cover
Contact Name
Suria Alamsyah Putra
Contact Email
choir.harahap@yahoo.com
Phone
+6282251583783
Journal Mail Official
publikasi@itscience.org
Editorial Address
JL. Waru Lk. VII, Kelurahan Jati Karya Kecamatan Binjai Utara - Kota Binjai | Sumatera Utara | Indonesia G-Mail : itsjumansi@gmail.com
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Manajemen Dan Akuntansi Medan
ISSN : 26567016     EISSN : 27976238     DOI : https://doi.org/10.47709
Core Subject : Science, Education,
JUMANSI: Jurnal Manajemen dan Akuntasi adalah jurnal yang memuat hasil penelitian atau kajian ilmu di bidang Manajemen dan Akuntansi. JUMANSI terbit setiap dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Januari dan Juli. JUMANSI mempublikasikan karya ilmiah terbaik berdasarkan proses seleksi di bidang Manajemen dan AKuntasi yang berfokus pada penerbitan makalah berkualitas. Artikel yang diserahkan akan ditinjau oleh komite teknis Jurnal. Semua artikel yang dikirimkan harus berupa laporan asli, memiliki nilai kebaruan atau hasil kegiatan yang telah dilakukan sebelumnya, eksperimental atau teoritis, dan akan diulas oleh mitra bestari. Artikel yang dikirim ke jurnal JUMANSI tidak boleh dipublikasikan di tempat lain. Naskah harus mengikuti pedoman penulis yang disediakan oleh JUMANSI dan harus ditinjau dan disunting. JUMANSI diterbitkan oleh Information Technology and Science (ITScience), sebuah Lembaga Penelitian di Medan, Sumatera Utara, Indonesia.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 1 (2023): Jurnal Manajemen Dan Akuntansi Medan" : 13 Documents clear
KINERJA PEGAWAI: BUDAYA ORGANISASI DAN MOTIVASI KERJA MELALUI KEPUASAN KERJA PEGAWAI Bima Wahyu Hermananta; Taufiq Noor Rokhman; Nurrokhman Wobowo
Jurnal Manajemen Dan Akuntansi Medan Vol. 5 No. 1 (2023): Jurnal Manajemen Dan Akuntansi Medan
Publisher : Information Technology and Science (ITScience)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47709/jumansi.v5i1.2203

Abstract

An organization whether it is profit and public services are required to be able to show their best performance consistently in order to achieve organizational goals. One of the factors that determine the achievement of organizational goals is the performance of human resources. The purpose of this study was to analyze the influence of organizational culture and work motivation on job satisfaction and employee performance. In accordance with the subject matter and purpose of the research that has been formulated, then this kind of research is explanatory research. The sample in this study was 103 employees. The analytical tool used is path analysis. Based on the analysis of evidence that organizational culture and work motivation influence on job satisfaction, organizational culture, motivation and job satisfaction influence on employee performance. Job satisfaction may mediate the influence of organizational culture and work motivation on employee performance. In order to improve employee performance, Institutions need to create a good organizational culture that is applied on the ability of the completion of the work, in addition, employees need to be motivated more by policies decided upon as creating a conducive working environment, providing fasiitas and facilities that support, and more consider the form of awards for employees
Pengaruh Perputaran Piutang Terhadap Modal Kerja Pada UD. Manalu Daniel Parulian Pangaribuan; Safriadi Pohan; Yusi Tri Utari Panggabean
Jurnal Manajemen Dan Akuntansi Medan Vol. 5 No. 1 (2023): Jurnal Manajemen Dan Akuntansi Medan
Publisher : Information Technology and Science (ITScience)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47709/jumansi.v5i1.2206

