cover
Contact Name
Muchlis
Contact Email
unesa.j.chem.edu@gmail.com
Phone
+6281330277591
Journal Mail Official
unesa.j.chem.edu@gmail.com
Editorial Address
Prodi Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Surabaya Ketintang, Kec. Gayungan, Kota SBY, Jawa Timur 60231
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
UNESA Journal of Chemical Education
  • journal-of-chemical-education
  • Website
ISSN : 22529454     EISSN : 22529454     DOI : https://doi.org/10.26740/ujced.v9n3
Core Subject : Science, Education,
UNESA Journal of Chemical Education is Online Journal for communicating and reviews covering all chemical education research which published articles in three times a year by Chemistry Department, Chemical Education Study Program, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, State University of Surabaya. This Journal provides readers or authors to present learning development in chemical education through publication research articles. Scope and focus in this journal are: 1. Philosophy and curriculum of Chemical education 2. Innovation and Theory of Learning 3. Media of Chemistry Learning 4. Assessment of Chemistry Learning 5. Missconception in Chemistry UNESA Journal of Chemical Education publishes research articles which are reviewed by expert lecturers. This journal is open access which can used reader to update new issues in chemistry learning.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 11 No 3 (2022)" : 9 Documents clear
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS FLASH PADA MATERI TITRASI ASAM BASA
UNESA Journal of Chemical Education Vol 11 No 3 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (379.395 KB) | DOI: 10.26740/ujced.v11n3.p158-176

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan multimedia interaktif berbasis flash untuk meningkatkan hasil belajar pada materi titrasi asam basa ditinjau dari kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development / R&D) yang dibatasi pada tahap ujii coba terbatas. Kevalidan ditinjau dari validitas isi, validitas konstruk, kualitas intruksional, dan kualitas teknis. penilaian dilakukan oleh 2 dosen kimia Universitas Negeri Surabaya dan 1 guru kimia SMK Semen Gresik. Pada kepraktisan ditinjau dari hasil observasi peserta didik dan angket respon peserta didik. Keefektifan ditinjau berdasarkan hasil pembelajaran peserta didik. Hasil penelitian didapatkan persentasi rata-rata hasil validasi sebesar 88,96% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan kepraktisan didapatkan hasil persentase rata-rata sebesar 89,165% yang masuk dalam kriteria sangat praktis. Keefektivan mendapatkan hasil ketuntasan klasikal sebesar 100% dengan rata-rata nilai yang didapatkan sebesar 88,34%. Hasilnya dapat ditarik kesimpulan berupa multimedia interaktif yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam media pembelajaran guna melakukan peningkatan terhadap hasil belajar peserta didik.
ANALISIS KETUNTASAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN KESETIMBANGAN KIMIA MELALUI PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DI KELAS XI MIPA SMAN 2 TAMBANG
UNESA Journal of Chemical Education Vol 11 No 3 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.425 KB) | DOI: 10.26740/ujced.v11n3.p186-194

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana ketuntasan belajar peserta didik pada pokok bahasan kesetimbangan kimia melalui pembelajaran blended learning di kelas XI MIPA SMAN 2 Tambang. Penelitian ini adalah penelitian survei menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, sehingga disebut penelitian deskriptif kuantitatif. Alat pengumpul data pada penelitian ini yaitu studi pustaka dan wawancara sebagai data kualitatif untuk menggambarkan bagaimana proses pembelajaran blended learning. Alat pengumpul data yang lain adalah dokumentasi nilai ulangan harian kesetimbangan kimia sebagai data kuantitatif untuk mengetahui bagaimana ketuntasan belajar peserta didik pada pokok bahasan kesetimbangan kimia.Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif, yaitu data diolah secara deskriptif sedemikian rupa sehingga dapat menggambarkan proses pembelajaran kesetimbangan kimia di kelas XI MIPA SMAN 2 Tambang. Langkah selanjutnya analisis kuantitatif hasil ulangan harian peserta didik untuk mengetahui bagaimana ketuntasan belajar peserta didik baik secara individual, klasikal, maupun ketuntasan indikator. Berdasarkan Hasil penelitian, persentase ketuntasan individual peserta didik yang tuntas sebesar 31,85 % dan peserta didik yang tidak tuntas sebesar 61,15 %. Persentase ketuntasan klasikal peserta didik kelas XI SMAN 2 Tambang sebesar 31,85 %. Persentase indikator dengan ketuntasan tertinggi sebesar 100 % , sedangkan indikator dengan ketuntasan terendah sebesar 30,37 %.
IMPLEMENTASI LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERORIENTASI MIND MAPPING PADA MATERI REDOKS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF
UNESA Journal of Chemical Education Vol 11 No 3 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (315.333 KB) | DOI: 10.26740/ujced.v11n3.p177-185

