cover
Contact Name
Abdul Basit
Contact Email
umtsinamu@gmail.com
Phone
+6281247022350
Journal Mail Official
umtsinamu@gmail.com
Editorial Address
https://jurnal.umt.ac.id/index.php/senamu/about/editorialTeam
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Prosiding Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu)
ISSN : -     EISSN : 27145603     DOI : 10.31000/sinamu
Focus and Scope Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat SINAMU Universitas Muhammadiyah tangerag ialah jurnal yang didedikasikan untuk mempublikasi hasil-hasil kegiatan Pengabdian yang dilakukan oleh mahasiswa, Dosen dan para peneliti. Publikasi jurnal ini bertujuan untuk menyebarluaskan pemikiran, permasalahan, potensi atau gagasan konseptual penelitian yang telah dicapai di bidang pengabdian masyarakat. SINAMU secara khusus menitikberatkan pada permasalahan utama dalam pengembangan ilmu-ilmu bidang pengabdian masyarakat sebagai berikut: 1. Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan. 2. Pelayanan Masyarakat, Ketahanan Pangan Lokal, Gizi dan Kesehatan Masyarakat; 3. Pelatihan, Pemasaran, Teknologi Tepat Guna, Desain; 4. Pemberdayaan Masyarakat, Aksi Sosial; Layanan Komunitas Mahasiswa; 5. Kawasan Kurang Berkembang.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 58 Documents
Search results for , issue "Vol 4 (2022): Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu)" : 58 Documents clear
TEKNIK DASAR PENERJEMAHAN TEKS KEPERAWATAN BERDASARKAN POLA “NOUN PHRASE” DI SMU AL-KHAIRIYAH JAKARTA Bambang Sucipto
Simposium Nasional Mulitidisiplin (SinaMu) Vol 4 (2022): Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (255.145 KB) | DOI: 10.31000/sinamu.v4i1.7871

Abstract

AbstrakPenerjemahan merupakan upaya untuk mengalihkan makna dari bahasa sumber ke bahasa sasaran. Akan tetapi, dalam menerjemahkan teks, para penerjemah menghadapi beberapa masalah, khususnya noun phrases. Tidak dipungkiri lagi bahwa setiap bahasa memiliki struktur yang berbeda. Oleh karena itu, penerjemahan dari satu bahasa ke bahasa lainnya memerlukan teknik dan metode. Teknik yang digunakan dalam penyuluhan pengabdian masyarakat ini adalah terjemahan harfiah, dengan metode penerjemahan idiomatis. Pengabdian ini dilakukan di SMU Al-Khairiyah Jakarta Utara dengan peserta 38 siswa. 5 pola “noun phrases” menjadi inti pembahasan dalam pengabdian ini. Sebelum penyuluhan, siswa diberikan pre-test untuk melihat pengetahuan awal mereka tentang penerjemahan. Di akhir penyuluhan, siswa diberikan post-test untuk mengetahui pemahaman mereka tentang teknik yang sudah diberikan. Pada dua tes yang dibandingkan, diperoleh nilai rata-rata pre-test 70,50, sedangkan nilai rata-rata post-test adalah 83,70, yang menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan yang signifikan terkait teknik penerjemahan yang diberikan.Kata Kunci: Penerjemahan, teknik penerjemahan, terjemahan harfiahAbstractTranslation is transfering the message of the source language to the target language. In rendering texts, translators encounter some problems, especially the noun phrases. It is unavoidable that every language has different structures. Thus, the rendering from one language to another requires techniques and methods to resolve. The techniques used in this elucidation were literal and idiomatic translations, This dedication was conducted in SMU Al-Khairiyah Jakarta with participants of 38 students. 5 patterns of noun phrases were the subject on this discussion. Before the elucidation began, students were given a pre-test to find out their prior knowledge on the translation patterns. Then, the students were provided a post-test to get information on their understanding of the technique given. On the two tests compared, it derived a pre-test of 70.50, while the post-test was 83.70 which showed a significant improvement in the student knowledge regarding the translation techniques given.Keyword: Translation, translation technique, literal translation
PELATIHAN PEMANFAATAN TEPUNG KULIT PISANG DAN DAUN TALAS SEBAGAI PANGAN FUNGSIONAL DI DESA JAMBULUWUK Trirakhma Sofihidayati; Erni Rustiani; Ike Yulia W.
Simposium Nasional Mulitidisiplin (SinaMu) Vol 4 (2022): Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (628.303 KB) | DOI: 10.31000/sinamu.v4i1.7920

