cover
Contact Name
Paulus Parnyoto
Contact Email
realpaul@ugm.ac.id
Phone
+628994796772
Journal Mail Official
abis-maksi.feb@ugm.ac.id
Editorial Address
Jl. Sosio Humaniora No. 1 Bulaksumur Yogyakarta 55281 » Tel / fax : 0274-513109 / 0274-548516
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
ABIS: Accounting and Business Information Systems Journal
ISSN : 23021500     EISSN : 23021500     DOI : 10.22146/abis
Core Subject : Economy,
ABIS : Accounting and Bussiness Information Systems Journal, terbitan ini berisi artikel bidang ilmu Akuntansi dan Sistem Informasi yang diterbitkan secara berkala satu tahun 4 kali yaitu pada bulan Februari, Mei, Agustus dan November.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 3 (2023): August" : 10 Documents clear
Inklusi Dasar untuk Ekowisata Berkelanjutan sebagai Implementasi Teknologi Keuangan Lidhatul Umamah; Devi Hardianti Rukmana; Laelatul Dwi Masruroh; Rifqi Abdillah
ABIS: Accounting and Business Information Systems Journal Vol 11, No 3 (2023): August
Publisher : Master in Accounting Program

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/abis.v11i3.83821

Abstract

Ledokombo merupakan daerah yang memiliki banyak unsur kekayaan; ekonomi, wisata, pendidikan terlebih sosial yang pantas untuk diapresiasi. Namun, problem pada akses yang tidak bisa membawa daerah ini mampu memiliki daya saing dalam pengembangan potensinya. Studi kasus ini bertujuan untuk menganalisa lebih jauh local wisdom yang menjadi potensi unggul di daerah ini, metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan observasi langsung dengan memakai beberapa literatur sebagai penunjang dan data yang diperoleh langsung melalui investigasi terhadap masyarakat sekitar. Output yang akan menjadi inklusi ke depannya adalah penggunaan e-portofolio dengan akses baru yang menyediakan fitur-fitur lengkap sebagai simplifikasi dari financial technology. 
Analisis Pengaruh Pengungkapan Inovasi Hijau terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Nonkeuangan Elsa Amalia
ABIS: Accounting and Business Information Systems Journal Vol 11, No 3 (2023): August
Publisher : Master in Accounting Program

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/abis.v11i3.85680

Abstract

Tujuan – Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pengungkapan inovasi hijau (produk hijau dan proses hijau) terhadap profitabilitas serta membuktikan apakah adanya peran pelaporan keberlanjutan perusahaan akan mengubah hasil hubungan pengungkapan inovasi hijau terhadap profitabilitas.Metode Penelitian – Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data sekunder. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan tahunan seluruh perusahaan nonkeuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dari 2017 hingga 2021 serta database OSIRIS sebagai sumber pengambilan data penelitian. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dan didapatkan sampel sebanyak 1.619 perusahaan.Temuan – Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan inovasi hijau berpengaruh signifikan positif terhadap profitabilitas. Hal ini membuktikan bahwa perusahaan melakukan inovasi produk hijau, inovasi tersebut akan meningkatkan profit yang didapatkan perusahaan, sedangkan inovasi proses hijau berpengaruh signifikan negatif terhadap profitabilitas. Hal ini terjadi karena dalam mengadopsi dan mengganti peralatan canggih untuk meningkatkan proses produksi yang ramah lingkungan perusahaan akan lebih banyak mengeluarkan biaya. Adanya laporan keberlanjutan tidak memengaruhi hubungan antara pengungkapan inovasi hijau yang dilakukan perusahaan dalam meningkatkan profitabilitas. Hal ini terjadi karena laporan keberlanjutan terkait dengan inovasi produk dan proses hijau tidak representatif dengan realisasinya.Orisinalitas – Penelitian ini menambahkan adanya peran pelaporan keberlanjutan pada pengaruh hubungan antara inovasi hijau terhadap profitabilitas. Penelitian ini menggunakan data panel unbalanced untuk mendapatkan sampel yang dapat digeneralisasikan karena masih sedikit perusahaan yang melakukan pengungkapan laporan keberlanjutan lengkap dari tahun ke tahun. Kata Kunci: Inovasi Produk Hijau, Inovasi Proses Hijau, Pelaporan Keberlanjutan, Profitabilitas 
Analisis Kelemahan APIP Inspektorat dalam Mengimplementasikan Probity Audit pada Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin Hafidzah Septiani; Ratna Nurhayati
ABIS: Accounting and Business Information Systems Journal Vol 11, No 3 (2023): August
Publisher : Master in Accounting Program

