cover
Contact Name
Muchlis
Contact Email
unesa.j.chem.edu@gmail.com
Phone
+6281330277591
Journal Mail Official
unesa.j.chem.edu@gmail.com
Editorial Address
Prodi Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Surabaya Ketintang, Kec. Gayungan, Kota SBY, Jawa Timur 60231
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
UNESA Journal of Chemical Education
  • journal-of-chemical-education
  • Website
ISSN : 22529454     EISSN : 22529454     DOI : https://doi.org/10.26740/ujced.v9n3
Core Subject : Science, Education,
UNESA Journal of Chemical Education is Online Journal for communicating and reviews covering all chemical education research which published articles in three times a year by Chemistry Department, Chemical Education Study Program, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, State University of Surabaya. This Journal provides readers or authors to present learning development in chemical education through publication research articles. Scope and focus in this journal are: 1. Philosophy and curriculum of Chemical education 2. Innovation and Theory of Learning 3. Media of Chemistry Learning 4. Assessment of Chemistry Learning 5. Missconception in Chemistry UNESA Journal of Chemical Education publishes research articles which are reviewed by expert lecturers. This journal is open access which can used reader to update new issues in chemistry learning.
Articles 415 Documents
LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA (STUDENT WORKSHEET CONTEXTUAL BASED TO TRAIN CRITICAL THINKING SKILL)
UNESA Journal of Chemical Education Vol 5 No 1 (2016): Vol. 5, No. 1, (2016)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (596.267 KB) | DOI: 10.26740/ujced.v5n1.p%p

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap lembar kegiatan siswa yang dikembangkan dan mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa setelah pembelajaran menggunakan lembar kegiatan siswa yang dikembangkan. Keterampilan berpikir kritis perlu dilatihkan secara aktif dan berkelanjutan. Pengembangan lembar kegiatan siswa sebagaimana bahan ajar lainnya diperlukan untuk menyesuaikan dengan karakteristik siswa dan sasaran yang dituju pada akhir pembelajaran. Pengembangan LKS yang bertujuan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis memerlukan pendekatan yang sesuai. Salah satu pendekatan yang sesuai dalam memecahkan masalah daya pikir kritis adalah melalui pendekatan kontekstual. Penelitian ini menggunakan desain penelitian R&D, namun terbatas pada tahap uji coba terbatas. Berdasarkan uraian hasil penelitian, diperoleh bahwa 94,45% siswa memberikan respon positif terhadap LKS yang dikembangkan. Keterampilan berpikir kritis mengalami peningkatan nilai gain score sebesar 0,21 untuk keterampilan analisis, dan 0,23 untuk keterampilan inferensi. Kata Kunci: LKS, Pendekatan Kontekstual,Keterampilan Berpikir Kritis. This study aims to determine students' response to student worksheet developed, and knowing the critical thinking skills of students after learning using student worksheet developed. Critical thinking skills need to be trained to actively and sustainably. Development of student worksheet as other instructional materials needed to adapt to the characteristics of students and the intended target at the end of the lesson. LKS development which aims to train critical thinking skills requires an appropriate approach. One approach is appropriate in solving critical thinking is through contextual approach. This study research design R & D, but limited to a limited test phase. Based on the description of the results of the research, found that 94.45% of students responded positively to LKS developed. Critical thinking skills have increased the value of gain score of 0.21 for analytical skills, and 0.23 for inference skills. Keywords: Student Worksheet, Contextual Approach, Critical Thinking Skill.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI LAJU REAKSI UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS XI SMAN 1 GONDANG TULUNGAGUNG (IMPLEMENTATION OF GUIDED INQUIRY LEARNING MODEL IN THE REACTION RATE TOPIC TO TRAIN SCIENTIFIC LITERACY SKILLS STUDENTS XI GRADE SMAN 1 GONDANG TULUNGAGUNG)
UNESA Journal of Chemical Education Vol 5 No 1 (2016): Vol. 5, No. 1, (2016)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.979 KB) | DOI: 10.26740/ujced.v5n1.p%p

