cover
Contact Name
Errissya Rasywir
Contact Email
errissya.rasywir@gmail.com
Phone
+6285809949385
Journal Mail Official
errissya@unama.ac.ic
Editorial Address
Jl. Jendral Sudirman. Thehok. Kecamatan Jambi Selatan. 36138.Jambi City Jl. A. Tarmizi Kadir. No.04. RT 05. Kelurahan Pakuan Baru. Kecamatan Jambi Selatan. 36138.Jambi City
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Manajemen dan Kewirausahaan
ISSN : 28281268     EISSN : 28280296     DOI : https://doi.org/10.33998/jumanage.v2i1
Core Subject : Economy,
Jurnal MANAGE merupakan Jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNIVERSITAS DINAMIKA BANGSA JAMBI. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Januari dan Juli. Misi dari Jurnal MANAGE adalah untuk menyebarluaskan, mengembangkan dan menfasilitasi hasil penelitian mengenai Ilmu bidang Manajemen dan Kewirausahaan, sebagai media bagi para dosen, guru, peneliti dan para praktisi dari seluruh Indonesia, dalam melakukan pertukaran informasi tentang hasil-hasil penelitian terbaru yang telah dilakukan. Adapun ruang lingkup hasil penelitian, kajian literatur dan kajian teori yang dapat dipublikasikan pada Jurnal MANAGE antara lain: 1. Manajemen (Keuangan, Pemasaran, Sumber Daya Manusia) 2. Bisnis 3. Ekonomi 4. Akuntansi 5. Kewirausahaan 6. Ekonomi/bisnis digital dan pemasaran digital 7. Penerapan Teknologi pada Bisnis dan Manajemen
Articles 30 Documents
INFLUENCE OF BUSINESS SUCCESS FACTORS ON MICRO BUSINESS SUCCESS IN ENTREPRENEURSHIP IN JAMBI CITY" yosi fahdillah; Mira Gustiana Pangestu
Jurnal Ilmiah Manajemen dan Kewirausahaan (JUMANAGE) Vol 1 No 2 (2022): Volume 1 Nomor 2 Juli 2022
Publisher : LPPM Universitas Dinamika Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (510.665 KB) | DOI: 10.33998/jumanage.2022.1.2.12

Abstract

ABSTRACT Such rapid technological development, also affect the patterns of thought or insight into the society. Society plays an important role in various fields. One of them is to improving the country's economy through entrepreneurship,There are many new businesses has emerging, largely in small and micro businesses. this research aims to determine the influence of factors of business success in entrepreneurship. Object in this study is Entrepreneurs who already have a business category of micro enterprises in the city of Jambi. The collection of samples was done by distributing questionnaires by purposive sampling to 97 Entrepreneurs. This research is descriptive quantitative method. This study uses an analytical tool Partial Least Squareing (PLS) for influence factors of business success in entrepreneurship, using PLS Smart program version 3. The Results from the study showed that the ability and willingness Factor has no significant effect on business success. strong determination and hard work factor has a significant effect on business success and opportunities and Opportunity factors had no significant effect on business success.Keywords: Influence Factors, Success, Entrepreneur, Micro ABSTRAK Perkembangan teknologi yang demikian cepat,turut mempengaruhi pola pikir atau wawasan masyarakat. Masyarakat memegang peranan penting dalam berbagai bidang. Salah satunya dalam meningkatkan perekonomian negara melalui wirausaha, saat ini banyak bermunculan usaha-usaha baru khususnya usaha mikro dan kecil, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor keberhasilan usaha berwirausaha. Populasi dalam penelitian ini adalah Wirausaha kategori usaha mikro di Kota Jambi. Pengumpulan sampel dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dengan teknik purposive sampling kepada 97 Wirausaha yang telah memiliki usaha kategori usaha mikro. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan alat analisis Partial Least Squareing (PLS) untuk mencari pengaruh faktor-faktor keberhasilan usaha berwirausaha. Keseluruhan analisis dihitung menggunakan program Smart PLS versi 3. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Faktor Kemampuan dan kemauan tidak berpengaruh signifikan terhadap Keberhasilan Usaha, faktor Tekad yang kuat dan kerja keras berpengaruh signifikan terhadap Keberhasilan Usaha, dan faktor Kesempatan dan Peluang tidak berpengaruh signifikan terhadap Keberhasilan Usaha.Kata Kunci : Pengaruh Faktor, Keberhasilan, Wirausaha, Usaha Mikro
Model Keterlibatan Menggunakan Listrik Pintar Pada Rumah Tangga : Fungsi, Psikologi Terhadap Nilai Johni Paul Karolus Pasaribu
Jurnal Ilmiah Manajemen dan Kewirausahaan (JUMANAGE) Vol 1 No 1 (2022): Volume 1 Nomor 1 Januari 2022
Publisher : LPPM Universitas Dinamika Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (862.905 KB) | DOI: 10.33998/jumanage.2022.1.1.15

