cover
Contact Name
Diajeng Herika Hermanu
Contact Email
adjengq@gmail.com
Phone
+6221-7262111
Journal Mail Official
intercommunity@stikom.interstudi.edu
Editorial Address
https://journal.interstudi.edu/index.php/intercommunity/about/editorialTeam
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Inter Community : Journal of Communication Empowerment
ISSN : 27158144     EISSN : 27158152     DOI : 10.33376/ic.v1i1
Core Subject : Social,
Inter Community: Journal of Communication Empowerment was launched in 2019 and is published by STIKOM Inter Studi, Jakarta. Inter Community is a peer review, open access and scholarly journal that provides an interdisciplinary forum for project and community service on communication issues. This journal publishes twice a year (May and November). The objective of this journal is to encourage scientific publication related but not limited to: 1. Social marketing communication. Communication that promotes positive social and behavioral change. 2. Corporate Social Responsibility. An integration of business operations with social and environment. 3. Community engagement. The empowerment of community through dialogues and campaign to to facilitates stronger relationship. DOI: 10.33376/ic.v1i1
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2020): Inter Community: Journal of Communication Empowerment" : 5 Documents clear
PENGARUH PROGRAM ACARA TELEVISI TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI Aditya Gunsha Putra
Inter Community: Journal of Communication Empowerment Vol 2, No 1 (2020): Inter Community: Journal of Communication Empowerment
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Inter Studi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (263.767 KB) | DOI: 10.33376/ic.v2i1.536

Abstract

Permasalah dalam penelitian ini, semakin meningkatnya kebutuhan informasi masyarakat akan informasi baru, membuat masyarakat memilih media mana yang mereka butuhkan untuk memenuhi kebutuhan informasi mereka. Televisi masih menjadi pilihan utama masyarakat dalam memenuhi kebutuhan informasinya dan lebih banyak memberikan program acara yang ditayangkan untuk memenuhi kebutuhan informasi baru kalayaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Program Acara “The Newsroom” di Net Tv terhadap pemenuhan kebutuhan informasi masyarakat pondok labu Jakarta Selatan dan seberapa besar pengaruh Program Acara “The Newsroom” Di Net Tv terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi masyarakat pondok labu RT 06, Jakarta selatan. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu, variabel independen dan variabel dependen,  variabel independen penelitian ini adalah Program Acara (X) dan variabel dependen penelitian ini adalah Pemenuhan Kebutuhan Informasi (Y). Penelitian ini menggunakan konsep televisi, program acara, jenis program acara, program dokumenter, pemenuhan kebutuhan informasi, uses and gratifications. Paradigma yang digunakan adalah positivistik, pendekatan penelitian kuantitatif dan dengan jenis penelitian eksplanatif. Populasi penelitian diperoleh 150 orang, dengan mendapatkan sampel sebanyak 60 orang, yang diperoleh dengan cara purposive. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa ada pengaruh program “The Newsroom” terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi masyarakat pondok labu RT 06, Jakarta selatan dan nilai R square yaitu sebesar 0,483 atau  48,3% yang artinya pengaruhnya cukup kuat.
PENGARUH HOST PROGRAM “CALL ME MEL (KRING KRING HELLOW)” TERHADAP PERSEPSI MASYARAKAT shafira harlieka; kresno yulianto
Inter Community: Journal of Communication Empowerment Vol 2, No 1 (2020): Inter Community: Journal of Communication Empowerment
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Inter Studi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (387.708 KB) | DOI: 10.33376/ic.v2i1.539

