cover
Contact Name
Muchamad Subali Noto
Contact Email
msnoto@ugj.ac.id
Phone
+6282117556837
Journal Mail Official
euclid.unswagati@gmail.com
Editorial Address
Lembaga Penelitian Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ). Jalan Pemuda No. 32, Kota Cirebon, Jawa Barat, Indonesia. Kode Pos 45132.
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Euclid
ISSN : 25414453     EISSN : 23551712     DOI : https://doi.org/10.33603/e.v10i1.7258
Core Subject : Education, Social,
The aim of Euclid, p-ISSN 2355-1712 and e-ISSN 2541-4453, is to provide a national forum for sharing, dissemination and discussion of research, experience and perspectives across a wide range of pure and applied mathematics, education, teaching, development, instruction, educational projects and innovations, learning methodologies, and new technologies in mathematics education. The Journal invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of research in pure mathematics, applied mathematics, and mathematics education are welcome, which includes, but not limited to the following topics: Mathematics Learning Model, Assesment and Evaluation in Mathematics Teaching, Design/Development Research in Mathematics Education, Mathematics Ability, ICT in Mathematics Education, Ethnomathematics. Applied Mathematics: Environmental Mathematics, Industrial Mathematics, Computational Mathematics, Mathematical Economics, Financial Mathematics, Statistics. Pure Mathematics: Algebra, Geometry, Analysis, Discrete Mathematics/ Combinatorics.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2016): EDISI JANUARI" : 8 Documents clear
PENGARUH PENDEKATAN METAPHORICAL THINKING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA Ika Wahyuni; Muchamad Subali Noto; Ayu Nur Hikmah
Euclid Vol 3, No 1 (2016): EDISI JANUARI
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (168.162 KB) | DOI: 10.33603/e.v3i1.319

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingkat pencapaian hasil belajar siswa dankemampuan literasi matematis siswa masih rendah dibawah nilai yang diharapkan. Halini didukung dengan hasil belajar siswa pada ulangan akhir semester yang lalu, pelajaranmatematika mendapatkan rata-rata nilai murni sebesar 50,43 masih dibawah nilai KKMyaitu sebesar 72. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan populasiseluruh siswa kelas IX SMPN 1 Tengah Tani, sampelnya dipilih secara purposive sampling.Kelas yang dipilih untuk menjadi sampel, yaitu kelas IX G sebagai kelas eksperimen dankelas IX F sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa soal tes uraian untukmengukur kemampuan literasi matematis siswa, lembar pengamatan aktivitas siswa,RPP, LKS, dan angket respons. Berdasarkan hasil analisis data, penelitian pada kelaseksperimen menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari aktivitas siswayang ditumbuhkan dengan pendekatan Metaphorical Thinking sebesar 88,0% terhadapkemampuan literasi matematis siswa. Terdapat perbedaan kemampuan literasi matematissiswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan Metaphorical Thinking daripadasiswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional. Dari hasilangket diketahui respons siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakanpendekatan Metaphorical Thinking pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung (BRSL)menunjukkan adanya tanggapan baik.Kata Kunci: Pendekatan Metaphorical Thinking, Kemampuan Literasi Matematis
MENINGKATKAN KEMAMPUAN DOSEN DALAM MENGEVALUASI HASIL BELAJAR MAHASISWA Ena Suhena Praja
Euclid Vol 3, No 1 (2016): EDISI JANUARI
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (219.431 KB) | DOI: 10.33603/e.v3i1.323

