cover
Contact Name
Muchlis
Contact Email
unesa.j.chem.edu@gmail.com
Phone
+6281330277591
Journal Mail Official
unesa.j.chem.edu@gmail.com
Editorial Address
Prodi Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Surabaya Ketintang, Kec. Gayungan, Kota SBY, Jawa Timur 60231
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
UNESA Journal of Chemical Education
  • journal-of-chemical-education
  • Website
ISSN : 22529454     EISSN : 22529454     DOI : https://doi.org/10.26740/ujced.v9n3
Core Subject : Science, Education,
UNESA Journal of Chemical Education is Online Journal for communicating and reviews covering all chemical education research which published articles in three times a year by Chemistry Department, Chemical Education Study Program, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, State University of Surabaya. This Journal provides readers or authors to present learning development in chemical education through publication research articles. Scope and focus in this journal are: 1. Philosophy and curriculum of Chemical education 2. Innovation and Theory of Learning 3. Media of Chemistry Learning 4. Assessment of Chemistry Learning 5. Missconception in Chemistry UNESA Journal of Chemical Education publishes research articles which are reviewed by expert lecturers. This journal is open access which can used reader to update new issues in chemistry learning.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 10 No 3 (2021)" : 7 Documents clear
REVIEW: EFEKTIVITAS LKPD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN KIMIA
UNESA Journal of Chemical Education Vol 10 No 3 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (541.076 KB) | DOI: 10.26740/ujced.v10n3.p222-232

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas LKPD dalam meningkatkan keterampilan literasi sains peserta didik pada pembelajaran kimia berdasarkan data hasil penelitian-penelitian sebelumnya. Keterampilan literasi sains yakni wawasan dan kecakapan ilmiah untuk mengidentifikasi pertanyaan, menangkap wawasan baru, mendeskripsikan kejadian ilmiah, memberi kesimpulan sesuai realitas, memahami karakter ilmu sains, sadar bahwa sains dan teknologi membangun lingkungan alam, intelektual, dan budaya, serta bersedia peduli dan berpartisipasi dalam isu-isu wawasan sains. Penelitian review ini menggunakan pendekatan systematic review dengan metode meta-analisis dengan uji paired sample dan study effect size. Penelitian dilakukan dengan menelusuri penelitian-penelitian sebelumnya yang relevan dengan topik bahasan. Kemudian data tes awal dan tes akhir keterampilan literasi sains diolah dan diuji menggunakan SPSS. Setelah dilakukan pengolahan dan analisis, didapatkan bahwa LKPD efektif untuk meningkatkan keterampilan literasi sains peserta didik pada pembelajaran kimia. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan rata-rata nilai tes keterampilan literasi sains sebesar 38,409% dan didukung dengan nilai effect size sebesar 3,1981% yang termasuk dalam kategori kuat. Kata kunci: literasi sains, LKPD, literasi kimia, systematic review
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERORIENTASI MODEL INDUKTIF UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA PADA MATERI TERMOKIMIA
UNESA Journal of Chemical Education Vol 10 No 3 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (370.866 KB) | DOI: 10.26740/ujced.v10n3.p213-221

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kelayakan LKPD berorientasi induktif untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi termokimia. Maksud dari analisis ini adalah untuk memaparkan kelayakan LKPD yang dikembangkan diperiksa dari validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Metode analisis menggunakan rancangan research and development (R&D) melalui tahapan pengembangan dan validasi LKPD. Uji coba dilakukan secara terbatas untuk mendapatkan data empiris kepraktisan dilakukan di salah satu SMAN di Surabaya dengan One-Group Pretest-Posttest Design pada 7 peserta didik kelas XI MIA yang dipilih secara acak. Instrumen penelitian yang dipakai yaitu lembar telaah, lembar kevalidan, lembar tes, lembar pengamatan aktivitas siswa, dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD materi termokimia berorientasi model induktif untuk melatih keterampilan berpikir kritis yang memadai serta dipakai dengan memenuhi kategori valid dengan persentase 82,1275%, efektif dengan N-Gain yang diperoleh antara 0,7-1,0, dan kepraktisan dengan persentase ≥ 61% mendapatkan respon positif.
The PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA
UNESA Journal of Chemical Education Vol 10 No 3 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (349.306 KB) | DOI: 10.26740/ujced.v10n3.p233-242

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan efektivitas model Learning Cycle 7E terhadap kemampuan literasi sains siswa pada pokok bahasan larutan penyangga XI IPA di SMAN 8 Kota Jambi. Subjek penelitian yaitu kelas XI IPA masing-masing 36 orang pada kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 SMAN 8 Kota Jambi yang ditetapkan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini didesain dengan quasi experiment tipe the nonequivalent control group design dalam menentukan perbedaan efektifitas antara model learning cycle 7E dan direct instruction terhadap kemampuan literasi sains siswa yang mencakup ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Berdasarkan hasil uji independent t test disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan model Learning Cycle 7E terhadap kemampuan literasi sains siswa pada pokok bahasan larutan penyangga di SMAN 8 Kota Jambi.
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI
UNESA Journal of Chemical Education Vol 10 No 3 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (546.565 KB) | DOI: 10.26740/ujced.v10n3.p268-273

