cover
Contact Name
Verani Indiarma
Contact Email
vindiarma@unib.ac.id
Phone
+6281271482518
Journal Mail Official
jkaganga@unib.ac.id
Editorial Address
Jurusan Ilmu komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Bengkulu Jl. W.R. Supratman, Kandang Limun, Bengkulu, 38371
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Jurnal Kaganga : Jurnal Ilmiah Sosial dan Humaniora
Published by Universitas Bengkulu
ISSN : 25498142     EISSN : 27146898     DOI : https://doi.org/10.33369/jkaganga
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Kaganga adalah Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora yang dikelola oleh Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Bengkulu. Proses telaah dalam jurnal ini menggunakan double-blind peer-reviewed dengan dewan editor yang terdiri dari para ahli di bidang ilmu social, komunikasi dan humaniora. Jurnal kaganga ini baru memulai system ojs pada tahun 2019, dan dimulai dengan volume 3 no.1. Diterbitkan dua kali dalam setahun oleh UNIB Press, Universitas Bengkulu, Indonesia dengan ISSN (online): 2714-6898; dan ISSN (cetak): 2549-8142, jurnal ini bertujuan untuk menyebar luaskan penelitian kepada para pendidik di seluruh dunia. Penulis didorong untuk mengirimkan artikel yang lengkap, belum pernah dipublikasikan, orisinil, dan belum pernah ditinjau di jurnal lain.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 2 (2022)" : 10 Documents clear
ANALISIS PENERAPAN BRAND JOURNALISM PADA WEBSITE PERUSAHAAN UNILEVER Luthfi Nurfadullah; Wahyu Widiastuti; Eka Vuspa Sari
Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial dan Humaniora Vol. 6 No. 2 (2022)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (688.658 KB) | DOI: 10.33369/jkaganga.6.2.108-117

Abstract

Brand journalism merupakan cara berkomunikasi yang kontemporer untuk sebuah Brand. Perusahaan Unilever menggunakan brand journalism untuk menjadi penerbit brand nya sendiri karna pada Website Unilever itu sendiri memiliki banyak cerita untuk diceritakan dan cerita itu bisa menjadi alat untuk menjalin hubungan akrab dengan pelanggan. Pada brand journalism harus bisa menguasai dan mengerti media online agar dapat berinteraksi dengan mudah kepada publik, dengan cara membuat konten, menggunakan fotografi, serta skllis sesuai dengan materi jurnalistik dan mendistibusikan brand journalism dengan audiens nya. Pada perusahaan Unilever tidak menggunakan konten untuk menjual tetapi konten yang dimunculkan lebih banyak mengandung informasi. Tujuan dari skripsi ini adalah Untuk mengetahui penerapan brand journalism pada Website perusahaan Unilever. Pada penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah teknik dokumentasi. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa Pada konten perusahaanunilever terdapat cerita perusahaan dan nilai nilai jurnalism, pada cerita perusahaan khususnya pada artikel mengandung brand journalism yang terdapat beberapa unsur yaitu unsur yang menarik, unsur kreatif yang sesuai dengan skenario, unsur storytelling, dan unsur softselling dan Nilai nilai jurnalisme yang mengandung pada artikel yang di analisis berupa kebaruan (newness), akibat (Impact), aktual (timeliness), kedekatan (proximity), information (information), konflik (conflict), dan keterkaitan manusiawi (human inters). Kata Kunci: brand journalism, Website perusahaan, konten, perusahaan Unilever.
PENGARUH IKLAN SHOPEE PAYLATER TERHADAP PEMANFAATAN FITUR CICILAN OLEH MAHASISWA : Studi Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bengkulu Muhammad Mubaral Baral; Wahyu Widiastuti; Nurlianti Muzni
Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial dan Humaniora Vol. 6 No. 2 (2022)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jkaganga.6.2.118-127

