cover
Contact Name
Andri Ardhiyansyah
Contact Email
andri.ardhiyansyah@eastasouth-institute.com
Phone
+6282180992100
Journal Mail Official
eastasouth.jcs@gmail.com
Editorial Address
Grand Slipi Tower, level 42 Unit G-H Jl. S Parman Kav 22-24, RT. 01 RW. 04 Kel. Palmerah Kec. Palmerah Jakarta Barat 11480
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Eastasouth Journal of Positive Community Services
Published by Eastasouth Institute
ISSN : 29632625     EISSN : 29855926     DOI : https://www.doi.org/10.58812/ejpcs
Core Subject : Social,
Eastasouth Journal of Positive Community Services adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel-artikel pengabdian masyarakat dari penerapan berbagai disiplin ilmu. Tujuan publikasi jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan hasil kegiatan pengabdian masyarakat yang telah dicapai dalam bidang pengabdian masyarakat. EJPCS khususnya berfokus pada masalah utama dalam mengembangkan ilmu-ilmu berikut dalam pengabdian masyarakat: kesehatan, ilmu sosial, kewirausahaan, teknologi, dan pendidikan pengajaran.
Articles 25 Documents
Pemberdayaan Ibu-ibu Rumah Tangga dalam Pengolahan dan Pemasaran Gurita Asin di Gampong Gugop Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar anzora zora
Eastasouth Journal of Positive Community Services Vol 1 No 01 (2022): Eastasouth Journal of Positive Community Services
Publisher : Eastasouth Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (5405.139 KB)

Abstract

Desa Gugop terletak di kepulauan yang dikelilingi oleh lautan dengan sumber daya alam melimpah, seperti ikan segar, lobster, gurita yang menjadi mata pencaharian bagi penduduk di Gampong tersebut. Tujuan Program Kemintraan Masyarakat ini  untuk memberdayakan para ibu rumah tangga dengan memberikan pengetahuan dalam pengolahan gurita asin dimulai dari pengolahan, pengemasan, memberi label/ stiker dan pemasaran baik secara online ataupun offline. Hal ini berdasarkan permasalahan yang dihadapi oleh mitra yaitu ditemukan bahwa, rendahnya motivasi dan kurangnya minat dalam berwirausaha, aspek manajemen pengolahan atau produksi yang kurang efektif, sehingga daya minatnya menurun, permasalahan aspek manajemen keuangan. Maka solusi yang ditawarkan adalah memberikan pelatihan terhadap pengolahan gurita asin kepada mitra khususnya para ibu rumah tangga. Menggunakan metode demonstrasi dan diskusi. Hasil yang ditemukan (1) meningkatnya sumber daya manusia terutama dalam peningkatan pengolahan kualitas dan kuantitas produksi gurita asin sehingga dapat memambah penghasilan kesejahteraraan masyarakat (2) adanya motivasi dan jiwa berwirausaha dalam masyarakat khususnya ibu rumah tangga, (3) adanya pemahaman dalam pengemasan produk yang baik, praktis dan memenuhi standar kualitas, label dan manajemen pemasaran yang lebih efesien.
Sosialisasi Pengelolaan Sampah di Desa Gegerbitung Heru salasa
Eastasouth Journal of Positive Community Services Vol 1 No 01 (2022): Eastasouth Journal of Positive Community Services
Publisher : Eastasouth Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (567.277 KB)

