cover
Contact Name
Abdullah Syahab
Contact Email
syahab@centrism.or.id
Phone
+6281278995932
Journal Mail Official
centrism@centrism.or.id
Editorial Address
Kertamukti - Cireundeu - Ciputat Timur - Banten 15419
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
Journal of Comprehensive Islamic Studies (JOCIS)
ISSN : 29624398     EISSN : 29624371     DOI : 10.56436/jocis
Fokus kajian Jurnal JOCIS antara lain: Pemikiran Islam dan Filsafat Pemikiran Ekonomi Islam Pemikiran Hukum Islam Pemikiran Pendidikan Islam Pemikiran Politik Islam Sosiologi Islam Psikologi Islam The focus of the JOCIS Journal study includes: Islamic Thought and Philosophy Islamic Economic Thought Islamic Legal Thought Islamic Education Thought Islamic Political Thought Islamic Sociology Islamic Psychology
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2022): Comprehensive Perspective on Islamic Studies" : 10 Documents clear
Living Qur'an Dalam Tradisi Nujuh Bulanan Natasa Natasa; Badarussyamsi Badarussyamsi; Ermawati Ermawati
Journal of Comprehensive Islamic Studies Vol. 1 No. 1 (2022): Comprehensive Perspective on Islamic Studies
Publisher : Center for Religious Studies and Social Empowerment Foundation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.041 KB) | DOI: 10.56436/jocis.v1i1.33

Abstract

Tradisi 'Nujuh Bulanan' dilakukan pada saat usia kandungan menginjak tujuh bulan. Tradisi ini bertujuan untuk mendoakan ibu dan anak yang dikandung karena pada usia tujuh bulan ini, kandungan telah terbentuk dengan sempurna. Beberapa aspek penting yang dikaji antara lain apa yang menjadi dasar pembacaan ayat-ayat Al-Qur’an pada tradisi nujuh bulanan ini, bagaimana proses pembacaan ayat-ayat Al-Qur’an dalam tradisi ini, serta makna pembacaan ayat-ayat Al-Qur’an pada tradisi ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan yang menggunakan metode deskriptif analitik.  Penelitian ini menemukan bahwa pembacaan ayat-ayat Al-Qur’an pada Tradisi Nujuh Bulanan menunjukkan adanya permohonan keselamatan, kemulian, dan menyiratkan kecintaan serta meneladani figur-figur penting baik Nabi maupun orang terhormat.
Sistem Pelelangan Barang Gadai Jatuh Tempo dan Pertanggungjawabannya Terhadap Animo Nasabah Menggadaikan Barangnya Di Pegadaian Syariah Muhammad Subhi
Journal of Comprehensive Islamic Studies Vol. 1 No. 1 (2022): Comprehensive Perspective on Islamic Studies
Publisher : Center for Religious Studies and Social Empowerment Foundation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (239.173 KB) | DOI: 10.56436/jocis.v1i1.51

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem pelelangan barang gadai jatuh tempo dan bagaimana pertanggungjawabannya terhadap animo nasabah dalam menggadaikan barangnya di pegadaian syariah Kabupaten Bungo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Instrumen penelitian ini menggunakan instrumen interview atau wawancara. Data bersumber dari data primer yaitu wawancara dan sekunder berupa studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pegadaian Syariah Kabupaten Bungo telah menjalankan prosedur operasional, sebelum memutuskan lelang atas suatu barang. Jika terdapat sisa kelebihan hasil penjualan lelang, maka uang tersebut tetap menjadi hak pemilik marhun. Sedangkan mengenai kekurangan yang masih harus dilunasi rahin.
Upaya Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dalam Memberikan Solusi untuk Mengajak Para Muzakki Mengeluarkan Zakat Muji Haryoko
Journal of Comprehensive Islamic Studies Vol. 1 No. 1 (2022): Comprehensive Perspective on Islamic Studies
Publisher : Center for Religious Studies and Social Empowerment Foundation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.483 KB) | DOI: 10.56436/jocis.v1i1.52

Abstract

Rendahnya kesadaran masyarakat dalam mengeluarkan zakat merupakan salah satu problem yang kerapkali dihadapi oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Penelitian ini fokus pada kajian tentang bagaimana upaya BAZDA Kabupaten Tebo dalam mengajak para muzakki agar mengeluarkan zakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya BAZNAS Kabupaten Tebo dalam mengajak para muzakki mengeluarkan zakat di Kabupaten Tebo Provinsi Jambi dilakukan dengan berbagai cara-cara antara lain; memberikan tausiyah agama tentang hikmah dan kewajiban membayar zakat, melakukan sosialisasi, membentuk unit pengumpul zakat di setiap instansi, serta bekerja sama dengan pemerintah daerah.
Problematika Persepsi Masyarakat Terhadap Eksistensi Badan Amil Zakat Nasional dalam Konteks Membayar Zakat Budhi Irawan
Journal of Comprehensive Islamic Studies Vol. 1 No. 1 (2022): Comprehensive Perspective on Islamic Studies
Publisher : Center for Religious Studies and Social Empowerment Foundation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (266.342 KB) | DOI: 10.56436/jocis.v1i1.53

