cover
Contact Name
Latif Anshori Kurniawan
Contact Email
latif@upgris.ac.id
Phone
+628386063355
Journal Mail Official
sasindo@upgris.ac.id
Editorial Address
Kampus 4 Universitas PGRI Semarang Program Studi PBSI, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Jl. Gajah Raya No.40 Semarang
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Sasindo : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Published by Lontar Media Press
ISSN : 23374098     EISSN : 26146959     DOI : https://doi.org/10.26877/sasindo
Core Subject : Education,
Sasindo: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mencakup artikel penelitian, laporan penelitian, ulasan, dan komentar ilmiah dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan perincian sebagai berikut. Pengajaran Bahasa Indonesia Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Pengajaran Sastra Indonesia Ilmu Bahasa (Linguistik) Semantik Sintaksis Analisis Wacana Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Pragmatik Sosiolinguistik Psikolinguistik Linguistik Kognitif Gaya Bahasa (Stilistika) Kajian Sastra Indonesia Folklore Indonesia
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2021): Januari 2021" : 10 Documents clear
PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PANTUN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KUNDURAN BLORA TAHUN AJARAN 2017/2018 Wisnu Triaji
Sasindo : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 1 (2021): Januari 2021
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/sasindo.v9i1.10649

Abstract

Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan penerapan model picture and picture dalam pembelajaran menulis pantun pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kunduran Blora tahunajaran 2017/2018. Bentuk penelitian adalah penelitian terapan dengan teknik kualitatif deskriptifdengan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 1 Kunduran Blora yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dan nontes. Tes yang digunakan adalah tes mengerjakan soal uraian yang berkaitan tentang menulis pantun. Teknik nontes berupa data observasi kegiatan pembelajaran dan angket. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dalam penerapan model picture and picture dalam pembelajaran menulis pantun siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kunduran Blora tahun ajaran 2017/2018. Diketahui bahwa penerapan model picture and picture sangatlah tepat dan cocok dalam menulis pantun. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa dalam pembelajaran menulis pantun ialah 82 berada pada interval 75-84, yang termasuk dalam kategori baik. Nilai tersebut telah mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan, yaitu 75.
PENERAPAN MODEL DIGITAL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MEMAHAMI UNSUR KEBAHASAAN TEKS BIOGRAFI PADA PESERTA DIDIK KELAS X MAN 2 KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Putri Hagana Br Sembiring
Sasindo : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 1 (2021): Januari 2021
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/sasindo.v9i1.10645

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model Digital Learning dalam pembelajaran memahami unsur-unsur kebahasaan pada peserta didik kelas X MAN 2 Kota Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes dan nontes. Hasil yang diperoleh dalam pembelajaran memahami unsur-unsur kebahasaan teks biografi menggunakan model Digital Learning dapat diterapkan dalam pembelajaran teks biografi pada peserta didik kelas X MAN 2 Kota Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Kemampuan peserta didik dalam menjawab soal teks biografi memperoleh kategori baik. Peserta didik dapat menjawab soal dengan baik dilihat dari nilai rata-rata peserta didik, yaitu 87 dengan Kriteria Ketuntasan Minimal 75 sesuai dengan yang ditetapkan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas X MAN 2 Kota Semarang.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MENGGUNAKAN TEKNIK TOK (TIRU-OLAH-KEMBANGKAN) PADA SISWA KELAS XII IPS-2 SEMESTER 2 SMA NEGERI 9 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Rumisih Rumisih
Sasindo : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 1 (2021): Januari 2021
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/sasindo.v9i1.10650