Abstract

Sampah merupakan suatu hal yang selalu ada dalam kehidupan sehari-hari. Semua yang beraktivitas pasti akan menghasilkan sampah dan begitu juga yang terjadi di Desa Gegerbitung yang memiliki luas wilayah 730.30 Ha dan dibagi menjadi 4 dusun 9 RW dan 45 RT yang terletak di kecamatan Gegerbitung kabupaten Sukabumi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pengelolaan sampah yang ada di Desa Gegerbitung Kecamatan Gegerbitung Kabupaten Sukabumi. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan cara pengumpulan data primer, data sekunder dan menganalisis data data terkait. Teknik penelitian yang dilakukan dengan cara survei lapangan, wawancara dan studi literatur. Hasil penelitian menyatakan bahwa pengelolaan sampah di lingkungan tersebut masih kurang baik hal ini dikarenakan tidak adanya mobil untuk pengiriman atau pemindahan sampah dari TPS ke TPA serta tingkat kesadaran masyarakat yang masih rendah akan pentingnya pengelolaan sampah dengan baik dan benar.
Sosialisasi Inovasi Gula Aren Menjadi Gula Semut di Dusun Bongas, Desa Gegerbitung Alifia Rosa Fitriyani
Eastasouth Journal of Positive Community Services Vol 1 No 01 (2022): Eastasouth Journal of Positive Community Services
Publisher : Eastasouth Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3445.513 KB)

Abstract

Proses pembuatan gula aren sudah berlangsung lama dan di praktikan oleh masyarakat Bongas secara turun temurun. Teknik pembuatan dari suatu tempat ke tempat lain relatif beragam dan jarang mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Dusun Bongas  banyak ditemukan pohon aren, yang lebih banyak tumbuh liar dibandingkan dengan yang ditanam dalam suatu sistem agroforestri. Petani aren didaerah tersebut belum mengembangkan produk turunan dari gula aren yaitu gula semut yang proses pembuatannya membutuhkan waktu yang lebih lama, namun memiliki nilai ekonomi lebih tinggi. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah  dengan cara mendatangi setiap pengrajin gula aren dan kemudian mensosialisasikan bagaimana proses pembuatan gula semut. Hasil dari program pemberdayaan masyarakat ini adalah meningkatnya pemahaman dan kesadaran masyarakat mengenai gula semut yang memiliki nilai ekonomis lebih tinggi dibandingkan dengan gula batok. keterampilan masyarakat mengenai pembuatan gula semut semakin meningkat.
Pemanfaatan Marketplace Bagi Pelaku UMKM di desa Gegerbitung Muhamad Fani Al-shufi
Eastasouth Journal of Positive Community Services Vol 1 No 01 (2022): Eastasouth Journal of Positive Community Services
Publisher : Eastasouth Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (246.937 KB)

Abstract

Desa Gegerbitung merupakan salah satu desa di Kecamatan Gegerbitung, berdasarkan hasil survei yang telah dilaksanakan sebelumnya mata pencarian penduduknya adalah usaha industri rumahan. Pengetahuan mengenai teknologi informasi perlu disosialisasikan guna meningkatkan segmentasi pasar  yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk dari industri rumahan. Tujuan sosialisasi pemanfaatan marketplace adalah untuk memberikan pengetahuan mengenai teknologi informasi kepada pemilik industri rumahan, serta cara memasarkan produk menggunakan teknologi informasi khususnya menggunakan marketplace, serta diharapkan dengan menggunakan media marketplace dapat memperluas segmentasi pasar penjualan produk  usaha industri rumahan sehingga akan berdampak pada peningkatan  penjualan. Semakin banyak jumlah penjualan maka semakin banyak pula jumlah pendapatan yang diterima oleh pemilik usaha industri rumahan sehingga  tidak hanya  membuka lapangan pekerjaan  baru tetapi juga akan menekan jumlah pengangguran sehingga dapat menanggulangi angka  kemiskinan.
Seminar Robot Tempat Sampah di SMK YASPIM Pascal Aditia Muclis
Eastasouth Journal of Positive Community Services Vol 1 No 01 (2022): Eastasouth Journal of Positive Community Services
Publisher : Eastasouth Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2612.804 KB)