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan, aktivitas siswa, dan kemampuan literasi sains siswa pada saat diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi laju reaksi sub materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Rencana penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu “ One Group Pretest Posttest Design”. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 7 SMAN 1 Gondang Tulungagung pada tahun ajaran 2015-2016 yang berjumlah sebanyak 32 siswa. Instrumen penelitian ini adalah lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas siswa, dan lembar tes kemampuan literasi sains. Hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan kategori sangat baik dengan rata-rata keterlaksanaan sebesar 3,7; 3,8; dan 3,8. Aktivitas siswa sudah menunjukkan kesesuaian dangan sintaks model pembelajaran inkuiri terbimbing dan memperlihatkan bahwa siswa telah dilatihkan kemampuan literasi sains. Hasil pretest menunjukkan bahwa nilai siswa masih rendah dengan 28 siswa belum tuntas berdasarkan 3 kompetensi literasi sains yaitu (1) kompetensi menjelaskan fenomena ilmiah, (2) evaluasi dan desain ilmiah, serta (3) menafsirkan data dan bukti ilmiah . Hasil posttest menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains setelah dilatihkan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing siswa sudah terlatih secara individu dan tuntas secara klasikal sebanyak 100%. Kata Kunci: inkuiri terbimbing, literasi sains, faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi The study is aimed to determine the feasibility, students activities, and the student’s ability of science literacy that was being practiced with guided inquiry learning model in factors that affect of the reaction rate sub topic. This research is descriptive quantitative experiments. Research’s plan that will be used in this research was "One group pretest posttest Design". The subjects were 32 students of class XI MIA 7 SMAN 1 Gondang Tulungagung in the 2015-2016 school year. The instrumen used in this study is the observation sheet feasibility study, observation of student activity sheets and sheets test students science literacy skills. The observation of learning feasibility result showed with excellent category that a feasibility average reach 3,7; 3,8; and 3,8. Students activities already demonstrated its suitability in the syntax guided inquiry learning model and show that students have trained the ability of science literacy. Pretest results to showed that 28 students grade is low and not yet finished completed by 3 scientific literacy competence that is (1) the competence to explain scientific phenomena,(2) evaluation and scientific design, and (3) to interpret the date and scientific evidence. Posttest results students indicate that the ability of science literacy as trained using guided inquiry learning are trained individually and a student classically considered complete as much as 100 % . Keywords: guided inquiry, scientific literacy, the factors that affect of reaction rate
KETERAMPILAN BERPIKIR MENGANALISIS, MENGEVALUASI, DAN MENCIPTA SISWA SMA N 19 SURABAYA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA (ANALYZE, EVALUATE, AND CREATE THINKING SKILLS’S STUDENT OF SMAN 19 SURABAYA ON CHEMICAL EQUILIBRIUM TOPIC)
UNESA Journal of Chemical Education Vol 5 No 1 (2016): Vol. 5, No. 1, (2016)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (331.127 KB) | DOI: 10.26740/ujced.v5n1.p%p

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa yang mencakup kategori menganalisis, mengevaluasi dan mencipta setelah diterapkan model learning cycle-7E pada materi kesetimbangan kimia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain One-Shot Case Study. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMA N 19 Surabaya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes keterampilan berpikir tingkat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap kategori keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dalam ranah kognitif C4 (menganalisis), C5 (mengevaluasi) dan C6 (mencipta) telah mencapai ketuntasan yaitu ≥2,67 dari rentang nilai kompetensi 1-4, yaitu secara berturut-turut memperoleh nilai 3,18; 3,36; dan 3,20. Selain itu secara klasikal siswa telah tuntas dengan memperoleh presentase ketuntasan sebesar 83,78% dan didukung dengan hasil belajar yang mencapai ketuntasan pada materi kesetimbangan kimia sebesar 83,73%. Kata Kunci: Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dan Kesetimbangan Kimia The aim of this research is to know student’s higher order thinking skill include of analyze, evaluate, and create categories after being implemented by Learning Cycle-7E model on chemical equilibrium topic. The type of this research is descriptive quantitative with “One-Shot Case Study” design. The subject of this research was XI grade student’s of SMA N 19 Surabaya. The instrument that has been used was the higher order thingking skill’s test sheet. The result showed that each higher order thinking skill’s categories include the C4 (analyze), C5 (evaluate), and C6 (create) cognitive level has reached ≥2,67 in the competence scoring scale 1-4, that is 3,18 (analyze); 3,36 (evaluate), and 3,20 (create). Other than that, student has reached the completeness of classically presentation on 83,78% and also reached the learning outcomes completeness on chemical equilibrium topic, that is 83,73%. Keywords: Higher Order Thinking Skill and Chemical Equilibrium
KETERAMPILAN BERPIKIR MENGANALISIS, MENGEVALUASI, DAN MENCIPTA SISWA PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI KELAS XI SMAN 1 GONDANG TULUNGAGUNG (ANALYZE, EVALUATE, AND CREATE THINKING SKILL OF STUDENTS ON FACTOR’S OF REACTION RATES IN XI GRADE OF SMAN 1 GONDANG TULUNGAGUNG)
UNESA Journal of Chemical Education Vol 5 No 1 (2016): Vol. 5, No. 1, (2016)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (267.458 KB) | DOI: 10.26740/ujced.v5n1.p%p