Abstract

Jumlah rumah terus berkembang setiap tahun, kebutuhan listrik pintar menjadi meningkat untuk pemenuhan rumah tangga dan energi listrik terus digunakan sehingga fungsional dan psikologi pengguna listrik pintar ikut ambil bagian mengontrol pemakaian listrik dalam rumah tangga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh fungsional dan psikologi terhadap nilai menggunakan listrik pintar rumah tangga secara parsial. Metode pengumpulan data dengan teknik survey menggunakan angket berupa pertanyaan berkaitan dengan penggunaan listrik dari aspek fungsional, psikologi dan nilai. Sampel penelitian sebanyak 225 rumah tangga menggunakan listrik pintar dengan daya 1.300 watt dengan menggunakan alat statistik SEM-AMOS 21. Hasil yang ditemukan bahwa fungsional dan psikologi penggunaan listrik pintar signifikan tinggi mempengaruhi nilai manfaat listrik pintar dalam rumah tangga.
The Effect of Tax Revenues, Exports and Imports on Economic Growth: Analysis using Error Correction Model (ECM) yossinomita
Jurnal Ilmiah Manajemen dan Kewirausahaan (JUMANAGE) Vol 1 No 1 (2022): Volume 1 Nomor 1 Januari 2022
Publisher : LPPM Universitas Dinamika Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (933.402 KB) | DOI: 10.33998/jumanage.2022.1.1.20

Abstract

The purpose of this study is to analyze the effect of tax revenues, exports and imports on economic growth in Indonesia in the long and short term. In this study, secondary data obtained from BPS Indonesia 2000-2019 was used. The analysis used is regression analysis using Error Correction Model (ECM). The tests used in the model are Stationarity Test, R-Square Test, F Test and T Test. The results showed. Tax revenues, exports and imports together have a significant influence on economic growth, both in the long and short term. Where the export variable has a significant effect on economic growth in the long and short term. The tax revenue variable has no effect in the long term, but has a significant effect on economic growth in the short term. Meanwhile, the import variable has no effect on economic growth, both in the long and short term.
Behavior Intention Penggunaan Digital Payment QRIS Berdasarkan Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) (Studi pada UMKM Sektor Industri Makanan & Minuman di Kota Jambi) Mira Gustiana Pangestu
Jurnal Ilmiah Manajemen dan Kewirausahaan (JUMANAGE) Vol 1 No 1 (2022): Volume 1 Nomor 1 Januari 2022
Publisher : LPPM Universitas Dinamika Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1042.892 KB) | DOI: 10.33998/jumanage.2022.1.1.23

Abstract

Niat perilaku (behavior intention) individu dalam mengadopsi dan menggunakan suatu teknologi dapat dipengaruhi oleh 4 faktor menurut model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT), yaitu; performance expectancy, effort expectancy, social influence, dan facilitating conditions. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh performance expectancy, effort expectancy, social influence, dan facilitating conditions terhadap behavior intention penggunaan digital payment QRIS pada UMKM Sektor Industri Makanan dan Minuman di Kota Jambi, baik secara parsial maupun secara simultan. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 80 orang responden, dimana data dari sampel dikumpulkan menggunakan kuesioner untuk kemudian dianalisis dengan teknik analisis regresi berganda. Hasil uji T statistik membuktikan bahwa secara parsial variabel performance expectancy dan effort expectancy berpengaruh signifikan terhadap behavior intention penggunaan digital payment QRIS, sedangkan variabel social influence dan facilitating conditions berpengaruh tidak signifikan terhadap behavior intention penggunaan digital payment QRIS. Hasil uji F statistik membuktikan bahwa secara simultan variabel performance expectancy, effort expectancy, social influence, dan facilitating conditions berpengaruh signifikan terhadap behavior intention penggunaan digital payment QRIS.
MEDIA SOSIAL TERHADAP KINERJA PEMASARAN DI MEDIASI OLEH KEUNGGULAN BERSAING PADA UKM KOTA JAMBI. yosi fahdillah
Jurnal Ilmiah Manajemen dan Kewirausahaan (JUMANAGE) Vol 1 No 1 (2022): Volume 1 Nomor 1 Januari 2022
Publisher : LPPM Universitas Dinamika Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (723.645 KB) | DOI: 10.33998/jumanage.2022.1.1.27

