cover
Contact Name
Mung Pujanarko
Contact Email
pujanarkomung@gmail.com
Phone
+6281514031001
Journal Mail Official
pujanarkomung@gmail.com
Editorial Address
FIKOM Jayabaya Gedung B lt 2 Jl. Pulomas Selatan Kav. No.23, RT.4/RW.9, Kayu Putih, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13210
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Ilmu Komunikasi Citra
Published by Universitas Jayabaya
ISSN : 14119439     EISSN : 27456420     DOI : https://doi.org/10.31479/jcn
Fokus dan skup jurnal mengenai kajian menganalisis perkembangan ilmu dan teori komunikasi terutama kajian tentang ilmu humas dan jurnalistik
Articles 41 Documents
ANALISIS FRAMING SUARA KARYA, JURNAL NASIONAL DAN KORAN TEMPO DALAM KASUS KORUPSI M NAZARUDDIN Victor A Simanjuntak
Jurnal Citra Vol 5, No 2 (2019): JURNAL ILMU KOMUNIKASI CITRA
Publisher : Universitas Jayabaaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (336.114 KB) | DOI: 10.31479/jcn.v5i2.21

Abstract

Tulisan penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana tiga suratkabar yang memiliki orientasi politik dan kepemilikan yang berbeda dalam melihat kasus korupsi yang dilakukan pengurus Partai Demokrat Nazaruddin Syamsuddin. Suratkabar Jurnal Nasional dimiliki Partai Demokrat, Suara Karya dipunyai Partai Golkar dan Koran Tempo yang tidak punya afiliasi terhadap partai politik tertentu namun didirikan oleh aktivitis politik. Berdasarkan framing Robert Entman, penelitian ini menyimpulkan Jurnal Nasional dalam framing beritanya menunjukkan kasus korupsi Nazaruddin Syamsuddin menjadi kesalahan oknum/pribadi dan tidak ada kaitan dengan Partai Demokrat sebagai partai penguasa, sementara Suara Karya melakukan framing bahwa Partai Demokrat melanggar janji kampanye sebagai partai yang berkomitmen memberantas korupsi. Framing berita Koran Tempo mendorong Komisi Pemberantasan Korupsi untuk berani mengungkap kasus korupsi meskipun ada keterlibatan elite dan peng
AGENDA SETTING DENGAN PERPEKTIF KACAMATA PUBLIK - KHALAYAK MEDIA Galih Geraldi Primayana
Jurnal Citra Vol 8, No 2 (2022): JURNAL ILMU KOMUNIKASI CITRA
Publisher : Universitas Jayabaaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (484.082 KB) | DOI: 10.31479/jcn.v8i2.91

Abstract

AbstractMass communication can be defined as communication through mass media, which at first only included print and electronic media and now the study of mass communication is becoming increasingly widespread and the process of mass communication is also in the spotlight of the public eye and media audiences for society, with the times the emergence of the agenda setting theory also gives influence to the community in controlling their environment and making agenda setting with the eyes of the public -media audience is very possible but for the effect or influence obtained depends on the personal of each individualKeywords: Media, Agenda setting, Public Viewpoint, Media Audience 
FASHION SEBAGAI KOMUNIKASI DAN PENCITRAAN (STUDI DRAMATURGI ERVING GOFFMAN) DI KALANGAN EKSEKUTIF MUDA JAKARTA Eka Megawati Megawati
Jurnal Citra Vol 7, No 2 (2021): JURNAL ILMU KOMUNIKASI CITRA
Publisher : Universitas Jayabaaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (92.789 KB) | DOI: 10.31479/jcn.v7i2.72