Abstract

Setiap hari manusia menghasilkan limbah, baik limbah rumah tangga maupun limbah industri yang memiliki berbagai bentuk dan jenis. Sampah bisa menjadi masalah karena mengganggu kesehatan manusia, menimbulkan bau tak sedap dan polusi udara. Kesadaran membuang sampah di tempatnya saat ini dinilai sangat kurang. Hal ini dikarenakan tempat sampah masih menggunakan cara yang sederhana yaitu dengan cara membuka dan menutup tempat sampah secara manual. Hal ini akan menyebabkan tangan menjadi sangat rentan terhadap bakteri dari sampah. Dalam kegiatan ini dijelaskan bagaimana merancang smart bisnis yang berfungsi menarik minat masyarakat pada umumnya dan siswa SMK YASPIM untuk membuang tempatnya menggunakan Arduino Uno R3. Manfaat lainnya adalah menyadarkan masyarakat akan pentingnya kesehatan dengan membuang sampah.
Konten Vlog Sebagai Kebiasaan Komunikasi Siswa/I SMP Nusantara Plus Fazar Alfian Prasetiyo Utomo
Eastasouth Journal of Positive Community Services Vol 1 No 02 (2023): Eastasouth Journal of Positive Community Services
Publisher : Eastasouth Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (436.907 KB) | DOI: 10.58812/ejpcs.v1i02.58

Abstract

Vlog is an abbreviation of video blog. The contents of Vlog content are more about providing information. Speaking skill is the main key of Vlog type content. The purpose of this study was to determine the effect of Vlogs on YouTube on the communication behavior of SMP Nusantara Plus Students, Ciputat, South Tangerang. This research uses an explanatory survey method, with a quantitative approach. To get the number of research samples, the slovin formula was used. The total number of members of the Student population is 406 people, and after counting, the sample results are 80 people. The sampling technique uses non-probability sampling, a type of quota sampling. Primary data was obtained from respondents through a questionnaire with a measuring instrument in the form of a Likert scale. The results of the respondents' answers were processed using SPSS. Data were analyzed using simple linear regression analysis. The validity test used the Kaiser Mayer Olkin method and the reliability was measured using the Cronbach Alpha method. The results of this study show that Vlog content on YouTube has an influence of 36.1% on the communication behavior of SMP Nusantara Plus students. Students realize that watching Vlog-type content on YouTube is not only for entertainment purposes, but they also feel that they get some information from the Vlogs they watch. When communicating, the majority of students also imitate slang, body movements, and clothing styles like the vloggers they watch.
Pengaruh Instagram @Detikcom Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers dwiki agung wicaksana
Eastasouth Journal of Positive Community Services Vol 1 No 02 (2023): Eastasouth Journal of Positive Community Services
Publisher : Eastasouth Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.138 KB) | DOI: 10.58812/ejpcs.v1i02.60

Abstract

This study aims to determine the effect of Instagram @detikcom on fulfilling the information needs of its followers. The concept used is 4 C (Communication, Context, Collaboration, Connection) in the use of social media by Chris Heuerl and information needs from Guha which consists of Catching-up Need Approach, Current Need Approach, Exhaust Need Approach, Everyday Need Approach. Research paradigm namely positivism with a quantitative research approach. The research method was a survey with an explanatory research type. The research population was students of STIKOM Inter Studi Jakarta Class of 2017, totaling 130 people. The sample size was 57 people obtained using the Slovin formula calculation with an error rate of 10%. The sampling technique used is non-probability sampling with a purposive sampling type. The data was collected by distributing questionnaires via the google form link. The data obtained was then processed by statistical calculations using the SPSS variant 25 program. The data was analyzed using the simple linear regression analysis method. The results showed that the social media variable (X) had a fairly strong influence on the fulfillment variable. information needs (Y) on followers. Based on the research results it is known that the R Square value is 0.704 or 70.4%.
Redesain Website Desa Wisata Branjang Menggunakan Metode Design Thingking Arnandhia Fatimah Azzahra
Eastasouth Journal of Positive Community Services Vol 1 No 02 (2023): Eastasouth Journal of Positive Community Services
Publisher : Eastasouth Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (394.684 KB) | DOI: 10.58812/ejpcs.v1i02.66

