cover
Contact Name
Paulus Parnyoto
Contact Email
realpaul@ugm.ac.id
Phone
+628994796772
Journal Mail Official
abis-maksi.feb@ugm.ac.id
Editorial Address
Jl. Sosio Humaniora No. 1 Bulaksumur Yogyakarta 55281 » Tel / fax : 0274-513109 / 0274-548516
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
ABIS: Accounting and Business Information Systems Journal
ISSN : 23021500     EISSN : 23021500     DOI : 10.22146/abis
Core Subject : Economy,
ABIS : Accounting and Bussiness Information Systems Journal, terbitan ini berisi artikel bidang ilmu Akuntansi dan Sistem Informasi yang diterbitkan secara berkala satu tahun 4 kali yaitu pada bulan Februari, Mei, Agustus dan November.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 3 (2020): August" : 5 Documents clear
ANALISIS PENERAPAN PENGENDALIAN INTERNAL ATAS PENERIMAAN PENDIDIKAN DI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEUANGAN (SIMKEU): STUDI PADA DIREKTORAT KEUANGAN UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA Rizki Lanniari .HS
ABIS: Accounting and Business Information Systems Journal Vol 8, No 3 (2020): August
Publisher : Master in Accounting Program

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/abis.v8i3.58862

Abstract

Intisari                                                                 Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk menilai penerapan pengendalian internal dan pencapaian tujuan kepatuhan atas penerimaan pendidikan di Sistem Informasi Manajemen Keuangan (SIMKEU) UGM dari sisi tata kelola dan manajemen COBIT 5.Metode penelitian – Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan pendekatan studi kasus. Partisipan dalam penelitian ini adalah lima orang pegawai Direktorat Keuangan dan satu orang pegawai Direktorat Pendidikan dan Pengajaran Universitas Gadjah Mada. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan COBIT 5 sebagai alat analisis.Hasil penelitian – Dari sisi tata kelola dan manajemen SIMKEU untuk penerimaan pendidikan, Direktorat Keuangan UGM telah menerapkan pengendalian internal dengan baik meski tidak sepenuhnya menghilangkan risiko pada proses bisnis tersebut. Penggunaan SIMKEU juga sangat membantu pencapaian tujuan kepatuhan terhadap peraturan. Pelaksanaan proses bisnis penerimaan pendidikan di SIMKEU telah dijalankan sesuai dengan peraturan yang berlaku dan kebijakan atau SOP organisasi merupakan turunan dari peraturan utama yang berada di sisi tata kelola. Peraturan dan kebijakan yang berlaku di UGM terutama terkait penerimaan pendidikan di SIMKEU secara komprehensif mencakup semua area yang diperlukan dalam pencapaian tujuan organisasi dan diselaraskan dengan risk appetite organisasi. Kebijakan juga dapat diakses oleh semua pemangku kepentingan serta secara berkala divalidasi ulang dan/atau diperbarui dalam jangka waktu tertentu. 
ANALISIS SIMAK-BMN DALAM PENGENDALIAN INTERNAL BARANG MILIK NEGARA (STUDI PADA BALAI BAHASA YOGYAKARTA) Agnes Hartanti
ABIS: Accounting and Business Information Systems Journal Vol 8, No 3 (2020): August
Publisher : Master in Accounting Program

