develop science. The focus of the Seuneubok Lada Journal is the field of historical education, social history and culture. History education includes the study of history education in schools which include; 1. History Teaching Methods, 2. History Education Curriculum, 3. History Education Management and Technology while social and cultural history includes; 1. Archaeological Studies 2. Ethnographic Studies 3. Social and Cultural Anthropological Studies 4. Social and Political History Studies 5. Hysterography
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 01 (2021): JURNAL SEUNEUBOK LADA VOL 8. NO.1. 2021" : 12 Documents clear
EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK GROUP INVESTIGATION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR yulia yulia
SEUNEUBOK LADA: Jurnal ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan Vol 8 No 01 (2021): JURNAL SEUNEUBOK LADA VOL 8. NO.1. 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Sejarah - Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (618.682 KB) | DOI: 10.33059/jsnbl.v8i01.2981

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Matematika dalam materi Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Group Investigation Kelas kelas I semester I tahun pelajaran 2017-2018 di SD Negeri Alue Udep Kabupaten Aceh Timur. Manfaat penelitian ini untuk menambah referensi dan teori baru dalam bidang pendidikan terutama pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan berbagai pendekatan atau metode pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk mencapai hal tersebut, langkah yang perlu dilaksanakan adalah melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Group Investigation. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yang datanya bersumber dari tes formatif serta hasil pengamatan kelas. Penelitian ini di laksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yang diharapkan yaitu meningkatnya ketuntasan belajar siswa yang mencapai 85% secara klasikal. Hasil penelitian menunjukkan, pada siklus I (satu) nilai rata-rata siswa berjumlah 69 dan ketuntasan belajar mencapai 71,4%. Hasil ini menunjukkan peningkatan dari kondisi awal yang nilai rata-ratanya hanya 61 dan ketuntasan belajar baru 35,7%. Sedangkan pada siklus II (dua) nilai rata-rata siswa 78 dan ketuntasan belajar mencapai 92,9%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Group Investigation pada pembelajaran Matematika materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar pada siswa kelas I SD Negeri Alue Udep semester I tahun pelajaran 2017-2018. Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan, Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Group Investigation
IMPLEMENTASI METODE PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR supawit supawit
SEUNEUBOK LADA: Jurnal ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan Vol 8 No 01 (2021): JURNAL SEUNEUBOK LADA VOL 8. NO.1. 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Sejarah - Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (626.485 KB) | DOI: 10.33059/jsnbl.v8i01.2983

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika pada materi operasi hitung bilangan melalui penggunaan Metode Problem Solving pada siswa Kelas IV SD Negeri Tanjung Tani Kabupaten Aceh Timur. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dalam dua siklus. Manfaat penelitian ini untuk menambah referensi dan teori baru dalam bidang pendidikan terutama pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan berbagai model dan metode pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk mencapai hal tersebut, langkah yang perlu dilaksanakan adalah dengan Implementasi Metode Problem Solving. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yang datanya bersumber dari tes formatif dan hasil pengamatan kelas. Penelitian ini di laksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yang diharapkan yaitu meningkatnya ketuntasan belajar siswa yang mencapai 85% secara klasikal. Hasil penelitian menunjukkan, pada siklus I (satu) nilai rata-rata siswa berjumlah 68 dan ketuntasan belajar mencapai 63% sedangkan pada siklus II (dua) nilai rata-rata siswa 77 dan ketuntasan belajar mencapai 88%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan Metode Problem Solving pada pembelajaran Matematika materi operasi hitung bilangan dapat berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa Kelas IV semester I tahun pelajaran 2017-2018 pada SD Negeri Tanjung Tani Kabupaten Aceh Timur. Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Materi Operasi Hitung Bilangan, Metode Problem Solving
EFEKTIFITAS METODE PEMBELAJARAN INQUIRY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR naimah naimah
SEUNEUBOK LADA: Jurnal ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan Vol 8 No 01 (2021): JURNAL SEUNEUBOK LADA VOL 8. NO.1. 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Sejarah - Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (624.529 KB) | DOI: 10.33059/jsnbl.v8i01.3114

