cover
Contact Name
Solihah Titin Sumanti
Contact Email
medanresourcecenter@gmail.com
Phone
+6285358326272
Journal Mail Official
medanresourcecenter@gmail.com
Editorial Address
Office: Jl. Benteng Hilir Perumahan Setia Jadi No. C9 Bandar Khalipah, Deli Serdang, Sumatera Utara, Indonesia 20371
Location
Kab. deli serdang,
Sumatera utara
INDONESIA
Islamic Education
Published by Medan Resource Center
ISSN : -     EISSN : 28088824     DOI : 10.57251
Core Subject : Education,
Islamic Education is a peer-reviewed journal published by the Medan Resource Center. The journal aims to publish scientific articles covering various topics in the field of Islamic Education, including history, pedagogy, Islamic studies, Teaching & Learning in Islam, Philosophy of Education in Islam, Religious Education in Islam, Teacher Education in Islam, Early Childhood Education in Islam, Management Education in Islam, Education Development & Society in Islam, Education Leadership in Islam, Educational Technology in Islam, literature, intellect, tradition, culture, technology, local wisdom, and other relevant issues. The journal is published biannually in April and October and accepts articles in both Bahasa Indonesia and English.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2021)" : 6 Documents clear
Peradaban dan Pemikiran Islam Pada Masa Dinasti Mughal di India Dede Efrianti Lubis; Ahmad Muhajir; Zaini Dahlan
Islamic Education Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Medan Resource Center

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (619.802 KB) | DOI: 10.57251/ie.v1i2.49

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejarah berdiri dan perkembangan Dinasti Mughal. Selain itu juga untuk mengetahui kemajuan peradaban dan pemikiran hingga kemunduran pada masa Dinasti Mughal. Peradaban Islam periode klasik-pertengahan merupakan peradaban yang agung. Saat itu tidak ada peradaban lain yang mampu menandingi kebesarannya. Kejayaan Islam dirasakan di berbagai daerah, salah satunya adalah India. Di India, Islam pernah berjaya terbukti dengan banyaknya dinasti-dinasti Islam yang pernah didirikan di sana, misalnya saja Dinasti Mamluk (1206-1290), Dinasti Khalji (1206-1320 M), Dinasti Tugluq (1320-1413 M), dan beberapa dinasti lain. Namun terdapat dinasti yang paling menonjol di India, yakni Dinasti Mughal. Dinasti Mughal merupakan dinasti Islam yang berkuasa di India pada abad ke-16 hingga abad ke-19. Dinasti ini termasuk dalam tiga dinasti besar (Mughal, Turki Utsmani, dan Safawiyah) yang muncul pada masa pertengahan. Dinasti Mughal memiliki peranan besar dalam pengembangan agama Islam di India, mulai dari bidang politik, ekonomi, seni dan budaya, agama, sampai kepada bidang pengetahuannya.
Analisis Strategi Pembelajaran Al-Qur’an di SDIT Al-Munadi Medan Devi Umi Solehah; Parlaungan; Wahyu Rinjani
Islamic Education Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Medan Resource Center

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (709.095 KB) | DOI: 10.57251/ie.v1i2.50

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sistem penggunaan metode yang diberikan oleh guru kepada peserta didik terutama dalam pembelajaran Al-Qur’an di SDIT Al-Munadi Medan. Selain itu untuk mengetahui metode apa yang digunakan pendidik dalam pembelajaran Al-Qur’an sehingga peserta didik mudah untuk membaca Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode penelitian kualitatif sering juga disebut metode peneliian naturalistik karena penelitiannya dilakukan pada kondisi yang alamiah (natural setting); disebut juga sebagai metode etnographi, karena pada awalnya metode ini banyak digunakan untuk penelitian bidang antropologi budaya, disebut sebagai metode kualitatif, karena data yang terkumpul dan analisisnya lebih bersifat kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini pendidik menggunakan berbagai metode pembelajaran Al-Qur’an di SDIT Al-Munadi, guna untuk memudahkan peserta didik membaca Al-Qur’an.
Peradaban dan Pemikiran Islam Pada Masa Dinasti Safawi di Persia Ismi Lathifah; Haidar Putra Daulay; Zaini Dahlan
Islamic Education Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Medan Resource Center

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (787.952 KB) | DOI: 10.57251/ie.v1i2.51

