cover
Contact Name
Eko Nur Hermansyah
Contact Email
ekonurhermansyah@unw.ac.id
Phone
+6285641331367
Journal Mail Official
taulany27@gmail.com
Editorial Address
Jl. Diponegoro no 186 Gedanganak - Ungaran Timur, Kab. Semarang Jawa Tengah
Location
Kab. semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Indonesian Journal of Early Childhood : Jurnal Dunia Anak Usia Dini
ISSN : 2655657X     EISSN : 26556561     DOI : 10.35473
Core Subject : Education,
Focus and Scope of Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini is research, study and analysis related to early childhood include; development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, management institution of early childhood education, early child development assessment, child development psychology, child empowerment, ,learning strategy, Educational tool play, instructional media, innovation in early childhood education and various fields related to Early Childhood Education.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2020)" : 7 Documents clear
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PENGENALAN SINGA UNTUK ANAK USIA DINI Pratama Syahdan Nabil; Bobby Rizki Nur Hidayat; Wildan Muhtar Alfian Mas; Rizal Ramli; Abdul Latif; Faiz Jundi Robbani
Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini Vol. 2 No. 2 (2020)
Publisher : Universitas Ngudi Waluyo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (661.638 KB) | DOI: 10.35473/ijec.v2i2.536

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mengembangkan multimedia pengenalan singa melalui Media Adobe Flash  pada anak usia dini. Pengembangan multimedia pengenalan singa untuk anak usia dini dirancang sebagai media pembelajaran  dengan memberikan materi yang dibalut dengan gambar animasi serta menyertakan soal sebagai bahan evaluasi pembelajaran. Hasil penelitian dapat dilihat dalam tabel evaluasi, dari 10 anak yang mengikuti  pembelajaran.Semua anak mendapatkan nilai diatas batas minimal yaitu 6  Dengan demikian  anak-anak tersebut dapat memahami materi yang disampaikan melalui media multimedia:
jurnal aplikasi sederhana pengenalan alat musik untuk anak usia dini Rifqi Muhammad Fadholi
Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini Vol. 2 No. 2 (2020)
Publisher : Universitas Ngudi Waluyo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1023.582 KB) | DOI: 10.35473/ijec.v2i2.539

Abstract

Dalam hidupnya, manusia perlu berkomunikasi untuk bisa saling memahami. Kalau mulut dan bahasa lisan merupakan alat komunikasi paling utama selama ini, dalam beberapa tahun terakhir, ada sebuah cara baru dalam berkomunikasi. Cara tersebut adalah melalui teknologi multimedia. Tidak seperti obrolan lisan antara orang per orang, multimedia lebih cocok dipakai dalam komunikasi masal. Pasalnya metode ini membutuhkan perangkat khusus agar informasi dapat tersampaikan. Karna nya Multimedia merupakan penggunaan atau pemanfaatan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Maka dari itu perlulah kita memanfaatkan multimedia ini sebagai bahan ajar atau alat belajar mengajar, yang mana alat ini akan menarik beberapa siswa untuk lebih giat lagi dalam belajar. Maka dari itu dalam multimedia ini kami membuat agar lebih interaktif, supaya pengguna dapat lebih cepat memahami materi. Materi yang kami sampaikan adalah pengenalan alat musik yang mana multimedia ini akan disampaikan kepada siswa – siswa Sekolah Dasar secara umum.
Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Mengenai Pengenalan Nama Buah dalam Tiga Bahasa untuk Anak Usia Dini Salsabila Ayuni Kaffah
Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini Vol. 2 No. 2 (2020)
Publisher : Universitas Ngudi Waluyo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (573.059 KB) | DOI: 10.35473/ijec.v2i2.542

Abstract

Perkembangan teknologi pada era sekarang terbilang begitu cepat. Hal tersebut dapat kita lihat pada perkembangan teknologi gawai pada saat ini, dimana perangkat mobile/ desktop saat ini tidak hanya digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi, namun juga mampu digunakan sebagai salah satu media edukasi/pembelajaran. Salah satu yang dinilai memiliki peranan cukup besar dalam dunia edukasi saat ini merupakan game edukasi. Pemanfaatan teknologi game jenis ini yang digunakan sebagai penunjang materi dalam proses belajar mengajar anak dinilai sebagai salah satu cara yang tepat, karena Game edukasi sebagai media visual mempunyai keunggulan lebih apabila dibandingkan dengan media visual yang lain seperti buku atau e-book.Tujuan dari penelitian ini sendiri yakni untuk membuat atau mengembangkan sebuah aplikasi mobile/desktop bertipe  game edukasi sebagai media penunjang edukasi/pembelajaran dalam hal ini yakni : mengenal nama buah dalam 3 bahasa berbeda termasuk Bahasa Indonesia , Bahasa inggris, dan Bahasa arab. Selain itu membantu anak mengenali bentuk buah, serta tata cara pengucapan nama buah yang benar dalam 3 bahasa tersebut. Game ini dapat digunakan sebagai salah satu media alternatif edukasi/pembelajaran oleh guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam mengubah cara belajar konvensional menjadi cara belajar simulasi game, sehingga dapat menarik minat anak dan mengembangkan daya imajinasi, serta melatih pendengaran anak karena game dilengkapi tidak hanya dengan gambar dan tampilan yang menarik juga pelengkap suara pengucapan bahasa yang benar.
Meningkatkan Keterampilan Proes Sains Anak Usia 5-6 Tahun melalui Metode Eksperimen Mencampur Warna di PAUD Permata Hati Desa Jampang Anita Damayanti; Mawaddah -
Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini Vol. 2 No. 2 (2020)
Publisher : Universitas Ngudi Waluyo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (459.83 KB) | DOI: 10.35473/ijec.v2i2.556