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA dalam materi organ tubuh manusia dan hewan melalui penggunaan Metode Pembelajaran Inquiry di kelas IV SD Negeri 6 Peureulak semester II tahun pelajaran 2016-2017. Manfaat penelitian ini untuk menambah referensi dan teori baru dalam bidang pendidikan terutama pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan berbagai model atau metode pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk mencapai hal tersebut, langkah yang perlu dilaksanakan adalah dengan penggunaan Metode Pembelajaran Inquiry. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yang datanya bersumber dari tes formatif serta hasil pengamatan kelas. Penelitian ini di laksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yang diharapkan yaitu meningkatnya ketuntasan belajar siswa yang mencapai 85% secara klasikal. Hasil penelitian menunjukkan, pada siklus I nilai rata-rata siswa berjumlah 64 dan ketuntasan belajar mencapai 44%. Hasil ini menunjukkan peningkatan dari kondisi awal yang nilai rata-ratanya hanya 54,8 dan ketuntasan belajar baru 28%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa 79,2 dan ketuntasan belajar mencapai 92%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan Metode Pembelajaran Inquiry pada pembelajaran IPA materi organ tubuh manusia dan hewan dapat berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas IV semester II SD Negeri 6 Peureulak Kecamatan Peureulak Kabupaten Aceh Timur.
Sejarah Revolusi Sosial Di Langkat Tahun 1946 Agung meiranda
SEUNEUBOK LADA: Jurnal ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan Vol 8 No 01 (2021): JURNAL SEUNEUBOK LADA VOL 8. NO.1. 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Sejarah - Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (516.216 KB) | DOI: 10.33059/jsnbl.v8i01.3152

Abstract

This research is intended to determine the triggering factors for the Social Revolution in Langkat in 1946, how the tragedy of the Social Revolution in Langkat took place and what impact happened to the social structure of the Langkat community after the incident. The research procedure used is a critical historical research methodology which consists of several aspects, namely Heuristic, Source Criticism, Interpretation and Historiography. This research uses literary sources plus interviews. The results of this paper prove that there was an interrelation between the Dutch government and the aristocratic family of the Langkat Sultanate which led to a polemic due to the fading of people's trust in local government. Then social movements emerged from the lower society. This movement on behalf of the United Struggle which was masterminded by a group of parties acting on behalf of the People's Struggle moved to eliminate the local political elite in East Sumatra. This incident also led to the death of many families of the Sultanate of Langkat and one of our national hero figures to die in it, namely Tengku Amir Hamzah.
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA cut asriati cut asriati
SEUNEUBOK LADA: Jurnal ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan Vol 8 No 01 (2021): JURNAL SEUNEUBOK LADA VOL 8. NO.1. 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Sejarah - Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (635.098 KB) | DOI: 10.33059/jsnbl.v8i01.3177

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika materi Statistika melalui penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Kelas kelas VIII-2 semester II tahun pelajaran 2017-2018 di SMP Negeri 1 Julok Kabupaten Aceh Timur. Manfaat penelitian ini untuk menambah referensi dan teori baru dalam bidang pendidikan terutama pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan berbagai pendekatan atau metode pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk mencapai hal tersebut, langkah yang perlu dilaksanakan adalah melalui penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yang datanya bersumber dari tes formatif serta hasil pengamatan kelas. Penelitian ini di laksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yang diharapkan yaitu meningkatnya ketuntasan belajar siswa yang mencapai 85% secara klasikal. Hasil penelitian menunjukkan, pada siklus I (satu) nilai rata-rata siswa berjumlah 66 dan ketuntasan belajar mencapai 68%. Hasil ini menunjukkan peningkatan dari kondisi awal yang nilai rata-ratanya hanya 59 dan ketuntasan belajar baru 32%. Sedangkan pada siklus II (dua) nilai rata-rata siswa 73 dan ketuntasan belajar mencapai 91%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning pada pembelajaran Matematika materi Statistika berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar pada siswa kelas VIII-2 semester II tahun pelajaran 2017-2018 di SMP Negeri 1 Julok Kabupaten Aceh Timur.
PENERAPAN PENDEKATAN EKSPOSITORI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA tisanah tisanah
SEUNEUBOK LADA: Jurnal ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan Vol 8 No 01 (2021): JURNAL SEUNEUBOK LADA VOL 8. NO.1. 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Sejarah - Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (636.322 KB) | DOI: 10.33059/jsnbl.v8i01.3222