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/abis.v8i3.58863

Abstract

AbstrakTujuan – Penelitian ini menganalisis kesuksesan implementasi SIMAK-BMN dalam pengendalian internal barang milik negara di Balai Bahasa Yogyakarta menggunakan Model Kesuksesan Sistem Informasi DeLone dan McLean (2003) dan Dukungan Eksekutif. Metode penelitian – Deskriptif kualitatif menggunakan metode pengumpulan data meliputi kuesioner, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Peneliti menyebar 35 kuesioner sebagai sampel. Wawancara semi terstuktur dilakukan pada 3 narasumber yaitu operator, verifikator dan validator. Dokumentasi terkait Laporan CRMN Ekstrakomptabel, dan Laporan CRBMN Intrakomptabel, Lembar Disposisi, dan Berita Acara Rekonsiliasi. Temuan – Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor kualitas informasi, kualitas sistem, kualitas pelayanan, dukungan manajemen puncak, kepuasan pengguna dan faktor manfaat bersih sangat mempengaruhi kesuksesan implementasi SIMAK-BMN, sedangkan faktor penggunaan cukup mempengaruhi kesuksesan implementasi SIMAK-BMN. Selain itu, SIMAK-BMN sebagai sistem yang fleksibel. User SIMAK-BMN, dukungan manajemen puncak dan organisasi Balai Bahasa Yogyakarta dalam tahap belajar dan membangun strategic assets. Originalitas – Salah satu fokus utama dalam penelitian ini adalah kesuksesan implementasi SIMAK-BMN dalam pengendalian internal barang milik Negara dengan menggabungkan dua teori dasar yang digunakan sebagai pedoman penelitian yaitu Model Kesuksesan Sistem Informasi DeLone dan McLean (2003) dan Dukungan Eksekutif.
ANALISIS TINGKAT KESESUAIAN LAPORAN TAHUNAN DENGAN IFRS PRACTICE STATEMENT MANAGEMENT COMMENTARY An'im Falakhudin
ABIS: Accounting and Business Information Systems Journal Vol 8, No 3 (2020): August
Publisher : Master in Accounting Program

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/abis.v8i3.58865

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kesesuaian laporan tahunan pada perusahaan non-keuangan yang terdaftar dalam Indeks LQ 45 dengan IFRS practice statement management commentary yang diterbitkan oleh International Accounting Standard Board (IASB).Metode penelitian - Analisis konten digunakan pada sampel berjumlah 37 perusahaan non-keuangan yang terdaftar dalam Indeks LQ 45. Tingkat kesesuaian laporan tahunan perusahaan sampel dengan IFRS practice statement management commentary dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan instrumen penelitian lima konten elemen pada IFRS practice statement management commentary.Temuan - Hasil penelitian menunjukkan bahwa non-keuangan yang terdaftar dalam Indeks LQ 45 di Indonesia memiliki tingkat kesesuaian laporan tahunan sesuai dengan yang dipersyaratkan IASB. Namun demikian, masih diperlukan sedikit penyelarasan pada penerapan beberapa elemen konten pelaporan ulasan manajemen. Pengungkapan yang dilakukan perusahaan tergolong sangat sesuai dengan IFRS practice statement management commentary yang diterbitkan oleh IASB.Originalitas - Salah satu fokus utama dalam penelitian ini adalah tingkat kesesuaian laporan tahunan dengan IFRS practice statement management commentary. Belum ada penelitian yang mengukur tingkat kesesuaian IFRS practice statement management commentary dengan menggunakan laporan tahunan secara empirik.
ANALISIS HUBUNGAN ANTARA KORUPSI PEMERINTAH DAERAH DAN POLA ALOKASI BELANJA DAERAH Yudi Aditia
ABIS: Accounting and Business Information Systems Journal Vol 8, No 3 (2020): August
Publisher : Master in Accounting Program