Abstract

Masalah persepsi masyarakat terhadap eksistensi Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menjadi penting untuk diteliti mengingat persepsi tersebut dapat mempengaruhi kinerja BAZNAS dalam pengumpulan zakat. Fokus penelitian ini adalah bagaimana BAZNAS Tebo melaksanakan tugasnya untuk memperbaiki persepsi masyarakat akan BAZNAS? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode pendekatan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya peningkatan kinerja BAZNAS Tebo dalam membangun persepsi positif masyarakat dijalankan dengan penekanan pada mekanisme pengelolaan zakat yang dilakukan BAZNAS Kabupaten Tebo Propinsi Jambi menitikberatkan pada kegiatan penghimpunan dan pendistribusian zakat. Selain itu, program penyaluran zakat diimplementasikan dalam program yang strategis dan produktif yakni dalam bentuk Bantuan Modal Usaha (Qordhun Hasan).
Peran Baznas dalam Pengelolaan dan Pemberdayaan Zakat Produktif untuk Meningkatkan Pendapatan Mustahik Mazlan Mazlan
Journal of Comprehensive Islamic Studies Vol. 1 No. 1 (2022): Comprehensive Perspective on Islamic Studies
Publisher : Center for Religious Studies and Social Empowerment Foundation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (224.634 KB) | DOI: 10.56436/jocis.v1i1.54

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode pendekatan teknik purposive sampling. Hasil penelitian tentang peran Badan Amil Zakat Nasional dalam pengelolaan dan pendayagunaan zakat produktif sebagai berikut: Pertama Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Tebo dalam menjalankan Tugas dan fungsinya sudah terarah dan membaik dengan dibuatnya Program Kerja yang dituangkan didalam Rencana Kerja  Anggaran Tahunan (RKAT). Kedua didalam bidang pengumpulan dana zakat Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Tebo terus berkampanye dengan melakukan sosialisasi kekacamatan yang ada di kabupaten Tebo dan juga melalui Media Sosial. Ketiga Untuk mengembangkan dan mempermudah kinerja Badan Amil Zakat (BAZNAS) Kabupaten Tebo maka disetiap Instansi dan Kecamatan Di bentuk Unit Pengumpulan Zakat. Keempat Dalam upaya pendayagunaan zakat produktif Badan Amil Zakat (BAZNAS) Kabupaten Tebo membuat program Tebo Berdaya dengan memberikan bantuan ternak sapi dan modal usaha sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan mustahik kalau dikelola dengan baik dan benar.
Pengaruh Pengetahuan, Kualitas Pelayanan dan Religiusitas Terhadap Keputusan Menjadi Anggota Baitul Maal Wa Tamwil (BMT) Almusrijah Aini
Journal of Comprehensive Islamic Studies Vol. 1 No. 1 (2022): Comprehensive Perspective on Islamic Studies
Publisher : Center for Religious Studies and Social Empowerment Foundation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (353.693 KB) | DOI: 10.56436/jocis.v1i1.61

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pengetahuan, kualitas pelayanan dan religiusitas secara parsial dan silmultan terhadap keputusan menjadi anggota Baitul Maal Wa Tamwil (BMT) Kota Jambi. Penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif Deskriptif dengan metode survey yang dilaksanakan di BMT Kota Jambi. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik slovin dengan jumlah sampel 100 nasabah. Hipotesis dalam penelitian ini adalah (1) ada pengaruh antara pengetahuan terhadap keputusan menjadi anggota (2) ada pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap keputusan menjadi anggota (3) ada pengaruh antara religiusitas terhadap keputusan menjadi anggota (4) ada pengaruh antara pengetahhuan, kualitas pelayanan dan religiusitas terhadap keputusan menjadi anggota. Penguji Hipotesis menggunakan analisis regresi berganda dengan taraf signifikan α = 0,05. Penelitian ini menemukan empat hal yaitu: (1) Pengetahuan    berpengaruh  signifikan  terhadap  keputusan menjadi anggota di BMT Kota Jambi. (2) Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pada BMT Kota Jambi. (3) Religiusitas signifikan terhadap keputusan pada BMT Kota Jambi. (4) Berdasarkan hasil pengujian secara simultan variable pengetahuan (X1), kualitas pelayanan (X2) dan religiusitas  (X3) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan (Y).
Pengaruh Syariah Compliance, Promosi dan Teknologi Terhadap Reputasi Bank Syariah Indonesia dan Dampaknya terhadap Loyalitas Nasabah Ita Nurliana Siregar
Journal of Comprehensive Islamic Studies Vol. 1 No. 1 (2022): Comprehensive Perspective on Islamic Studies
Publisher : Center for Religious Studies and Social Empowerment Foundation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (315.881 KB) | DOI: 10.56436/jocis.v1i1.87

