cover
Contact Name
Ika Fathin Resti Martanti
Contact Email
ika.fathin@sttkd.ac.id
Phone
+6285743418861
Journal Mail Official
jfa@sttkd.ac.id
Editorial Address
Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Jl. Parangtritis No.KM.4,5, Druwo, Bangunharjo, Kec. Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55143
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Flight Attendant Kedirgantaraan: Jurnal Public Relation, Pelayanan, Pariwisata
ISSN : 24601454     EISSN : 29626765     DOI : -
Jurnal Flight Attendant Kedirgantaraan invites manuscripts in the areas of: - Services - Tourisms - Public Relation, and - Hospitality
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 21 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2022): Jurnal Flight Attendant Kedirgantaraan" : 21 Documents clear
PENGARUH ANTARA HARGA TIKET DAN IN-FLIGHT MEAL YANG DISEDIAKAN OLEH MASKAPAI SRIWIJAYA AIR TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL YOGYAKARTA Sulistia; Nuning Agustina Ambarsari
Jurnal Flight Attendant Vol 4 No 2 (2022): Jurnal Flight Attendant Kedirgantaraan
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (180.143 KB) | DOI: 10.56521/attendant-dirgantara.v4i2.446

Abstract

Dengan menawarkan harga tiket yang relatif terjangkau, Sriwijaya Air memberikan beberapa fasilitas kepada penumpang, salah satunya adalah penyediaan makanan dan minuman ringan selama penerbangan sebagai bentuk nilai kepuasan penumpang. Hal ini belum tentu diterima sebagai kepuasan tersendiri oleh penumpang yang menggunakan layanan penerbangan ini, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh harga tiket dan makanan dalam penerbangan yang disediakan oleh Sriwijaya Air terhadap kepuasan pelanggan di Bandara Internasional Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan purposive sampling dan instrumen penelitian adalah kuantitatif. Alat penelitian berupa kuesioner kepada 100 responden. Alat uji yang digunakan adalah uji simultan parsial. Hasil penelitian ini dapat ditunjukkan dengan nilai signifikan untuk masing-masing hipotesis yaitu H1 0,00 < 0,05; H2 0,0 < 0,05; H3 0,00 < 0,05 artinya berdasarkan hasil pengujian, ketiga hipotesis yang diajukan yaitu hubungan antara variabel harga tiket dan variabel in-flight meal terhadap variabel kepuasan pelanggan dapat diterima.
ANALISIS PENGALAMAN KONSUMEN BERDASARKAN KESESUAIAN PELAYANAN MASKAPAI GARUDA INDONESIA DI BANDAR UDARA SYAMSUDIN NOOR BANJARMASIN KALIMANTAN SELATAN Anita Udmi Pusfitasari; Esti Nur Wakhidah
Jurnal Flight Attendant Vol 4 No 2 (2022): Jurnal Flight Attendant Kedirgantaraan
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (110.669 KB) | DOI: 10.56521/attendant-dirgantara.v4i2.465

Abstract

Garuda Indonesia dikenal sebagai maskapai nasional milik negara berkonsep full service yang melayani berbagai rute penerbangan baik domestik hingga internasional yang memberikan pelayanan prima dengan selalu memperhatikan tingkat kepuasan konsumen yang tercermin pada pengalaman positif konsumen. Pengalaman konsumen didasari dari pelayanan yang didapatkan penumpang telah sesuai dengan pelayanan yang dijanjikan oleh Garuda Indonesia. Hal ini memainkan peran penting dalam keputusan pada pembelian kembali para konsumen sehingga terjadi adanya loyalitas konsumen terhadap Garuda Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode campuran dengan strategi metode campuran konkuren yaitu menyatukan data kualitatif dengan data kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengalaman konsumen berdasarkan kesesuaian pelayanan saat Pre-Flight, Inflight, dan Post-Flight oleh Garuda Indonesia di Bandar Udara Internasional Syamsuddin Noor Banjarmasin, Kalimantan Selatan serta menggunakan teknik pengumpulan data kualitatif dengan wawancara terstruktur dan teknik pengumpulan kuantitatif dengan angket tertutup yang diambil dalam satu waktu dengan 20 (dua puluh) konsumen Garuda Indonesia Cabang Banjarmasin. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pengalaman konsumen terhadap Garuda Indonesia dari Pre-Flight, Inflight, hingga Post-Flight sangat baik dan sesuai dalam pelayanannya. Pengalaman konsumen Garuda Indonesia menunjukkan sikap puas dan perasaan yang positif akan pelayanan jasa penerbangan Garuda Indonesia sehingga memiliki kepercayaan dan kesetiaan kepada Garuda Indonesia yang menimbulkan rasa loyalitas terhadap Garuda Indonesia.
PENGARUH HARGA DAN KENYAMANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TIKET MASKAPAI CITILINK DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL YOGYAKARTA (YIA) Siti Yulianti; Djoko Widagdo
Jurnal Flight Attendant Vol 4 No 2 (2022): Jurnal Flight Attendant Kedirgantaraan
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (178.227 KB) | DOI: 10.56521/attendant-dirgantara.v4i2.468