Abstract

Penyelenggara pendidikan pada abad ke-21 di era revolusi industri 4.0 peserta didik dituntut harus memiliki keterampilan 4C dalam proses belajar. Keterampilan 4C yaitu keterampilan critical thinking, communication, creative thinking, dan collaboration. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan LKPD berorientasi mind mapping, mendeskripsikan aktivitas siswa saat pembelajaran, mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa, mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa, serta mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan LKPD berorientasi mind mapping khususnya pada materi redoks. Metode penelitian yang digunakan ialah one group pretest-posttest design tanpa adanya kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktifitas peserta didik, lembar soal pretest dan posttest, dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran kimia pada materi redoks pada pertemuan pertama dan kedua berjalan dengan rata-rata pada pertemuan pertama sebesar 97% dan pada pertemuan kedua sebesar 97% dalam kategori baik. Hasil peningkatan pemahaman peserta didik terhadap materi redoks dibuktikan dengan perhitungan N-gain yang didapatkan 0,75 kategori tinggi. Keterampilan berpikir kreatif peserta didik dilihat melalui hasil pembuatan mind mapping yang digolongkan menjadi tiga kategori, yakni sangat baik sebesar 35,7%, baik sebesar 28,6% , dan sebesar 35,7% cukup baik.
PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATIC) PADA MATERI STRUKTUR ATOM
UNESA Journal of Chemical Education Vol 11 No 3 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (281.073 KB) | DOI: 10.26740/ujced.v11n3.p195-201

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-Lembar Kerja Peserta didik (LKPD) berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematic) yang valid dan praktis digunakan pada pembelajaran struktur atom di X SMA. Penelitian ini merupakan Research & Development (R&D) menggunakan model Addie. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli media, validasi ahli materi, dan lembar praktikalitas peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil validasi e-LKPD diperoleh nilai rata-rata 88,51% dikategorikan sangat valid. Hasil praktikalitas e-LKPD oleh peserta didik menunjukan rata-rata 87,13% kategori sangat praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis STEM sangat valid dan praktis digunakan peserta didik kelas X SMA.
THE EFFECT OF NEARPOD INTERACTIVE MEDIA IN THE DISCOVERY LEARNINMODEL ON THE LEARNING OUTCOMES OF CLASS XI MIA MAN 4 BONE STUDENTS (STUDY ON ACID-BASE SUBJECT MATTER)
UNESA Journal of Chemical Education Vol 11 No 3 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.228 KB) | DOI: 10.26740/ujced.v11n3.p220-226

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of Nearpod interactive media on discovering a learning model on learning outcomes of class XI MIA students of MAN 4 Bone. The research method used was a quasi-experimental with a quantitative approach and using a posttestonly control group design. The research population were all from class XI MIA with a total of 2 classes. The research samples were class XI MIA 1 as the experimental class and class XI MIA 2 as the control class. The data collection technique used multiple choice tests to obtain data of learning outcomes. Data analysis was conducted using descriptive and inferential statistics. The results of statistical analysis showed that the experimental class' average learning outcomes were 75.53, higher than the control class, which was 71.28. The results of statistical analysis of learning outcomes showed that the experimental and control class data came from a homogeneous population but not normally distributed, so that the test used was the Mann-Whitney test. From data analysis, it showed Zcount (3.88) > Ztable. (1.64). Based on data analysis, it could be concluded that there was an effect of Nearpod interactive media on the discovery learning model on learning outcomes of XI MIA Students of MAN 4 Bone on acid base subject matter.
PENGEMBANGAN E-BOOK FLIP PDF DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI POKOK LAJU REAKSI (STUDI PADA KELAS XI SMA NEGERI 5 LUWU)
UNESA Journal of Chemical Education Vol 11 No 3 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (298.494 KB) | DOI: 10.26740/ujced.v11n3.p227-234

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan e-book flip PDF yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini adalah Researc and Development dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli media dan materi, angket respon peserta didik dan guru, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan tes hasil belajar. Subjek penelitian yaitu ahli media dan materi yang masing-masing terdiri dari 2 orang, guru kimia berjumlah 1 orang dan 30 peserta didik kelas XI MIA 1. Hasil penelitian ini adalah: (1) Kevalidan e-book yang telah divalidasi diperoleh hasil kevalidan sebesar 3,71 dan 3,49 yang berada pada kategori sangat valid (ahli media maupun ahli materi), (2) Kepraktisan e-book dari presepsi pengguna masing-masing menunjukkan persentase 91,09% guru dan 90,97% siswa merespon positif (sangat praktis). Hasil kepraktisan melalui lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dalam model discovery learning menunjukkan ratarata persentase yakni 97,07%, dengan kategori sangat tinggi, (3) Keefektifan e-book ditentukan dengan uji empiris berdasarkan hasil belajar peserta didik diperoleh hasil memenuhi kriteria efektif (≥ 80%) berdasarkan KKM 75 mencapai ketuntasan kelas dengan persentase 87,88%. E-book flip PDF yang dikembangkan dengan model ADDIE telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran
THE EFFECT OF E-MAGAZINE IN DISCOVERY LEARNING MODEL ON THELEARNING OUTCOMES OF STUDENTS IN CLASS X SMA NEGERI 8 SELAYAR (STUDY ON OXIDATION REDUCTION SUBJECT METTER)
UNESA Journal of Chemical Education Vol 11 No 3 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (240.777 KB) | DOI: 10.26740/ujced.v11n3.p202-209

