cover
Contact Name
Fauzi Fadliansyah
Contact Email
fadliansyah@amalinsani.org
Phone
+62895605622558
Journal Mail Official
fadliansyah@amalinsani.org
Editorial Address
Jalan Ir Sutami Krenceng Citangkil Cilegon - Banten, Indonesia
Location
Kota cilegon,
Banten
INDONESIA
SEHRAN (Jurnal Pendidikan Sejarah dan Kewarganegaraan)
Published by Amal Insani Foundation
ISSN : -     EISSN : 29638275     DOI : https://doi.org/10.56721/shr.v1i1
Core Subject : Education, Social,
Semua kajian yang ada pada pembelajaran IPS, Sejarah dan PKN. Misalnya bahan ajar, metode, pendekatan, strategi atau media pembelajaran pada proses pembelajaran dikelas.
Articles 18 Documents
PENINGKATAN SIKAP KARAKTER MANDIRI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR PADA MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW Fauzi Fadliansyah
SEHRAN (Jurnal Pendidikan Sejarah dan Kewarganegaraan) Vol 1 No 1 (2022): SEHRAN
Publisher : Amal Insani Foundation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.663 KB) | DOI: 10.56721/shr.v1i1.87

Abstract

Peningkatan karakter mandiri siswa dibutuhkan model pembelajaran yang dapat mendorong siswa dalam berkarakter mandiri yaitu model cooperative learning tipe jigsaw dan media neo snake and ladder game. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui keefektifan model cooperative learning tipe jigsaw terhadap peningkatan karakter mandiri siswa. Penelitian yang digunakan yaitu mix method dengan desain concurrent embedded. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV di SD Negeri Sukaratu 4 dan SD Negeri Sukaratu 1, Pandeglang Banten. Jenis data penelitian diperoleh dari pretest-posttest, observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji t independen sampel t-test, dan uji n gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw efektif terhadap peningkatan karakter mandiri siswa yang ditandai dengan mencapai ketuntasan klasikal, rata-rata peningkatan karakter mandiri model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw game lebih baik dari pada peningkatan karakter mandiri pada kelas dengan menggunakan pembelajaran konvensional
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PPKN DALAM MENGEMBANGKAN MINAT BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR Julkifli
SEHRAN (Jurnal Pendidikan Sejarah dan Kewarganegaraan) Vol 1 No 1 (2022): SEHRAN
Publisher : Amal Insani Foundation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (317.953 KB) | DOI: 10.56721/shr.v1i1.88

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dalam mengembangkan minat belajar siswa Sekolah Dasar. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan desain fenomenalogi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa. Analisis data menggunakan Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data dan kesimpulan atau verifikasi. Pertama, PPKn adalah salah satu mata pelajaran yang penting di Sekolah Dasar (SD). Kedua, permasalahan dalam pembelajaran PPKn di Sekolah Dasar (SD), di antaranya; Pembelajaran PPKn dianggap sangat membosankan dan sangat sulit, karena pada umumnya tingkat minat para siswa untuk membaca sangat rendah, selain itu juga karena pendidik dalam penyajian materi PPKn, hanya menggunakan buku teks dan metode ceramah serta evaluasi terlalu menekan pada aspek kognitif. Ketiga, solusinya, pendidik harus menggunakan, RPP, metode dan model pembelajaran yang bervariatif, sehingga siswa merasa nyaman dan menganggap pembelajaran PPKn adalah pelajaran yang sangat menyenangkan
PENERAPAN E LEARNING BERBASIS BLOG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KARAKTER MANDIRI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SEKOLAH DASAR Amalia K Khotimah
SEHRAN (Jurnal Pendidikan Sejarah dan Kewarganegaraan) Vol 1 No 1 (2022): SEHRAN
Publisher : Amal Insani Foundation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (347.486 KB) | DOI: 10.56721/shr.v1i1.89