Abstract

Tingkat persaingan di bidang industri penerbangan semakin ketat, setiap perusahaan harus menerapkan berbagai strategi pemasaran untuk mendapatkan pelanggan di masing-masing maskapai. Yang diterapkan dengan cara menerapkan strategi harga dan kenyamanan suatu konsumen atau pelanggan. Dikarenakan banyaknya pesaing antar perusahaan, maka maskapai perusahaan memberikan pelayanan bertarif rendah (low cost carrier) salah satunya adalah maskapai citilink. Dengan demikian, selain pelayanan bertarif rendah maskapai citilink juga memberikan pelayanan kenyamanan sesuai standar aspek perusahaan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk memperoleh informasi tentang Pengaruh Harga Dan Kenyamanan Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Maskapai Citilink di Bandar Udara Internasional Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang dilakukan dengan menggunakan data primer berupa kuisioner dengan jumlah 100 responden. Dalam menganalisis data instrumen yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linear berganda, uji t, uji f dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil dari nilai uji linear sederhana variabel X1 0,104 dan variabel X2 0,297 dan nilai determinan sebesar 0,134. Dapat diartikan bahwa harga dan kenyamanan memiliki pengaruh positif dan signifikan sebesar 13,4% terhadap keputusan pembelian tiket maskapai Citilink Di Bandar Udara Internasional Yogyakarta.
PENGARUH BRAND EQUITY DAN HARGA TIKET TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN OLEH PENUMPANG MASKAPAI AIRASIA RUTE DOMESTIK DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL JUANDA Neilla Eka Putri Hariyono; Zenita Kurniasari
Jurnal Flight Attendant Vol 4 No 2 (2022): Jurnal Flight Attendant Kedirgantaraan
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (161.729 KB) | DOI: 10.56521/attendant-dirgantara.v4i2.471

Abstract

Pengkajian ini bermaksud mendapati dampak ekuitas merek dan tarif tiket terhadap ketetapan pembelian oleh penumpang maskapai AirAsia rute domestik di Bandara Internasional Juanda. Keputusan pembelian adalah kemungkinan konsumen akan melakukan pembelian setelah melalui tahap pengenalan terhadap produk. Sebuah produk dapat diperkenalkan dengan mencari informasi tentang produk atau merek tertentu. Ekuitas merek merupakan sejumlah asset dan tanggung jawab terhadap merek, nama dan simbol dengan kata lain adalah identitas perusahaan yang dapat meningkatkan atau menyusutkan nilai suatu produk layanan kepada pelanggan dari perusahaan(Aaker, 2014). Harga tiket merupakan bauran pemasaran yang menghasilkan pendapatan dari kegiatan penjualan tiket yang bersifat fleksibel karena dapat berubah sewaktu-waktu tergantung dari keadaan supply dan demand yang beredar di masyarakat. Metodologi yang diterapkan pada penelitian ini yaitu kuantitatif dengan populasi yang ditetapkan adalah penumpang AirAsia rute domestik di Bandara Internasional Juanda. Sampel yang digunakan yaitu 150 orang dengan penerapan non-probability sampling. Teknik akumulasi data terhadap penelitian ini memanfaatkan kuisioner. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa: (1) variabel brand equity (ekuitas merek) secara terpisah memiliki efek positif dan berpengaruh dengan ketetapan pembelian. (2) variabel harga selaku terpisaah juga mempunyai dapapak positif dan bersar terhadap ketetapan. (3) variabel brand equity dan harga sebagai simultan berpengaruh besar terhadap ketetapan pembelian
PENGARUH HARGA TIKET DAN CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS PENUMPANG MASKAPAI CITILINK DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL ADI SOEMARMO SOLO Titis Kurnia Aziz Ma'ruf; Nuning Agustina Ambarsari
Jurnal Flight Attendant Vol 4 No 2 (2022): Jurnal Flight Attendant Kedirgantaraan
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (228.083 KB) | DOI: 10.56521/attendant-dirgantara.v4i2.483

