cover
Contact Name
Ahmed Sardi
Contact Email
sardihere@gmail.com
Phone
+6285256669490
Journal Mail Official
ijme@stkipddipinrang.ac.id
Editorial Address
Jln. Pettana Rajeng No.20, Pinrang South Sulawesi, Indonesia Postal code: 91213
Location
Kab. pinrang,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Al-Irsyad Journal of Mathematics Education
ISSN : 28285468     EISSN : 28280857     DOI : https://doi.org/10.58917/ijme
Core Subject : Education,
Al-Irsyad Journal of Mathematics Education (IJME), sebuah jurnal nasional peer-review elektronik, menyediakan forum untuk menerbitkan artikel penelitian asli, artikel ulasan dari kontributor, dan berita teknologi baru yang terkait dengan pendidikan matematika. Jurnal ini disediakan untuk penulis, guru, mahasiswa, profesor, dan peneliti, yang akan mempublikasikan laporan penelitian mereka atau artikel tinjauan pustaka mereka (hanya untuk kontributor yang diundang) tentang pendidikan matematika dan instruksinya untuk penulis dan pembaca di seluruh Indonesia. Selain penulis biasa, untuk setiap jilid, isinya akan disumbangkan oleh kontributor undangan yang ahli dalam pendidikan matematika baik dari dalam maupun luar negeri. Jurnal tersebut mengundang artikel penelitian asli dan tidak secara bersamaan dikirimkan ke jurnal atau konferensi lain . Seluruh spektrum penelitian dalam pendidikan matematika dipersilakan , yang mencakup, tetapi tidak terbatas pada topik-topik berikut: 1. Pendidikan Matematika Realistis 2. Penelitian Desain dalam Pendidikan Matematika 3. Kemampuan Matematika
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2022): Januari 2022" : 5 Documents clear
Pengaruh Kompetensi Guru dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Guru Matematika Andi Kamal Ahmad; Abdul Walid
Al-Irsyad Journal of Mathematics Education Vol 1 No 1 (2022): Januari 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Darud Da'wah Wal Irsyad Pinrang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (650.103 KB) | DOI: 10.58917/ijme.v1i1.12

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi guru dan iklim organisasi terhadap kinerja guru matematika SMP Negeri kecamatan Batulappa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif korelasional dengan pendekatan expost facto dan survey. Sampel penelitian ini ditentukan sebanyak 18 atau sebagian dari beberapa SMP Negeri Kecamatan Batulappa yang ada. Teknik analisis data meliputi: analisis deskriptif, analisis validitas, analisis reliabilitas, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi berganda, analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Hasil pengujian maka disimpulkan bahwa variabel kompetensi guru (X1) dan iklim organisasi (X2) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru (Y) di SMP Negeri Kecamatan Batulappa. Jika menghendaki kinerja guru maksimal maka hendaknya kompetensi guru dan iklim organisasi perlu diperhatikan dan melakukan kegiatan yang sifatnya pengembangan.
Peningkatkan Kualitas Belajar Matematika melalui Metode Student Facilitator and Explaining Ishak Ishak; Rosita Rosita
Al-Irsyad Journal of Mathematics Education Vol 1 No 1 (2022): Januari 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Darud Da'wah Wal Irsyad Pinrang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (339.018 KB) | DOI: 10.58917/ijme.v1i1.13

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas belajar matematika melalui Metode Pembelajaran Student Facilitator and Explaining pada siswa kelas VII2 MTS DDI Padanglolo tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan tahapan pelaksanaan meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di VII2 MTS DDI Padanglolo, Jl. Pancasila. No. 3 Langga Kabupaten Pinrang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII2 MTS DDI Padanglolo Kabupaten Pinrang dengan jumlah siswa sebanyak 31 orang yang terdiri dari 16 perempuan dan 15 laki-laki. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa 1) Skor rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas VII2 MTS DDI Padanglolo setelah penerapan Metode Pembelajaran Student Facilitator and Explaining, pada siklus I, 75,48 dan pada siklus II, 80,88. Persentase ketuntasan belajar matematika siswa kelas VII2 MTS DDI Padanglolo pada Siklus I sebesar 74,2% dan persentase ketuntasan belajar matematika siswa kelas VII2 MTS DDI Padanglolo pada Siklus II sebesar 90,3% dan memenuhi indikator keberhasilan. Dan 2) Penerapan Metode Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII2 MTS DDI Padanglolo. Selain terjadinya peningkatan hasil belajar siswa, juga terjadi peningkatan keaktifan siswa kelas VII2 MTS DDI Padanglolo selama kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan Metode Pembelajaran Student Facilitator and Explaining.
Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Pendekatan Pembelajaran Realistik Abdul Razzaq; Ihfa Indira Nurnaifah
Al-Irsyad Journal of Mathematics Education Vol 1 No 1 (2022): Januari 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Darud Da'wah Wal Irsyad Pinrang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (427.154 KB) | DOI: 10.58917/ijme.v1i1.14