Abstract

Peningkatan kompetensi profesional dosen sudah seharusnya mendapatperhatian khusus, karena dengan meningkatnya kualitas kompetensi profesionaldosen akan berdampak pada kualitas pembelajaran, dengan meningkatnyakualitas pembelajaran akan mempengaruhi peningkatan kualitas belajarmahasiswa, yang pada akhirnya diharapkan akan dapat meningkatkan kualitaslulusan. Peningkatan kualitas lulusan ditentukan oleh kemampuan dosen dalammengevaluasi mahasiswanya. Evaluasi dapat dilakukan terutama selama dansetelah proses pembelajaran berlangsung. Selama proses pembelajaranberlangsung, kita dapat mengevaluasi melalui observasi tentang kualitas prosespembelajaran, apakah sudah sesuai dengan yang diharapkan atau belum. Setelahproses pembelajaran berlangsung, kita dapat mengevaluasi tentang hasil belajaryang telah dicapai oleh mahasiswa, apakah hasil belajarnya sudah menunjukkanhasil yang sesuai dengan tujuan yang telah dibuat sebelum pembelajaranberlangsung. Oleh karena itu dosen diharapkan dapat lebih memahami tentangevaluasi, bagaimana cara mengevaluasi, terutama dalam hal mengkonstruksibutir soal berdasarkan kisi-kisi, pengadministrasian tes, pengolahan hasil tes, dananalisis butir soal.Kata Kunci: Evaluasi Hasil Belajar, Mengkontruksi, dan Analisis Butir Soal.
EFEKTIFITAS PENGGUNAAN BAHAN AJAR BERBASIS WOLFRAM MATHEMATICA PADA MATA KULIAH ALJABAR LINIER Aryo Andri Nugroho; Lukman Harun; Noviana Dini Rahmawati
Euclid Vol 3, No 1 (2016): EDISI JANUARI
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2391.389 KB) | DOI: 10.33603/e.v3i1.326

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan prestasi belajar mahasiswapendidikan matematika semester 2 tahun 2014/2015 Universitas PGRI Semarangdengan menggunakan bahan ajar berbasis wolfram mathematica pada mata kuliahaljabar linear.Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasy Experimental. Populasi dalampenelitian ini adalah mahasiswa semester 2 tahun 2014/2015. subjek penelitian initerdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pemilihan subyekpenelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling. Variabel penelitian yaitukreativitas dan prestasi belajar. Cara pengambilan data dengan observasi dan tesprestasi belajar.Dari hasil penelitian dapat disimpukan bahwa pembelajaran denganmenggunakan bahan ajar berbasis wolfram mathematica pada mata kuliah aljabarlinear melalui uji statistika memenuhi kriteria efektif dengan ketuntasan belajarlebih dari 65 yaitu 73,09 dan kreativitas mempunyai pengaruh terhadap hasilbelajar sebesar 17,5%. Selain itu, kelas eksperimen mempunyai rata-rata sebesar73,09 dan kelas kontrol mempunyai rata-rata sebesar 62,81. Dengan demikian,kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol.Keyword: wolfram mathematica, Aljabar linear, bahan ajar
TITIK TETAP (FIXED POINT) PADA TRANSFORMASI MOBIUS Iden Rainal Ihsan
Euclid Vol 3, No 1 (2016): EDISI JANUARI
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.006 KB) | DOI: 10.33603/e.v3i1.322

Abstract

Transformasi M嬰bius merupakan suatu transformasi yang didefinisikan di bidangkompleks yang diperluas (弴 ). Bentuk dari transformasi M嬰bius didefinisikan dandituliskan sebagai ( ) = dengan , , , ∈ 弴 dan Δ = − ≠ 0 . Secarageometris transformasi M嬰bius memiliki sifat yang istimewa yakni memetakanhimpunan garis dan lingkaran kembali menjadi himpunan garis dan lingkaran di 弴 .Secara aljabar transformasi M嬰bius juga memiliki sifat yang istimewa, yakni membentuksuatu grup terhadap operasi komposisi. Berdasarkan struktur aljabarnya, gruptransformasi M嬰bius dapat ditentukan klasifikasi geometrisnya. Klasifikasi tersebutdilihat dari kelas konjugasi dan juga dari banyaknya titik tetap dan klasifikasi titik tetapitu sendiri. Dalam kaitannya dengan membangun suatu transformasi M嬰biusberdasarkan titik tetap. Pada artikel ini akan dibahas mengenai titik tetap padatransformasi M嬰bius.Kata Kunci : Transformasi M嬰bius, titik tetap.
DESKRIPSI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI RASA PERCAYA DIRI MAHASISWA Fitrianto Eko Subekti; Anggun Badu Kusuma
Euclid Vol 3, No 1 (2016): EDISI JANUARI
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.139 KB) | DOI: 10.33603/e.v3i1.321