Abstract

Maskapai penerbangan Citilink merupakan salah satu dari beberapa maskapai penerbangan yang ada di Indonesia. Penelitian ini berfokus pada pengaruh harga tiket dan citra merek terhadap Loyalitas Penumpang Maskapai Citilink di Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Solo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari harga dan citra merek terhadap loyalitas penumpang pada maskapai Citilink di Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Solo baik itu secara parsial maupun simultan. Motde yang digunakan yaitu bersifat kuantitatif dengan pendekatan purposive sampling. Metode pengumpulan data ini yaitu dengan cara penyebaran kuesioner atau angket kepada sejumlah sampel dari pelanggan maskpai citilink yaitu sebanyak 100 responden. Metode analisis data menggunakan uji analisis regresi linear berganda, uji parsial dan juga uji simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari harga tiket terhadap loyalitas penumpang dengan nilai T hitung 3,059 > T tabel 1,984; terdapat peengaruh dari citra merek terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai T hitung 2,97 > T tabel 1,984; dan terdapat pengaruh dari harga tiket dan citra merek secara simultan terhadap loyalitas pelanggan pada maskapai Citilink di Bandar Udara Adi Soemarmo Solo dengan nilai F hitung 61,088 > F tabel 3,09.
IMPLEMENTASI STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PT. GAPURA ANGKASA MENGENAI PENANGANAN SPECIAL CARGO DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL JENDRAL AHMAD YANI SEMARANG (SRG) Fika Anggraeni; Syifa Fauziah
Jurnal Flight Attendant Vol 4 No 2 (2022): Jurnal Flight Attendant Kedirgantaraan
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (191.998 KB) | DOI: 10.56521/attendant-dirgantara.v4i2.488

Abstract

Perdagangan internasional maupun domestic memang tidak bisa terlepas dari namanya Kargo. Pengiriman kargo menurpakan kegiatan umum yang terjadi dimana menyangkut pemindahan barang dari tempat awal ke tempat tujuan. Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi SOP PT. Gapura Angkasa mengenai penanganan special cargo, yang dimana pengiriman special kargo membutuhkan penanganan secara khusus atau berbeda dengan kargo lain. Sehingga para petugas kargo harus menangani special cargo tersebut sesuai dengan prosedur atau SOP yang telah ditentukan agar tidak menimbulkan resiko seperti kesehatan, keamanan, property, dan lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data primer yang di dapatkan melalui observasi secara langsung dan melakukan wawancara serta menganalisis data yang telah peneliti dapatkan. Sedangkan data sekunder diperoleh peneliti secara tidak langsung yang di daptkan dari dokumen-dokumen terkait penangan special cargo. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa PT. Gapura Angkasa telah menerapkan dan menjalankan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku. Dimana dalam proses wawancara di dapatkan hasil bahwa dalam menjalankan tugasnya para staf di unit cargo telah melaksanakan tugasnya masing-masing berdasarkan Stand ar Operasional Prosedur (SOP) yang telah di tetapkan. Para staf di unit cargo selalu berpedoman pada SOP untuk meminimalisir kegagalan atau kesalahan yang terjadi di lapangan.
Pengaruh Kualitas ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PETUGAS CHECK-IN COUNTER TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG MASKAPAI LION AIR DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL EL-TARI KUPANG PADA MASA PANDEMI (COVID-19) Febriyanti Rizka Salis; Suprapti
Jurnal Flight Attendant Vol 4 No 2 (2022): Jurnal Flight Attendant Kedirgantaraan
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (180.357 KB) | DOI: 10.56521/attendant-dirgantara.v4i2.561