Abstract

Desa Jambuluwuk di Kecamatan Ciawi kebanyakan penduduknya adalah petani dan pedagang buah pisang. Kebun penduduk juga banyak ditumbuhi tanaman talas. Limbah kulit pisang dan daun talas saat ini hanya dibuang atau dimanfaatkan sebagai pakan ternak. Kulit pisang dan daun talas mengandung senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan, seperti untuk pengobatan dan pencegahan penyakit hipertensi, diabetes militus (DM) ataupun sebagai antioksidan.Keduanya juga berpotensi untuk dapat diolah menjadi pangan fungsional seperti biskuit. Biskuit dengan rasanya yang manis, gurih dan renyah, dapat dikonsumsi oleh segala usia. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan mitra sehingga dapat mengembangkan usaha, meningkatkan pendapatan dan kesejahteraannya. Kegiatan dimulai dengan penyuluhan dan pemaparan manfaat kulit pisang, daun talas dan pengertian pangan fungsional. Selanjutnya cara pembuatan tepung kulit pisang dan daun talas yang aman dikonsumsi, diikuti cara pembuatan biskuit. Dan terakhir memberikan pemaparan cara pengemasan dan management pemasarannya agar produk yang dihasilkan laku di pasaran dan memiliki nilai ekonomi.Kata Kunci: kulit pisang, daun talas, pangan fungsional, biskuitJambuluwuk Village in Ciawi District is mostly inhabited by banana farmers and traders. The residents' gardens are also overgrown with taro plants. Banana peel and taro leaf waste is currently only thrown away or used as animal feed. Banana peels and taro leaves contain compounds that are beneficial to health, such as for the treatment and prevention of hypertension, diabetes mellitus (DM) or as antioxidants. Both of them also have the potential to be processed into functional foods such as biscuits. Biscuits with a sweet, savory and crunchy taste can be consumed by all ages. This activity aims to improve partner skills so that they can develop their business, increase their income and welfare. The activity began with counseling and explaining the benefits of banana peels, taro leaves and the meaning of functional food. Next, how to make banana peel flour and taro leaves which are safe for consumption, followed by how to make biscuits. And finally, it provides an explanation of how to pack and manage its marketing so that the resulting product sells well in the market and has economic value.Keywords: banana peels, taro leaves, functional food, biscuits
APAKAH ISI PROSPEKTUS MENENTUKAN KEBERHASILAN EQUITY CROWDFUNDING (ECF)? Susana Diah Kusumaningrum; Tastaftiyan Risfandy
Simposium Nasional Mulitidisiplin (SinaMu) Vol 4 (2022): Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (419.333 KB) | DOI: 10.31000/sinamu.v4i1.7672

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah isi prospektus berkaitan dengan keberhasilan online equity crowdfunding (ECF) di Indonesia. Peneliti menggunakan sampel pada platform 62 bisnis atau penerbit yang listing di platform Santara di tahun 2021. Teknik analisis yang digunakan di dalam penelitian ini adalah regresi berganda. Hasil pengujian menunjukkan bahwa deskripsi bisnis memiliki efek positif pada keberhasilan ECF, sedangkan jumlah gambar dalam prospektus memiliki efek negatif. Di sisi yang lain, penggunaan uang, status proyek, dan deskripsi risiko bisnis tidak berpengaruh pada keberhasilan ECF. Hasil penelitian ini menjadi rekomendasi bagi perusahaan yang ingin menampilkan profilnya di platform ECF untuk meningkatkan kualitas prospektusnya, terutama dalam deskripsi perusahaan di prospektus. Perusahaan juga harus berhati-hati dalam penggunaan gambar yang terlalu banyak di prospektus, karena hal tersebut dapat membuat hilangnya fokus calon investor saat membaca prospektus.
DAMPAK TPACK PADA PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU DALAM PRAKTIK INTEGRASI TEKNOLOGI Virsa Aulia; Lukman Hakim; Khresna Bayu Sangka
Simposium Nasional Mulitidisiplin (SinaMu) Vol 4 (2022): Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (297.505 KB) | DOI: 10.31000/sinamu.v4i1.7894