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan pembelajaran realistik untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 2 Pinrang. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang akan dilaksanakan pada beberapa siklus. Tindakan yang akan dilakukan adalah penerapan model berbasis masalah dengan pendekatan matematika realistik dengan tahapan-tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang berlangsung selama dua siklus, dapat disimpulkan sebagai berikut: a) Meningkatnya rata-rata hasil belajar matematika siswa yaitu pada siklus I sebesar 72,5% menjadi 81,63 pada siklus II dengan rata-rata peningkatan sebesar 8,13%. b) Meninkatnya rata-rata persentase pengkategorian hasil belajar matematika siswa yaitu pada siklus I dengan kategori tinggi nenjadi kategori sangat tinggi pada siklus II, dan c) Meningkatnya rata-rata Persentase ketuntasan belajar siswa yang ditandai dengan jumlah siswa kategori tuntas yaitu pada siklus I sebanyak 20 siswa atau 62,5% menjadi 28 siswa atau 78,5% pada siklus II dari 32 jumlah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pinrang dengan materi Aritmetika Sosial. Jadi ketuntasan secara klasikal telah memenuhi indikator keberhasilan dalam penerapan Pendekatan Pembelajaran Realistik.
Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Metode Problem Solving Jumrah Jumrah; Sri Anggriani
Al-Irsyad Journal of Mathematics Education Vol 1 No 1 (2022): Januari 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Darud Da'wah Wal Irsyad Pinrang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (465.561 KB) | DOI: 10.58917/ijme.v1i1.15

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI SMK Negeri 2 Pinrang Tahun Pelajaran 2019/2020 melalui Penerapan Metode Problem Solving, 2) Untuk dapat meningkatkan Ketuntasan individu maupun ketuntasan klasikal siswa kelas XI SMK Negeri 2 Pinrang Tahun Pelajaran 2019/2020 melalui Penerapan Metode Problem Solving, dan 3) Untuk dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas XI SMK Negeri 2 Pinrang Tahun Pelajaran 2019/2020 melalui Penerapan Metode Problem Solving. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan tahapan pelaksanaan meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Pinrang, dan jumlah siswa tersebut ialah 25 siswa dengan jumlah laki-laki ada 11 siswa dan perempuan 14 siswi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Skor rata-rata hasil belajar matematika siswa meningkat yaitu pada siklus I sebesar 78,65 menjadi 83,18 pada siklus II, 2) Persentase siswa yang tuntas belajar meningkat yaitu pada siklus I sebesar 66,7% menjadi 91,7% pada siklus II, jadi ketuntasan secara klasikal sudah tercapai. Dan 3) Aktivitas dan tanggapan siswa: a) Rata-rata persentase aktivitas siswa dalam proses pembelajaran meningkat sesuai dengan lembar observasi yang dilakukan selama penelitian yaitu aktivitas siswa yang sesuai dengan pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 41% menjadi 47% pada siklus II dan menurunnya aktivitas siswa yang tidak sesuai dengan pembelajaran dari siklus I sebesar 26% menjadi 14% pada siklus II. serta, b) Berdasarkan angket yang diberikan kepada siswa hampir semua siswa menyukai matematika, dan senang Metode Problem Solving serta setuju jika model ini diterapkan di sekolah.
Peningkatan Hasil Belajar Matematika terhadap Penggunaan Metode Index Card Match Asmawati Asmawati; Afdalia Afdalia
Al-Irsyad Journal of Mathematics Education Vol 1 No 1 (2022): Januari 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Darud Da'wah Wal Irsyad Pinrang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (477.998 KB) | DOI: 10.58917/ijme.v1i1.16

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa Kelas X SMK Negeri 2 Pinrang Tahun Pelajaran 2019/2020. melalui Metode Index Card Match, 2) Untuk dapat meningkatkan Ketuntasan individu maupun ketuntasan klasikal siswa kelas X SMK Negeri 2 Pinrang Tahun Pelajaran 2019/2020. melalui Metode Index Card Match, dan 3) Untuk dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas X SMK Negeri 2 Pinrang Tahun Pelajaran 2019/2020. melalui Metode Index Card Match. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan tahapan pelaksanaan meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini akan dilaksanakan di SMK Negeri 2 Pinrang, dan adapun Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas X SMK Negeri 2 Pinrang Kabupaten Pinrang. Adapun sampel pada penelitian ini adalah kelas X2 jumlah siswa tersebut ialah 36 siswa dengan jumlah laki-laki ada 14 siswa dan perempuan 22 siswi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Skor rata-rata hasil belajar matematika siswa meningkat yaitu pada siklus I sebesar 78,65 menjadi 83,18 pada siklus II, 2) Persentase siswa yang tuntas belajar meningkat yaitu pada siklus I sebesar 66,7% menjadi 91,7% pada siklus II, jadi ketuntasan secara klasikal sudah tercapai. Dan 3) Aktivitas dan tanggapan siswa: a) Rata-rata persentase aktivitas siswa dalam proses pembelajaran meningkat sesuai dengan lembar observasi yang dilakukan selama penelitian yaitu aktivitas siswa yang sesuai dengan pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 41% menjadi 47% pada siklus II dan menurunnya aktivitas siswa yang tidak sesuai dengan pembelajaran dari siklus I sebesar 26% menjadi 14% pada siklus II. serta, b) Berdasarkan angket yang diberikan kepada siswa hampir semua siswa menyukai matematika, dan senang metode Index Card Match serta setuju jika model ini diterapkan di sekolah.

Page 1 of 1 | Total Record : 5