cover
Contact Name
Generosa Lukhayu Pritalia
Contact Email
giat@uajy.ac.id
Phone
+6281228454038
Journal Mail Official
giat@uajy.ac.id
Editorial Address
Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknologi Industri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta Kampus 3, Gedung Bonaventura Jln. Babarsari No. 43, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, DIY 55281
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
GIAT: Teknologi untuk Masyarakat
ISSN : 28296532     EISSN : 28298268     DOI : https://doi.org/10.24002
GIAT: Teknologi untuk Masyarakat is journal in the scope of Information Systems, Technology, and Community services. GIAT : Teknologi untuk Masyarakat is published by Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta. GIAT : Teknologi untuk Masyarakat publishes 2 series within a year, in May and November. GIAT : Teknologi untuk Masyarakat invites researchers and academics to publish journals on our release GIAT : Teknologi untuk Masyarakat Online Journal. Focus and Scope GIAT: Teknologi untuk Masyarakat invites local and international researchers to publish their papers in Bahasa Indonesia with the following scopes, yet the topics are not limited to: Sistem Informasi Teknik Informatika Industri Teknik Sosial dan Humaniora Pendidikan Ilmu Komunikasi Ekonomi dan Akuntansi Pemasaran dan Kewirausahaan Bisnis Digital
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2022): November 2022" : 5 Documents clear
Pelatihan dan Pembuatan Video Pembelajaran pada TK AL-Islam Tambak Bayan Yogyakarta Clara Hetty Primasari; Roberto Reno Sitepu; Lutgarda Virgi Yandi Saputra; Thomas Edwin Suryo Prayogo; Emmanuel Hansel; Bernardinus Odie Kristiawan; I Gede Wahyu Sedana
GIAT : Teknologi untuk Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2022): November 2022
Publisher : Program Studi Sistem Informasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (635.803 KB) | DOI: 10.24002/giat.v1i2.5945

Abstract

Pengabdian ini di latar belakangi oleh kesulitan dalam mengajar di era pandemi yang membuat para guru harus mengadaptasi seluruh kegiatan belajar mengajar menjadi daring. Adaptasi pembelajaran secara daring menjadi tantangan tersendiri khususnya bagi guru TK AL-Islam Tambak Bayan. Siswa TK masih belum bisa memahami kompleksitas yang ada pada pembelajaran secara daring. Oleh karena itu, banyak metode yang kurang cocok dan ketidakmampuan guru dalam menerapkan teknologi informasi dalam kegiatan belajar mengajar. Hal ini menyebabkan kegiatan belajar mengajar menjadi seadanya saja sehingga tidak dapat berjalan dengan baik. Tujuan pengabdian ini yakni untuk membantu serta melatih guru TK AL-Islam Tambak Bayan dalam menyajikan materi pembelajaran melalui video animasi yang menarik sehingga siswa TK memiliki kemauan untuk belajar. Metode yang digunakan yaitu pelatihan dan pembuatan video pembelajaran dengan menggunakan Animaker, untuk kemudian video tersebut dapat diakses secara daring. Hasil yang didapatkan dari pengabdian ini adalah para guru TK AL-Islam Tambak Bayan mampu memahami fitur dan cara menggunakan Animaker serta dapat membuat video pembelajaran animasi yang menarik dan mudah dipahami bagi murid TK.
Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Media Promosi untuk Meningkatkan Engagement Pada Kedai Bintoro Kopi Novianto; Y H Suprianto; R A P Singgih; Jonathan; A H Gunadi; Y P Wibisono
GIAT : Teknologi untuk Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2022): November 2022
Publisher : Program Studi Sistem Informasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (694.988 KB) | DOI: 10.24002/giat.v1i2.5975

Abstract

Perkembangan teknologi berkembang sangat pesat dalam beberapa tahun belakangan ini terutama pada media sosial. Salah satu media sosial yang paling banyak digunakan adalah Instagram. Biasanya Instagram digunakan untuk media promosi para pemilik bisnis, baik perusahaan maupun UKM. Salah satu UKM yang menggunakan Instagram sebagai media promosi adalah Kedai Kopi Binkop. Akan tetapi promosi Binkop masih kurang maksimal dari segi desain dan konsistensi. Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan pelatihan dalam penggunaan media sosial untuk promosi. Pelatihan dilaksanakan sebanyak lima sesi yaitu pelatihan teori desain dan marketing, pelatihan pengaplikasian dan tiga sesi pendampingan. Dari pelatihan ini kedai Kopi Binkop menghasilkan tiga unggahan IG Story dan empat IG Feed. Terlihat dari statistik Insight Instagram Binkop bahwa terdapat kenaikan yang signifikan pada akun yang dijangkau dan akun yang berinteraksi setelah diadakannya pelatihan.
Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX di SMPN 4 Pasar Kemis dengan Menggunakan Powtoon L C Budikusuma; H R Putranto; I P Indraswara; A V P Wibowo; E Marsella
GIAT : Teknologi untuk Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2022): November 2022
Publisher : Program Studi Sistem Informasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (377.046 KB) | DOI: 10.24002/giat.v1i2.6378