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh Perputaran Piutang Terhadap Modal Kerja Pada UD. Manalu. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Ada Pengaruh Perputaran Piutang Terhadap Modal Kerja Pada UD. Manalu. Peneliti menggunakan jenis penelitian asosiatif. Sampel dalam penelitian ini adalah data laporan keuangan 5 tahun yakni tahun 2017 sampai tahun 2021. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan cara studi pustaka dan pengumpulan data sekunder, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah penulis menggunakan metode Koefisien Korelasi, Analisis Regresi Sederhana, dan metode Analisa Rasio. Perputaran piutang setiap tahun mengalami peningkatan, dimana rasio perputaran piutang tahun 2017 sebesar 20,04 kali, tahun 2018 sebesar 19,7 kali, tahun 2019 sebesar 19,9kali, tahun 2020 sebesar 20,7 kali, tahun 2021 sebesar 20,1 kali. Rasio modal kerja setiap tahun mengalami peningkatan tahun 2017 sebesar 6,9, tahun 2018 sebesar 7,4 tahun 2019 sebesar 7,7 tahun 2020 sebesar 8, 1 tahun 2021 sebesar 8,5 Koefisien korelasi diperoleh 0,69 ini menggambarkan bahwa hubungan antara perputaran piutang terhadap modal kerja adalah kuat dan mempunyai hubungan yang positif. Persamaan model regresi linear sederhana diperoleh,Y = 4,165 + 0,574 menunjukkan ke arah positif. Kata Kunci: Perputaran Piutang dan Modal Kerja
Analisis Dampak Pemberian Insentif Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tapanuli Tengah Suli Yersia Pardede; Hj.Nelly Azwarni; Jeniusman A. Hutagalung
Jurnal Manajemen Dan Akuntansi Medan Vol. 5 No. 1 (2023): Jurnal Manajemen Dan Akuntansi Medan
Publisher : Information Technology and Science (ITScience)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47709/jumansi.v5i1.2207

Abstract

Keberhasilan suatu pemerintahan sangat ditentukan oleh Dampak Pemberian Insentif dan Motivasi agar pegawai bekerja dengan baik serta memegang peranan penting dalam fungsi operasional pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh Analisis Dampak Pemberian Insentif dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tapanuli Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Peneliti menggunakan 37 orang responden sebagai sampel yang diambil dari 37 orang populasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang positif antara Dampak Pemberian Insentif dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tapanuli Tengah dan koefisien korelasi nya 0,978, sehingga apabila di interprestasikan dalam skala nilai dapat di kategorikan sangat kuat. Sementara koefisien determinasi diketahui bahwa pengaruh Pemberian Insentif (X1) dan Motivasi (X2) terhadap Kinerja Pegawai sebesar 96,4% dan sisanya sebesar 3,6% dipengaruhi oleh faktor yang tidak diteliti. Persamaan regresi yang di peroleh Y = 2.907 + 0,698X1 + 0,233X2 yang menunjukkan apabila di tambahkan satu satuan variabel Pemberian Insentif (X1) dan Motivasi (X2) atau nilai tertentu maka akan bertambah peningkatan variabel Y (Kinerja Pegawai) sebesar koefisien regresi 0,698dan 0,233. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang dilakukan dengan membandingkan antara nilai t hitung dan t tabel didapat bahwa nilai t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 8.240>2.032 dan 2.770>2.032 dan nilai signifikasi 0,05%. Karena t hitung lebih besar dari t tabel maka ada pengaruh variabel Pemberian Insentif (X1) dan Motivasi (X2) yang signifikan dan simultan yaitu nilai F hitung 453.750>F tabel 3,267, terhadap Kinerja Pegawai Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tapanuli Tengah dan hipotesis yang diajukan, diterima.
Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Pada Dinas Perikanan Ketahanan pangan Dan Pertanian Kota Sibolga Mutia Tresa Putri; MHD Syafwan Koto; Jeniusman A Hutagalung
Jurnal Manajemen Dan Akuntansi Medan Vol. 5 No. 1 (2023): Jurnal Manajemen Dan Akuntansi Medan
Publisher : Information Technology and Science (ITScience)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47709/jumansi.v5i1.2209