Abstract

Keterampilan menulis cerpen sangatlah penting karena cerpen sebagai karya sastra dapat berfungsi sebagai salah satu media untuk pembinaan mental generasi muda. Kemampuan rata-rata peserta didik dalam menulis cerpen tergolong kurang, harus diatasi dengan berbagai macam cara. Salah satu cara yang dilakukan adalah perlunya teknik pembelajaran PAIKEM (pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan), contohnya adalah pembelajaran dengan teknik pemodelan. Teknik pembelajaran ini dapat memotivasi peserta didik untuk mengembangkan kreativitasnya karena peserta didik dituntut untuk aktif dan kreatif mencari karya sastra yang bagus untuk dijadikan model atau contoh penciptaan dan penulisan cerpen. Penelitian ini bertujuan memaparkan karakteristik teknik TOK dalam menulis cerpen dan memaparkan cara meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis cerpen menggunakan teknik TOK. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan empat tahap, meliputi perencanaan pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sumber data terdiri atas guru bahasa Indonesia dan siswa kelas XII IPS-2. Data dikumpulkan melalui teknik angket, tes, nontes, jurnal, dan pengamatan serta dianalisis secara deskriptif kualitatif. Dari hasil analisis data, peserta didik membutuhkan kemahiran guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya ketarampilan menulis cerpen untuk menciptakan pembelajaran yang berbasis PAIKEM. Produk yang dihasilkan pada makalah teknik pemodelan dengan strategi TOK menulis cerpen berupa silabus, RPP, dan kriteria penilaian. Wujud produk penelitian dan pengembangan teknik pemodelan dengan teknik TOK ini adalah teknik pemodelan yang pada pembelajaran menulis cerpen panduan pembelajaran menulis cerpen menggunakan teknik pemodelan.
BAHASA FIGURATIF DAN SARANA RETORIKA DALAM PUISI “LIBURAN SEKOLAH” KARYA JOKO PINURBO SERTA RELEVANSINYA PADA PEMBELAJARAN PUISI DI SMK Ivan Mahendra
Sasindo : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 1 (2021): Januari 2021
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/sasindo.v9i1.10641

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bahasa figuratif dan sarana retorika yang terdapat dalam puisi berjudul “Liburan Sekolah” karya Joko Pinurbo serta relevansinya pada pembelajaran puisi di SMK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yakni studi kepustakaan model deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini yakni puisi berjudul “Liburan Sekolah” karya Joko Pinurbo yang terdapat dalam buku kumpulan puisi Selamat Menunaikan Ibadah Puisi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yakni teknik simak dan teknik catat. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, diidentifikasi penggunaan bahasa figuratif dan sarana retorika. Bahasa figuratif yang digunakan berupa personifikasi, simile, metafora, dan simbol sedangkansarana retorika berupa ironi, paradoks, dan hiperbola. Bahasa figuratif dan sarana retorika tersebut relevan dengan pembelajaran puisi di SMK. Kerelevansian ditunjukkan melalui kompetensi dasar pada aspek pengetahuan dan aspek keterampilan materi puisi kelas X SMK. Kerelevansian berikutnya ditunjukkan melalui penerapankata kerja operasional pada indikator pencapaian kompetensi yang dijabarkan melalui rancangan pembelajaran.
ANALISIS KESALAHAN EJAAN DALAM TEKS BIOGRAFI KARANGAN PESERTA DIDIK KELAS X SMA LAB SCHOOL UPGRIS TAHUN AJARAN 2019/2020 Taufik Agus A.
Sasindo : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 1 (2021): Januari 2021
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/sasindo.v9i1.10646