Abstract

Pembelajaran dengan E-learning merupakan bentuk dari pembelajaran yang memanfaatkan teknologi yaitu internet untuk meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik dalam menggunakan fungsi dari teknologi dan informasi untuk interaksi antara peserta didik dengan guru, dalam memberikan pengayaan materi dan pengembangan metode yang akan digunakan dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan E-learning berbasis blog dalam meningkatkan hasil belajar kognitif dan karakter mandiri pada pembelajaran tematik kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan desain Quasy Experimental Design dengan objek penelitian dua kelas yang terdiri dari kelas kontrol (SDN Kalipancur 02) dan kelas eksperimen (SDN Kalipancur 01). Sampel berjumlah 63 peserta didik. Hasil penelitian ini adalah terjadinya peningkatan hasil belajar dan karakter mandiri siswa secara signifikan. Diperoleh peningkatan rata-rata hasil belajar sebesar 84% berada pada kategori sangat baik. Selain itu penerapan pembelajaran menggunakan E-learning Berbasis Blog pada pelajaran tematik menjadikan skor kemandirian siswa lebih tinggi pada indikator hasrat bersaing untuk maju dan dapat bekerja sendiri dengan skor lebih dari 80% yang berada pada kategori sangat tinggi. Rata-rata uji N-Gain sebesar 0.49 yang berada dalam kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen menggunakan E-Learning Berbasis Blog lebih efektif dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan google classroom.
PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN DI SEKOLAH DASAR Arum Sulastri
SEHRAN (Jurnal Pendidikan Sejarah dan Kewarganegaraan) Vol 1 No 1 (2022): SEHRAN
Publisher : Amal Insani Foundation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.02 KB) | DOI: 10.56721/shr.v1i1.90

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 11 Tulang Bawang Tengah pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN), metode dan media pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi, dan siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 11 Tulang Bawang Tengah pada mata pelajaran PKN dengan pokok bahasan Pemerintah Pusat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas kelas IV SDN 11 Tulang Bawang Tengah dengan jumlah 25 orang siswa. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Siklus I dan siklus II yang terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes objektif. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan soal tes objektif. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan apabila rata-rata kelas meningkat dari pratindakan, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar PKN siswa mengalami peningkatan. Hal tersebut ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata kelas yaitu pada saat pratindakan 59.4 meningkat menjadi 61.6 pada siklus I kemudian meningkat lagi pada siklus II 76,2.
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN KELAS IV SD Alif Via Sufianti
SEHRAN (Jurnal Pendidikan Sejarah dan Kewarganegaraan) Vol 1 No 1 (2022): SEHRAN
Publisher : Amal Insani Foundation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (233.215 KB) | DOI: 10.56721/shr.v1i1.91

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar dalam pembelajaran PKn peserta didik kelas IV SD. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn peserta didik dengan menerapkan model problem based learning. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV di salah satu sekolah dasar yang ada di kecamatan metro utara yang berjumlah 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes dan tes. Alat pengumpul data berupa lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar PKn peserta didik kelas IV SD
INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR Efifani Krismitha Saroro
SEHRAN (Jurnal Pendidikan Sejarah dan Kewarganegaraan) Vol 1 No 1 (2022): SEHRAN
Publisher : Amal Insani Foundation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (299.984 KB) | DOI: 10.56721/shr.v1i1.123

Abstract

Schooling is citizenship, one of the topics that is a main area in the improvement of understudy character. In particular, it expects to (1) distinguish character esteems that are as per community training subjects in grade schools (2) coordinate them into city instruction learning in primary schools. This review plans to coordinate person training into Civics figuring out how to foster mentalities and character in primary school understudies. is a subjective methodology. Then the strategy utilized is the writing concentrate on technique. Where the writer gathers information from reference articles and diaries accessible on confided in sites. This is because of the ongoing condition, in particular the Coronavirus pandemic, which limits everybody from doing exercises outside the home. As a matter of fact, citizenship schooling illustrations have not been sufficiently effective to complete this job well in light of the fact that the cycles that happen in instructive learning are just enacted in accomplishment, emotional administration/mentalities are disregarded. To conquer this, it is important to analyze alterations in instructive training learning, one of which is by coordinating the idea of character into its improvement so it is better ready to create and shape the personality of primary school understudies.
Penerapan Metode Role Playing Terhadap Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Metode Role Playing Rosbanon Dewi Rosbanon; Zainul Salam
SEHRAN (Jurnal Pendidikan Sejarah dan Kewarganegaraan) Vol 2 No 1 (2023): SEHRAN
Publisher : Amal Insani Foundation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (271.296 KB) | DOI: 10.56721/shr.v2i1.130