Abstract

Abstrak Hasil Penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan positif antara Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Prestasi Kerja Pegawai pada Dinas Perikanan Ketahanan Pangan dan Pertanian kota Sibolga dan uji Korelasi ditemukan nilai sebesar 0,771 antara Motivasi dengan Prestasi Kerja dan 0,707 antara Disiplin Kerja dengan Prestasi Kerja dan dikategori korelasi kuat. Sementara koefisien Determinasi diketahui bahwa (R Square) adalah 0,644 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas yaitu Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap variabel terikat yaitu Prestasi Kerja adalah sebesar 64,4%, dan sisanya sebesar 35,6% dipengaruhi oleh faktor diluar variabel bebas (Motivasi dan Disiplin Kerja), Dengan persamaan regresi sebagai berikut : Y= 4,794 + 0,568X1+0,344X2, Nilai konstanta regresi sebesar 4,794 menunjukkan bahwa pada Motivasi, Disiplin Kerja, dengan kondisi konstan atau X=0 maka Prestasi Kerja pegawai pada Dinas Perikanan Ketahanan Pangan dan Pertanian kota Sibolga.Dari hasil uji t pada penelitian diketahui bahwa nilai t hitung Motivasi sebesar 4,221>2,01537 dan Disiplin Kerja sebesar 2,477>2,01537 secara parsial atau individu berpengaruh terhadap Prestasi Kerja Pegawai pada Dinas Perikanan Ketahanan Pangan dan Pertanian kota Sibolgaa dapat diterima. Sedangkan dari hasil uji F diketahui nilai F hitung 39.756> F tabel 3.21 dan signifikansi F hitung 0,000<0,05 sehingga hipotesis yang menyatakan Motivasi dan Disiplin Kerja berpengaruh signifikan secara bersama atau simultan terhadap Prestasi Kerja Pegawai pada Dinas Perikanan Ketahanan Pangan dan Pertanian kota Sibolga dapat diterima. Kata Kunci : Motivasi, Disipin Kerja dan Prestasi Kerja
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada UD. Restu Mulia Pandan Dian Kharisma; Sahat Simatupang; Heriyawan Hutagalung
Jurnal Manajemen Dan Akuntansi Medan Vol. 5 No. 1 (2023): Jurnal Manajemen Dan Akuntansi Medan
Publisher : Information Technology and Science (ITScience)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47709/jumansi.v5i1.2210

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian untuk menguji ada tidaknya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada UD. Restu Mulia Pandan. Penulis menggunakan 90 orang responden sebagai sampel yang diambil dari 10% populasi sebesar 900 orang populasi dengan menggunakan rumus slovin dengan metode penelitian menggunakan uji instrumen validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik uji normalitas dan uji heteroskedastisitas, uji analisis data uji korelasi, uji determinasi, uji regresi linier sederhana dan uji hipotesis t. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan positif antara kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen pada UD. Restu Mulia Pandan dan uji korelasi ditemukan nilai sebesar 0,880 dengan kategori korelasi sangat kuat. Sementara koefisien determinasi diketahui bahwa (R Square) adalah 0,775 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas yaitu kualitas pelayanan terhadap variabel terikat yaitu kepuasan konsumen adalah sebesar 77,5%, dan sisanya sebesar 22,5% dipengaruhi oleh faktor diluar variabel bebas (kualitas pelayanan), Dengan persamaan regresi sebagai berikut : Y= 5,824 + 0,866X yang menunjukkan apabila ditambahkan satu satuan variabel X (kualitas Pelayanan) atau nilai tertentu maka akan bertambah peningkatan variabel Y (kepuasan Konsumen) dan berdasarkan uji hipotesis t maka didapatkan hasil bahwa nilai t hitung sebesar 17,411 dan nilai t tabel 1,98729 maka nilai t hitung 17,411>1,98729, karena nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen
Fraud Pengelolaan Dana Desa di Tinjau dari Sistem Pengendalian Intern Pemerintah di Kabupaten Semarang Moeljono
Jurnal Manajemen Dan Akuntansi Medan Vol. 5 No. 1 (2023): Jurnal Manajemen Dan Akuntansi Medan
Publisher : Information Technology and Science (ITScience)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47709/jumansi.v5i1.2214