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektivitas penerapan model pembelajaran inkuiri dalam melatihkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi faktor-faktor laju reaksi. Berhasilnya penelitian ini dilihat dari keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa berdasarkan hasil posttest. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rancangan “One Shot Case Study”. Instrumen penelitian yang digunakan yakni lembar tes keterampilan berpikir tingkat tinggi berupa soal posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir seluruh siswa terlatih keterampilan berpikir tingkat tingginya. Hal ini dibuktikan dengan ketuntasan klasikal posttest siswa yang mencapai 83% melebihi kriteria ketuntasan minimal (≥ 65%). Keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa rata-rata dengan skala penilaian 1-4 pada setiap ranah kognitif yakni C4 (menganalisis) sebesar 3,06; C5 (mengevaluasi) sebesar 4,00; dan C6 (mencipta) sebesar 2,82. Pembelajan inkuiri yang dilaksanakan efektif melatihkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa, sebab hampir seluruh siswa tuntas dalam setiap ranah kognitif sebagai indikator dalam mengetahui keterampilan berpikir tingkat tinggi, yakni C4 (menganalisis), C5 (mengevaluasi), dan C6 (mencipta). Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, Faktor-Faktor Laju Reaksi. The aim of the research is to identify the effectiveness of the implementation of inquiry learning models to practice higher order thinking skills of students on reaction rate factors. The success of this research can be known from higher order thinking skills of students according to outcomes posttest. The type of this research is descriptive quantitative with “One Shot Case Study”. The research instrument that used was sheet of higher order thinking of students according to outcomes posttest. The result of this research showed that the common students practiced of their higher order thinking skills. This proofed with classical mastery of students posttest has reached 83%, over the criteria mastery minimal (≥ 65%). Higher order thinking skills of students average with scoring scale 1-4, on the level kognitive that C4 (analyze) got 3,06; C5 (evaluate ) got 4,00; and C6 (create) got 2,82. Inquiry learning are implemented effective because the common of students has reached mastery on the level of kognitive in higher order thinking skills that C4 (analyze); C5 (evaluate ); and C6 (create). Keywords: Inquiry Learning Models, Higher Order Thinking skills, Reaction Rate Factors
PENGEMBANGAN PERMAINAN DART PERIODIC BERBASIS COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR (DEVELOPMENT DART PERIODIC GAME BASED ON COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) AS A LEARNING MEDIA ON PERIODIC SYSTEM OF ELEMENT)
UNESA Journal of Chemical Education Vol 5 No 1 (2016): Vol. 5, No. 1, (2016)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (296.847 KB) | DOI: 10.26740/ujced.v5n1.p%p

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan permainan Dart Periodic berbasis Computer Assisted Instruction (CAI) yang dikembangkan sebagai media pembelajaran materi Sistem Periodik Unsur. Kelayakan permainan ditinjau dari kriteria yaitu (1) kevalidan yang ditentukan dari hasil validasi permainan, (2) kepraktisan yang ditentukan dari hasil observasi aktivitas siswa, dan (3) keefektifan yang ditentukan dari hasil angket motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa. Jenis Penelitian yang digunakan adalah pengembangan dengan desain Research and Development (R&D). Dibagi menjadi 2 tahap yaitu (1) tahap pendahuluan terdiri dari potensi dan masalah dan perencanaan (2) tahap pengembangan terdiri dari pembuatan produk, validasi produk, revisi produk, dan ujicoba produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Permainan Dart Periodic berbasis CAI layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hal ini ditunjukan dari hasil persentase penilaian rata-rata sebesar 81,77% berdasarkan kevalidan. Dikategorikan praktis berdasarkan kepraktisan yaitu perolehan hasil obeservasi aktivitas siswa sebesar 82,29%. Sedangkan keefektifan dinyatakan efektif dilihat dari hasil angket motivasi belajar siswa sebesar 83,63% dan hasil belajar dikatakan tuntas 100% dari KKM. Hasil ini menunjukkan bahwa permainan Dart Periodic berbasis CAI layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi sistem periodik unsur. Kata Kunci: Permainan Dart Periodic, CAI, Media Pembelajaran, Sistem Periodik Unsur. The purpose of this study was to determine the feasibility of the Dart Periodic game based on computer assisted instruction as a media learning. The feasibility evaluated from the criteria of validity, practically,and effectiveness. Type of study used is development of the Research and Development design (R&D). The method of R&D consists two stages: (1) a preliminary stage consists of field studies and information collecting, planning, (2) a development stage consists of develop the product, preliminary field testing, product revision, and main field testing. Results of this study show the Dart Periodic game based on computer assisted instruction is feasible used as a learning media. While the percentage of the validity obtained 81,77% based on the result of game validation. The criteria of practically obtained 82,29% based on the student activity observation. The effectiveness showed the score of 83,63% from the questionnaire result of student learning motivation and determined from the completeness of the study result above the criterium score at school achieved a value 100%. This study showed the Dart Periodic based on computer assisted instruction was feasible used as a learning media for the subject matter of element periodic system. Keywords: Dart Periodic game, computer assisted instruction,learning media, periodic system of element.
PENGEMBANGAN PERMAINAN PAC CHEMISTRY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI POKOK TATA NAMA SENYAWA KIMIA (DEVELOPMENT OF PAC CHEMISTRY GAME AS AN INSTRUCTIONAL MEDIA IN CHEMICAL NOMENCLATURE)
UNESA Journal of Chemical Education Vol 5 No 1 (2016): Vol. 5, No. 1, (2016)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (538.835 KB) | DOI: 10.26740/ujced.v5n1.p%p