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari iklan yang disampaikan oleh Shopee paylater terhadap pilihan pemanfaatan fitur cicilan oleh Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2018-2020 Universitas Bengkulu. Jenis pendekatan yang digunakan ialah pendekatan penelitian kuantitatif, serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang ditimbulkan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori AIDDA (Attention, Interest, Decision, Desire, Dan Action). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada 75 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah stratified random sampling. Data pengujian hipotesis dilakukan dengan uji regresi linier sederhana melalui program SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Iklan Shopee Paylater berpengaruh terhadap pemanfaatan fitur cicilan pada mahasiswa ilmu komunikasi Universitas Bengkulu dengan koefisien determinasi (R Square) diperoleh nilai sebesar 0,222 yang menunjukkan bahwa 22% Iklan yang disampaikan oleh Shopee paylater sedangkan sisanya, 78% dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : Iklan, ShopeePaylater, Fitur Cicilan, Mahasiswa THE EFFECT OF SHOPEE PAYLATER ADVERTISING OF THE INSTALLMENT FEATURE BY STUDENTS ABSTRACT The purpose of this study is to find out whether there is an influence of the advertisements submitted by Shopee paylater on the choice of utilizing the installment feature by Communication Science Students class of 2018-2020, Bengkulu University. The type of approach used is a quantitative research approach, as well as to find out how much influence it has. The theory used in this study is the AIDDA theory (Attention, Interest, Decision, Desire, And Action). The data collection technique was carried out by distributing questionnaires to 75 students. The sampling technique used is stratified random sampling. Hypothesis testing data were performed with a simple linear regression test through the SPSS 25.0 program. The results showed that the Shopee Paylater Advertising variable affected the use of the installment feature in Bengkulu University communication science students with a coefficient of determination (R Square) obtained a value of 0.222 which showed that 22% of the advertisements submitted by Shopee paylater while the rest, 78% were influenced by other variables that were not studied in this study. Keywords : Advertising, ShopeePaylater, Installment Feature, Student
PENGEMBANGAN PROSES PEMBELAJARAN SMK MELALUI NEW MEDIA DI KOTA BENGKULU Andy Makhrian
Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial dan Humaniora Vol. 6 No. 2 (2022)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jkaganga.6.2.145-153

Abstract

Pendidikan adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Kemajuan suatu bangsa juga ditentukan oleh kemajuan pendidikannya, sistem pendidikan saat ini sudah mulai mengikuti zaman, yaitu dengan menggunakan teknologi informasi, atau pendidikan berbasis teknologi informasi. Salah satu fenomena teknologi informasi saat ini adalah media baru atau media baru. Dalam dunia pendidikan, sekarang ada startup pendidikan online uk yang disebut quipper school. Quipper school mencoba menjadi platform pembelajaran online terlengkap di Indonesia yang dapat digunakan tidak hanya untuk siswa tetapi juga untuk staf pengajar. Satu-satunya lembaga pendidikan menengah atas yang menggunakan media sekolah quipper di kota bengkulu saat ini adalah sekolah menengah kejuruan 3. Sekolah kejuruan negeri 3 kota bengkulu adalah sekolah standar nasional dengan sistem pendidikan berdasarkan keterampilan atau keterampilan. Melalui media sekolah quipper guru dapat memberikan informasi tentang pelajaran langsung kepada kelompok siswa secara bersamaan tanpa harus bertatap muka langsung. Penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan media quipper school memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan pembelajaran bagi siswa smk negeri 3 kota bengkulu, maka tampilan media quipper school sangat menarik, membuat siswa tertarik menggunakan media quipper school dalam membantu proses pembelajaran. Kata kunci: Media Baru, Proses Pembelajaran, dan Sekolah Menengah Kejuruan
PENGARUH PROMOSI PARIWISATA TERHADAP PREFERENSI WISATAWAN MANCANEGARA DI KOTA BENGKULU Fera Indasari; Yanto
Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial dan Humaniora Vol. 6 No. 2 (2022)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (543.538 KB) | DOI: 10.33369/jkaganga.6.2.154-161