Abstract

Latar belakang: Studi ini bertujuan untuk menguji Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) terhadap Kecurangan Pengelolaan Dana Desa Pada Pemerintahan Desa di Kabupaten Semarang. Populasi penelitian ini adalah Perangkat Desa di wilayah Kabupaten Semarang. Metode penelitian: Jenis penelitian, causal research. Data yang digunakan, data primer dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sebelum dilakukan pengujian hipotesis dengan analisis regresi berganda, terlebih dahulu dilakukan uji kualitas dan reabelitas data serta uji asumsi klasik. Penggunaan sampel dengan menggunakan rumus Slovin, dari 142 populasi didapatkan sampel sebanyak 67 responden. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik starified random sampling. Hasil penelitian: Hasil penelitian menunjukkan secara parsial, lingkungan pengendalian, informasi dan komunikasi serta pemantauan berpengaruh positif terhadap kecurangan pengelolaan dana desa, namun, penilaian resiko dan kegiatan pengendalian berpengaruh negative terhadap kecurangan pengelolaan dana desa. Hasil studi juga menunjukan bahwa secara simultan semua variable memiliki pengaruh yang kuat terhadap kecurangan pengelolaan dana desa. Kesimpulan: hasil studi secara general adanya kelemahan dalam pengawasan terhadap manajemen Dana Desa di Wilayah Kabupaten Semarang.
PENGARUH SARANA DAN PRASARANA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BADAN KESATUAN BANGSA DAN POLITIK KABUPATEN TAPANULI TENGAH Derliana; Mansur Tanjung; Rifka Hadia Lubis
Jurnal Manajemen Dan Akuntansi Medan Vol. 5 No. 1 (2023): Jurnal Manajemen Dan Akuntansi Medan
Publisher : Information Technology and Science (ITScience)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47709/jumansi.v5i1.2236

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh sarana dan prasarana terhadap kinerja pegawai pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Tapanuli Tengah. Identifikasi masalah yaitu sarana dan prasarana yang tersedia kurang memadai dan masih minim dengan jumlah pegawai yang ada. Nilai R sebesar 0,595 (korelasi sedang) dengan pengaruh 60% sisanya 40% dipengaruhi oleh variabel lain. Hasil olahan data, persamaan regresi linear berganda adalah Y = 14,980 + 0,314X1 + 0,514X2 + e. Hasil persamaan dijelaskan bahwa nilai a = 14,980 diartikan jika tidak terjadi perubahan variabel X1 dan X2 = 0, maka kinerja pegawai sebesar 14,980 satuan, b = 0,314 diartikan jika variabel X1 meningkat sebesar 1% dengan asumsi prasarana dan constanta = 0, maka kinerja pegawai meningkat sebesar 0,314. c = 0,514 diartikan jika variabel prasarana meningkat sebesar 1% dengan asumsi sarana dan constanta = 0, maka kinerja pegawai meningkat sebesar 0,514. Hasil uji F diketahui nilai Fhitung 7,383 dan Ftabel 3,32 sehingga Fhitung > Ftabel dan tingkat signifikansi 0,003 < 0,05, maka Ho ditolak dan H3 diterima, disimpulkan variabel X1 dan X2 secara simultan berpengaruh terhadap variabel Y. Hasil Uji t, H1 ditolak artinya berpengaruh tapi tidak signifikan terhadap Y. Hipotesa yang diajukan pada BAB I dapat diterima. Kata Kunci : Kinerja Pegawai, Prasarana dan Sarana
PENGARUH SEMANGAT KERJA DAN DISIPLIN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN KABUPATEN TAPANULI TENGAH Devi Adelina Pakpahan; Hadijah Sipahutar; Heriyawan Hutagalung
Jurnal Manajemen Dan Akuntansi Medan Vol. 5 No. 1 (2023): Jurnal Manajemen Dan Akuntansi Medan
Publisher : Information Technology and Science (ITScience)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47709/jumansi.v5i1.2241

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh semangat kerja dan disiplin terhadap kinerja pegawai pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tapanuli Tengah. Berdasarkan uraian hasil penelitian tentang Pengaruh Semangat Kerja dan Disiplin Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tapanuli Tengah, maka dapat disimpulkan sebagai berikut :Berdasarkan koefisien korelasi berganda terdapat hubungan yang cukup/sedang dan positif sebesar 0,611 antara Semangat Kerja dan Disiplin terhadap Kinerja, berdasarkan koefisien Determinasi yang diperoleh sebesar 0,990%, ini bermakna bahwa kemampuan model dalam menjelaskan variasi Kinerja oleh Semangat Kerja dan Disiplin sebesar 99% pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tapanuli Tengah, sedangkan sisanya dijelaskan variable lain yang tidak dimasukan dalam model sebesar 1%, berdasarkan Regresi Linear Sederhana persamaan regresi yang diperoleh adalah Y= 3,353 + 0,60X1+1,012X2 yang menunjukan pengaruh Semangat Kerja terhadap Kinerja akan bertambah sebesar koefisien (0,060) apabila variabel Disiplinterhadap Kinerja akan bertambah sebesar koefisien (1,012) ditambah dengan satu satuan, dan berdasarkan uji t yang dilakukan terhadap hipotesis yang diajukan diterima ( signifikan ) dimana t hitung lebih besar dari t table yaitu 3,521>2,01669 yang berarti pengaruh Semangat Kerja dan Disiplin terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tapanuli Tengah sangat cukup dan signifikan dalam meningkatkan Kinerja. Kata Kunci : Disiplin, Kinerja dan Semangat Kerja
PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN KABUPATEN TAPANULI TENGAH Desi Christina Habeahan; Rosmita Ambarita; Hj. Rahmadiah Hanum
Jurnal Manajemen Dan Akuntansi Medan Vol. 5 No. 1 (2023): Jurnal Manajemen Dan Akuntansi Medan
Publisher : Information Technology and Science (ITScience)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47709/jumansi.v5i1.2242