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bagaimana prosedur pengembangan multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual secara spesifik dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi laju reaksi dan apakah media yang dikembangan layak secara teoritis maupun praktis. Pendekatan kontekstual merupakan konsep pembelajaran yang membantu mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari dan membantu siswa dalam membentuk hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan permasalahan dalam kehidupan mereka serta mendorong siswa berpikir kritis dalam mengatasi permasalahan disekitarnya. Metode penelitian ini mengikuti model pengembangan Lee & Owens yang terdiri dari lima tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual tervalidasi sebagai bahan ajar digital yang memenuhi syarat sebagai pendukung proses pembelajaran khusus untuk siswa dengan gaya belajar visual dan auditori. Multimedia interaktif ini mendapatkan respon sangat baik dengan persentase 87,86%. Kemudian diperkuat dengan hasil postest yang memuaskan dan juga berdampak pada meningkatnya kemampuan berpikir kritis siswa dengan indeks gain 0,51 (kategori sedang).
PENGEMBANGAN BUKU POP-UP MATERI KIMIA DALAM RUMAH TANGGA UNTUK SMALB-B SEBAGAI PENUNJANG KEGIATAN LITERASI SAINS
UNESA Journal of Chemical Education Vol 10 No 3 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (299.267 KB) | DOI: 10.26740/ujced.v10n3.p252-260

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan Buku Pop-Up yang layak sebagai penunjang kegiatan literasi sains SMALB-B. Metode penelitian ini adalah ADDIE (analysis, design, development, implementation dan evaluation). Sumber data penelitian ialah 2 dosen kimia, 1 dosen PLB, dan 5 siswa tunarungu SMALB Negeri Gedangan yang telah melaksanakan Gerakan Literasi Sekolah. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar observasi aktivitas siswa, lembar tes, dan lembar angket respon. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode deskriptif. Hasil validasi berdasarkan kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafisan mendapatkan presentase berturut-turut dengan rentang 67%-100%, 83% , 75%-92% , dan 83%-92% sehingga Buku Pop-Up yang dikembangkan valid. Hasil observasi aktivitas siswa dan angket respon siswa menunjukkan presentase rentang 60%-100% dan 66%-100% yang menunjukkan Buku Pop-Up yang dikembangkan sangat praktis. Tes pemahaman siswa memperoleh hasil semua subyek tuntas sehingga buku Pop-Up yang dikembangkan sangat efektif.
PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES LITERASI KIMIA BERBASIS HOTS YANG LAYAK DITINJAU DARI VALIDITAS ISI OLEH AHLI
UNESA Journal of Chemical Education Vol 10 No 3 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (643.79 KB) | DOI: 10.26740/ujced.v10n3.p243-251

Abstract

Literasi kimia adalah salah satu dari 16 keterampilan yang telah diidentifikasi oleh World Economic Forum dan sangat diperlukan pada abad 21. Semua peserta didik harus memiliki literasi kimia supaya bisa berdaya saing di abad 21 ini. Langkah yang bisa dilakukan untuk membuat peserta didik melek literasi kimia salah satunya adalah mengembangkan instrumen tes literasi kimia. Tujuan dari penelitian ini merupakan menghasilkan instrumen tes literasi kimia berdasarkan penilaian ahli secara valid. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang meliputi tiga tahap antara lain persiapan, pengembangan dan validasi ahli. Subjek penelitian ini adalah instrumen tes literasi kimia yang berjumlah 25 butir soal. Validasi instrumen ini dilakukan oleh lima orang ahli. Berdasarkan hasil validasi ahli yang telah dilakukan diketahui bahwa 24 butir soal tergolong kategori “sangat tinggi” dan satu soal termasuk “tinggi”. Hasil tersebut menunjukkan bahwa semua butir soal valid untuk dilanjutkan ke tahap uji coba dan penerapan.
KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) PADA MATERI KOLOID
UNESA Journal of Chemical Education Vol 10 No 3 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (778.097 KB) | DOI: 10.26740/ujced.v10n3.p261-267

Abstract

Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang diharapkan pada Kurikulum 2013 adalah siswa memiliki keterampilan yang komprehensif diantaranya: mampu bertindak kreatif, produktif, nalar kritis, sikap mandiri, kolaboratif, dan komunikatif. Hal tersebut menuntut guru untuk memberikan variasi model pembelajaran yang mampu mendorong berkembangnya keterampilan siswa. Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan model pembelajaran STEM yang menekankan pembelajaran pada masalah di kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui keterlaksanaan penerapan model pembelajaran STEM pada materi koloid ditinjau dari kesesuaian pembelajaran berdasarkan RPP model STEM yang telah disusun. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif yaitu mencoba mendiskripsikan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model STEM. Hasil pengamatan keterlaksanaan model pembelajaran STEM diperoleh nilai 74,75% untuk pertemuan pertama, 68,33% untuk pertemuan ke dua, 73,04% untuk pertemuan ke tiga, 68,32% untuk pertemuan ke empat dan 79,46% untuk pertemuan ke lima. Dari ke lima pertemuan, semua hasil skor pengamatan tergolong dalam kategori “Baik”.

Page 1 of 1 | Total Record : 7