Abstract

Penelitian jenis pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan permainan pac chemistry yang dikembangkan sebagai media pembelajaran pada materi Tata nama senyawa kimia Kelas X SMA yang didasarkan pada aturan IUPAC. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) yang dilakukan hingga uji coba terbatas. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Waru Sidoarjo dan di uji cobakan secara terbatas kepada 15 siswa di kelas XI MIA-7. Kelayakan permainan pac chemistry ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Kevalidan didapatkan dari hasil validasi, kepraktisan didapatkan dari hasil angket respon siswa, dan keefektifan didapatkan dari hasil belajar siswa. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa permainan pac chemistry layak, dibuktikan dengan data persentase validasi isi sebesar 86,67%; validasi konstruk sebesar 81,1%; efektivitas permainan pac chemistry yang diperoleh dari hasil belajar siswa dengan skor gain rata-rata ≥0,7 dengan predikat tinggi dan 100% siswa tuntas secara klasikal; dan data kepraktisan berdasarkan angket respon siswa dengan persentase rata-rata sebesar 96,13%. Kata Kunci: Permainan pac chemistry dan tata nama senyawa kimia The aims of this development research are to know about the feasibility of Pac chemistry game which developed as instructional media in chemical nomenclature based IUPAC rule for X grade Senior High School. This study uses Research and Development (R&D) method which limited to the activities of product trials.this study have been done in SMAN 1 Waru Sidoarjo and be tested is limited to 15 students in class XI MIA-7. Feasibility of pac chemistry game is obtain by the aspect of validity, practically, and effectiveness. Validity obtained from the validation of this game, practicality obtained from the student questionnaire responses, and effectiveness obtained from the result of students outcomes. The results of this research shows that pac chemistry game is feasible, evidenced by the percentage of validation of the content by percentage of 86,67%; construct validation of 81,1%; the effectivenes of pac chemistry game that derived from student learning outcomes with an average score of gain ≥0,7 and completed 100% of students in classical learning outcomes; and practically data is based on questionnare responses of students with an average percentage of 96,13%. Keywords: Pac Chemistry Game and Chemical Nomenclatute
KETERAMPILAN PROSES SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI LAJU REAKSI DI SMA MUHAMMADIYAH 3 SURABAYA (PROCESS SKILL STUDENT THROUGH COOPERATIVE LEARNING MODELS STAD ON REACTION RATE MATTER IN SMA MUHAMMADIYAH 3 SURABAYA)
UNESA Journal of Chemical Education Vol 5 No 1 (2016): Vol. 5, No. 1, (2016)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (352.167 KB) | DOI: 10.26740/ujced.v5n1.p%p