Abstract

Permasalah dalam penelitian ini adalah stasiun televisi pun mulai berlomba – lomba membuat dan merancang program – program acara baru yang memiliki daya tarik tersendiri untuk menarik perhatian pemirsa, salah satunya melalui program talkshow pemilihan presenter atau host yang tepat akan memberikan efek baik terhadap program tersebut, pemilihan host pasti memiliki daya tarik tersendiri. Hal tersebut sangat penting untuk dapat menarik persepsi menonton akan program “Call Me Mel (kring kring hellow)”  di iNews Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh host terhadap persepsi masyarakat, Penelitian ini menggunakan konsep televisi,program televisi,  talkshow, host dan persepsi, dengan menggunakan teori uses and effect, Paradigma yang digunakan adalah positivistik, pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif. Pada penelitian ini pengambilan sampling menggunakan nonprobalility sampling dengan menggunakan  convenience sampling, yaitu dengan kemudahan data yang penelitian ini bebas memilih siapa saja untuk menjadi anggota populasi dengan cara bertemu dengan responden yang sesuai kriteria Penonton “Call Me Mel(Kring Kring Hellow)”  Berusia lima belas tahun sampai lima puluh  tahun dan Wanita. Dengan populasi yang diambil sebanyak seratus responden dari data Nielsen Indonesia, Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh host program “Call Me Mel(Kring Kring Hellow)” di iNews (X) terhadap persepsi masyarakat  warga Matoa Golf RT nol sembilan RW nol dua kelurahan Cipedak kecamatan Jagakarsa Jakarta Selatan  (Y)
PENGARUH KONTEN PROGRAM TV MAGAZINE TERHADAP MINAT MENONTON Achmad Firdausyi; Rosita Anggraini
Inter Community: Journal of Communication Empowerment Vol 2, No 1 (2020): Inter Community: Journal of Communication Empowerment
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Inter Studi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (512.38 KB) | DOI: 10.33376/ic.v2i1.540

Abstract

Permasalah dalam penelitian ini adalah semakin meningkatnya kebutuhan informasi melalui media massa dan berlomba-lomba dalam menarik perhatian masyrakat untuk menonton pgrogram dengan informasi yang menarik agar masyarakat. Menjadi tertarik dalam memenuhi kebutuhan informasi. Televisi masih menjadi pilihan utama bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan informasinya dan lebih banyak memberikan sebuah program acara untuk kebutuhan khhalyaknya. Dalam program “Ok Food” di Net. TV, peneliti bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh program “Ok Food” di Net. Tv terhadap minat menonton mahasiswa STIKOM Interstudi angkatan dua ribu lima belas sampai dua ribu delapan belas dan seberapa besar pengaruhnya. Penelitian ini menggunakan konsep televisi, program acara, jenis program acara, Tv magazine, dan teori minat menonton. Paradigma yang digunakan adalah positivistik, pendekatan penelitian menggunakan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif. Populasi data penelitian adalah mahasiswa penyiaran STIKOM Interstudi angkatan dua ribu lima belas sampai dua ribu delapan belas sebanyak enam ratus mahasiswa dengan teknik pengambilan sampling dengan menggunakan nonprobility sampling dan secara purposivediperoleh 86 mahasiswa. Teknik analisis ini menggunakan skala likert. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa program acara “Ok Food” di Net. Tv berpengaruh terhadap minat menonton mahasiswa penyiaran STIKOM Interstudi angkatan dua ribu lima belas sampai dua ribu delapan belas (Y) menunjukan sebagian besar responden terletak pada titik enam puluh persen sampai delapan puluh persent yang berati memiliki pengaruh yang cukup kuat. Kata Kunci: Televisi,Program acara,Konten Program , Minat Menonton
PENGARUH IKLAN INSTAGRAM TERHADAP RESPONS KONSUMEN Indah Syafitri; Kresno Yulianto
Inter Community: Journal of Communication Empowerment Vol 2, No 1 (2020): Inter Community: Journal of Communication Empowerment
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Inter Studi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (217.922 KB) | DOI: 10.33376/ic.v2i1.544