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/abis.v11i3.85733

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi bagaimana APIP Inspektorat Kabupaten Musi Banyuasin mengimplementasikan probity audit pada PBJ pemerintah. Selain itu, penelitian juga menganalisis faktor-faktor yang menjadi kelemahan APIP Inspektorat Kabupaten Musi Banyuasin dalam mengimplementasikan probity auditpada PBJ.Pendekatan kualitatif dengan studi kasus digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dengan jenis wawancara semiterstruktur dan dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Partisipan terdiri atas enam orang yaitu Inspektur Pembantu Bidang Pembangunan, Ketua Tim probity audit dan dua orang anggota probity audit, Kuasa Pengguna Anggaran, dan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi probity audit yang dilaksanakan oleh Inspektorat Kabupaten Musi Banyuasin belum optimal karena hanya berdasarkan surat permintaan dari perangkat daerah, surat pernyataan probity audit dan surat manajemen representasi tidak dilakukan, melaksanakan probity audit untuk memenuhi MCP KPK, serta tidak dilakukan secara real time dan hanya dilaksanakan pada tahap pelaksanaan kontrak. Selain itu, terdapat faktor-faktor kelemahan APIP dalam implementasi  probity audit yaitu pada tahap perencanaan PKPT tidak dijadikan sebagai mandat, tidak ada kebijakan probity audit, dan pada tahap pelaksanaan, yaitu keterbatasan waktu pelaksanaan, pemenuhan dokumen, dan kompetensi auditor.
Eksplorasi Peran Inspektorat dalam Pelaksanaan Fungsi Pengawasan terhadap Pengelolaan Dana Desa: Studi Kasus pada Inspektorat Daerah Kabupaten Gunungkidul Lathifah Nur Aini Rahmawati; Eko Suwardi
ABIS: Accounting and Business Information Systems Journal Vol 11, No 3 (2023): August
Publisher : Master in Accounting Program

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/abis.v11i3.85805

Abstract

>Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran inspektorat daerah dalam pelaksanaan pengawasan keuangan khususnya berkaitan dengan pengelolaan dana desa, mengidentifikasi kendala yang dihadapi oleh inspektorat daerah secara keseluruhan dan mendalam serta upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sampel dari penelitian ini merupakan auditor internal di Inspektorat Daerah Kabupaten Gunungkidul, serta staf dari dinas dan pemerintah desa di Kabupaten Gunungkidul. Berdasarkan teori peran organisasi, ditemukan bahwa Kepala daerah mengirimkan peran pengawasan kepada Inspektorat Daerah Kabupaten Gunungkidul sebagai pemegang peran. Inspektorat Daerah Kabupaten Gunungkidul telah melaksanakan peran pengawasan sesuai dengan peraturan dan pedoman yang berlaku. Inspektorat Daerah menghadapi konflik peran dan peran berlebih yang dilatarbelakangi oleh kendala internal menyebabkan peran pengawasan belum optimal. Inspektorat Daerah Kabupaten Gunungkidul juga menghadapi kendala dari eksternal dalam melaksanakan peran pengawasan terhadap pengelolaan dana desa. Peneliti menemukan beberapa upaya yang dilakukan oleh Inspektorat Daerah Kabupaten Gunungkidul untuk mengatasi kendala tersebut.
Analisis Faktor-faktor yang Memengaruhi Ketahanan Bisnis pada UMKM DIY di Masa Pandemi Covid-19 Desi Rindi Rahmawati; Ertambang Nahartyo
ABIS: Accounting and Business Information Systems Journal Vol 11, No 3 (2023): August
Publisher : Master in Accounting Program