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada materi Asma’ul Husna melalui penggunaan Pendekatan Ekspositori di Kelas VII-A SMP Negeri 2 Julok semester I Tahun Pelajaran 2019-2020. Manfaat penelitian ini untuk menambah referensi dan teori baru dalam bidang pendidikan terutama dalam pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan berbagai model atau metode pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk mencapai hal tersebut, langkah yang perlu dilaksanakan adalah dengan penggunaan Pendekatan Ekspositori. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yang datanya bersumber dari tes formatif serta hasil pengamatan kelas. Pengambilan sampel penelitian berjumlah 30 orang pada Kelas VII-A. Pengambilan data hasil belajar dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar serta lembar observasi. Dari hasil tes siklus I, menunjukkan bahwa perolehan nilai rata-rata hasil belajar siswa terhadap materi ”Asma’ul Husna”, mengalami peningkatan yaitu pada kondisi awal sebesar 46.66 dan pada tindakan siklus I meningkat sebesar 69,83 sedangkan pada tindakan siklus II meningkat secara signifikan yaitu sebesar 77,50. Skor kelulusan belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada kondisi awal hanya sebesar 26.67%, setelah diberi tindakan pada siklus I menjadi 63.33% sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan yang signifikan yaitu sebesar 90%. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan Pendekatan Ekspositori dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam khususnya materi Asma’ul Husna pada siswa Kelas VII-A semester I SMP Negeri 2 Julok Tahun Pelajaran 2019-2020.
EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA azizah azizah
SEUNEUBOK LADA: Jurnal ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan Vol 8 No 01 (2021): JURNAL SEUNEUBOK LADA VOL 8. NO.1. 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Sejarah - Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (538.589 KB) | DOI: 10.33059/jsnbl.v8i01.3223

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping siswa kelas VIII-B semester I di SMP Negeri 2 Julok. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, pada masing-masing siklus, peneliti menggunakan beberapa prosedur penelitian meliputi, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian melalui tes hasil belajar siswa, observasi aktivitas guru, dan aktivitas siswa yang digunakan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa setelah dilakukan tindakan. Penelitian ini dapat dinyatakan berhasil bila hasil belajar siswa telah mencapai KKM sebesar 70. Secara klasikal suatu kelas telah tuntas belajar bila mencapai ketuntasan klasikal sebesar 85%. Hasil penelitian menunjukkan, pada siklus I (satu) nilai rata-rata siswa berjumlah 69 dan ketuntasan belajar mencapai 71%. Pencapaian tersebut menunjukkan peningkatan dari kondisi awal yang nilai rata-ratanya hanya 61 dan ketuntasan belajar baru 40%. Sedangkan pada siklus II (dua) nilai rata-rata siswa mencapai 78 dan ketuntasan belajar mencapai 86%. Persentase ketuntasan belajar secara klasikal ini menunjukkan pencapaian yang melampaui indikator keberhasilan penelitian yang telah ditetapkan sebesar 85%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris materi recount text siswa kelas VIII-B semester I di SMP Negeri 2 Julok.
MENGELOLA “VIRTUAL TEACHINGPLACE” BAGI GURU SEKOLAH DASAR (SD) DALAM PROSES MENGAJAR DI MASA PADEMI VIRUS COVID 19 SEMESTER DUA TAHUN 2021 Sutan Saribumi Pohan
SEUNEUBOK LADA: Jurnal ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan Vol 8 No 01 (2021): JURNAL SEUNEUBOK LADA VOL 8. NO.1. 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Sejarah - Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (608.827 KB) | DOI: 10.33059/jsnbl.v8i01.3289