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuankomunikasi matematis ditinjau dari rasa percaya diri mahasiswa. Subjekpenelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Mahasiswa FKIPUniversitas Muhammadiyah Purwokerto yang mengambil mata kuliahstatistika deskriptif. Metode Penelitian yang digunakan adalah deskriptifkualitatif. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah menggunakanangket untuk mendapatkan data rasa percaya diri mahasiswa, tes danwawancara untuk mendapatkan data kemampuan komunikasi matematismahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden dengan rasapercaya diri rendah belum mampu menyajikan data dalam bentuk diagramsesuai dengan tujuannya, tetapi sudah mampu menyajikan data tunggal kedalam tabel distribusi frekuensi. Responden dengan rasa percaya dirisedang sudah mampu menyajikan data dalam bentuk diagram sesuaidengan tujuan dan tabel distribusi frekuensi dari data tunggal. Sedangkanresponden dengan rasa percaya diri tinggi cenderung mampu menyajikandata dalam bentuk diagram sesuai dengan tujuannya dan tabel distribusifrekuensi dari data tunggal dan histogram frekuensi.Kata Kunci : rasa percaya diri, kemampuan komunikasi matematis
ANALISIS STABILITAS SISTEM DINAMIK UNTUK MODEL PERTUMBUHAN DUA MIKROORGANISME DI MEDIUM KEMOSTAT Herri Sulaiman
Euclid Vol 3, No 1 (2016): EDISI JANUARI
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (859.789 KB) | DOI: 10.33603/e.v3i1.325

Abstract

Ruang pertumbuhan dalam medium kemostat memungkinkan terjadinyainteraksi antara dua mikroorganisme yang dapat dimodelkan secara matematis. Telahdiketahui pada penelitian sebelumnya bahwa analisis kestabilan lokal pada sistem modelpertumbuhan mikroorganisme di medium kemostat stabil asimtotik lokal. Dalammenentukan kestabilan lokal tersebut dapat digunakan matriks jacobian dengan syarattitik ekuilibrium yang telah ditemukan adalah hiperbolik. Dalam penelitian ini akandianalisis kestabilan global dari model pertumbuhan mikroorganisme di mediumkemostat dengan melihat pertimbangan-pertimbangan dari titik ekuilibrium yang telahdidapat berdasarkan penelitian sebelumnya. Lebih lanjut dalam menganalisis kestabilanglobal digunakan teorema-teorema dari fungsi penarik global yang berdasarkan padafungsi Liapunov dan teorema LaSalle serta seragam persistensi. Lebih lanjut diberikansimulasi numerik dan potret fase dari sistem model kemostat yang telah dibentuk agardapat diketahui perilaku dari solusi sistem kemostat dalam keadaan yang sebenarnya.Kata kunci : kemostat, mikroorganisme, kestabilan global.
ANALISIS KORESPONDENSI, ALTERNATIF UJI STATISTIK PENELITIAN (Hubungan Tingkat Pendidikan dan Penghasilan Orangtua dengan Nilai Raport Matematika Siswa) Nandang Arif Saefuloh
Euclid Vol 3, No 1 (2016): EDISI JANUARI
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (266.726 KB) | DOI: 10.33603/e.v3i1.320

