cover
Contact Name
Paulus Parnyoto
Contact Email
realpaul@ugm.ac.id
Phone
+628994796772
Journal Mail Official
abis-maksi.feb@ugm.ac.id
Editorial Address
Jl. Sosio Humaniora No. 1 Bulaksumur Yogyakarta 55281 » Tel / fax : 0274-513109 / 0274-548516
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
ABIS: Accounting and Business Information Systems Journal
ISSN : 23021500     EISSN : 23021500     DOI : 10.22146/abis
Core Subject : Economy,
ABIS : Accounting and Bussiness Information Systems Journal, terbitan ini berisi artikel bidang ilmu Akuntansi dan Sistem Informasi yang diterbitkan secara berkala satu tahun 4 kali yaitu pada bulan Februari, Mei, Agustus dan November.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 4 (2020): November" : 5 Documents clear
ANALYZING THE IMPLEMENTATION OF VILLAGE FUND IN BANTUL REGENCY IN 2019 (A SYUDY IN TRIHARJO, KEBONAGUNG, AND NGESTIHARJO VILLAGE) Zaennul Mubarrok
ABIS: Accounting and Business Information Systems Journal Vol 8, No 4 (2020): November
Publisher : Master in Accounting Program

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/abis.v8i4.61766

Abstract

The realization of village fund as reported by the head of the village office department and the village secretary of Bantul Regency in 2017 revealed that three villages in Bantul Regency showed low realization of the fund, namely Triharjo 64.43%, Kebonagung 61.91%, and Ngestiharjo 69.19%. This research was to explore the implementation of village fund in Bantul Regency in 2017 (A Study in Triharjo, Kebonagung and Ngestiharjo Village), to identify problems that occurred, and to find solutions to the problems. It was qualitative research with a case study approach. Data were collected through interviews, document analyses, and direct observations in three villages in Bantul Regency, namely Triharjo, Kebonagung and Ngestiharjo. The results indicated that the implementation of the fund in the three villages in 2017 was not satisfactory yet as indicated by the low realization of the fund. The problems can be attributed to the low capacity of the village apparatus and regulation constraints. In addition to this, they could not yet perform planning, responsibility, and programs. 
Pengembangan Desain Sistem Kompensasi: Kasus Pada PT Lingkar Aneka Konstruksi Indonesia Indra Yerymias Nababan Nababan
ABIS: Accounting and Business Information Systems Journal Vol 8, No 4 (2020): November
Publisher : Master in Accounting Program

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/abis.v8i4.61768

Abstract

Internal dan eksternal alignment merupakan proses yang dapat dilakukan guna meningkatkan objektivitas kompensasi di suatu perusahaan. Penelitian awal menemukan bahwa tidak terdapat proses internal dan eksternal alignment pada desain sistem kompensasi PT Lingkar Aneka Konstruksi Indonesia. Kompensasi yang didesain hanya berdasarkan pengalaman pendiri perusahaan dan sangat subjektif. Hal ini dapat berisiko memunculkan masalah yang lebih besar pada masa depan terkait dengan keadilan ataupun motivasi karyawan yang pada akhirnya dapat berdampak pada pencapaian tujuan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan desain sistem kompensasi yang telah ada agar menjadi lebih objektif melalui proses internal dan eksternal alignment. Selain itu, penelitian ini juga berkontribusi dalam membuat pengelompokan biaya-biaya proyek berdasarkan jenisnya sebagai respons terhadap ditemukannya informasi biaya proyek perusahaan yang dinilai terlalu sederhana. Pada tahap internal alignment penelitian ini melakukan analisis pekerjaan menggunakan metode wawancara dan kuesioner, serta melakukan evaluasi pekerjaan menggunakan metode poin. Pada tahap eksternal alignment penelitian ini melakukan survei ke beberapa perusahaan sejenis dan menggunakan data gaji yang diperoleh dari situs Badan Pusat Statistik. Penelitian ini juga menggunakan analisis regresi linear sederhana pada tahap merge internal dan eksternal. Hasil menunjukkan bahwa terjadi peningkatan gaji pokok secara keseluruhan untuk setiap jabatan pada perusahaan, penentuan alokasi bonus berdasarkan pada job value, adanya penambahan metode work premium pada bonus, dan penambahan tunjangan BPJS ketenagakerjaan pada paket tunjangan.
EVALUASI SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PADA PERSEDIAAN FARMASI (STUDI PADA RSUD SIJUNJUNG) Puja Latifah Hadina
ABIS: Accounting and Business Information Systems Journal Vol 8, No 4 (2020): November
Publisher : Master in Accounting Program