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejarah berdirinya Kerajaan Safawi di Persia, dan untuk mengetahui kondisi Persia pada masa Kerajaan Safawi serta untuk mengetahui peradaban Islam di Persia yang telah dibangun masa pemerintahan Kerajaan Safawi dan juga untuk mengetahui tokoh-tokoh pendiri Kerajaan Shafawi. Metode yang digunakan dalam Jurnal ini adalah studi literatur, yaitu dengan mengumpulkan data-data yang relevan, teori-teori sebagai pendukung jurnal ini agar lebih baik. Adapun langkah-langkahnya, meliputi heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Upaya yang telah dilakukan Kerajaan Shafawi dalam membangun peradaban Islam di Persia. Pada awal masa berdirinya, Safawi merupakan gerakan tarekat keagamaan yang bertujuan memerangi orang-orang ingkar dan ahli bid’ah. Lambat laun tarekat Safawi mulai memasuki gerakan politik, akhirnya pada tahun 1501 M berhasil mendirikan sebuah kerajaan. Pada dasawarsa pertama masa kekuasaannya, Kerajaan Safawi sukses melakukan ekspansi wilayah yang sangat luas. Prestasi memukau berhasil dicapai antara tahun 1588-1628, dengan ditunjukkan beberapa kemajuan dalam berbagai bidang. Hubungan Persia dengan Arab pada masa silam, telah menciptakan unsur baru dalam peradaban Islam di Persia. Ketika penaklukan bangsa Arab terhadap Persia, terjadi alkulturasi antara unsur Arab dengan unsur Persia. Alkulturasi tersebut nampak dari berbagai bentuk peradaban yang telah dibentuk. Meskipun peradaban tersebut sempat dihancurkan dengan adanya serangan Bangsa Mongol, namun berkat munculnya Kerajaan Safawi, peradaban Islam di Persia berhasil di bangun kembali. Bahkan Kerajaan Safawi dinobatkan sebagai salah satu kerajaan besar Islam.
Pengembangan Media IT dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Wahiddin Batubara; Adi Syahputra; Mardianto; Nirwana Anas
Islamic Education Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Medan Resource Center

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (688.793 KB) | DOI: 10.57251/ie.v1i2.71

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk penyampaian pembelajaran lebih maju dan berkembang sehingga pembelajaran lebih efektif dan efisien. Selain itu, pendidikan Agama Islam juga bertujuan untuk membentuk sikap dan keperibadian yang beriman dan bertakwa kepada Allah Swt, sejalan dengan melihat realitas sekarang ini. Setiap lembaga pendidikan harus bersikap aktif, kreatif dan produktif dalam membaca fenomena saat sekarang ini. Untuk itu peran IT di sini sangat penting dengan merancang sebuah grand design sebagai landasan untuk memajukan teknologi informasi dan komunikasi, sehingga kegiatan pembelajaran pendidikan agama Islam tidak hanya sampai pada penguasaan materi dan keterampilan menjalankan ajaran agama, melainkan bisa menggunakan pendekatan teknologi. Metode pembelajaran dengan menggunakan internet program moodle, dan selanjutnya peneliti memberikan informasi tentang jenis penelitian yang akan dilakukan sekaligus merencanakan waktu pelaksanaan penelitian dan kelas yang akan dijadikan sebagai subjek penelitian. Hasil yang didapat ialah proses pengembangan model pembelajaran PAI berbasis TIK, yaitu dengan melakukan identifikasi awal atau penelitian pendahuluan hingga ke tahap revisi akhir.
Strategi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Dwi Muthia Ridha Lubis; Elawati Manik; Mardianto; Nirwana Anas
Islamic Education Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Medan Resource Center

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (681.678 KB) | DOI: 10.57251/ie.v1i2.72

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran SKI yang diberikan oleh guru dalam menghidupkan materi pembelajaran SKI. Selain itu juga untuk mengetahui langkah yang digunakan oleh guru dalam mempersiapkan media pembelajaran untuk pembelajaran SKI terhadap siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa konsep pendidikan akhlak yaitu habl min Allah dan habl min An- Naas. Materi Pendidikan Akhlak meliputi akhlak terhadap Allah SWT, akhlak kepada Rasulullah saw, akhlak kepada diri sendiri, akhlak kepada teman dan akhlak kepada masyarakat. Sedangkan metode pendidikan akhlak terdiri dari metode pembiasaan, metode keteladanan, dan metode mau’idzoh khasanah (ceramah), metode-metode tersebut dilaksanakan secara terpadu antara metode satu dengan yang lainnya. Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam selama ini yang terkesan kurang menarik dan bahkan membosankan dapat diubah oleh pendidik menjadi pembelajaran yang menyenangkan dan bahkan menghibur. Maka dari itu dalam menyampaikan materi seorang guru harus mengintegrasikan antara metode-metode pembelajaran yang inovatif yang berbantuan media pembelajaran. Dengan menggunakan alat bantu media pembelajaran, maka pembelajaran SKI akan lebih bisa mengvisualisasikan konteks sejarah atau peristiwa yang sudah sangat lama ke dalam bentuk visualisasi maupun bentuk media yang lain yang mudah dipahami atau mudah diterima oleh siswa.
Prinsip dan Pengembangan Media IT dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Nora Santi; Aimanun; Mardianto; Nirwana Anas
Islamic Education Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Medan Resource Center

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (704.958 KB) | DOI: 10.57251/ie.v1i2.73

Abstract

In the era of information technology, Information and Communication Technology (ICT) has become part of the lifestyle, especially in the academic world. The development of science and technology increasingly encourages renewal efforts in the use of technological results in the learning process. Teachers are required to be able to use the tools that can be provided and in accordance with the developments and demands of the times. In addition to being able to use the available tools, teachers are also required to be able to develop skills in making learning media that will be used if the media is not yet available. For this reason, teachers must have sufficient knowledge and understanding of learning media. In learning communication, learning media is needed to increase the effectiveness of achieving learning objectives. By using the media, the interaction between teachers and students is no longer only done through face-to-face relationships. Teachers can provide services without having to deal directly with students. Similarly, students can obtain information in a broad scope from various sources through cyber space or virtual space using computers or the internet.

Page 1 of 1 | Total Record : 6