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses dan hasil belajar pengetahuan pada materi laju reaksi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian “One Shot Case Study”. Metode yang digunakan adalah metode tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Nilai rata-rata keterampilan proses pada pertemuan pertama sampai keempat secara berturut-turut sebesar 3,21 atau B+; 3,34 atau B+; 3,59 atau A-; dan 3,67 atau A- dengan ketuntasan klasikal secara berturut-turut 91,18%; 97,06%; 94,12%; dan 82,35%. (2) Nilai rata-rata hasil belajar kompetensi pengetahuan selama empat kali pertemuan secara berturut-turut sebesar 3,65 atau A-; 3,22 atau B+; 3,61 atau A-; dan 3,83 atau A- dengan ketuntasan klasikal secara berturut-turut sebesar 88,24%; 85,29%; 91,18%; dan 82,35%. Kata Kunci: Keterampilan Proses, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Laju Reaksi The aim of this research is to know process skill and the outcomes learning types knowledge in reaction rate matter. The type of this research was descriptive quantitative with “One-Shot Case Study” design. Methods of data collection is testing methods. The result showed that (1) The average value of process skill during four times meeting in a row are 3,21 or B+; 3,34 or B+; 3,59 or A-; and 3,67 or A- and the completeness of skill outcomes learning classically in a row are 91,18%; 97,06%; 94,12%; and 82,35%. (2) The average value of knowledge outcomes learning during foru times meeting in a row are 3,65 or A-; 3,22 or B+; 3,61 or A-; and 3,83 or A- and the completeness of knowledge outcomes learning classically in a row are 88,24%; 85,29%; 91,18%; and 82,35%. Keywords: Process Skill, Cooperative Learning Models STAD, and Reaction Rate.
HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN INTERPRETASI GRAFIK SISWA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI LAJU REAKSI (CORRELATION BETWEEN STUDENT’S INTERPRETATION GRAPH SKILL AND STUDENT LEARNING OUTCOMES THROUGH IMPLEMENTATION OF GUIDED INQURY LEARNING MODEL IN REACTION RATE MATTER)
UNESA Journal of Chemical Education Vol 5 No 1 (2016): Vol. 5, No. 1, (2016)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (407.395 KB) | DOI: 10.26740/ujced.v5n1.p%p

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterampilan interpretasi grafik siswa dengan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi laju reaksi. Sasaran dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 4 yang berjumlah 34 siswa di SMA Negeri 3 Tuban. Jenis penelitian adalah pre-experimental yang menggunakan One Group Pretest Posttest Design. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan interpretasi grafik yang terdiri dari pretest dan posttest, tes hasil belajar siswa, lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran, dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara keterampilan interpretasi grafik siswa dan hasil belajar siswa memiliki hubungan yang positif dengan tingkat hubungan sedang melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Kata kunci: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Interpretasi Grafik, Hasil Belajar Siswa, dan Laju Reaksi. The aims of this research are to know the correlation between student’s interpretation graph skill with student learning outcomes through implementation of guided inquiry learning model in reaction rate matter. The subjects were students of XI MIA 4 with 34 students in SMAN 3 Tuban. The kind of research is pre-experimental with One Group Pretest Posttest Design. The instrument used to know the increasing student’s interpretation graph skill is interpretation graph skill test consist of pretest and posttest, test student learning outcome, observation sheet of the learning enforceability’s, and the student activity’s observation sheet. The result of this research show that between student’s interpretation graph skill and student learning outcomes have a positive correlation with level of correlation in the medium category through the implementing of guided inquiry learning model. Keywords: Guided Inquiry Learning Model, Interpretation Graph Skil, Student Learning Outcomes, and Reaction Rate
PENGEMBANGAN PERMAINAN CHEMMY CARD 6-1 BERBANTUAN INTERNET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN (DEVELOPMENT OF CHEMMY CARD 6-1 GAME ASSISTED-INTERNET AS AN INSTRUCTIONAL MEDIA)
UNESA Journal of Chemical Education Vol 5 No 1 (2016): Vol. 5, No. 1, (2016)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (443.198 KB) | DOI: 10.26740/ujced.v5n1.p%p