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/abis.v11i3.85808

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh kemampuan inovasi terhadap ketahanan bisnis pada UMKM, menguji pengaruh teknologi terhadap ketahanan bisnis pada UMKM, menguji pengaruh kebijakan pemerintah terhadap ketahanan bisnis pada UMKM, menguji pengaruh sumber daya manusia terhadap ketahanan bisnis pada UMKM, menguji budaya organisasi memoderasi hubungan kemampuan inovasi terhadap ketahanan bisnis UMKM, menguji budaya organisasi memoderasi hubungan teknologi terhadap ketahanan bisnis UMKM, menguji budaya organisasi memoderasi hubungan kebijakan pemerintah terhadap ketahanan bisnis UMKM dan menguji budaya organisasi memoderasi hubungan SDM terhadap ketahanan bisnis UMKM. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 142 responden penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan survei kuesioner melalui google form dan dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berinovasi, teknologi, kebijakan pemerintah dan SDM berpengaruh positif dan signifikan terhadap ketahanan UMKM di DIY dimasa pandemi Covid-19. Budaya organisasi merupakan variabel moderasi yang memperkuat hubungan kemampuan berinovasi, teknologi, kebijakan pemerintah dan SDM terhadap ketahanan UMKM. Penelitian ini berfokus untuk memperluas penelitian terdahulu terkait faktor-faktor yang mempengaruhi ketahanan UMKM pada konteks pandemi Covid-19. Penelitian selanjutnya diharapkan memiliki objek yang lebih luas dan mendalam tidak hanya di SiBakulJogja.
Analisis Kebutuhan UMKM Indonesia Dengan Menggunakan Pendekatan Penalaran Hierarki Maslow Secara Organisasional Novta Winkey Pradana; Sumiyana Sumiyana
ABIS: Accounting and Business Information Systems Journal Vol 11, No 3 (2023): August
Publisher : Master in Accounting Program

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/abis.v11i3.85988

Abstract

Penelitian ini telah mengurutkan kebutuhan UMKM dan menganalisisnya. Urutan kebutuhan UMKM setelah dianalisis secara urut adalah aksesibilitas modal, teknologi informasi, kualitas layanan, keunggulan kompetitif, dan inovasi. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah kebutuhan-kebutuhan dalam UMKM mampu meningkatkan kinerja mereka dari perspektif baru, yakni menggunakan kerangka logika Maslow dengan valensi teori untuk konteks organisasi atas alasan seolah-olah UMKM itu adalah manusia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan survei secara online kepada para pelaku UMKM provinsi di Indonesia yang memenuhi kriteria modal usaha atau hasil penjualan tahunan sesuai PP Nomor 7 Tahun 2021. Responden yang terkumpul sejumlah 374. Analisis data dilakukan dengan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan akses modal, teknologi informasi, kualitas layanan, keunggulan kompetitif, dan inovasi, berpengaruh positif terhadap kinerja UMKM.
Analisis Persepsi Pegawai terhadap Deteksi Occupational Fraud Melalui New Fraud Star Theory (Studi Kasus pada PT XYZ) Putu Nadiani Putri Utama; Dian Kartika Rahajeng
ABIS: Accounting and Business Information Systems Journal Vol 11, No 3 (2023): August
Publisher : Master in Accounting Program