Abstract

Membentuk preferensi wisatawan dalam memilih Kota Bengkulu sebagai lokasi destinasi yang wajib dikunjungi merupakan sebuah hal yang harus dilakukan mengingat bahwa adanya visi dari yang dibuat oleh pemerintahan Kota Bengkulu adalah "Visit Wonderful Bengkulu 2020". Peningkatan jumlah wisatawan asing semakin meningkat, tetapi jumlah tersebut masih sangat jauh tertinggal daripada daerah-daerah yang lebih dulu dikenal dengan sangat baik oleh tourist mancanegara, ini karena promosi masih belum effective dilakukan Penelitian ini berjudul Pengaruh Promosi Pariwisata terhadap preferensi wisatawan mancanegara di Kota Bengkulu, tujuan dari penelitian untuk mengetahui pengaruh promosi pariwisata terhadap preferensi wisatawan mancanegara di Kota Bengkulu. Untuk mencapai tujuan visit Bengkulu maka pemerintah sudah selayaknya memberikan perhatian yang lebih untuk menjalankan promosi pariwisata mengingat promosi akan sangat membantu calon wisatawan untuk mengetahui bagaimana keadaan tujuan wisatanya.Kata Kunci : Promosi, pariwisata, visit, Bengkulu, pemandangan.
STUDI KASUS STRATEGI KOMUNIKASI RADIO ARTHA 103,7 FM BENGKULU DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI DI ERA DIGITAL Nadya Anandari; Twin Agus Pramonojati
Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial dan Humaniora Vol. 6 No. 2 (2022)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (554.787 KB) | DOI: 10.33369/jkaganga.6.2.162-172

Abstract

Tujuan penelitian kualitatif ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi Radio Artha 103,7 FM Bengkulu dalam melakukan penyusunan strategi program dan pemilihan media agar tetap eksis dikalangan pendengar dan kliennya di era digital ini. Untuk melihat bagaimana strategi komunikasi Radio Artha 103,7 FM Bengkulu dalam mempertahankan eksistensi di era digital peneliti dengan menggunakan metode studi kasus instrumental menurut konsep Stake. Berdasarkan hasil dari penelitian ini Radio Artha 103,7 FM Bengkulu melakukan strategi penyusunan pesan siaran yang dilakukan Radio Artha dengan cara menentukan terlebih dahulu aspek penyiarannya lalu memprodukusi program acara yang mengusung tema kearifan lokal. Website, radio streaming, dan media sosial digunakan oleh Radio Artha sebagai media komunikasi tambahan selain siaran konvensional untuk mempertahankan eksistensinya di era digital, dengan menggunakan strategi tersebut dihasilkan peningkatan jumlah pendengar dan pengiklan. Kata Kunci : Strategi komumikasi, strategi program, pemilihan media komunikasi, eksistensi
MUATAN LOKAL PADA SISTEM TELEVISI BERJARINGAN KOTA BENGKULU SEBAGAI WUJUD PENERAPAN UU PENYIARAN SERTA P3 DAN SPS Yuliati
Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial dan Humaniora Vol. 6 No. 2 (2022)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (545.489 KB) | DOI: 10.33369/jkaganga.6.2.173-181

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan peran KPID dalam mendorong konten lokal pada jaringan sistem televisi di kota Bengkulu, dan untuk menentukan peran stasiun televisi berjaringan dalam menerapkan konten lokal sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang penyiaran dan P3 dan SPS. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi untuk mendapatkan data primer. data sekunder yang diperoleh melalui perpustakaan. penelitian informan ditentukan secara purposive terhadap praktisi penyiaran lokal di Bengkulu yang menanyai TV ONE, KOMPAS TV, TRANS 7 dan SCTV. Informan utama dalam penelitian ini adalah KPID Bengkulu.analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. validitas data uji menggunakan sumber triangulasi dan teori triangulasi.Kata Kunci: SSJ, penyiar lokal, P3SPS, KPID
Pola Komunikasi Relawan Pada Proses Pembelajaran di Home Human Initiative Bengkulu Dea Lorenza; Dhanurseto Hadiprashada; Verani Indiarma
Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial dan Humaniora Vol. 6 No. 2 (2022)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jkaganga.6.2.90-97

