cover
Contact Name
Faturachman Alputra Sudirman
Contact Email
atur@uho.ac.id
Phone
+6282251053573
Journal Mail Official
pamarenda@uho.ac.id
Editorial Address
Program Studi Ilmu Pemerintahan. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Halu Oleo . Kampus Baru Jl. H.E.A. Mokodompit, Kota Kendari, 93232
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
PAMARENDA : Public Administration and Government Journal
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : -     EISSN : 27983838     DOI : 10.52423
Core Subject : Humanities, Social,
PAMARENDA: Public Administration and Government Journal is a peer-reviewed journal published by the Department of Government Science, Faculty of Social and Political Science, Universitas Halu Oleo. Published three times a year in March, July, and November. PAMARENDA: Public Administration and Government Journal publish various concepts of thinking or ideas and the research in the following topics 1) State and Governance, 2) Policy and public services, 3) Government innovation, 4) Local Government and Public Policy, 5) Political and Government, and 6) State and Development.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 3 (2023): Edisi Maret" : 5 Documents clear
Implementasi E- Government (Aplikasi Sentuh Tanahku) dalam Meningkatkan Kualitas Informasi Pelayanan Sertifikat Tanah Pada Kantor Pertanahan Kota Kendari Rahman Amdar
PAMARENDA : Public Administration and Government Journal Vol 2, No 3 (2023): Edisi Maret
Publisher : Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Halu O

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (428.604 KB) | DOI: 10.52423/pamarenda.v2i3.31260

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi e-government (sentuh tanahku) dalam meningkatkan kualitas informasi pelayanan sertifikat tanah pada Kantor Pertanahan Kota Kendari. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi E- Government (Aplikasi Sentuh Tanahku) dalam meningkatkan kualitas informasi pelayanan sertifikat tanah pada Kantor Pertanahan Kota Kendari pada aspek publikasi dalam implementasi e- government aplikasi Sentuh Tanahku pada Kantor Pertanahan Kota Kendari dapat dikatakan belum cukup efektif hal ini dapat di lihat dari pengguna aplikasi Sentuh Tanahku yang masih kurang. Adapun aspek interaksi, dan transaksi dalam aplikasi Sentuh Tanahku yang dilakukan oleh Kantor Pertanahan dan masyarakat dapat di katakan sudah cukup baik.Kata kunci : Implementasi, E- government, Aplikasi Sentuh Tanahku. 
Peran Pemerintah Desa dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PAD) di Desa Sani-Sani Kecamatan Samaturu Kabupaten Kolaka Yudi Agusman; Puji Prio Utomo
PAMARENDA : Public Administration and Government Journal Vol 2, No 3 (2023): Edisi Maret
Publisher : Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Halu O

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (339.294 KB) | DOI: 10.52423/pamarenda.v2i3.29869

Abstract

Peran pemerintah desa dalam pembangunan desa pada era otonom daerah sangat penting, dimana secara langsung mendukung pemerintah daerah dalam membangun pondasi daerahnya sendiri   Dalam rangka mendukung penyelenggaraan otonomi desa maka perlu untuk meningkatkan dan mengembangkan segala potensi-potensi sumber daya ekonomi yang ada di Desa Sani-Sani sebagai salah satu Sumber pendapatan di Desa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana peran pemerintah desa dalam meningkatkan pendapatan asli desa di Desa Sani-Sani Kecamatan Samaturu Kabupaten Kolaka. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif, data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukan bahwa Peran Pemerintah Desa dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PAD) di Desa Sani-Sani Kabupaten Kolaka yang berdasar pada indikator pemerintah sebagai regulator, pemerintah sebagai dinamisator, dan pemerintah sebagai fasilitator belum terlaksana secara maksimal.Kata kunci : Pemerintah, Desa, Pendapatan Asli Desa (PAD). 
Peran Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dalam Melakukan Perencanaan Pembangunan Infrastruktur Jalan di Kabupaten Kolaka Timur Tahun 2019 Rion Rion
PAMARENDA : Public Administration and Government Journal Vol 2, No 3 (2023): Edisi Maret
Publisher : Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Halu O

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (444.306 KB) | DOI: 10.52423/pamarenda.v2i3.28680

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) dalam melakukan perencanaan pembangunan infrastruktur jalan di Kabupaten Kolaka Timur Tahun 2019. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tiga tahap yaitu; observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan peranan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dalam melakukan perencananaan pembangunan Infrastruktur Jalan Di Kabupaten Kolaka Timur sudah berjalan dengan dengan baik meskipun memiliki beberapa hambatan dalam proses perencanaan pembangunan khususnya infrastruktur jalan. Dalam menjalankan perannya sebagai badan perencana pembangunan dapat dilihat dari aspek pelaksanaan tugas dan fungsi BAPPEDA yang terdiri dari: 1) Perumusan kebijakan menggunakan sistem Bottom-Up dan Top-Down; 2) Fungsi Koordinasi dilakukan melalui rapat Koordinasi oleh pihak BAPPEDA Kabupaten Kolaka Timur dengan Dinas terkait seperti Dinas PU Kabupaten Kolaka Timur; 3) Tugas pengendalian ini dilakukan melalui memonitoring dan mengendalikan agar arah pembangunan infrastruktur jalan; dan 4) Penyelenggaraan Monitoring dan Evaluasi.Kata kunci : BAPPEDA, Perencanaan, dan Pembangunan Infrastruktur Jalan.
Kualitas Pelayanan Aparatur Melalui Penerapan Electronic Government di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Muna Naldo Naldo
PAMARENDA : Public Administration and Government Journal Vol 2, No 3 (2023): Edisi Maret
Publisher : Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Halu O

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (439.824 KB) | DOI: 10.52423/pamarenda.v2i3.28681

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kualitas Pelayanan Aparatur Melalui Penerapan Electronic Government di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Muna. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif dimana data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas Pelayanan Aparatur Melalui Penerapan Electronic government di Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil Kabupaten Muna terdiri atas beberapa indikator kemampuan fisik, reabilitas, responsivitas, kompetensi.Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Aparatur Pemerintah, Electronic Government.
Efektivitas Pelayanan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor Melalui Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Keliling Kota Kendari Audi Novianti
PAMARENDA : Public Administration and Government Journal Vol 2, No 3 (2023): Edisi Maret
Publisher : Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Halu O

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (341.464 KB) | DOI: 10.52423/pamarenda.v2i3.28683

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelayanan SAMSAT keliling Kota Kendari. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, bersifat uraian dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi, Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pelayanan Surat Tanda Nomor Kendaraan melalui Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Keliling Kota Kendari setelah ditinjau berdasarkan instrumen penelitian untuk faktor waktu sudah efektif karena waktu yang dibutuhkan untuk pelayanan SAMSAT keliling hanya memakan waktu kurang lebih dari 15 menit, faktor kecermatan sudah efektif hal ini didukung dengan mekanisme yang jelas dari pihak SAMSAT keliling Kota Kendari, gaya pemberi pelayanan sudah efektif hal ini didiukung dengan hasil wawancara oleh masyarakat yang memberi pernyataan bahwa petugas SAMSAT keliling Kota Kendari selalu menerapkan 3S (senyum,sapa,salam).Kata kunci : Efektivitas, Pelayanan, Samsat.

Page 1 of 1 | Total Record : 5