Abstract

Banyak hal dalam kehidupan kita sehari-hari yang menggunakan istilah/ilmu statistik,hal ini seharusnya menyadarkan kita akan pentingnya ilmu statistika, statistika bisadijadikan alat: Deskripsi, komparasi, korelasi, regresi, dan komunikasi (Usman, 2006: 9).Lebih jauh, dalam kajian statistika penelitian, terdapat metode untuk menggali lebihdalam informasi statistik seperti yang dicontohkan di atas, diantaranya AnalisisKorespondensi yang digunakan untuk mempelajari hubungan antara dua atau lebihpeubah kualitatif, yaitu dengan teknik multivariat secara grafik yang digunakan untukeksplorasi data dari sebuah tabel kontingensi (Mattjik, A. dan Sumertajaya 2011: 279).Selanjutnya, sebagai ilustrasi aplikasi analisis korespondensi, contoh kasus yang ditelitidalam makalah ini adalah hubungan antara tingkat pendidikan dan penghasilanOrangtua dengan nilai raport matematika siswa. Adapun tujuan pembuatan makalah iniadalah memperoleh informasi yang valid dan relevan tentang Analisis Korespondensi,mempraktekan penggunaan Analisis Korespondensi pada kasus penelitian hubunganantara tingkat pendidikan dan penghasilan Orangtua dengan nilai raport matematikasiswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan tujuan studiadalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif dan verifikatif. Berdasarkan hasilpenelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut; Pertama, analisis korespondensi adalahsuatu ilmu yang mempelajari hubungan antara dua atau lebih peubah kualitatif, lalu,aplikasi analisis korespondensi pada penelitian dapat dilakukan dengan menggunakanperangkat lunak SPSS. Kedua, tingkat pendidikan dan penghasilan Orangtua tidakberpengaruh signifikan terhadap nilai raport matematika siswa kelas X SMK Assalaam.Dengan kata lain, meskipun hubungan antara Tingkat pendidikan dan PenghasilanOrangtua dengan nilai raport matematika siswa cukup berarti namun hubungan antarkeduanya tidak signifikan. Dengan analisis korespondensi dapat ditelaah bahwa siswadengan pendidikan Orangtua SMA cenderung dekat dengan nilai raport matematikasiswa yang memuaskan (nilai A dan A-), sedangkan pendidikan Orangtuanya SD danSMP cenderung dekat dengan nilai raport matematika yang sedang B dan B+.Selanjutnya, siswa dengan penghasilan Orangtua kategori 1, 2, dan 5 cenderung dekatdengan nilai raport matematika siswanya yang sedang (nilai B+), sedangkan penghasilanOrangtuanya kategori 3 cenderung dekat dengan nilai raport matematika yang sedang/Bdan memuaskan/A.Kata kunci: Statistika, Analisis korespondensi, Hubungan tingkat pendidikan dan penghasilanOrangtua dengan hasil belajar siswa.
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DENGAN PENDEKATAN INQUIRY/DISCOVERY Deti Ahmatika
Euclid Vol 3, No 1 (2016): EDISI JANUARI
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (156.259 KB) | DOI: 10.33603/e.v3i1.324

Abstract

Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini, masih rendahnya tingkat kemampuanberpikir kritis siswa. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat diterapkan untukmeningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah pendekatan inquiry/discovery.Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatankemampuan berpikir kritis siswa dengan pendekatan inquiry/discovery dalampembelajaran matematika, serta mengetahui respon siswa terhadap pembelajaranmatematika dengan penggunaan pendekatan inquiry/discovery. Metode yang digunakandalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen, dengan desain penelitian Controlgroup pretes-postes. Penelitian dilaksanakan di SMPN 31 Bandung. Populasi dalampenelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 31 Bandung. Sampel dalampenelitian ini adalah siswa kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagaikelas kontrol yang dipilih secara random kelas. Kelas eksperimen diberikan perlakuandengan pendekatan inquiry/discovery dan kelas kontrol diberikan perlakuan pembelajarankonvensional. Adapun instrumen yang digunakan adalah berupa tes berpikir kritis untukmelihat kemampuan berpikir kritis yang telah diujicobakan dan angket untuk melihatrespon siswa. Dalam penelitian ini diperoleh data kualitatif dan data kuantitatif. Datakuantitatif dianalisis menggunakan analisis statistik uji t untuk melihat peningkatankemampuan berpikir kritis siswa dengan pendekatan inquiry/discovery dalampembelajaran matematika. Data kualitatif dianalisis menggunakan skala sikap Likertuntuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan penggunaanpendekatan inquiry/discovery. Berdasarkan analisis hasil tes berpikir kritis diperolehkesimpulan yaitu terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pendekataninquiry/discovery..Kata kunci: pendekatan inquiry/discovery, pembelajaran matematika, dan berpikir kritissiswa

Page 1 of 1 | Total Record : 8