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/abis.v11i3.86136

Abstract

Tujuan – Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji faktor – faktor yang melandasi terjadinya occupational fraud serta menganalisis upaya pencegahan yang tepat dan belum terdapat dalam sistem pengendalian internal perusahaan terhadap occupational fraud menurut pegawai.Metode Penelitian – Penelitian ini menggunakan metode penelitian mix method. Pada fase pertama menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kemudian dilakukan analisis menggunakan regresi liner berganda. Selanjutnya pada fase kedua, dilakukan wawancara untuk memperdalam hasil hipotesis yang didapatkan dari fase kuantitatif.Temuan – Temuan dari penelitian menyimpulkan bahwa hanya variabel peluang, rasionalisasi dan budaya organisasi yang berpengaruh signifikan terhadap tindakan occupational fraud, sedangkan variabel tekanan, kemampuan, lingkup eksternal dan lingkup internal tidak berpengaruh signifikan terhadap occupational fraud. Hipotesis ini diperdalam dengan adanya wawancara yang dilakukan sehingga menemukan bahwa hanya hasil hipotesis variabel lingkup eksternal dan lingkup internal yang tidak terdukung. Sedangkan beberapa upaya dapat dilakukan untuk menurunkan peningkatan occupational fraud seperti dengan meningkatkan pengawasan yang dilakukan oleh manajemen dan satuan pengawas internal, meningkatkan jumlah SDM auditor, meningkatkan kemampuan auditor hingga penerapan whistleblowing incentive.Orisinalitas – Penelitian menguji teori fraud terbaru yaitu New Fraud Star Theory dengan objek penelitian berupa perusahaan keuangan di Indonesia.  Selain itu, menganalisis upaya terbaru yang sebaiknya perusahaan dalam bidang tersebut dapat lakukan untuk menurunkan resiko fraud pada perusahaan. Kata Kunci: Occupational Fraud, Upaya Penanganan Fraud, Fraud Theory
Evaluasi Pengelolan Dana Otonomi Khusus Bidang Pendidikan dan Kesehatan (Studi pada Pemerintah Kabupaten Yahukimo) Mario Avit Adriansyah; Suyanto Suyanto
ABIS: Accounting and Business Information Systems Journal Vol 11, No 3 (2023): August
Publisher : Master in Accounting Program

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/abis.v11i3.86439

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dan mengidentifikasi praktik perencanaan, implementasi, dan monitoring dana otsus di Kabupaten Yahukimo dan untuk mengevaluasi serta mengidentifikasi kendala pengelolaan dana otsus bidang pendidikan dan kesehatan pada Pemerintah Kabupaten Yahukimo.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Objek penelitian ini adalah Pemerintah Kabupaten Yahukimo. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan reviu dokumen yang kemudian dianalisis dengan menggunakan model Miles dan Huberman. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa praktik perencanaan implementasi dan monitoring dana otsus bidang pendidikan dan kesehatan di Kabupaten Yahukimo telah dilaksanakan sesuai dengan peraturan yang berlaku, tetapi masih kurang tepat sasaran dan masih mempunyai kelemahan karena kesejahteraan OAP belum dicapai mengingat beberapa pro- gram belum, bahkan tidak dapat dilaksanakan dengan maksimal karena kendala keterbatasan ang- garan. Adapun beberapa kendala Pemerintah Kabupaten Yahukimo dalam mengelola dana otsus bidang pendidikan dan kesehatan adalah 1) sasaran program yang belum tepat, 2) program yang diusulkan terkendala pada menu aplikasi otsus, 3) keterbatasan anggaran, 4) wilayah kerja yang luas yang menjadikan monitoring dan evaluasi tidak dapat dilakukan secara maksimal, 5) keterlambatan transfer dana otsus dari pusat, 6) keterbatasan pengetahuan SDM sehingga kurang memahami pengaturan pengelolaan dana otsus hingga menyebabkan tujuan pemenuhan kesejahteraan masyarakat tidak dapat dicapai secara optimal.Penelitian ini menggunakan stewardship theory atau teori stewardship. Teori stewardship merupakan salah satu pandangan baru tentang cara mengelola organisasi dan personel-personel yang terkait di dalamnya. Konsep kebersamaan (collectivity), kemitraan pemberdayaan (empowerement), saling percaya, dan pelayanan adalah konsep-konsep yang dikembangkan dalam pendekatan ini.Penelitian ini memiliki keterbatasan berkenaan dengan gambaran pengelolaan dana otsus di Kabupaten Yahukimo karena pada saat penelitian ini dilakukan beberapa pegawai SKPD/OPD telah dimutasi dan juga tidak bersedia diwawancarai sehingga peneliti hanya dapat melakukan wawancara dengan informan yang bertugas saat ini.Kata kunci: Pengelolaan Dana Otonomi Khusus, Pendidikan, Kesehatan.
Evaluasi Penerapan Tata Kelola Teknologi Informasi (TI) Menggunakan Framework Cobit 2019 (Studi Kasus pada Perguruan Tinggi Harapan Maju) Annisya Fitri; Jogiyanto Hartono M
ABIS: Accounting and Business Information Systems Journal Vol 11, No 3 (2023): August
Publisher : Master in Accounting Program

