cover
Contact Name
Diajeng Herika Hermanu
Contact Email
adjengq@gmail.com
Phone
+6221-7262111
Journal Mail Official
intercommunity@stikom.interstudi.edu
Editorial Address
https://journal.interstudi.edu/index.php/intercommunity/about/editorialTeam
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Inter Community : Journal of Communication Empowerment
ISSN : 27158144     EISSN : 27158152     DOI : 10.33376/ic.v1i1
Core Subject : Social,
Inter Community: Journal of Communication Empowerment was launched in 2019 and is published by STIKOM Inter Studi, Jakarta. Inter Community is a peer review, open access and scholarly journal that provides an interdisciplinary forum for project and community service on communication issues. This journal publishes twice a year (May and November). The objective of this journal is to encourage scientific publication related but not limited to: 1. Social marketing communication. Communication that promotes positive social and behavioral change. 2. Corporate Social Responsibility. An integration of business operations with social and environment. 3. Community engagement. The empowerment of community through dialogues and campaign to to facilitates stronger relationship. DOI: 10.33376/ic.v1i1
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2020): Inter Community : Journal of Communication Empowerment" : 5 Documents clear
PENGARUH PRESENTER PROGRAM “RUMPI (NO SECRET )” DI TRANS TV TERHADAP PERSEPSI MASYARAKAT defika aryani; Ebnu Yufriadi
Inter Community: Journal of Communication Empowerment Vol 2, No 2 (2020): Inter Community : Journal of Communication Empowerment
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Inter Studi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (328.039 KB) | DOI: 10.33376/ic.v2i2.548

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh presenter program rumpi (no secret) di trans tv terhadap persepsi masyarakat rt 018 desa pasirangin kecamatan cileungsi Jawa Barat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Social Judgement Theory. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebar kuesioner kepada responden dengan analisis eksplanatif. Pengambilan sampel ini menggunakan non probability sampling dengan menggunakan jenis convenience sampling, yaitu penetapan sampel berdasarkan kemudahan-kemudahan bagi peneliti. Acara ini mengusung tagline “No Secret” sebagai representasi dimana acara ini akan mengungkap dan mengkonfirmasi bintang tamu mengenai suatu masalah hingga tuntas. program “Rumpi (No Secret)” sendiri tayang setiap hari senin – jumat pukul 16.00 WIB. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada dan seberapa besar pengaruh antara Presenter Rumpi (No Secret) di Trans TV terhadap persepsi masyarakat. Data-data dalam penelitian ini diolah dengan menggunakan system package social science (SPSS). penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu variabel Presenter Rumpi (No Secret) (X) dan Persepsi Masyarakat (Y). Data yang diperoleh dalam bentuk skala likert yang selanjutnya dibuat skoring. Berdasarkan hasil analisis dan interpretasi data yang diperoleh dalam penelitian, ditemukan bahwa Pengaruh Presenter Program Rumpi (No Secret) di Trans TV Terhadap Persepsi Masyarakat memiliki hubungan yang kuat serta pengaruh yang cukup signifikan terhadap persepsi masyarakat.
Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan McDonalds TB.Simatupang 2019 Muthia Musfiroh; AG Sudibyo
Inter Community: Journal of Communication Empowerment Vol 2, No 2 (2020): Inter Community : Journal of Communication Empowerment
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Inter Studi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (314.777 KB) | DOI: 10.33376/ic.v2i2.586

Abstract

ABSTRAKMcDonalds memberikan pelayanan terbaru dengan menggunakan layanan Self Ordering Kiosk. Konsentrasi penelitian ini adalah pada kualitas pelayanan dan loyalitas pelanggan McDonalds TB. Simatupang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan McDonalds TB. Simatupang. Pendekatan pada penelitian ini adalah kuantitatif, jenis penelitian ini adalah eksplanatif, metode yang digunakan penelitian ini adalah survey. Konsep penelitian ini adalah Kualitas Pelayanan dan Loyalitas Pelanggan. Responden dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Hasil penelitian ini dilakukan nya uji instrument adalah nilai KMO variabel X kualitas pelayanan menghasilkan 0,734 di nyatakan valid dikarenakan lebih dari 0,5. Untuk hasil variabel Y nilai KMO menunjukan hasil 0,665 dinyatakan valid karena lebih dari 0,5. Untuk nilai Cronbach’s Alphavariabel X kualitas pelayanan menghasilkan 0,879 dinyatakan reliabel karena lebih dari 0,6. Sementara untuk hasil Cronbach’s Alpha variabel Y menghasilkan 0,816 dinyatakan reliabel dikarenakan lebih dari 0,6. Dapat dilihat nilai Thit > Ttabel maka dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil dari Koefisien menunjukan bernilai positif artinya terjadi hubungan positif antara pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan McDonalds TB.Siatupang. Dapat diketahui bahwa nilai R (Koefisien Korelasi) antara variabel kualitas pelayanan dan variabel loyalitas pelanggan adalah sebesar 0,670 yang berarti sebesar 67,0%, dengan kata lain kualitas pelayanan memiliki peran yang kuat dalam menumbuhakan loyalitas pelanggan mengenai layanan Self Ordering Kiosk dengan sebesar 0,670, sisa nya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pelanggan,Self Ordering Kiosk,Kepuasaan
PENGARUH INFORMASI TRAFFIC UPDATE NTMC TV TERHADAP SIKAP BERKENDARA DI JALAN RAYA Wahyu Sigit Prasetio
Inter Community: Journal of Communication Empowerment Vol 2, No 2 (2020): Inter Community : Journal of Communication Empowerment
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Inter Studi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (577.704 KB) | DOI: 10.33376/ic.v2i2.633