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja pegawai Pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tapanuli Tengah dengan menarik hipotesis bahwa ada Pengaruh Kinerja Pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tapanuli Tengah. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang positif antara kepemimpinan dan kinerja pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tapanuli Tengah sebesar 0,276 sedangkan motivasi dengan kinerja pegawai 0,277 sehingga apabila diinterprestasikan dalam skala nilai dapat dikategorikan cukup dan baik. Persamaan regresi yang diperoleh Y = 25,380 + 0,223X1 + 0,217X2 yang menunjukkan kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja. Uji t menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan ditolak kebenarannya, dimana t hitung 1,032 < 2,01808 yang berarti kinerja pegawai akan berkurang sebesar koefisien regresi (0,100) apabila variabel kepemimpinan ditambah dengan satu satuan dan variabel lain dianggap konstan. Sementara motivasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai dimana t hitung < t tabel yaitu 1,047 <2,01808. Sementara koefisien determinasi diketahui bahwa kepemimpinan kendali bebas hanya berperan 0,100% terhadap kinerja Pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tapanuli Tengah dan sisanya dipengaruhi faktor-faktor yang tidak diteliti. Kata Kunci : Motivasi, Kepemimpinan Dan Kinerja Pegawai .
Pengaruh Komunikasi dan Pendelegasian Wewenang Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Sibolga Yuni Anggraini Tanjung; Hadijah Sipahutar; Hj. Nelly A. Sinaga
Jurnal Manajemen Dan Akuntansi Medan Vol. 5 No. 1 (2023): Jurnal Manajemen Dan Akuntansi Medan
Publisher : Information Technology and Science (ITScience)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47709/jumansi.v5i1.2244

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Komunikasi dan Pendelegasian Wewenang Terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Sibolga. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah pegawai yang ada pada Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Sibolga dengan penyebaran kuesioner berjumlah 32 responden. Hasil penelitian Berdasarkan analisis nilai koefisien determinasi sebesar 0,776, hal ini berarti bahwa yang terjadi pada variasi variabel terikat kinerja pagawai (Variabel Y) 77,6 % ditentukan oleh variabel bebas Komunikasi (Variabel X1) dan Pendelegasian Wewenang (Variabel X2) secara serempak dan sisanya sebesar 22,4 % ditentukan oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Dari hasil uji t pada penelitian diketahui bahwa nilai t hitung Komunikasi sebesar 3,240, lebih besar dari t tabel sebesar 2,045 (3,240 > 0,2,045), maka variabel Komunikasi (X1) berpengaruh terhadap Kinerja pegawai (Y) pada Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Sibolga, berarti Ho ditolak, Ha diterima dan Pendelegasian Wewenang sebesar 6,045 > t tabel 2.045, maka variabel Pendelegasian Wewenang (X2) berpengaruh terhadap Kinerja pegawai pada Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Sibolga berarti Ho ditolak, Ha diterima. Sedangkan dari hasil uji F diketahui Nilai F hitung 50,300 > F tabel 3.33 dan nilai signifikasi 0.000 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat sisimpulkan bahwasanya adanya pengaruh komunikasi dan pendelegasian wewenang terhadap kinerja pegawai pada kantor kesatuan bangsa dan politik kota sibolga dapat diterima. Kata kunci: Kinerja Pegawai, Komunikasi, dan Pendelegasian wewenang.

Page 1 of 2 | Total Record : 13