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana eksekutif muda di Jakarta mengkomunikasikan dan membangun citra mereka. Selain itu, untuk mengetahui bagaimana presentasi diri mereka di depan panggung dan belakang panggung. Hal ini menarik untuk dipelajari melihat perkembangan mode yang begitu cepat akhir-akhir ini dan disadari bahwa sekarang fashion bukan hanya sesuatu yang kita kenakan atau digunakan tapi bisa juga untuk membangun identitas diri, citra dan kredensial, dalam hal ini eksekutif muda di Jakarta. Kasus ini diteliti dengan menggunakan paradigma konstruktivisme menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitian interpretatif. Sementara  informan dipilih melalui purposive sampling yang masih berhubungan dengan fashion dan modis eksekutif muda di Jakarta. Penelitin ini menggunakan teori Interaksi Simbolis dengan Blumer dan  teori Dramaturgical oleh Goffman.
METODE EDFAT DALAM FOTO JURNALISTIK Mung Pudjanarko
Jurnal Citra Vol 5, No 2 (2019): JURNAL ILMU KOMUNIKASI CITRA
Publisher : Universitas Jayabaaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (129.832 KB) | DOI: 10.31479/jcn.v5i2.1

Abstract

Metode EDFAT dalam photojournalism membantu membuat esai foto yang bagus. Melalui metode ini, fotografer akan menemukan fotoframe yang tepat yang kreatif dan dapat mengumpulkan data yang lengkap untuk ditampilkan dalam esai foto. Metode ini diperkenalkan oleh Sekolah Fotografi dan Pelatihan Cronkite Walter di Arizona State University. Metode ini telah berhasil diujicobakan sebagai metode untuk memilih aspek-aspek khusus sebuah cerita untuk mendapatkan citra yang kuat.
PENGARUH ONLINE SHOP ELEVENIA.CO.ID DI INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DI KALANGAN REMAJA KOMUNITAS TRAVELER PENJELAJAH Sianti Umar Wardhani
Jurnal Citra Vol 6, No 2 (2020): JURNAL ILMU KOMUNIKASI CITRA
Publisher : Universitas Jayabaaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (136.344 KB) | DOI: 10.31479/jcn.v6i2.83

Abstract

Penggunaan instagram untuk menjadi sarana media sosial dimanfaatkan juga untuk kepentingan komersialisasi dengan menjual berbagai produk barang.  Perusahaan elevenia.co.id menggunakan media sosial seperti instagram menjajakan barang-barang yang dibutuhkan terutama di kalangan remaja. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh online shop elevenia terhadap perilaku konsumtif. Hasil penelitian menunjukkan perilaku konsumtif tidak hanya ditentukan oleh penyajian produk, bentuk produk dan harga barang, tapi juga ditentukan oleh adanya diskon atau potongan harga.
PROBLEMATIKA ETIKA KOMUNIKASI VERBAL DALAM PENULISAN BERITA DI MEDIA ONLINE Mung Pujanarko Pujanarko
Jurnal Citra Vol 7, No 1 (2021): JURNAL ILMU KOMUNIKASI CITRA
Publisher : Universitas Jayabaaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (262.599 KB) | DOI: 10.31479/jcn.v7i1.67

Abstract

Etika dalam penulisan berita sering dilupakan oleh wartawan, sehingga judul berita jarang yang beretika dan tidak sopan, bahkan tidak etis menurut ukuran berita, baik menurut etika jurnalistik maupun etika gramatikal. Untuk itu, dalam karya tulis ilmiah ini, penulis ingin menggali lebih dalam bagaimana seharusnya etika komunikasi verbal dalam bentuk tulisan diterapkan dalam pemberitaan media online.
OPINI TENAGA KEPENDIDIKAN UNIVERSITAS JAYABAYA TENTANG IMPLEMENTASI PROGRAM MERDEKA BELAJAR - KAMPUS MERDEKA (MBKM) Dewi Setyarini Winarni
Jurnal Citra Vol 8, No 1 (2022): JURNAL ILMU KOMUNIKASI CITRA
Publisher : Universitas Jayabaaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (65.125 KB) | DOI: 10.31479/jcn.v8i1.59

