cover
Contact Name
Rahnit Nuzulah
Contact Email
rahnita21@gmail.com
Phone
+6287889285406
Journal Mail Official
journaljrkt.unindra@gmail.com
Editorial Address
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Tanjung Barat, Jagakarsa, RT.5/RW.5, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
JRKT (Jurnal Rekayasa Komputasi Terapan)
ISSN : -     EISSN : 27765873     DOI : 10.30998/jrkt.v3i01.8436
Core Subject : Science,
JRKT (Jurnal Rekayasa Komputasi Terapan) adalah forum yang diterbitkan untuk publikasi hasil penelitian dengan seluruh spektrum komputasi dan kecerdasan buatan.JRKT yang dikelola dan diterbitkan oleh program studi Teknik Informatika, Universitas Indraprasta PGRI. JRKT memiliki periode publikasi sebanyak 4 kali dalam satu jilid dalam, yaitu pada bulan Maret, Juni, September dan Desember.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 02 (2023)" : 5 Documents clear
Penerapan Mobile UI Flutter Untuk Membangun Aplikasi Pariwisata Kota Pacitan Berbasis Android Ribut Dwi Prasetyo; Ahmad Husain; Anggun Citra Dini Dwi Puspitasari
JRKT (Jurnal Rekayasa Komputasi Terapan) Vol 3, No 02 (2023)
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (589.733 KB) | DOI: 10.30998/jrkt.v3i02.8599

Abstract

Pacitan adalah salah satu kota yang mempuyai banyak sekali aneka ragam keindahan alam khususnya sektor dibidang pariwisata untuk penunjang ekonomi. Minimnya penyedia layanan informasi terkemuka, keterbatasan wadah promosi, dan banyaknya halaman website yang harus dibuka untuk mendapatkan informasi membuat sebagian besar pengakses atau pengunjung akan mengeluh untuk mencari data yang sesuai. Tujuan Penelitian ini adalah untuk membuat model aplikasi pariwisata berbasis Android dengan mengunakan mobile ui flutter dalam membangunnya supaya menjadi trobosan baru dan efisien membantu para pengguna atau wisatawan menemukan informasi yang diingginkan. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode Research and Development (R&D) yaitu suatu metode penelitian yang digunakan untuk membuat sebuah item tertentu, dan menguji kelayakan metode strategi tersebut dengan menggunakan teori, pengetahuan, dan teknik yang dikumpulkan. Peneliti menarik kesimpulan bahwa aplikasi yang telah dibuat dapat mempermudah wisatawan atau pengguna untuk mendapatkan informasi. Proses penyajian informasi data menjadi lebih efektif dan tertata sempurna dalam kumpulan data yang didapat secara terus-menerus di database real time. Kata Kunci : Aplikasi Pariwisata, Mobile Ui Flutter, Android
Perancangan Sistem Aplikasi Gym Member Berbasis Android Bambang Dani Setiawan; Reza Avrizal; Siti Suaedah
JRKT (Jurnal Rekayasa Komputasi Terapan) Vol 3, No 02 (2023)
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (701.447 KB) | DOI: 10.30998/jrkt.v3i02.8600

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah merancang Aplikasi Member pada Ni Baroe Gym dengan menggunakan React native dan Mysql sebagai database-nya untuk mempermudah penyimpanan data member. Menerapkan Aplikasi member Gym pada Ni Baroe Gym berbasis android agar semua kegiatan yang ada berjalan secara efektif dan efisien. Proses Aplikasi untuk pencatatan detail member dan kelas yang ada agar tidak mempersulit karyawan. Semoga dengan adanya penelitian ini dapat membantu admin khususnya dalam melakukan pencatata/ pendaftaran member gym. Kata Kunci : Sistem Member, Data Member, React native.
Penerapan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan RA Atau Setingkatnya Dengan Metode SAW Di Meruyung Depok Thomas Afrizal; Dwi Yulistyanti
JRKT (Jurnal Rekayasa Komputasi Terapan) Vol 3, No 02 (2023)
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (363.178 KB) | DOI: 10.30998/jrkt.v3i02.8491