Abstract

Technology is growing rapidly, of course teachers must be creative and innovative in applying learning methods, especially in Citizenship Education subjects. The purpose of writing this article is to describe the application of the role playing method to learning civics education. This research uses a qualitative method with a literature study. The data used in this study uses secondary data in the form of research results from relevant journals. In this role playing, students are not just theoretical but play an active role in Citizenship Education lessons.
Penghayatan Terhadap Kebhinekatunggalika-an dan Nilai-Nilai Pancasila di SMAN 10 Palembang dalam Menguatkan Identitas Manusia Indonesia Patmawati
SEHRAN (Jurnal Pendidikan Sejarah dan Kewarganegaraan) Vol 2 No 1 (2023): SEHRAN
Publisher : Amal Insani Foundation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (265.906 KB) | DOI: 10.56721/shr.v2i1.162

Abstract

Pancasila and Bhinneka Tunggal Ika are two very important values for the Indonesian nation. Both emphasize the importance of tolerance and unity in Indonesia and are very important things to have in strengthening Indonesian human identity. This study aims to find out how the appreciation of diversity and the values of Pancasila in strengthening Indonesian human identity are applied at SMAN 10 Palembang. This research is a qualitative research using the methods of observation, interviews and literature studies which will describe how schools carry out an appreciation of diversity and the values of Pancasila. The results of the study show that SMAN 10 Palembang has implemented a school environment that is diverse in diversity and implements Pancasila values well as evidenced by carrying out joint discussion activities, holding clean Friday activities, praying according to each other's beliefs, deliberating in making decisions, acting fairly and mutual respect and respect between educators and students.
BUDAYA DI SMA N 10 PALEMBANG YANG MENCERMINKAN NILAI-NILAI PANCASILA DAN KEBHINEKATUNGGALIKAAN SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER PELAJAR PANCASILA NURHALIMAH
SEHRAN (Jurnal Pendidikan Sejarah dan Kewarganegaraan) Vol 2 No 1 (2023): SEHRAN
Publisher : Amal Insani Foundation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (269.517 KB) | DOI: 10.56721/shr.v2i1.163

Abstract

School is the main target in the formation of the character of students. SMA N 10 Palembang implements the values of Pancasila and diversity through school culture as an effort to shape the character of Pancasila students. Forms of culture that exist in SMA N 10 Palembang such as reading prayers before starting learning, Duha prayers together, 5S habituation, election of student council presidents, group discussions, and waste bank activities. Based on the results of observations and literature studies conducted, the culture in SMA N 10 Palembang already reflects the values of Pancasila and diversity to shape the character of Pancasila students who are faithful, devoted to God Almighty, have noble character, have global diversity, are independent, work together, think critically and creatively.
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 4 DI SD NEGERI VII CILEGON Siti Masfufah Alawiyah
SEHRAN (Jurnal Pendidikan Sejarah dan Kewarganegaraan) Vol 2 No 1 (2023): SEHRAN
Publisher : Amal Insani Foundation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (291.678 KB) | DOI: 10.56721/shr.v2i1.167

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran discovery learning terhadap motivasi belajar siswa kelas 4 SD Negeri VII Cilegon pada pembelajaran ilmu pengetahuan sosial tentang keanekaragaman suku bangsa dan budaya. Metode yang dipakai ialah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Metode ini dilakukan dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen. Jenis penelitian dipilih oleh peneliti karena dapat mempengaruhi perlakuan eksperimental pada masing-masing kelompok (eksperimen) dan memberikan perlakuan yang biasa pada masing-masing kelompok (kontrol). Subjek dalam penelitian yang diambil ialah siswa kelas 4 SD Negeri VII Cilegon, peneliti mengambil sampel 1 kelas yaitu kelas 4 dengan jumlah siswa 30 orang di SD Negeri VII Cilegon, dengan cara mengelompokkan siswa menjadi 2 kelompok. Kelompok A sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah siswa 15 orang dengan pembelajaran discovery dan 15 siswa dari kelompok B berperam sebagai kelompok kontrol dengan pembelajaran konvensional. Hasil yang dicapai dari analisis hasil belajar secara keseluruhan siswa kelas 4 diperoleh nilai t = 3,427 dan signifikan (p) yang diperoleh adalah 0,002, taraf signifikan yang digunakan adalah a = 0,05. Karena p = 0,002 <; α = 0,05, maka hasilnya signifikan. Rata-rata nilai integritas yang diperoleh dari kuesioner angket akhir masing-masing adalah 29,4. Terjadi peningkatan nilai rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 0,9. Artinya ada perbedaan motivasi belajar siswa sebelum belajar discovery learning, dan setelah belajar discovery learning, motivasinya mengalami peningkatan atau dipindahkan ke kelas IPS.

Page 1 of 2 | Total Record : 18