Abstract

Pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk mengatasi permasalahan para pengajar di sekolah SMPN 4 Pasar Kemis yang khusus diberikan pada kelas IX untuk mempermudah pendalaman ilmu pada pelajaran Bahasa Indonesia yang saat ini sedang menjalani pembelajaran jarak jauh atau disebut dengan pembelajaran dalam jaringan. Maka dari itu dalam mengatasi permasalahan tersebut, dibutuhkan sebuah pemanfaatan multimedia interaktif dengan memberikan sebuah video pembelajaran yang dibuat menggunakan sarana powtoon untuk menunjang pembawaan materi yang sudah berkoordinasi oleh tim pengajar pada mata pelajaran ini. Dengan adanya video pembelajaran ini diharapkan dapat membantu para siswa-siswinya dalam memahami materi yang ada, juga memudahkan pengajaran guru ketika menjelaskan materi yang diberikan oleh mereka. Kedepannya para guru bisa menggunakan metode yang dibuat ini untuk menunjang pengajaran mereka.
Spiritualitas Keluarga Katolik di Era Disrupsi Teknologi C Suryanti; E Marsella
GIAT : Teknologi untuk Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2022): November 2022
Publisher : Program Studi Sistem Informasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (350.668 KB) | DOI: 10.24002/giat.v1i2.6379

Abstract

Penelitian ini meneliti hakikat keluarga menurut ajaran Katolik. Ia menemukan bahwa jati diri keluarga kristiani adalah Gereja rumah tangga (ecclesia domestica). Keluarga adalah pusat pertumbuhan iman setiap anggota keluarga. Tidak hanya orang tua, anak-anak yang tumbuh dalam keluarga katolik mesti menimba semangat dasar dari hidup dan meneladani karya Yesus dalam mewartakan Kerajaan Allah. Sebagai Gereja rumah tangga, keluarga mengambil bagian dalam tiga tugas Kristus, yaitu sebagai imam, raja, dan nabi. Kehidupan sehari-hari dalam keluarga menjadi tempat yang kondusif dan efektif bagi perwujudan tiga tugas tersebut. Keluarga merupakan tempat yang tepat untuk perayaan iman bersama, untuk pewartaan iman, dan mewujudkan persaudaraan dalam kasih. Penemuan ini sangat relevan saat ini di mana teknologi telah mendisrupsi banyak peranan keluarga. Pembinaan iman yang semula dapat dilaksanakan oleh pelbagai persekutuan di paroki, pada saat pandemi covid 19 harus dilaksanakan oleh keluarga. Keluarga modern telah terdampak perkembangan teknologi yang cepat sehingga mempengaruhi pola hidup mereka. Banyak keluarga yang tetap berpegang pada nilai-nilai dasar kehidupan berkeluarga, tetapi banyak juga keluarga yang bimbang dan bingung tentang peranan keluarga dalam dunia modern. Penelitian ini menerapkan pendekatan penelitian kualitatif. Data penelitian diambil dari pelbagai sumber kepustakaan yang dianalisis secara deskriptif dan analitis. Pada akhirnya peneliti mengambil kesimpulan dari analisis tersebut.
Pembuatan dan Pengembangan Account E-Commerce pada “Waroeng Bali Tani” O Darren; M E Mauritz C; R Benardi; J G P Negara
GIAT : Teknologi untuk Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2022): November 2022
Publisher : Program Studi Sistem Informasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (607.345 KB) | DOI: 10.24002/giat.v1i2.6381

Abstract

Perkembangan teknologi informasi di Indonesia mengalami peningkatan di setiap harinya. Tentu saja perkembangan positif ini dapat kita manfaatkan untuk membantu masyarakat sekitar kita, seperti melakukan perdagangan tanpa perlu bertatap muka, terlebih di masa pandemi Covid-19 ini dampak teknologi sangatlah besar. Dimana UMKM pastinya mengalami penurunan omset penjualan, dikarenakan menurunnya intensitas pembeli yang datang karena tidak berani keluar rumah, sekarang konsumen cenderung membeli segala sesuatu menggunakan e-commerce. Kegiatan pengabdian masyarakat ini kami lakukan untuk memberikan media penjualan secara online melalui e-commerce berupa account Shopee dan cara pengembangannya kepada Waroeng Bali Tani yang merupakan UMKM produk pertanian. Pengabdian ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR), dengan terlibat secara langsung dalam penggalian informasi yang dibutuhkan oleh narasumber. Berdasarkan metode PAR, kami mengambil 3 tahapan metode dalam pengabdian ini yakni metode pendekatan, metode pengenalan, dan metode pengembangan. Hasil dari pengabdian adalah berupa account e-commerce dan pelatihan pengembangan account tersebut, agar nantinya UMKM ini dapat berkembang dengan adanya bantuan teknologi.

Page 1 of 1 | Total Record : 5