Abstract

The quasi-experimental research aims to determine the effect of e-Magazine in the Discovery Learning model on the learning outcomes of students of class X SMAN 8 Selayar on the main material of oxidation-reduction reaction. The research design used is a posttest-only control group design. The research population was all of class X MIA with a total of 2 (two) classes consisting of 50 students. Sampling in this study was carried out using the saturated sampling. The sample in the study was Class X MIA 1 as an experimental group and X MIA 2 as the control group of 25 people each. The research used are tests of learning outcomes and observation sheets of learning implementation. The results of descriptive statistical analysis of the experimental group obtained a learning outcome average of 80,72 and a control group of 78,00. The results of an inferential statistical analysis of learners' learning outcomes showed that experimental group and control group data is homogeneous but not normally distributed population. Because the data is not normally distributed, so the hypothesis test used is the Mann-Whitney test. The results of the hypothesis test obtained the value of Zhitung > Ztabel (1,65 > 1,64). This shows that there is the effect of e-Magazine on the Discovery Learning model to the learning outcomes of Class X of SMAN 8 Selayar on the subject matter of oxidation-reduction reaction.
DEVELOPMENT OF E-COMIC LEARNING MEDIA FOR REDUCTION AND OXIDATION MATERIAL BASED ON FLIP PDF PROFESSIONAL ON THE DISCOVERY LEARNING
UNESA Journal of Chemical Education Vol 11 No 3 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (219.31 KB) | DOI: 10.26740/ujced.v11n3.p235-242

Abstract

This research and development aims to produce a valid, practical, and effective e-comic reduction and oxidation reaction based Flip PDF Professional. The development of this e-comic refers to the ADDIE development model which includes the analysis stage, the design stage, the development stage, the implementation stage, and the evaluation stage. The subjects in this study were 2 media experts and material experts, 1 people of chemistry teacher, and 30 students of class X MIPA 2 SMA Negeri 14 Makassar. The instruments used for validity are validation sheets by media experts and material experts, practicality, namely observation sheets on the implementation of e-comic, teacher and student response questionnaires, and learning outcomes tests. The results of this study are: (1) the validity of the digital comic from the media expert is 3.72 and the material expert is 3.75 which is in the very valid category with a consistency test between validators are 100% which is in very high criteria, (2) the average percentage of e-comic practicality is 97%, where the percentage of practicality based on the questionnaire responses of teachers and students to digital comic are 100% and 90,55% in the very practical category, 3) e-comic meet the effective criteria (≥85%) based on the achievement of class completeness with percentage 86.67%. Based on these data, it is concluded that the e-comic reduction and oxidation reaction based Flip PDF Professional developed with the ADDIE model is valid, practical, and effective for use in learning
ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT MENGGUNAKAN INSTRUMEN MULTIREPRESENTASI FOUR-TIER DIAGNOSTIC TEST BERBASIS PIKTORIAL
UNESA Journal of Chemical Education Vol 11 No 3 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (264.492 KB) | DOI: 10.26740/ujced.v11n3.p210-219

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi yang dialami siswa pada setiap aspek multirepresentasi pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit dan untuk mengetahui faktorfaktor yang mempengaruhi miskonsepsi siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari 64 siswa kelas X MIPA SMAN 1 Tulungagung tahun ajaran 2021/2022 yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes diagnostik four-tier terintegrasi multirepresentasi berbasis piktorial sebanyak 22 butir soal. Koefisien reliabilitas soal yang diperoleh dari analisis data hasil uji coba soal sebesar 0,879 dengan kriteria sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa miskonsepsi yang dialami siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit terjadi pada semua aspek multirepresentasi dengan persentase miskonsepsi pada representasi makroskopik-submikroskopik sebesar 28,45%, pada representasi simbolik-submikroskopik persentase miskonsepsi sebesar 22,20%, sedangkan pada representasi makroskopik-simbolik persentase miskonsepsi sebesar 20,85%. Faktor-faktor yang mempengaruhi miskonsepsi siswa adalah karakteristik dan keterkaitan materi larutan elektrolit dan non elektrolit dengan materi sebelumnya, minat dan gaya belajar siswa, sistem pembelajaran jarak jauh, dan rendahnya kemampuan serta penalaran siswa dalam memahami materi larutan elektrolit dan non elektrolit.

Page 1 of 1 | Total Record : 9