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), memberi pengaruh terhadap bidang pendidikan terutama pada pembelajaran. Perkembangan teknologi tersebut menuntut untuk mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran dengan tujuan meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar. Integrasi TIK dalam pembelajaran dinilai baik untuk dikaitkan dengan kualitas pendidikan agar menciptakan suasana menarik untuk pangalaman belajar siswa. Kerangka konseptual TPACK memberikan wawasan yang berarti bagi guru untuk mengintegrasikan teknologi. Penenlitian ini bertujuan untuk mengatahui apakah TPACK memiliki dampak terhadap praktik integrasi teknologi guru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi literature. Hasil kajian menunjukkan hasil bahwa TPACK guru memiliki dampak terhadap pengembangan profesionalime guru terkait integrasi teknologi dalam pembelajaran.Kata Kunci: TPACK, integrasi teknologi, profesionalisme guruThe development of ICT influences the field of education, especially in learning. These technological developments demand to the integration of technology in learning to increase the effectiveness of the teaching and learning process. ICT integration in learning is considered good to be associated with the quality of education to create an interesting atmosphere for students' learning experiences. The TPACK conceptual framework provides meaningful insights for teachers to integrate technology. This study aims to find out whether TPACK has an impact on teachers' technology integration practices. This research is descriptive qualitative research using the literature study method. The results of the study show that the teacher's TPACK has an impact on the teachers professional development regarding the integration of technology in learning. Keywords: TPACK, technology integration, teachers professional development
PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) DI ERA DIGITAL MELALUI PELATIHAN SERTIFIKASI KOMPETENSI DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG Ahmad Amarullah; Ikhfi Imaniah; Siti Muthmainnah
Simposium Nasional Mulitidisiplin (SinaMu) Vol 4 (2022): Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (480.509 KB) | DOI: 10.31000/sinamu.v4i1.7956

Abstract

Sumber Daya Manusia (SDM) dan pola pikir manusia menjadi tantangan terbesar bagi pemerintah, perusahaan, dan dunia pendidikan di Indonesia di era milenial untuk dapat berkolaborasi dalam menghadapi transformasi digital. Oleh karena itu, peningkatan SDM menjadi penting menuju era digitalisasi. Pasalnya, era digitalisasi telah menghasilkan perubahan cara manusia berpikir, hidup, dan terhubung satu sama lain. Secara tidak langsung, era digital telah mengubah sesuatu yang tadinya hanya ketakutan menjadi tantangan. Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dan Badan Pengembangan Kepegawaian dan Karir (BKPK) Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) bekerja sama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) memberikan pelatihan dan penerbitan sertifikat kompetensi bagi SDM UMT yang memenuhi kategori pelatihan dan lulus uji kompetensi untuk mengembangkan kapabilitas SDM agar beradaptasi dan berinovasi di era digital. Hasil uji kompetensi pada 52 tenaga kependidikan, 33 SDM dengan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) level 6 dan 16 SDM dengan Teknisi Madya Akuntansi telah terajal, namun 3 SDM yang harus melakukan uji ulang kompetensi Teknisi Akuntansi Madya. Berdasarkan uji kompetensi yang dilakukan LSP dan BKPK UMT, membuktikan bahwa SDM UMT siap berkontribusi dan berkolaborasi dalam menghadapi transformasi digital.Kata Kunci: Sertifikasi Kompetensi, Era Digital; Sumber Daya Manusia; Lembaga Sertifikasi ProfesiHuman Resources (HR) and human mindset are the biggest challenges for the government, companies, and the world of education in Indonesia in the millennial era to be able to collaborate in facing digital transformation. Therefore, increasing human resources is important towards the digitalization era. The reason is, the era of digitalization has resulted in changes in the way humans thought, live, and connection to one another. Indirectly, the digital era has turned something that was only a fear into a challenge. The Professional Certification Institute (LSP) and Staffing and Career Development Agency (BKPK) of University of Muhammadiyah Tangerang (UMT) in collaboration with the National Professional Certification Agency (BNSP) provides training and issues competency certificates for UMT HR who meet the training category and pass competency tests to develop HR capabilities to adapt and innovate in the digital era. The results of the competency test on 52 educational staff, 33 HR with Human Resource Management (MSDM) level 6 and 16 HR with Madya Accounting Technician has been certificated, yet 3 HR who had to re-test the Madya Accounting Technician competency. Based on the competency test carried out by LSP and BKPK of UMT, it proves that UMT HR is ready to contribute and collaborate in facing digital transformation.Keyword: Competency Certification, Digital Era; Human Resources; Professional Certification Institute
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PRODUK PADA HIJAB CHIC SQUARE Anisa Sekar Langit Ariescha Putri; Pia Apriani Tanjung; Usnul Hotimah; Muljadi Muljadi
Simposium Nasional Mulitidisiplin (SinaMu) Vol 4 (2022): Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (316.642 KB) | DOI: 10.31000/sinamu.v4i1.7885