Abstract

Seiring dengan berkembangnya lanskap bisnis Indonesia, semakin banyak maskapai penerbangan baru yang memasuki pasar, serta tantangan dan hambatan yang semakin sulit yang mereka hadapi mendorong mereka untuk memberikan layanan berkualitas tinggi yang memuaskan penumpangnya. Saat 2020 dimulai, semakin sedikit orang yang memanfaatkan perjalanan udara komersial. Sejak merebaknya wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Kualitas pelayanan Lion Air tentunya akan terpengaruh dengan adanya pandemi seperti ini. Ada atau tidaknya pengaruh kualitas layanan check-in terhadap kepuasan penumpang dan seberapa besar pengaruh kualitas layanan check-in terhadap kepuasan penumpang Lion Air di Bandara Internasional El-Tari Kupang menjadi tujuan dari penelitian ini. Metode yang didasarkan pada angka digunakan dalam penelitian ini. Non-probability sampling digunakan untuk menyebarkan kuesioner kepada 80 responden, sehingga pengumpulan data. SPSS versi 23.0 digunakan untuk analisis data yang meliputi validitas, reliabilitas, dan pengujian hipotesis. Nilai thitung sebesar 17.238 dan nilai ttabel sebesar 1.990 menunjukkan bahwa koefisien regresi kepercayaan dapat diartikan berpengaruh terhadap kepuasan penumpang. Terdapat tingkat signifikansi (Sig.) sebesar 0,000. Artinya, penulis menerima bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan penumpang penerbangan Lion Air yang tiba di Bandara Internasional El-Tari Kupang, dan bahwa nilai signifikansi (Sig.) 0,000 lebih kecil dari nilai signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa nilai signifikansi (Sig.) signifikan, atau hubungan antara kualitas pelayanan dan kepuasan penumpang bermakna.
PENGARUH AKSESIBILITAS DAN KETERSEDIAAN KERETA API BANDAR UDARA TERHADAP EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS PENUMPANG BANDAR UDARA INTERNASIONAL KUALANAMU Wayan Fazrur Reza; Nanik Rianandita Sari
Jurnal Flight Attendant Vol 4 No 2 (2022): Jurnal Flight Attendant Kedirgantaraan
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (125.114 KB) | DOI: 10.56521/attendant-dirgantara.v4i2.716

Abstract

Aksesibilitas bandar udara merupakan faktor penting sebagai pilihan ketika merencanakan perjalanan dan oleh karena itu juga dapat dijadikan keunggulan oleh berbagai terminal bandar udara bisa bersaing. Aksesibilitas transportasi dari dan ke bandar udara International Kualanamu salah satu nya Kereta Api Bandar Udara. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Aksesibilitas dan ketersediaan kereta api bandar udara terhadap efisiensi dan efektivitas penumpang bandar udara International Kualanamu. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian yang bersifat kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data menyebarkan kuisioner atau angket, observasi dan dokumentasi. Untuk analisis data yang digunakan regresi linear berganda, Uji t, Uji F, dan Uji koefisien determinasi. Data diolah menggunakan program software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara Aksesibilitas (X1) terhadap efisiensi dan efektivitas penumpang Bandar Udara International Kualanamu dan tidak terdapat pengaruh signifikan antara Fasilitas (X2) terhadap efisiensi dan efektivitas penumpang Bandar Udara International Kualanamu. Hal ini menunjukkan bahwa variabel aksesibilitas dan fasilitas memberi pengaruh terhadap variabel efisiensi dan efektivitas sebesar 46,7% dan sisanya 53,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diketahui dalam penelitian ini.
UPAYA PENINGKATAN FUNGSI YOGYAKARTA INTERNASIONAL AIRPORT DI MASA PANDEMI COVID-19 MELALUI KEGIATAN WISATA BANDAR UDARA Hasna Chandra Pratiwi
Jurnal Flight Attendant Vol 4 No 2 (2022): Jurnal Flight Attendant Kedirgantaraan
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (210.655 KB) | DOI: 10.56521/attendant-dirgantara.v4i2.717