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan wujud kesalahan ejaan pada teks biografi peserta didik kelas X SMA Lab School UPGRIS tahun ajaran 2019/2020. Metode pengumpulan data menggunakan metode simak dengan teknik catat. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini didapat dengan cara memberi tugas. Tugas tersebut berupa menulis teks biografi teman sebangku yang diberikan kepada peserta didik kelas X SMA Lab School UPGRIS. Metode yang digunakan dalam tahapan analisis data menggunakan metode agih. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik dasar: teknik bagi unsur langsung dan teknik lanjutan: tinjauan umum berupa teknik lesap dan teknik ganti. Penyajian hasil analisis data pada penelitian berupaya menyajikan hasil dengan wujud laporan tertulis yang berisikan akan apa-apa yang telah dihasilkan dari kinerja analisis. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa kesalahan pemakaian huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama awal kalimat diperoleh sebanyak 34 kesalahan. Kesalahan pemakaian huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama geografi diperoleh sebanyak 7 kesalahan. Kesalahan pemakaian huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama semua kata (termasuk semua unsur bentuk ulang sempurna) dalam nama negara, lembaga, badan, organisasi, atau dokumen diperoleh sebanyak 10 kesalahan. Kesalahan pemakaian huruf miring diperoleh sebanyak 12 kesalahan. Kesalahan pemakaian kata ulang utuh diperoleh sebanyak 1 kesalahan. Kesalahan pemakaian kata depan di, ke, dan dari diperoleh sebanyak 18 kesalahan. Kesalahan pemakaian tanda titik (.) diperoleh sebanyak 13 kesalahan. Kesalahan pemakaian tanda koma (,) diperoleh sebanyak 11 kesalahan. Total kesalahan ejaan dalam teks biografi karangan peserta kelas X SMA Lab School UPGRIS tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 106 kesalahan. Saran yang dapat penulis sampaikan adalah guru-guru perlu meningkatkan pembelajaran mengenai Ejaan Bahasa Indonesia kepada peserta didik agar tujuan pembelajaran tercapai.
GAYA BAHASA LIRIK LAGU EBIET G. ADE DALAM ALBUM “MASIH ADA WAKTU” SEBUAH ALTERNATIF MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS X SMA Risang Alba Finsa; H.R. Utami; Mukhlis Mukhlis
Sasindo : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 1 (2021): Januari 2021
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/sasindo.v9i1.10642

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan wujud gaya bahasa lirik lagu Ebiet G. Ade dalam album Masih Ada Waktu sebagai sebuah alternatif materi pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas X SMA. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif kualitatif dengan menganalisis lirik lagu Ebiet G. Ade dalam album Masih Ada Waktu, dan sumber-sumber lain yang ditemukan di internet. Dari hasil pengumpulan data yang diujikan, diperoleh empat bentuk teknik analisis data, yaitu: (1) identifikasi, (2) klasifikasi data, (3) deskripsi data, dan (4) kesimpulan, serta menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Teknik deskriptif kualitatif digunakan penulis untuk menganalisis lirik lagu Ebiet G. Ade menggunakan gaya bahasa yang sudah ditemukan karena analisis dari satu orang dan orang lain pasti berbeda-beda dan tidak ada yang salah, dan juga bisa menjadi salah satu alternatif materi pembelajaran bagi siswa SMA kelas X.
INTERFERENSI BAHASA JAWA KE DALAM BAHASA INDONESIA PADA ACARA STAND UP COMEDY DI YOUTUBE STAND UP KOMPAS TV Violetta Intan Rahmatika
Sasindo : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 1 (2021): Januari 2021
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/sasindo.v9i1.10647

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk gangguan bahasa Jawa ke dalam bahasa Indonesia pada program Stand Up Comedy di YouTube Stand Up Kompas TV dan faktor-faktor penyebab gangguan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berupa tuturan komika pada Stand Up Comedy Indonesia pada kanal YouTube Stand Up Kompas TV. Objek yang diteliti adalah bentuk-bentuk interferensi bahasa Jawa ke dalam Indonesia beserta faktor-faktor penyebabnya. Bentuk interferensi pada penelitian ini adalah interferensi morfologis, fonologis, dan sintaktis pada acara Stand Up Comedy Indonesia.
ANALISIS NILAI MORAL DALAM NOVEL 5 CM KARYA DONNY DHIRGANTORO SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA Dian Widi Astuti
Sasindo : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 1 (2021): Januari 2021
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/sasindo.v9i1.10643