Abstract

Alasan peninjauan ini adalah untuk memutuskan dampak media berbasis web dalam mempromosikan eksekusi melalui keunggulan di UKM di Kota Jambi.Informasi dikumpulkan melalui penelitian dengan memanfaatkan polling yang diberikan kepada 100 UKM di Kota Jambi. Perangkat ilmiah yang digunakan adalah Smart PLSx 3.Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk pengaruh langsung, media sosial berpengaruh terhadap keunggulan bersaing, keunggulan bersaing berpengaruh terhadap kinerja pemasaran, Media Sosial berpengaruh terhadap Kinerja Pemasaran pada UKM di Kota Jambi dan kesimpulan dari pengaruh mediasi penelitian ini adalah keunggulan bersaing memiliki pengaruh mediasi terhadap variabel media social.
Analisis Sistematis Penelitian Literasi Keuangan Vivi Usmayanti
Jurnal Ilmiah Manajemen dan Kewirausahaan (JUMANAGE) Vol 1 No 1 (2022): Volume 1 Nomor 1 Januari 2022
Publisher : LPPM Universitas Dinamika Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1091.399 KB) | DOI: 10.33998/jumanage.2022.1.1.28

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis artikel ilmiah untuk memetakan penelitian literasi keuangan secara internasional, baik itu secara tema, lokasi dan subjek penelitian dan metode penelitian yang digunakan. Penelitian ini meneliti 40 artikel ilmiah dan mendeskripsikan empat temuan utama. Pertama. Tema pertama dalam penelitian literasi keuangan yaitu berkaitan dengan perilaku masyarakat pada investasi dan keputusan dalam berwirausaha dan tema kedua berkaitan dengan fintech. Kedua, kuesioner merupakan metode pengumpulan data yang paling mendominasi. Ketiga, penelitian literasi keuangan baik itu di negeri bekembang ataupn negara maju, mempunyai jumlah penelitian yang hamper setara. Keempat, berdasarkan Social Network Analysis (SNA) teknik bibliometrik dengan menggunakan Vosviewer, penelitian digitalisasi UMK terbagi menjadi tiga klaster, Penelitian ini menyarankan agenda penelitian selanjutnya untuk mengelaborasikan aspek teori dan metodologi dengan menguji tiga tema tersebut. Dengan mengeskplorasi tiga tema tersebut, akan berkontribusi lebih lanjut pada konstruk penelitian literasi keuangan kedepannya Kata Kunci: Literasi keuangan, teknik bibliometrik, network analysis, analisa sistematis, fintech.
Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Disiplin Kerja, Terhadap Komitmen Organisasi Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening Kholilatul Mufarrohah; sumartik Sumartik
Jurnal Ilmiah Manajemen dan Kewirausahaan (JUMANAGE) Vol 1 No 2 (2022): Volume 1 Nomor 2 Juli 2022
Publisher : LPPM Universitas Dinamika Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (979.561 KB) | DOI: 10.33998/jumanage.2022.1.2.47

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh gaya kepemimpinan, budaya organisasi, disiplin kerja terhadap komitmen organisasi dengan motivasi kerja sebagai variabel intervening. Penelitian ini dilakukan pada karyawan di pt. “x” dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan melalui kuisioner, diolah dengan bantuan aplikasi smartpls. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi (2) budaya organisasi tidak  berpengaruh terhadap komitmen organisasi (3) disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi (4) motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi (5) gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja (6) budaya organisasi tidak berpengaruh terhadap motivasi kerja (7) disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja (8) gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi dengan di mediasi oleh motivasi kerja (9) ) budaya organisasi tidak berpengaruh terhadap komitmen organisasi dengan di mediasi oleh motivasi kerja (10) disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi dengan di mediasi oleh motivasi kerja
ETIKA WIRAUSAHA TERHADAP KINERJA BISNIS PADA UKM KOTA JAMBI yosi fahdillah; Mira Gustiana Pangestu; Vivi Usmayanti; Muhammad Haris Saputra; Nia Rahayu
Jurnal Ilmiah Manajemen dan Kewirausahaan (JUMANAGE) Vol 2 No 1 (2023): Volume 2 Nomor 1 Januari 2023
Publisher : LPPM Universitas Dinamika Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (505.938 KB) | DOI: 10.33998/jumanage.2023.2.1.74