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Syariah Compliance, Promosi dan Teknologi terhadap Reputasi Bank Syariah Indonseia Cabang Gatot Subroto dan Dampaknya terhadap Loyalitas Nasabah secara persial dan secara bersamaan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara Angket (Koesioner), Dokumentasi dan Wawancara. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Analisis data yang digunakan adalah analisis Deskriptif, Uji Variabel, Uji Reliabilitas, Analisis Regresi Linier Berganda, Uji T, Uji F, dan Analisis Koefisien Determinasi dan Path Analysis. Secara langsung syariah compliance melalui reputasi mempunyai pengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah, secara tidak langsung promosi melalui reputasi mempunyai pengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah dan secara tidak langsung teknologi melalui reputasi mempunyai pengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah.
Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas dan Kepercayaan Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah Rudi Haryono
Journal of Comprehensive Islamic Studies Vol. 1 No. 1 (2022): Comprehensive Perspective on Islamic Studies
Publisher : Center for Religious Studies and Social Empowerment Foundation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (364.114 KB) | DOI: 10.56436/jocis.v1i1.95

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh faktor Pengetahuan, Religiusitas dan Kepercayaan terhadap minat menabung di Perbankan Syariah pada masyarakat Kota Jambi. Sampel dalam penelitian ini difokuskan pada masyarakat kota Jambi yang menjadi nasabah bank syariah yang berjumlah 100 orang. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS. Berdasarkan penelitian ini, masyarakat tertarik untuk menabung karena sudah mengetahui tentang bank syariah baik dari akadnya, perbedaannya dengan bank konvensional maupun pengetahuan lainnya tentang bank syariah. Pengujian secara simultan ketika variabel Pengetahuan, religiusitas dan kepercayaan diuji secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat masyarakat Kota Jambi untuk menabung di bank syariah. Ketiga variabel tersebut memiliki pengaruh sebesar 57,4% terhadap minat masyarakat Kota Jambi untuk menabung di bank syariah. Sisa 42,6% minat menabung masyarakat Kota Jambi terhadap bank syariah dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Analisis Distribusi Bagi Hasil, Inovasi Produk Tabungan, Standar Kualitas Layanan dan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Moderasi Terhadap Loyalitas Nasabah BNI Syariah Zairah Zairah
Journal of Comprehensive Islamic Studies Vol. 1 No. 1 (2022): Comprehensive Perspective on Islamic Studies
Publisher : Center for Religious Studies and Social Empowerment Foundation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (400.268 KB) | DOI: 10.56436/jocis.v1i1.96

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis distribusi bagi hasil, inovasi produk tabungan dan standar kualitas pelayanan dan kepuasan Nasabah terhadap Loyalistas Nasabah Bank BNI Syariah Cabang Kota Jambi, dimana kepuasan menjadi variabel moderasi agar loyalitas nasabah dapat terwujud dan terjaga dengan baik. Metode penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research. Dengan menggunakan penyebaran kuesioner kepada 100 responden. Hasil pengolahan data menggunakan uji regresi linier berganda SPPS distribusi bagi hasil, inovasi produk, standar kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kepuasan pelanggan memoderasi distribusi bagi hasil dan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kepuasan nasabah tidak memoderasi inovasi produk tabungan yang tidak berpengaruh negatif dan tidak signifikan. Kepuasan pelanggan memoderasi standar kualitas layanan dan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
Pengaruh Promosi, Kepercayaan dan Harga Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Haji Di PT. Bank Muamalat Muhammad Adam
Journal of Comprehensive Islamic Studies Vol. 1 No. 1 (2022): Comprehensive Perspective on Islamic Studies
Publisher : Center for Religious Studies and Social Empowerment Foundation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (329.863 KB) | DOI: 10.56436/jocis.v1i1.97

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari promosi, kepercayaan dan harga terhadap keputusan nasabah menggunakan produk tabungan haji di PT. Bank Mualamat Jambi. Setelah dilakukan uji secara parsial didapatkan kesimpulan bahwa variabel promosi berpengaruh secara siginifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan produk tabungan haji dengan hasil 0,0015.kedua variabel kepercayaan tidak berpengaruh secara siginifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan produk tabungan haji dengan hasil 0,929. ketiga variabel harga berpengaruh secara siginifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan produk tabungan haji dengan hasil 0,000. Setelah dilakukan uji secara simultan promosi (x1), kepercayaan (x2),harga (x3) berpengaruh signifikan terhadap keputusan dalam mengggunakan tabungan haji. hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 211.7443 dengan probabilita sebesar (0.000000) atau lebih kecil dari nilai α = 0.05 (0.00000 < 0.05), Pengaruh variabel independen (promosi, kepercayaan dan harga) terhadap variabel dependen (keputusan menabung) ditunjukkan oleh besar koefisien determinasi R2 .

Page 1 of 1 | Total Record : 10