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan (1) nilai moral yang terkandung dalam novel 5 cm karya Donny Dhirgntoro dan (2) moral tokoh yang terkadung dalam novel 5 cm karya Donny Dhirgantoro. Selain itu, juga memaparkan (3) bentuk penyampaian nilai moral dalam novel 5 cm karya Donny Dhirgantoro. Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah novel 5 cm karya Donny Dhirgantoro. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan analisis nilai moral dengan kajian resepsi sastra. Data yang digunakan untuk menganalisis dengan teknik deskriptif kualitatif, yaitu suatu prosedur penelitian dengan hasil sajian data deskriptif berupa tuturan pengarang dalam novel 5 cm karya Donny Dhirgantoro. Cara pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca catat. Validasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah validasi intrarer, dan juga validasi intterater. Hasil penelitian menunjukkan sebagai (1) nilai moral yang terkandung dalam persahabatan atau pertemanan adalah interaksi sosial yang tidak bisa lepas dari manusia, sifat manusia yang masih membutuhkan orang lain, mendorong manusia untuk berteman atau bersahabat dengan orang lain, persahabatan menunjukkan kesetiaan dan kedekatan satu sama lainnya. (2) Wujud nilai moral dalam hubungan berbakti kepada orang tua, hubungan antara manusia yan mempunyai akal dan pikiran. Berbakti kepada orang tua dapat diwujudkan dalam berbagai macam bentuk, salah satunya adalah berbuat baik kepada orang tua. (3) Wujud nilai moral dalam bentuk persaudaraan merupakan ikatan yang sangat besar dalam suatu hubungan. Rasa persaudaraan yang terjalin menumbuhkan sikap kebersamaan satu sama lain.
ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM DIALOG NOVEL KALA KARYA STEFANI BELLA DAN SYAHID MUHAMMAD Widya Candra Wahyuni
Sasindo : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 1 (2021): Januari 2021
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/sasindo.v9i1.10648

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan bentuk alih kode dan pencampuran kode dalam dialog Kala oleh Stefani Bella dan Syahid Muhammad; 2) Jelaskan faktor-faktor yang menyebabkan alih kode dan pencampuran kode dalam dialog Kala oleh Stefani Bella dan Syahid Muhammad. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah bentuk alih kode, campur kode, dan penyebab alih kode dan campur kode, bentuk alih kode 1) Pengalihan kode secara eksternal, 2) Pengalihan kode internal. Bentuk kode pencampuran kode 1) Pencampuran kode keluar 2) Pencampuran kode dalam, 3) pencampuran kode campuran, dan faktor-faktor yang menyebabkan alih kode dan pencampuran kode.
ANALISIS NILAI MORAL DALAM NOVEL “RAHVAYANA AKU LALA PADAMU” KARYA SUJIWO TEJO Try Cahya Christy
Sasindo : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 1 (2021): Januari 2021
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/sasindo.v9i1.10644

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai moral yang terdapat dalam novel Rahvayana Aku Lala Padamu karya Sujiwo Tejo. Metode penelitian ini adalah kualitatif. Pengkajian jenis ini bertujuan untuk menjelaskan berbagai informasi kualitatif dengan pendeskripsian yang teliti dan untuk menggambarkan secara cermat sifat-sifat suatu hal, keadaan, fenomena pada pengumpulan data yang berhubungan dengan nilai moral yang terdapat dalam novel Rahvayana Aku Lala Padamu Karya Sujiwo Tejo. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: wujud nilai moral hubungan manusia dengan Tuhan yang terdiri dari (a) kepercayaan kepada Tuhan. Kedua, hubungan manusia dengan manusia yang terdiri dari (a) teguh pada pendirian, (b) optimisme, (c) penyesalan. Ketiga, penyampaian nilai moral dalam novel Rahvayana Aku Lala Padamu: (a) penyampaian langsung (b) penyampaian tidak langsung. Akan tetapi, ada satu nilai moral yang tidak terdapat di dalam novel Rahvayana Aku Lala Padamu, yaitu nilai menghargai orang lain.

Page 1 of 1 | Total Record : 10