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya keterampilan proses sains pada anak usia 5-6 tahun yang masih belum berkembang optimal, sehingga penulis tergerak untuk meneliti apa penyebab kelemahan tersebut sambil mengajukan solusi dengan penerapan metode eksperimen mencampur warna. Tujuan penelitan ini adalah  meneliti peningkatan keterampilan proses sains anak usia 5-6 tahun melalui metode eksperimen menacampur warna di PAUD Permata Hati Desa Jampang. Hasil penelitian meunjukan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan metode eksperimen mencampur warna terhadap keterampilan proses sains anak. Hal ini terbukti dari hasil perolehan persentase dari pra siklus sebesar 31%, siklus I 54% dan siklus II 82%.  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen mencampur warna dapat meningkatkan keterampilan proses sains anak usia 5-6 tahun di PAUD Permata Hati Desa Jampang. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk pihak-pihak terkait seperti kepala sekolah, guru, orang tua dan siswa/peserta didik
Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dimasa Pandemi Covid-19 Cipta Pramana
Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini Vol. 2 No. 2 (2020)
Publisher : Universitas Ngudi Waluyo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (508.686 KB) | DOI: 10.35473/ijec.v2i2.557

Abstract

Infeksi Covid-19 dinyatakan sebagai pandemi yang menyebar ke seluruh belahan dunia. Infeksi coronavirus jenis baru yang misterius dan sangat infeksius. Penyebaran yang begitu cepat sehingga dibutuhka cara-cara terbaik yang efektif untuk mencegah pemularannya. Metode yang paling baik untuk memutus rantai penularan adalah dengan menjaga jarak fisik (physical distancing) dan menjaga jarak sosial (social distancing) selama vaksin belum ditemukan. Tulisan ini membahas tentang dampak pandemi terhadap dunia pendidikan khususnya Pendidikan Anak Usia Dunia (PAUD) dan mencoba menguraikan tentang proses pembelajaran baru dengan sistem belajar jarak jauh agar sistem pendidikan dan pembelajaran tetap berlangsung dengan baik.
Multimedia Interaktif Mengenal Zaman Pra Sejarah dan Dinosaurus Rio Alfikri Sofian
Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini Vol. 2 No. 2 (2020)
Publisher : Universitas Ngudi Waluyo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (524.96 KB) | DOI: 10.35473/ijec.v2i2.566

Abstract

Pembelajaran dalam bentuk video interaktif adalah salah satu bentuk dari bentuk multimedia. Pembelajaran dalam bentuk video interaktif dapat di gunakan untuk mempermudah orang orang untuk mempelajari suatu hal. Pada saat ini, banyak siswa-siswa seperti paud sampai SD masih menggunakan media buku atau manual sebagai media pembelajaran nya yang mana bisa sangat jadi membosankan. Tujuan dibuat aplikasi ini adalah untuk mengenalkan zaman pra sejarah khusus nya dinosaurus dengan menggunakan video interaktif agar siswa mengenal lebih dalam tentang dinosaurus tidak hanya berbentuk visual dalam bentuk gambar 2D tetapi juga akan ada ilustrasi tentang kehidupan zaman dinosaurus dalam bentuk audio visual.
Dimensi Kecerdasan Aq (Adversity Quotient) Anak dalam Perspektif Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini Muhammad Alim Kahfi
Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini Vol. 2 No. 2 (2020)
Publisher : Universitas Ngudi Waluyo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (490.849 KB) | DOI: 10.35473/ijec.v2i2.569

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kecerdasan AQ (Adversity Quotient) pada anak usia dini yang didasarkan pada kajian isi kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Pentingnya penelitian ini dikarenakan masih sering ditemukan pola asuh, pendidikan oleh orang tua dan sekolah terhadap anak-anak dilaksanakan dengan cara memanjakannya. Mereka tidak sadar bahwa pola asuh dan pendidikan dengan memanjakan anak (spoiling) adalah merusak dan membuat anak tidak berdaya. Akibatnya masih banyak anak kita yang sudah dewasa ketika dihadapkan pada masalah yang sangat sederhana mereka tidak mampu mengatasinya dan masih meminta bantuan orang lain terutama pada kedua orang tuanya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama Ditemukan spirit dalam muatan kurikulum 2013 PAUD yang dapat meningkatkan kecerdasan AQ anak usia dini dalam kategori climber (pendaki), hal tersebut dapat dilihat pada: struktur kurikulum 2013 PAUD, sistem pembelajaran kurikulum 2013 PAUD dengan pendekatan saintifik dan penilaian kurikulum 2013 PAUD dengan model penilaian otentik. Kurikulum 2013 PAUD berbasis kecerdasan AQ memberikan dorongan dan peningkatan siswa lebih mandiri dan terbiasa menyelesaikan masalah. Adapun kemampuan dan kompetensi siswa yang dapat dikembangkan diantaranya adalah: (1) kemandirian anak, (2) kepercayaan diri, (3) rasa ingin tahu, (4) berdaya tahan tinggi, (5) motivasi meraih cita-cita yang tinggi, (6) semangat berkarya, (7)  kondisi ceria dan pebuh kegembiraan, (8) kesehatan emosional, dan (9) memiliki tekad yang kuat. 

Page 1 of 1 | Total Record : 7