Abstract

Yogyakarta Internasional Airport adalah bandar udara yang diresmikan secara langsung oleh Bapak Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo pada tanggal 28 Agustus 2020 dimana pada saat itu pandemi covid-19 melumpuhkan hampir kegiatan manusia termasuk dunia transportasi udara. Sedangkan Bandar Udara Internasional Yogyakarta yang sampai saat ini pun juga belum bisa beroperasi 24 Jam dan mobilitas penerbangannya juga belum beroperasi maksimal. Namun faktanya, Bandar Udara Internasional Yogyakarta mempunyai daya tarik wisata bagi masyarakat sekitar bahkan sampai keluar daerah. Selain dikarenakan bangunan megah dan area publik yang cukup luas, bandar udara ini juga terletak di samping kawasan wisata pantai Glagah-Congot yang menjadi salah satu ciri wisata daerah disana. Daya tarik wisata bandara tersebut harusnya mendapat tanggapan dari pihak Angkasa Pura 1, menjadikan pertimbangan utama penulis untuk mengangkat permasalahan dalam penelitian ini. mengingat salah satu fungsi bandar udara internasional yaitu fungsi pertumbuhan dan perkembangan pariwisata. Penelitian ini tentang upaya peningkatan fungsi bandar udara internasional Yogyakarta melalui wisata bandara, yang memfokuskan pada salah satu wujud program wisata bandar udara yaitu Discovery YIA. Metode kualitatif dan pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, serta studi pustaka. Analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Educational Tour Discovery YIA adalah salah satu program Angkasa Pura 1 dalam mewujudkan Bandar Udara Internasional Yogyakarta sebagai bandara wisata. Program yang dikenal dengan Discovery YIA ini di remikan oleh PT Angkasa Pura 1 yang bekerja sama dengan PT Natra Abadi Nugrahautama Aircraft Suport. Adanya program kegiatan .ini guna membantu masyarakat umum untuk bisa berkunjung ke bandar udara.. Adapun tujuan discovery YIA untuk mengedukasi masyarakat umum tentang bandar udara baik dari operasionalnya maupun dari sisi lain Bandar Udara Internasional Yogyakarta.
PENGARUH EFEKTIVITAS KERJA PETUGAS CHECK POINT TERHADAP KUALITAS PRE-FLIGHT SERVICES SELAMA COVID-19 DI BANDAR UDARA APT PRANOTO Avilia Dian Safitri; Raden Fatchul Hilal
Jurnal Flight Attendant Vol 4 No 2 (2022): Jurnal Flight Attendant Kedirgantaraan
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (303.813 KB) | DOI: 10.56521/attendant-dirgantara.v4i2.718

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui apakah efektivitas kerja petugas Check Point akan berpengaruh terhadap kualitas pre-flight services selama Covid-19 di Bandar Udara APT Pranoto. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh efektivitas kerja petugas Check Point terhadap kualitas pre-flight services selama Covid-19 di Bandar Udara APT Pranoto. Ide judul penelitian diambil berdasarkan kondisi pandemi Covid-19 yang sedang terjadi serta berdasarkan pengalaman pribadi peneliti ketika melakukan penerbangan melalui Bandar Udara APT Pranoto Samarinda ketika pandemi Covid-19.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan penyebaran kuesioner kepada penumpang secara online dan offline. Penelitian dilakukan di Bandar Udara APT Pranoto pada 13-26 September 2021 dengan kriteria responden yang telah ditentukan. Adapun jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 112 responden. Hasil jawaban kuesioner responden kemudian dianalisis menggunakan software Statistical Product and Service Solution (SPSS) untuk menjawab rumusan masalah penelitian.Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas kerja petugas Check Point berpengaruh terhadap kualitas pre-flight services selama Covid-19 di Bandar Udara APT Pranoto, dengan besar pengaruh yang cukup signifikan yaitu 78%. Setiap penambahan 1% efektivitas kerja petugas Check Point (X), maka kualitas pre-flight services selama Covid-19 (Y) akan meningkat sebesar 1,363. Hasil kuesioner, yaitu rata-rata jawaban responden, untuk masing-masing variabel X dan variabel Y adalah B (Baik). Namun berdasarkan observasi, rata-rata nilai yang diberikan oleh peneliti untuk variabel X adalah 3 (Cukup), dan untuk variabel Y adalah 4 (Baik).

Page 1 of 3 | Total Record : 21