Abstract

Sistem Pendukung Keputusan Distribusi Penanganan Perkara Keberatan Pada Direktorat Jenderal Pajak Dengan Metode SAW Marcelina Panggabean; Yuni Wibawanti; Fanisya Alva Mustika
JRKT (Jurnal Rekayasa Komputasi Terapan) Vol 3, No 02 (2023)
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (364.406 KB) | DOI: 10.30998/jrkt.v3i02.8457

Abstract

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) adalah instansi yang diberi amanat oleh Undang- Undang untuk menyelenggarakan salah satu fungsi pelaksanaan administrasi perpajakan yaitu penanganan perkara keberatan yang diajukan Wajib Pajak atas ketetapan yang diterbitkan. Perkara keberatan ditangani oleh pegawai dengan jabatan Penelaah Keberatan. Dalam pelaksanaanya, penentuan Penelaah Keberatan masih dilakukan secara manual tanpa melihat kompetensi dan beban kerja dari penelaah keberatan. Hal ini dikarenakan belum tersedianya secara sistem informasi kompetensi dan beban kerja dari Penelaah Keberatan. Salah satu solusi pemecahan masalah tersebut adalah dengan merancang sistem pendukung keputusan penentuan PK untuk menangani perkara keberatan dengan metode Simple Additive Weighting (SAW). Dengan adanya sistem pendukung keputusan ini Kepala Seksi Kepala Seksi Keberatan, Banding dan Pengurangan (KBP) mampu menentukan pilihan terbaik untuk penugasan penanganan perkara keberatan berdasarkan risiko perkara, kompetensi, pengalaman dan beban kerja PK.
Aplikasi Pembelajaran Bahasa Jepang Dasar (Hiragana Dan Katakana) Untuk Pelajar Berbasis Android Farras Raihan Rasyiq; Ega Shela Marsiani; H. Nur Ali
JRKT (Jurnal Rekayasa Komputasi Terapan) Vol 3, No 02 (2023)
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (501.951 KB) | DOI: 10.30998/jrkt.v3i02.8598

Abstract

Bahasa memegang peran penting dan komunikasi dalam penyampaian informasi. Bahasa Juga memeran penting dalam dunia pendidikan. Selain itu, menguasai bahasa asing dapat juga di jadikan sebagai sarana pendidikan, salah satunya adalah pembelajaran bahasa Jepang. Hal ini bertujuan agar peserta didik khususnya yang ada di Indonesia memiliki modal yang cukup untuk bersaing dalam dunia global yang multi bahasa. Pengertian aplikasi secara umum adalah alat terapan yang difungsikan secara khusus dan terpadu sesuai kemampuan yang dimilikinya aplikasi merupakan suatu perangkat komputer yang siap pakai bagi user [1]. Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet [2]. Desain penelitian pada hakikatnya merupakan rencana aksi penelitian (action plan) berupa seperangkat kegiatan yang berurutan secara logis yang menghubungkan antara pertanyaan penelitian yang hendak dijawab dan kesimpulan penelitian yang merupakan jawaban terhadap masalah penelitian [3].Metode yang dipakai peneliti adalah System Development Life Cycle (SDLC) yaitu metodologi klasik yang digunakan untuk mengembangkan, memelihara dan menggunakan sistem informasi. Siklus hidup sistem itu sendiri merupakan metodologi, tetapi polanya lebih dipengaruhi oleh kebutuhan untuk mengembangkan sistem yang lebih cepat. Pengembangan sistem yang lebih cepat dapat dicapai dengan peningkatan siklus hidup dan penggunaan peralatan pengembangan berbasis komputer. Dalam Perancangan aplikasi pembelajaran tersebut, peneliti membagi dalam beberapa tahap yaitu Perancangan Sistem, Analisis Sistem, Desain Sistem Umum, Evaluasi dan selektif sistem, Fase sistem desain secara detail, Operasi dan pemeliharaan. Hasil dari penelitian yang peneliti lakukan adalah suatu sistem aplikasi pembelajaran yang mudah dipahami.Kata Kunci : Aplikasi, Pembelajaran, Bahasa Jepang, Android.

Page 1 of 1 | Total Record : 5