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran pada Produk Hijab Chic Square khususnya bauran pemasaran (Marketing Mix) yang diterapkan perusahaan. Strategi pemasaran merupakan proses perencanaan perusahaan dalamm memasarkan dan memperkanalkan produk ataupun jasa yang ditawarkan kepada konsumen untuk mencapai suatu tujuan dengan segala resiko yang akan di hadapi. Kemudian untuk mengetahui hasil analisa Kekuatan (Strenght), Kelemahan (Weakness), Peluang (Opportunities), dan Tantangan (Threat) serta gambaran strateginya sehingga dapat diaplikasikan untuk peningkatan penjualan produk. Dengan menggunakan Teknik penelitian SWOT. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu studi kasus yang menghasilkan data-data deskriptif yang dituangkan dalam kata-kata. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini penulis melakukan kunjungan langsung ke Offline Store Chic Square untuk melakukan wawancara pribadi dengan Owner Utama dan dilengkapi dengan data-data penjualan beberapa tahun kebelakang. Kesimpulan dari analisis yang dilakukan pada strategi pemasaran Chic Square adalah perusahaan telah menjalankan strategi pemasaran dengan benar dan tepat dan pada perhitungan analisis SWOT yang dituangkan pada diagram cartesius proderma berada di posisi kuadran 1 yaitu Growth. Yang mana perusahaan dapat mengembangkan, mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk agar masyarakat terus percaya pada produk Chic Square. Meskipun dari sisi produk pada marketing mix nya. Tetapi dalam sisi kegiatan proses pemasaran nya perusahaan jujur dengan apa yang ditawarkan dan tidak berlebihan.Kata kunci : Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran, Analisis SWOT.This study aims to analyze the marketing strategy for Hijab Chic Square products, especially the marketing mix applied by the company.Marketing strategy is a company planning process in marketing and introducing products or services offered to consumers to achieve a goal with all the risks that will be faced. Then to find out the results of the analysis of Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats as well as an overview of the strategies so that they can be applied to increase product sales. By using the SWOT research technique. This research uses a qualitative method, namely a case study that produces descriptive data set forth in words. The data collection technique in this study is the author made a direct visit to the Chic Square Offline Store to conduct personal interviews with the Main Owner and is equipped with sales data for the past few years. The conclusion from the analysis carried out on the Chic Square marketing strategy is that the company has carried out the marketing strategy correctly and correctly and the SWOT analysis calculations as outlined in the Cartesius Proderma diagram are in quadrant 1, namely Growth. Which companies can develop, maintain and improve product quality so that people continue to believe in Chic Square products. Even from a product standpoint in the marketing mix. But in terms of the activities of the marketing process, the company is honest with what is offered and not exaggerating. Keywords : Marketing Strategy, Marketing Mix, SWOT Analysis
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA TOKO BUKU GRAMEDIA KOTA TANGERANG Aris Setyanto; Arya Saputra; Farhan Bahar
Prosiding Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu) Vol 4 (2022): Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (261.792 KB) | DOI: 10.31000/sinamu.v4i1.7876