Abstract

Penelitian ini dirancang untuk melihat apakah terdapat korelasi antara berbagai aspek etika kewirausahaan dan kinerja usaha pada usaha kecil di Kota Jambi. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dari 100 usaha kecil di kota tersebut. Hasil penelitian menemukan bahwa aspek-aspek etika kewirausahaan yang diukur seperti Kejujuran, Bertanggung  jawab, Menepati Janji, Disiplin, Taat Hukum, Suka membantu, komitmen dan menghormati dan mengejar prestasi berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Bisnis yang dicerminkan oleh Perspektif keuangan Perspektif pelanggan atau konsumen Perspektif proses internal bisnis Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan pada UKM di kota jambi.
DETERMINAN DISIPLIN KERJA DAN KINERJA PEGAWAI INSTANSI PENDIDIKAN (STUDI KASUS PADA UNIVERSITAS GORONTALO) Olfin Ishak
Jurnal Ilmiah Manajemen dan Kewirausahaan (JUMANAGE) Vol 1 No 2 (2022): Volume 1 Nomor 2 Juli 2022
Publisher : LPPM Universitas Dinamika Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (980.81 KB) | DOI: 10.33998/jumanage.2022.1.2.84

Abstract

Kompensasi dan lingkungan kerja non-fisik yang dimiliki oleh Pegawai merupakan faktor eksternal dan internal yang harus dimiliki oleh setiap pegawai.(Pangarso, 2015) Disiplin menjadi faktor pendorong utama setiap pegawai untuk lebih aktif, kreatif, inovatif dan partisipatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kompensasi dan lingkungan kerja non-fisik terhadap Disiplin dan kinerja pegawai serta dibahas secara deskriptif. Metode yang digunakan adalah metode analisis jalur. Unit analisis dalam penelitian ini adalah pegawai di Universitas Gorontalo sebanyak 64 orang. Temuan penelitian ini adalah Kompensasi dan lingkungan kerja non-fisik secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap Disiplin. Sama halnya dengan variabel Kompensasi, lingkungan kerja non-fisik dan Disiplin secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kinerja pegawai. Hasil yang sama terjadi pada saat Kompensasi dan lingkungan kerja non-fisik secara tidak langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai melalui Disiplin. Kompensasi lebih dominan pengaruhnya terhadap kinerja pegawai daripada lingkungan kerja non-fisik dan Disiplin secara langsung. Sama halnya dengan pengaruh tidak langsung dimana Kompensasi lebih dominan dibandingkan dengan lingkungan kerja non-fisik yang secara tidak langsung mempengaruhi kinerja melalui variabel Disiplin.
Perbandingan Strategi Competitive Analysis antara Indomaret dan Alfamart Menggunakan Metode Analisis Porter’s Five Forces Gabriele Yosefhine; Joanna Melodya; Chavia Zagita; Soetam Rizky Wicaksono
Jurnal Ilmiah Manajemen dan Kewirausahaan (JUMANAGE) Vol 1 No 2 (2022): Volume 1 Nomor 2 Juli 2022
Publisher : LPPM Universitas Dinamika Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (547.464 KB) | DOI: 10.33998/jumanage.2022.1.2.85

Abstract

Abstrak Toko ritel menjadi pusat perbelanjaan yang banyak dikunjungi oleh masyarakat. Masyarakat masa kini merasa lebih puas bila berbelanja di toko ritel ternama karena banyak faktor. Salah satunya karena toko ritel ternama tentunya jauh lebih dapat dipercaya kebersihan dan keamanan produknya dan toko ritel ternama memiliki prosedur yan lebih tertata dan menjamin keamanan produknya. Hal ini membuat toko ritel bertumbuh pesat.Salah satu industri waralaba ritel yang berkembang pesat adalah Indomart dan Alfamart. Kedua ritel ini sama-sama memiliki kekuatan baik dalam strategi pemasaran, operasional, dan sumber dayanya. Keduanya sama-sama ritel besar yang berkembang sangat cepat di Indonesia. Dengan menggunakan Porter’s Five Forces Analysis bisa digunakan untuk mengetahui jenis strategi serta kekuatan masing-masing perusahaan. Teori ini diperkenalkan pertama kali oleh Michael Porter, yang digunakan untuk menganalisis bagaimana lingkungan yang kompetitif akan berpengaruh terhadap pemasaran suatu produk. Dengan analisis ini akan diketahui memberikan informasi terkait perkembangan perusahaan di bagian keunggulan kompetitif dan menjadi dorongan tersendiri untuk mau melanjutkan perkembangan perusahaan serta bagaimana kedua perusahaan memiliki ‘persaingan sehat’ dalam bisnis retail yang dijalankan; serta mengetahui strategi keunggulan kompetitif masing-masing perusahaan. Katakunci : Waralaba ritel, , Porter’s Five Forces Analysis, strategi, kompetitif 

Page 1 of 3 | Total Record : 30