Abstract

Elementary school (SD) as the beginning of children getting to know learning at school with teachers and their peers is a place to socialize and get to know the environment in the corridor of education. Competency for students at the level of elementary school age (SD) which begins with the learning process in class is a vehicle to develop students' talents, character, and intelligence to reach their goals in the future before adulthood. In theory, the learning process for students is a series of mental and physical activities to obtain a change in behavior as a result of individual experiences in interaction with their environment which is oriented towards cognitive, affective, and psychomotor (Syaiful Bahri, 2002 p. 13). In early 2020, the country of Indonesia and even the world was hit by an outbreak of the coronavirus and covid 19, which until the beginning of 2021 the virus had not subsided, even the level of transmission was getting higher, resulting in the learning process in schools (class) switching to learning at home via the internet (online) virtually. The role of the teacher has also shifted from teaching in the classroom to virtual teaching or webinars via the internet so that the learning process depends on the media of computers, laptops, and gadgets (HP). The teacher's role in the teaching process is oriented towards computer applications and in managing the class into a virtual teaching place.
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK THINK PAIR SHARE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA sridawati sridawati
SEUNEUBOK LADA: Jurnal ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan Vol 8 No 01 (2021): JURNAL SEUNEUBOK LADA VOL 8. NO.1. 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Sejarah - Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (526.325 KB) | DOI: 10.33059/jsnbl.v8i01.3299

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Think Pair Share Siswa Kelas VII-B SMP Negeri 2 Julok semester I tahun pelajaran 2017-2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, pada masing-masing siklus, peneliti menggunakan beberapa prosedur penelitian meliputi, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian meliputi, observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan tes hasil belajar siswa, yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah dilakukan tindakan. Hasil belajar siswa dapat dinyatakan berhasil bila hasil belajar telah mencapai KKM sebesar 70. Secara klasikal suatu kelas telah tuntas belajar bila ketuntasan klasikal mencapai 85% dengan diterapkannya Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Think Pair Share. Hasil penelitian menunjukkan, pada siklus I nilai rata-rata siswa berjumlah 65,2 dan ketuntasan belajar mencapai 40 %. Hasil ini menunjukkan peningkatan dari kondisi awal yang nilai rata-ratanya hanya 52 dan ketuntasan belajar baru 20%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa 82,4 dan ketuntasan belajar mencapai 92%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Kooperatif Teknik Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi Bilangan Bulat pada siswa kelas VII-B semester I tahun pelajaran 2017-2018 di SMP Negeri 2 Julok Kabupaten Aceh Timur.
EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR zainabon zainabon
SEUNEUBOK LADA: Jurnal ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan Vol 8 No 01 (2021): JURNAL SEUNEUBOK LADA VOL 8. NO.1. 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Sejarah - Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (541.655 KB) | DOI: 10.33059/jsnbl.v8i01.3360

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA pada materi pesawat sederhana melalui efektifitas Model Pembelajaran Discovery Learning di kelas V SD Negeri Paya Pelawi semester II Tahun Pelajaran 2017-2018. Manfaat penelitian ini untuk menambah referensi dan teori baru dalam bidang pendidikan terutama dalam pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan berbagai model atau metode pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk mencapai hal tersebut, langkah yang perlu dilaksanakan adalah dengan efektifitas Model Pembelajaran Discovery Learning. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yang datanya bersumber dari tes formatif serta hasil pengamatan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yang diharapkan yaitu meningkatnya ketuntasan belajar siswa yang mencapai 85% secara klasikal. Hasil penelitian menunjukkan, pada siklus I (satu) nilai rata-rata siswa berjumlah 71.25 dan ketuntasan belajar mencapai 58.33%. Hasil ini menunjukkan peningkatan dari kondisi awal yang nilai rata-ratanya hanya 59,79 dan ketuntasan belajar baru 33.33%. Sedangkan pada siklus II (dua) nilai rata-rata siswa 79.58 dan ketuntasan belajar mencapai 95.83%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Efektifitas Model Pembelajaran Discovery Learning pada pembelajaran IPA materi pesawat sederhana dapat berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Paya Pelawi semester II Tahun Pelajaran 2017-2018.

Page 1 of 2 | Total Record : 12