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan permainan Chemmy Card 6-1 berbantuan internet sebagai media pembelajaran materi Tata Nama IUPAC Senyawa Anorganik Sederhana yang dilihat dari validitas, kepraktisan, dan keefektifan media. Jenis penelitian ini termasuk penelitian pengembangan yang dirancang menggunakan R & D cycle dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) penyelidikan dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan bentuk awal produk, dan (4) uji coba awal. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar telaah media, validasi media, observasi aktivitas siswa, tes hasil belajar siswa, dan respon siswa. Media ini ditelaah oleh 2 dosen kimia serta divalidasi oleh 2 dosen kimia dan 1 guru kimia sebagai ahli media dan ahli materi serta diujicobakan pada 12 siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 9 Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan Chemmy Card 6-1 berbantuan internet layak digunakan sebagai media pembelajaran Tata Nama IUPAC Senyawa Anorganik Sederhana. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil validasi yang mendapat kriteria sangat baik sebesar 86,74% ditinjau dari persyaratan media, persyaratan permainan sebagai media pembelajaran, dan aspek ke-IPA-an. Hasil belajar siswa menunjukkan ketuntasan klasikal sebesar 83,33%. Hasil respon siswa yang ditunjang dengan hasil observasi aktivitas siswa menunjukkan respon yang sangat baik sebesar 91,67%. Kata Kunci: permainan Chemmy Card 6-1, internet, tata nama IUPAC senyawa anorganik. This research aims to determine the feasibility of Chemmy Card 6-1 game assisted-internet as an instructional media of Nomenclature IUPAC of Simple Inorganic Compounds seen of validity, practically, and effectiveness of the media. This type of research is development research that is designed to use the R & D cycle with the steps as follows: (1) research and information collecting, (2) planning, (3) develop preliminary form of product, and (4) preliminary field testing. The research instruments used include sheets of media examine, media validation, observation of student activity, student achievement test, and student responses. This media is examined by two professors of chemical and validated by two professors of chemistry and chemistry teacher as one media expert and specialist materials and tested on 12 students of class XI IPA SMA Muhammadiyah 9 Surabaya. The results showed that Chemmy Card 6-1 game assisted-internet feasible used as an instructional media of Nomenclature IUPAC of Simple Inorganic Compounds. This is shown from the validation result criteria very well received 86,74% in terms of media requirements, the requirements of the game as a learning media, and aspect of natural science. Results of students learning showed classical completeness amounted to 83,33%. Results of student responses is supported by the observation of student activity showed a very good response 91,67 % . Keywords: Chemmy Card 6-1 game, internet, nomenclature IUPAC of inorganic compounds.
PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS PROBLEM SOLVING UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA SUBMATERI REAKSI OKSIDASI REDUKSI (DEVELOPMENT OF WORKSHEET ORIENTED BY PROBLEM SOLVING TO PRACTICE SCIENCE PROCESS SKILL IN THE OXIDATION AND REDUCTION REACTIONS SUBTOPIC)
UNESA Journal of Chemical Education Vol 5 No 1 (2016): Vol. 5, No. 1, (2016)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (761.787 KB) | DOI: 10.26740/ujced.v5n1.p%p

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan LKS berbasis problem solving untuk melatih keterampilan proses sains pada submateri reaksi oksidasi reduksi secara teoritis melalui hasil validasi dan secara empiris melalui respon siswa terhadap LKS yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan desain penelitian Research and Development (R&D)yang hanya dilakukan sampai tahap uji coba terbatas.Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu lembar validasi dan lembar angket respon siswa.Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif untuk mengetahui kelayakan LKS secara teoritis maupun empiris.Hasil penelitian menunjukkan LKS yang dikembangkan layak secara teoritis maupun empiris. Secara teoritis, LKS memperoleh persentase kelayakan untuk masing-masing kriteria yaitu kriteria isi, kebahasaan, sajian dan kegrafikan berturut-turut sebesar 83,42%,80,56%, 80,74% dan 80,89%. Secara empiris, LKS memperoleh respon positif dengan persentase kelayakan untuk masing-masing kriteria yaitu kriteria isi, kebahasaan, sajian dan kegrafikan berturut-turut sebesar 91,66%, 100%, 97,22% dan 95,83%. Kata Kunci:lks,keterampilan proses sains, problem solving, reaksi oksidasi reduksi The study is aimed to know the feasibility of worksheet oriented by problem solving to practice science process skill in the oxidation and reduction subtopic theoritically by validation result and empirically by students’ responses to the worksheet that developed. This study is development research that used Research and Development (R&D) designthat limited to product trial step. The reseacrh instruments are validation sheet and questionnaire responses of students. The data that result from the study are analyzed by descriptive quantitative to know the worksheet feasibility theoritically and empirically. This study result is showed that the worksheet is competent to use not only theoritically but also empirically. Theoritically, the worksheet get feasibility percentage for each criteria, they are content, language, presentation and graph in a series are 83,42%,80,56%, 80,74% dan 80,89%. Empirically, the worksheet get positive with feasibility persentage for each criteria, they are content, language, presentation and graph in a seriess are 91,66%, 100%, 97,22% dan 95,83%. Keywords: worksheet, science process skill, problem solving, oxidation and reduction reactions

Page 1 of 42 | Total Record : 415