Abstract

Iklan merupakan salah satu bentuk promosi yang paling dikenal dan paling banyak dibahas orang, hal ini mempunyai kemungkinan karena adanya jangkauan yang luas. Instagram adalah salah satu media sosial yang saat ini telah hadir di tengah masyarakat. Instagram saat ini juga menjadi alat promosi maupun iklan. Konsumen dapat mengevaluasikan produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Iklan Instagram terhadap Respons Konsumen Mahasiswa STIKOM Interstudi dan Seberapa besar pengaruh iklan Instagram terhadap respons konsumen. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu, variabel independen penelitian ini adalah Iklan Instagram dan variabel dependen penelitian ini adalah Respons Konsumen. Penelitian ini menggunakan konsep iklan, iklan instagram, iklan media sosial instagram, respons konsumen. Paradigma yang digunakan adalah positivistik, pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif. Pada penelitian ini pengambilan sampling menggunakan non probalility sampling dengan menggunakan purposive sampling, yaitu purposive sampling menggunakan karakteristik atau pertimbangan tertentu dengan responden mahasiswa STIKOM Interstudi. Dengan populasi yang diambil sebanyak tiga ratus empat puluh empat dan sampel berjumlah tujuh puluh tujuh orang. Hasil penelitian ini adalah nilai KMO Iklan Instagram 0,898 Respons Konsumen 0,903 (Valid). Uji Validitas menggunakan KMO dengan nilai diatas 0.5, Uji Reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha dengan nilai diatas 0.6, Uji Regresi yang terdiri dari korelasi sebesar 0,689, Model Summary sebesar 0,474 yang artinya variabel Iklan Instagram dan Respons Konsumen memiliki hubungan tingkat cukup kuat, berdasarkan penelitian ini dapat diketahui bahwa Iklan Instagram (X) berpengaruh secara signifikan terhadap Respons Konsumen (Y).
PENGARUH KEGIATAN COMPLAINT HANDLING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN BENGAWAN RESTORAN DI XYZ HOTEL anton pramana akira; AG Sudibyo
Inter Community: Journal of Communication Empowerment Vol 2, No 1 (2020): Inter Community: Journal of Communication Empowerment
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Inter Studi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.737 KB) | DOI: 10.33376/ic.v2i1.534

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Complaint Handling Terhadap Loyalitas Pelanggan Bengawan Restoran Hotel XYZ. Penelitian explanative, pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode adalah survey, populasi nya adalah Pelanggan Bengawan Restoran Hotel XYZ. 88 sampel, data diolah dengan menggunakan SPSS dengan menu analisis faktor, cronbach’s alpha, dalam bentuk tabel frekuensi dan analisis regresi. Hasil perhitungan yang didapatkan melalui analisis regresi penelitian menunjukkan kegiatan Complaint Handling Terhadap Loyalitas Pelanggan Bengawan Restoran Hotel XYZ memiliki pengaruh positif. Kegiatan Complaint Handling yang dijalankan Bengawan Restoran di Hotel XYZ memiliki pengaruh positif dalam menumbuhkan loyalitas pelanggan di tempat tersebut dalam meningkatkan kemampuan untuk menyelesaikan keluhan pelanggan secara langsung maupun secara online. Pengaruh Complaint Handling Terhadap Loyalitas Pelanggan Bengawan Restoran Hotel XYZ, Jakarta 2019 memiliki pengaruh positif ditandai dengan adanya nilai mean variabel complaint handling masuk dalam rentang antara 3,77 s/d 4,02 atau masuk dalam rentang antara 3,4< –4,2 (Positif) dan variabel loyalitas antara 3,75 s/d 4,02 atau masuk dalam rentang antara 3,4< – ≤ 4,2 Positif. Hasil penelitian menggambarkan bahwa Kegiatan Complaint Handling yang dijalankan di Bengawan restoran hotel XYZ ini memiliki hubungan yang kuat dalam menumbuhkan loyalitas para pelanggan di tempat tersebut dengan nilai kontribusi sebesar 71,7%. Jika mengacu pada tabel interpretasi koefisien determinasi masuk dalam rentang 0,60-0,799 yaitu hubungan kuat. Kata kunci : Complaint Handling, Loyalitas Pelanggan, Bengawan Restoran XYZ Hotel, Pengaruh nya.

Page 1 of 1 | Total Record : 5