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/abis.v11i3.86440

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis penerapan tata kelola TI yang berfokus pada sistem keamanan informasi dan analisis risiko TI di Perguruan Tinggi Harapan Maju dengan menggunakan framework COBIT 2019. Adapun metode penelitian yang digunakan ialah metode campuran dengan pendekatan sekuensial, pendekatan sekuensial merupakan pendekatan yang pelaksanaan pengumpulan datanya tidak secara bersamaan antara kuantitatif dan kualitatif, proses analisis data juga dilaksanakan bertahap. Tujuan keseluruhan dari desain ini adalah agar data kualitatif dapat membantu menjelaskan secara detail hasil kuantitatif. Prosedur yang umum dilakukan adalah mengumpulkan data survei, menganalisis data, dan kemudian menindaklanjuti dengan wawancara kualitatif untuk membantu menjelaskan tanggapan survei. Berdasarkan hasil pengolahan data ditemukan bahwa penggunaan aplikasi e-learning dan Silam di Perguruan Tinggi Harapan Maju saat ini sudah memberikan penciptaan nilai sehingga terjadi peningkatan efisiensi. Tingkat kapabilitas yang dicapai pada management objective EDM 03 dan DSS 05 yaitu level 1 (initial process) serta APO 13 mencapai tingkat kapabilitas pada level 0 (incomplete process). Jika dibandingkan dengan tingkat kapabilitas yang seharusnya, maka terdapat kesenjangan 2 sampai 4 level yang menunjukkan penerapan tata kelola TI di Perguruan Tinggi Harapan Maju dikategorikan sebagai penerapan yang rendah. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pentingnya evaluasi tata kelola TI pada suatu organisasi yang sudah menerapkan TI, tata kelola memberikan informasi terkait kondisi TI saat ini dan mengarah kepada keselarasan antara TI dan tujuan organisasi. Penelitian ini menggunakan objek penelitian perguruan tinggi karena saat ini mereka belum memahami pentingnya tata kelola TI dalam ruang lingkup perguruan tinggi.
Pemilihan Virtual Hotel Operator: Metode Analytic Hierarchy Process (AHP) (Airbnb dan RedDoorz) Arsita Leni Sefindri; Jogiyanto Hartono M
ABIS: Accounting and Business Information Systems Journal Vol 11, No 3 (2023): August
Publisher : Master in Accounting Program

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/abis.v11i3.86441

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dalam menentukan kriteria utama dalam pemilihan virtual hotel operator pada pengguna Airbnb dan RedDoorz; dan menguji metode analytical hierarchy process dalam menentukan alternatif utama dalam pemilihan virtual hotel operator pada pengguna Airbnb dan RedDoorz. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kriteria utama pemilihan virtual hotel operator dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) ialah kriteria price memiliki prioritas tertinggi dengan nilai bobot sebesar 0,246, diikuti dengan kriteria usability 0,244, kriteria trust 0,239, kriteria information quality 0,151 dan terakhir memiliki nilai bobot terendah ialah kriteria customer relationship sebesar 0,119. Alternatif Airbnb mendapatkan prioritas tertinggi yang dipilih pengguna virtual hotel operator dengan nilai bobot sebesar 0,638 dan RedDoorz mendapatkan perolehan nilai bobot sebesar 0,362.

Page 1 of 1 | Total Record : 10