Abstract

Program “Traffic Update” merupakan program informasi lalu lintas terkini yang yang di siarkan oleh tv streaming NTMC Polri untuk memberikan informasi lalu lintas kepada masyarakat.“Traffic Update” di NTMC TV  tayang setiap 3 kali sehari, pertama pada pukul 10.30, lalu 11:30, dan 15:30 WIB dengan durasi 3 sampai 5 menit. Informasi lalu lintas terkini yang ada di NTMC TV akan berpengaruh pada masyarakat untuk mencari jalur alternatif untuk menghindari kemacetan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Informasi Traffic Update di NTMC TV terhadap Sikap Berkendara di Jalan Raya. Teori yang digunakan adalah Uses and Gratification. Pendekatan penelitian menggunakan kuantitatif dengan metode survey. Paradigma penelitian ini adalah positivistik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah convenience sampling dengan mengambil 100 sampel responden dari penonton program tersebut. Penelitian ini menggunakan empat variable yaitu variable (independent) Informasi Traffic Update (X1), Media Exposure (X2) kemudian variabel (dependent) Sikap Berkendara (Y), dan (variabel Anteccednt atau Variabel Pemicu) (Z) Pemenuhan Kebutuhan. Untuk menghitung hasil data, peneliti menggunakan teknik analisis data Univariat, Bivariat dan Multi Variat. Hasil penelitian berdasarkan Gratification Sought (GS) dan Gratification Obtained (GO) menunjukan bahawa masyarakat tidak puas dengan Informasi Traffic Update. Dan Terbukti terdapat pengaruh Informasi Traffic Update di NTMC TV terhadap Sikap Berkendara di Jalan Raya.
PERAN DIRECTOR OF PHOTOGRAPHY DALAM PEMBUATAN FILM “DELAPAN WARNA PELANGI” dimas dwi tama
Inter Community: Journal of Communication Empowerment Vol 2, No 2 (2020): Inter Community : Journal of Communication Empowerment
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Inter Studi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (317.926 KB) | DOI: 10.33376/ic.v2i2.660

Abstract

Abstrak. Film dimana menjadi salah satu bagian penting dalam perkembangan hidup manusia, yang telah menjadikan suatu media menjadi efektif dalam menyampaikan pesan ataupun informasi. Dengan adanya visual yang menarik akan menaruh pengaruh serta menjadikan film dapat lebih mudah di jelajahi . Film fiksi semakin disukai oleh anak-anak muda hal ini terlihat dari hadirnya lomba atau festival yang dapat dijadikan sebagai wadah untuk menyalurkan kreatifitas mahasiswa bahkan masyarakat luas yang memiliki ketertarikan terhadap film. Semakin banyaknya variasi film ini membuat cara pandang mengenai bentuk film secara umum menjadi lebih terbuka dan seiring berjalannya banyak juga eksperiment yang dibuat di dalamnya. Namun saat ini perlu diketahui bahwa pada suatu film pendek harus memiliki karakteristik tersendiri yang akan akan menjadikan unik. Film “Delapan Warna Pelangi” dengan genre drama romantis yang menceritakan mengenai seorang freelancer bernama Aldo yang mempunyai kekasih bernama Tasya. Hubungan keduanya diuji, kesalah pahaman, pertemanan serta ego masing-masing yang membuat keduanya harus memilih menyerah dalam amarah atau sebaliknya. Pada tugas akhir ini pencipta pengantar karya dituntut untuk bisa memvisualisasikan cerita yang telah dibuat oleh scriptwriter sehingga film yang dibuat akan sesuai dengan ide atau konsep yang telah disepakati bersama.Kata Kunci : Drama , Director  of Photography , Film Pendek.
Peran Produser Dalam Pembuatan Film Pendek Fiksi Bergenre Drama Delapan Warna Pelangi Nurul Handanti
Inter Community: Journal of Communication Empowerment Vol 2, No 2 (2020): Inter Community : Journal of Communication Empowerment
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Inter Studi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (329.586 KB) | DOI: 10.33376/ic.v2i2.525

Abstract

Perkembangan film di Indonesia dapat dikatakan cukup signifikan. Terlihat dari banyaknya judul film yang bermunculan di bioskop – bioskop Indonesia. Tidak hanya film mancanegara, film – film karya anak bangsa juga turut menghiasi layar – layar bioskop, televisi hingga platform – platform digital. Genre serta durasi film yang kian beragam, sama sekali tidak mengurangi minat penonton. Sebaliknya, hal tersebutlah yang membuat ketertarikan masyarakat untuk menonton film – film tersebut. Film fiksi adalah film yang di produksi berdasarkan cerita yang dikarang, dan dimainkan oleh aktor dan aktris, sedangkan film non-fiksi adalah film yang mengambil kenyataan sebagai subjeknya, yaitu merekam semua kejadian yang berdasar pada fakta dan kenyataannya. Proyek ini adalah sebuah film pendek (Short film) yang berjudul “DELAPAN WARNA PELANGI”. Film “DELAPAN WARNA PELANGI”  bercerita tentang hubungan percintaan sepasang kekasih yang bergejolak. Hingga disatu titik, hubungan keduanya diuji, kesalahpahaman, pertemanan serta ego masing – masing membuat keduanya harus memilih menyerah dalam amarah atau sebaliknya. Film ini mengambil genre drama romance berdurasi kurang lebih 20 menit. Tugas Akhir ini dikerjakan oleh 3 mahasiswa sebagai 1 Tim, diantaranya: Produser, DOP (director of photofraphy), dan Editor. Dalam tim ini pencipta karya berperan sebagai Produser yang dimana bertugas membuat jadwal perencanaan agar sesuai waktu yang di tentukan dan tidak meleset dan seorang produser juga melayani kebutuhan yang diperlukan  dalam tim.

Page 1 of 1 | Total Record : 5