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pola komunikasi yang digunakan oleh relawan pada proses pembelajaran di HOME Human Initiative Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini ditentukan melalui teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada proses pembelajaran di HOME Human Initiative terdiri dari pola komunikasi satu arah sebagai aksi, pola komunikasi dua arah sebagai interaksi dan pola komunikasi multi arah sebagai transaksi, ketiga pola komunikasi digunakan dan memiliki fungsi yang berbeda-beda disetiap penggunaannya. Faktor-faktor yang membuat anak-anak tertarik mengikuti pembelajaran tambahan di HOME ialah suasana belajar yang menyenangkan, berbagai program menarik yang tidak terdapat disekolah dan fasilitas yang memadai. Hambatan yang didapati oleh anak-anak ialah fasilitas yang terbatas dan hambatan yang didapati oleh relawan ialah kekurangan tenaga pengajar, namun hambatan tersebut tidak menghentikan proses pembelajaran.Kata Kunci: Pola Komunikasi, Proses Pembelajaran, Home Initiative
Strategi Komunikasi Radio Kharisma 95,6 FM Bengkulu Utara Dalam Meningkatkan eksistensi Sebagai Lembaga Penyiaran Publik Lokal Melalui Program Siaran “Sapa Pagi” Muhammad Rama Aji; Dedy Supriyadi; Dwi Aji Budiman
Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial dan Humaniora Vol. 6 No. 2 (2022)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jkaganga.6.2.128-136

Abstract

Penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif deskriptif dan pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta mencari referensi melalui buku, jurnal, skripsi dan artikel yang berhubungan dengan penelitian. Penelitian ini juga menggunakan teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, display data, dan verifikasi dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Ekologi Media, dengan mengikuti pernyataan dari Dimmick dan Rohtenbuhler, yaitu ada tiga sumber utama dari penunjang hidup suatu media, yaitu types of content, types of audience, dan capital. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa LPPL Radio Kharisma 95.6 FM Bengkulu Utara telah melakukan upaya dan memiliki strategi tersendiri yang telah mencakup 3 sumber media dalam bertahan hidup, yaitu memanfaatkan ruang komuikasi sebagai pengumpulan ide pendapat dengan semua pihak radio, kemudian menerapkan tekhnik komunikasi yaitu memperhatikan tempo dan intonasi, dan memanfaatkan dengan maksimal sumber dana operasional utama yaitu APBD lalu mengikut sertakan semua crew radio untuk mengikuti pelatihan untuk meningkatkan kualitas SDM. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Radio, LPPL, Ekologi Media
Strategi Pengelolaan Kesan Dalam Membangun Personal Branding Oleh Creators Tiktok Bengkulu Tohom Jamospri Sibagariang; Wahyu Widiastuti; Andy Makhrian
Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial dan Humaniora Vol. 6 No. 2 (2022)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jkaganga.6.2.137-144

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pengelolaan kesan oleh creators TikTok Bengkulu dalam membangun personal branding. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Penentuan informan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pengelolaan kesan (impression management theory) dengan berakar dari dua cakupan yang terdiri dari presentasi diri dan pengelolaan identitas sosial. Personal branding adalah bagaimana kita memasarkan diri pada orang lain secara terstruktur (Ganiem, 2011). Hasil penelitian menunjukkan bahwa para creators TikTok Bengkulu melakukan pengelolaan kesan melalui diferensiasi yang dimiliki guna membangun personal branding dengan mengunggah konten video dan mengharapkan umpan balik dari pengikut. Kemudian, kategori kelompok rata-rata usia remaja menjadi sasaran dan mendapatkan keuntungan dari personal branding yang dibangun. Kata Kunci: Personal Branding, TikTok, Creators TikTok, Pengelolaan Kesan
Pengalaman Perempuan Setelah Perselingkuhan Pasangan, bertahan atau berpisah ? : - Indria -; Anis Endang Anis Endang
Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial dan Humaniora Vol. 6 No. 2 (2022)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jkaganga.6.2.98-107

Abstract

The purpose of this study was to examine the experiences of woman after their partner’s infidelity, whether to stay or choose to separate. This study uses a qualitative methode with a phenomenological approach. Data was collected through semi-structured in-dept interviews and informants in this study were selected through purposive techniques based on considerations of suitability with the problem and research abjectives. The informants in this study amounted to two women who were the research subjects with the problem of husband’s infidelity. Based on the result of the study, it can be concluded that in the end the experience of woman who experience infidelity with their partners will shoose to end their housedhold or choosed to separate. Keywords: Woman, infidelity, endure, separate.

Page 1 of 1 | Total Record : 10