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/abis.v8i4.61769

Abstract

Tujuan — Tujuan penelitian ini ialah mengevaluasi sistem pengendalian internal persediaan farmasi dan mengevaluasi kelemahan-kelemahan sistem pengendalian internal persediaan farmasi di RSUD Sijunjung.Desain/Metodologi/Pendekatan— Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, studi kasus pada RSUD Sijunjung dengan mengevaluasi sistem pengendalian internal persediaan farmasi. Data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder yang berkaitan dengan pengelolaan persediaan farmasi di RSUD Sijunjung. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Pemilihan partisipan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Temuan— Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pengendalian internal persediaan farmasi di RSUD Sijunjung belum berjalan dengan efektif atau masih berada level maturitas 3.04, artinya RSUD Sijunjung telah melaksanakan praktik pengendalian internal dan terdokumentasi dengan baik. Namun evaluasi atas pengendalian intern dilakukan tanpa dokumentasi yang memadai.Implikasi— Penelitian ini memiliki implikasi pada bagian pengelolaan persediaan farmasi di RSUD Sijunjung untuk menetapkan dan merancang sistem pengendalian internal pada pengelolaan persediaan farmasi yang lebih efektif sehingga tujuan pengendalian persediaan farmasi dan tujuan rumah sakit secara umum dapat tercapai.Originalitas—Sistem pengendalian internal bertujuan sebagai alat untuk mengawasi proses pengendalian internal pada persediaan farmasi sehingga tujuan rumah sakit dapat tercapai. Penelitian ini merupakan penelitian pertama yang dilakukan pada pengelolaan persediaan farmasi di RSUD Sijunjung dengan menggunakan kerangka kerja SPIP.
Analisis Pengalihan Aset Tetap pada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Studi Pengalihan dari Pemerintah Kabupaten/Kota kepada Pemerintah Provinsi) Aprilia Vilaning Khairunisa
ABIS: Accounting and Business Information Systems Journal Vol 8, No 4 (2020): November
Publisher : Master in Accounting Program

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/abis.v8i4.61770

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pengalihan aset tetap pada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan permasalahan dalam pengalihan aset tetap pada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, dan mengidentifikasi upaya perbaikan yang telah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk mengatasi permasalahan dalam pengalihan aset tetap.Metode penelitian – Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi dan wawancara mendalam. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik deskriptif persentase dan teknik analisis data tekstual.Temuan – Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesesuaian pelaksanaan pengalihan aset tetap pada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah ialah sebesar 70%. Faktor-faktor yang menyebabkan permasalahan dalam pengalihan aset tetap antara lain petunjuk teknis, penatausahaan aset tetap, sumber daya manusia (SDM), koordinasi, komitmen pimpinan, dan sanksi. Upaya perbaikan yang telah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk mengatasi permasalahan dalam pengalihan aset tetap antara lain melakukan rekonsiliasi aset tetap, membuat forum koordinasi internal, melakukan koordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota dan Kemendagri, dan melakukan sosialisasi terkait pengelolaan aset tetap kepada seluruh pengurus barang. 
RANCANG BANGUN APLIKASI AKUNTANSI PRIBADI DALAM RANGKA PENINGKATAN LITERASI AKUNTANSI Muhammad Sofyan Indrajaya
ABIS: Accounting and Business Information Systems Journal Vol 8, No 4 (2020): November
Publisher : Master in Accounting Program

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/abis.v8i4.61771

Abstract

Tujuan – Tujuan penelitian ini ialah merancang aplikasi akuntansi pribadi dengan fitur tambahan berupa perhitungan pajak bagi orang pribadi untuk meningkatkan literasi akuntansi. Metode Penelitian – Metode perancangan aplikasi yang digunakan adalah rapid aplication development (RAD). Analisis sistem dilakukan dengan cara telaah literatur dan focus group discussion (FGD). Hasil dari analisis diinterpretasikan dalam bentuk usecase diagram, activity diagram dan sequence diagram untuk dijadikan dasar perancangan aplikasi. Aplikasi yang telah dirancang kemudian diuji dengan usability testing. Temuan – Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode double entry dan model matematika akuntansi dapat menghasilkan informasi yang efektif dibandingkan dengan metode single entry. Aplikasi akuntansi pribadi yang dihasilkan dapat meningkatkan literasi akuntansi pengguna. Hal ini dapat diketahui dari umpan balik pengguna saat dilakukannya usability testing. Sebelum menggunakan aplikasi ini, pengguna belum terlalu memahami literasi akuntansi pribadi. Namun, setelah menggunakan aplikasi ini, pengguna lebih memahami literasi akuntansi pribadi dan mampu membuat laporan keuangan pribadi, seperti laporan pendapatan dan biaya, laporan neraca pribadi, dan laporan aliran dana. Originalitas – Salah satu kebaharuan dari penelitian ini ialah penggunaan sistem akuntansi pada proses pencatatan keuangan pribadi. Penggunaan sistem akuntansi dapat meningkatkan akurasi informasi keuangan pribadi dan mengefisiensikan proses pencatatan keuangan serta pembuatan laporan keuangan pribadi. 

Page 1 of 1 | Total Record : 5