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/abis.v8i3.58880

Abstract

ABSTRAK Tujuan-Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis adakah pola alokasi belanja tertentu dalam hubungan dengan keterjadian korupsi pemerintah daerah.Design/Metodologi/Pendekatan- Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan melakukan analisis komparasi terhadap perencanaan belanja pemerintah daerah dengan nilai indeks persepsi korupsi diatas rata-rata dengan pemerintah daerah dengan nilai indeks persepsi korupsi dibawah rata-rata. Data yang digunakan yaitu data sekunder yang berupa lampiran APBD masing-masing kelompok pemerintah daerah tersebut.Temuan- Pola alokasi belanja tertentu pada pemerintah daerah dengan nilai IPK di bawah rata-rata. Pola alokasi tersebut dibedakan menjadi tiga level pola alokasi belanja. Pada level tiga pola alokasi belanja tertentu terdapat pada belanja hibah, belanja pegawai langsung, belanja barang dan jasa dan belanja modal. Sedangkan contoh pola alokasi belanja pada level empat terdapat pada belanja hibah kepada badan/lembaga/organisasi, belanja hibah kepada kelompok/anggota masyarakat, honorarium PNS, honorarium non PNS, belanja jasa kantor, belanja makanan dan minuman dan belanja modal peralatan dan mesin. Contoh pola alokasi belanja pada level 5 terdapat pada belanja jasa narasumber atau tenaga ahli, belanja jasa tenaga pendukung pelaksana kegiatan, belanja makanan dan minuman kegiatan dan belanja modal pengadaan alat-alat angkutan darat bermotor.Batasan/Implikasi-Penelitian ini memiliki implikasi pada praktisi auditor dan pencegahan dan pemberantasan tindak pidana pencucian uang untuk lebih waspada pada pola belanja tertentu pada pemerintah daerah.Keterbatasan dalam penelitian ini ialah tidak melakukan penelitian langsung pada keempat pemerintah kota yang menjadi objek penelitian, yaitu Pemerintah Kota Makassar, Pemerintah Kota Medan, Pemerintah Kota Pontianak, Pemerintah Kota Pekanbaru.Originalitas/Nilai-alokasi belanja tertentu pada perencanaan belanja dapat dijadikan acuan untuk meningkatkan kewaspadaan atas tindak pidana korupsi pada belanja pemerintah daerah. Selain itu penelitian ini menghubungkan faktor kapabilitas pejabat daerah dalam menentukan perencanaan belanja daerah yang beresiko adanya tindak pidana korupsi.
EVALUASI PENGAUDITAN INTERNAL PENGADAAN BARANG DAN JASA PEMERINTAH (STUDI PADA INSPEKTORAT KABUPATEN TANA TORAJA) Irene Ipal Parinding
ABIS: Accounting and Business Information Systems Journal Vol 8, No 3 (2020): August
Publisher : Master in Accounting Program

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/abis.v8i3.58995

Abstract

 AbstrakTujuan – Tujuan penelitian ini mengevaluasi kesesuaian antara proses pengauditan internal pengadaan barang dan jasa (PBJ) yang dilakukan oleh Inspektorat Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan dengan pedoman pengauditan internal PBJ dari Peraturan BPKP Nomor 3 Tahun 2019.Desain/Metodologi/Pendekatan – Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada Inspektorat Kabupaten Tana Toraja dengan mengevaluasi kesesuaian proses pengauditan internal PBJ yang riil dengan pedoman audit internal PBJ. Data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Penelitian menggunakan triangulasi teknik, yaitu kuesioner, wawancara, dan dokumentasi dan triangulasi sumber antara auditor dan auditi serta antara auditor dan auditor. Data dianalisis menggunakan rumus telaah sejawat dari AAIPI dan konsep Miles dan Huberman.Temuan – Hasil penelitian menunjukkan bahwa audit internal PBJ yang dilakukan di Inspektorat Kabupaten Tana Toraja telah cukup baik dengan skor keseluruhan 56%. Untuk perencanaan audit mendapatkan skor 82% tergolong baik, pelaksanaan  audit mendapatkan skor 56% tergolong cukup baik, dan komunikasi audit mendapatkan skor 32% tergolong kurang baik. Hasil kuesioner didukung dengan hasil wawancara dan dokumentasi. Terdapat beberapa kendala dalam audit internal PBJ, yaitu penugasan audit belum terkoordinasi, jumlah penugasan yang tidak sesuai dengan rencana, audit bersifat formalitas, komitmen yang rendah, dan komunikasi yang belum efektif.Batasan/Implikasi – Penelitian ini memiliki implikasi pada Inspektorat Kabupaten Tana Toraja dalam melakukan audit internal PBJ agar sesuai dengan pedoman audit internal PBJ yang berlaku.Originalitas/Nilai – Audit internal PBJ bertujuan untuk memberikan keyakinan bahwa PBJ yang dilakukan oleh pemerintah telah efektif, efisien, terbuka, bersaing, transparan, adil, dan akuntabel. Inspektorat Kabupaten Tana Toraja sebagai bagian dari audit internal harus melakukan audit internal PBJ sesuai dengan pedoman audit dalam Peraturan BPKP Nomor 3 Tahun 2019. Penelitian ini adalah penelitian pertama yang dilakukan di Inspektorat Kabupaten Tana Toraja terkait PBJ.

Page 1 of 1 | Total Record : 5