Abstract

Tujuan dari peneliti ini untuk mengetahui Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Toko Buku Gramedia kota Tangerang. Strategi pemasaran sangat penting dalam suatu perusahaan untuk menentukan target pasar dan dilihat dari bauran pemasaran perusahaan menerapakan juga strategi segementasi, targetting danpositioning dengan benar dan tepat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif analisis untuk mengetahui strategi apa yang digunakan Toko Buku Gramedia kota Tangerang. Jenis data dalam penelitian ini adalahdata kualitatif. Sedangkan untuk sumber data terdiri dari data primer dan data skunder. Untuk pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini Toko Buku Gramedia kota Tangerang menerapkan strategi yang baik dalam mempertahankan bisnisnya. Seperti jaringan yang luas dan nyaman kualitas buku yang baik dan lain Toko Buku Gramedia kota Tangerang. Sedangkan faktor pendukung strategi pemasaran di Gramedia adalah manajemen yang baik, pelayanan yang maksimal dan karyawan berintigritas. Meskipun juga terdapat faktor penghambat terkait adanya keterlambatan pendistribusian produk dan kekurangan karyawan. Namun faktor penghambat tersebut dapat di atasi dengan cara pihak perusahaan selalu memperkuat jaringan kemitraan terutama dengan para penerbitKata Kunci: Strategi Pemasaran ,Penjualan, Gramedia AbstractThe purpose of this study was to determine the analysis of marketing strategies in increasing sales at Gramedia Bookstore, Tangerang City. For a company, marketing strategy is very important to determine the target market. Seen from the marketing mix, the companyalso applies the correct and proper segmentation, targeting and positioning strategy. This study uses a descriptive qualitative analysis approach to find out what strategies are used by the Gramedia Bookstore of the City of Tangerang. The type of data in this study is qualitative data. Data sources consist of primary and secondary sources. Data collection is done by observation, interview, and documentation. The results showed Gramedia Bookstore, Tangerang City implemented a good strategy in maintaining its business. The strategy includes a wide and comfortable network, and good quality books. Factors supporting the Gramedia Bookstore marketing strategy are good management, maximum service, and employees with integrity. The inhibiting factors are related to delays in product distribution and employee shortages. But the company can overcome these obstacles by strengthening the partnership network, especially with the publishers. Keywords: strategy, marketing, sales, target market
PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI BURGER BANGOR SEPATAN Lita Meirani
Prosiding Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu) Vol 4 (2022): Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (348.216 KB) | DOI: 10.31000/sinamu.v4i1.7925

Abstract

Bisnis kuliner saat ini menjadi bisnis yang paling diminati oleh para pengusaha. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya tempat kuliner di berbagai daerah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Social Media Marketing dan Kualitas Pelayanan terhadap keputusan pembelian di burger bangor sepatan. Metode yang digunakan dengan metode kuantitatif, sampel yang diambil sebanyak 30 responden yang membeli burger bangor. Penelitian ini dilakukan pada bulan September – Desember 2022. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisa data yang digunakan analisa regeresi berganda korelasi berganda serta asumsi klasik. Hasil analisa data menunjukan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Social Media Marketing dan Kualitas Pelayanan terhadap keputusan pembelian burger bangor.Kata Kunci: Social Media Marketing, Kualitas Pelayanan, Keputusan PembelianThe culinary business is currently the most popular business for entrepreneurs. This can be seen from the many culinary places in various regions. The purpose of this study was to determine the effect of Social Media Marketing and Service Quality on purchasing decisions at Burger Bangor Sepatan. The method used is the quantitative method, the sample taken is 30 respondents who buy bangor burgers. This research was conducted in September - December 2022. The data collection method used a questionnaire. The data analysis technique used is multiple regression analysis, multiple correlation and classical assumptions. The results of data analysis show that there is a positive and significant influence between Social Media Marketing and Service Quality on the decision to buy a burger bangor.Keywords: Social Media Marketing, Service Quality, Purchase Decision
PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI SARANA OPTIMALISASI PEMASARAN PRODUK HEPSI.IND Moch Nurhidayat; Muhammad Rizki Maulidan; Asfaq ubayuka
Prosiding Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu) Vol 4 (2022): Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (324.67 KB) | DOI: 10.31000/sinamu.v4i1.7867