Abstract

Website Desa Wisata Branjang merupakan sebuah website yang diperuntukkan bagi calon wisatawan untuk memesan tiket masuk pada Desa Branjang. Namun, fitur pada website Desa Wisata Branjang belum mencukupi kebutuhan pengguna. Pada penelitian ini dilakukan peninjauan ulang untuk mengetahui permasalahan dan penyempurnaan kebutuhan website Desa Wisata Branjang. Metode penelitian bersifat deskriptif kualitatif yang didukung dengan metode design thinking. Pendekatan design thinking melalui beberapa tahapan, yaitu empathize, define, ideate, prototype dan test. Berdasarkan hasil analisis design thinking, informan menginginkan website dengan tampilan menarik serta mampu mempromosikan Desa Branjang. Hasil penelitian ini berupa model perancangan website berupa prototype. Pada penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan tahapan design thinking hanyasampai pada protoype karena program studi independen yang bekerja sama pada PT Amati Indonesia menyusun kurikulum tidak sampai dilakukan uji test terhadap pengguna. Meskipun demikian, penggunaan metode design thinking merupakan proses yang berurutan untuk mendapatkan solusi yang dihadapi oleh masyarakat.
Analisis Keekonomian Dalam Membangun Bisnis Pemasaran Bio Briket Tongkol Jagung Di Tuban: Pemasaran Biobriket melalui digital marketing atau E-commerce yunanik yunanik
Eastasouth Journal of Positive Community Services Vol 1 No 02 (2023): Eastasouth Journal of Positive Community Services
Publisher : Eastasouth Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (718.094 KB) | DOI: 10.58812/ejpcs.v1i02.67

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan pelatihan kepada masyarakat agar dapat melakukan promosi atau pemasaran Biobriket dari tongkol jagung dengan  menggunakan digital marketing, dan mengetahui strategi pemasaran Tongkol Jagung menjadi briket dalam memenuhi kebutuhan pasar. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode partisipatif  yang disertai pendampingan di mana pelaksanaannya dievaluasi dengan menggunakan kuesioner dan diukur berdasarkan kriteria dan indikator yang telah dibuat oleh tim pengabdian masyarakat. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui Analisis Keekonomian dalam Membangun Bisnis Pemasaran Bio Briket Tongkol Jagung di Tuban ini telah berhasil dilaksanakan sesuai rencana.
Potensi dan Peluang Usaha Tani Di Desa Jumapolo Karanganyar Indra Laksana Putra
Eastasouth Journal of Positive Community Services Vol 1 No 02 (2023): Eastasouth Journal of Positive Community Services
Publisher : Eastasouth Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1106.886 KB) | DOI: 10.58812/ejpcs.v1i02.68

Abstract

mayoritas penduduk di desa memilih profesi sebagai seorang petani, mayoritas petani memiliki peluang usaha yang sangat luas seperti pembudidayaan tanaman, Kulakan hasil pertanian, Jasa pelatihan bidang pertanian, karena potensi petani yang sangat tinggi. Dengan pemaknaan tersebut kita dapat menemukan rumusan masalah dengan tahap pertama yaitu keadaan lahan pertanian di Jumapolo Karanganyar, dan strategi pengembangan usaha tani dalam upaya peningkatan pendapatan masyarakat di Jumapolo Karanganayar. penelitian ini menggunakan teknik studi lapangan dengan pengumpulan data, informasi yang di peroleh dari masyarakat Desa Jumapolo yang memiliki lahan pertanian. Dengan melakukan penelitian ini kita menemukan beberapa hasil yaitu sebagian tanah merupakan tanah pertanian yang memiliki potensi cukup baik bagi pengembangan tanaman agro industri. Hal yang harus di perhatikan adalah Analisis terhadap peluang atau kesempatan pemasaran mencari informasi pasar, pesaing dan hal berkaitan lainya, melakukan segmentasi pasar (konsumen).

Page 1 of 3 | Total Record : 25