Abstract

Penelitian survey opini tendik Universitas Jayabaya tentang Implementasi Program MBKM ini dilatarbelakangi oleh kebijakan Kemendikbudristek, yang bertujuan mendorong mahasiswa menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja. Melalui program ini mahasiswa dapat melakukan kegiatan kampus mengajar, magang, Riset /penelitian, pertukaran mahasiswa dll. Aturan mengenai program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka dalam Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi  Kesimpulan dari penelitian ini, bahwa opini tendik tentang Program MBKM adalah tendik tidak mengetahui secara mendalam, mengetahui melalui media massa dan dari pimpinan fakultas / prodi. Tendik tidak terlibat dalam kegiatan sosialisasi program MBKM pada mahasiswa,
METODE HURIER DALAM PROSES KERJA JURNALIS UNTUK MENGHINDARI PEMBERITAAN HOAX Mung Pujanarko
Jurnal Citra Vol 6, No 1 (2020): JURNAL ILMU KOMUNIKASI CITRA
Publisher : Universitas Jayabaaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (64.001 KB) | DOI: 10.31479/jcn.v6i1.78

Abstract

Penelitian ini menjelaskan penggunaan metode HURIER yang berarti Hearing, Understanding, Remembering, Intepreting, Evaluating dan Responding atau Mendengar, Memahami, Mengingat, Menafsirkan, Mengevaluasi dan Menanggapi. Metode ini penting  untuk membantu wartawan mendengarkan fakta dengan lebih baik. Dan menghindari cerita tipuan atau berita palsu, karena kabar palsu atau palsu juga meruntuhkan liputan media yang serius dan membuat jurnalis lebih sulit meliput berita-berita penting.
FRAMING PEMBERITAAN PASANGAN CAPRES-CAWAPRES JOKOWI-MA’RUF AMIN DAN PRABOWO SUBIANTO-SANDIAGO UNO DI HARIAN KOMPAS PADA MASA KAMPANYE PEMILIHAN PRESIDEN 2019 Nenden Retno Victor Simanjuntak
Jurnal Citra Vol 6, No 1 (2020): JURNAL ILMU KOMUNIKASI CITRA
Publisher : Universitas Jayabaaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (33.863 KB) | DOI: 10.31479/jcn.v6i1.29

Abstract

Penelitian ini berfokus pada framing pemberitaan kampanye capres dan cawapres pasangan Joko Widodo (Jokowi) – Ma’ruf Amin dan pasangan Prabowo Subianto dan Sandiago Uno selama Pemilihan Presiden 2019 pada suratkabar Kompas. Peneliti tertarik untuk meneliti karena adanya ideologi serta visi dan misi yang dimiliki Kompas sehingga diasumsikan berbeda dalam menyajikan pemberitaan dari masing-masing pasangan capres dan cawapres. Penelitian ini menggunakan metode framing Pan & Kosicki. Penelitian ini menggunakan teori ekonomi politik media, prinsip jurnalisme, dan framing media Hasil penelitian menunjukkan Kompas sebagai suratkabar yang didirikan oleh kelompok agama (Katolik) dan memiliki misi dan visi sebagai suratkabar nasionalis telah memframing Jokowi sebagai pemimpin (capres) yang bisa melanjutkan kepemimpinannya untuk periode kedua. Kata Kunci: Framing, Kampanye, Media Cetak, Pemilu, Pilpres 2019
DIGITAL MARKETING PUBLIC RELATIONS DALAM INDUSTRI FASHION INDONESIA Yustikasari Lukiati Komalasari
Jurnal Citra Vol 7, No 2 (2021): JURNAL ILMU KOMUNIKASI CITRA
Publisher : Universitas Jayabaaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (63.014 KB) | DOI: 10.31479/jcn.v7i2.73

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan mengungkapkan bagaimana perkembangan industri fashion di Indonesia dengan menggunakan konsep Digital Marketing Public Relations. Penggunaan konsep Digital Marketing Public Relations dalam industri fashion memiliki keunggulan di antaranya dapat membangun branding produk melalui media digital. Dengan media digital dapat memudahkan konsumen untuk mengakses informasi kapanpun dan di mana pun. Penelitian ini menyimpulkan penggunaan konsep digital marketing public relations dalam industri fashion di Indonesia menjadi cara yang cukup efektif dalam melakukan promosi produk maupun memberikan berbagai informasi seputar industri fashion. Bahkan saat tengah berlangsung kegiatan fashion, khalayak sasaran dapat menyaksikan secara langsung kegiatan fashion tersebut tanpa harus berada ditempat berlangsungnya kegiatan tersebut.