Abstract

Pada pembahasan ini peneliti membahas terkait Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Sarana Optimalisasi Pemasaran Produk Hepsi.Ind yang memiliki peran penting untuk menciptakan asimilisasi dari budaya turkey di Indonesia. Penelitian ini menggunakan teori bauran pemasaran dan digital marketing sebagai metode deskripsi dari Hepsi.Ind, dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah untuk membangun sebuah asimilisasi atau bahkan akulturasi antara budaya luar dengan budaya yang ada di Indonesia dengan tujuan fashionable terkini. Penelitian ini juga berfungsi untuk meningkatkan stigma masyarakat bahwa produk luar negeri tidak lain sama dengan produk dalam negeri.Kata kunci: Hepsi.Ind, Bauran Pemasaran, Digital MarketingIn this discussion, researchers discuss the use of digital marketing as a means of optimizing Hepsi.Ind product marketing, which has an important role in creating the assimilation of Turkish culture in Indonesia. This study uses marketing mix theory and digital marketing as a description method from Hepsi.Ind, using a descriptive qualitative method. The conclusion of this research is to build an assimilation or even acculturation between foreign culture and culture in Indonesia with the aim of being fashionable. This research also serves to increase the public stigma that foreign products are not the same as domestic products. Keywords: Hepsi.Ind, Marketing Mix, Digital Marketing
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PENETAPAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MENGGUNAKAN JASA HOTEL SWISS-BEL HOTEL AIRPORT JAKARTA Ita Septiana Sari
Prosiding Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu) Vol 4 (2022): Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (442.41 KB) | DOI: 10.31000/sinamu.v4i1.7899

Abstract

Pendidikan merupakan suatu hal yang terpenting di dalam aspek kehidupan pada saat ini. Pendidikan yang baik akan menjadikan seseorang memiliki modal investasi untuk masa depan, dilihat dari berbagai banyak sisi banyak manfaat yang diperoleh apabila seseorang memiliki dasar pendidikan yang berkualitas pengaruhnya tidak hanya untuk jangka pendek tetapi juga untuk jangka panjang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruhb kualitas pelayanan dan penetapan harga terhadap keputusan konsumen. Sampel penelitian ini adalah 96 responden pelanggan Swiss-bel Hotel Airport Jakarta dengan populasi 2.400 Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Pengumpulan data primer diperoleh dari penyebaran kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS versi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variable Kualitas Pelayanan (X1) berpengaruh secara positif terhadap Keputusan konsumen (Y). Hal ini ditunjukkan dengan Thitung >Ttabel yakni penetapan harga (X2) berpengaruh secara positif terhadap keputusan konsumen (Y). Hal ini ditunjukkan dengan Thitung >Ttabel yakni nilai signifikan regresi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,050. Dan secara simultan variable Kualitas Pelayanan (X1) dan Pebetapan Harga (X2) berpengaruh secara positif terhadap keputusan konsumen (Y)Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Penetapan Harga, Keputusan KonsumenEducation is one of the most important aspects of life at this time. A good education will make a person have investment capital for the future, seen from many sides, there are many benefits to be gained if a person has a quality educational base, the effect is not only for the short term but also for the long term. This study aims to analyze the influence of service quality and pricing on consumer decisions. The sample of this research is 96 respondents of Swiss-bel Hotel Airport Jakarta customers with a population of 2,400. The method used is quantitative method. Primary data collection was obtained from distributing questionnaires. The analysis technique used is multiple linear regression analysis using the SPSS version. The results showed that partially the service quality variable (X1) has a positive effect on consumer decisions (Y). This is indicated by Tcount > Ttable, namely pricing (X2) has a positive effect on consumer decisions (Y). This is indicated by Tcount > Ttable, which is a significant regression value of 0.000 which is less than 0.050. And simultaneously the variable Quality of Service (X1) and Price Setting (X2) have a positive effect on consumer decisions (Y)Keywords: Quality of Service, Pricing, Consumer Decisions