cover
Contact Name
Yuliani Wahyu Sardana
Contact Email
yulianiwahyusardana25@gmail.com
Phone
+6282234657237
Journal Mail Official
deteksi.jurnaltekniksipil@gmail.com
Editorial Address
Jl. Lettu Suyitno No. 2 Kalirejo, Kec. Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Indonesia
Location
Kab. bojonegoro,
Jawa timur
INDONESIA
De`Teksi : Jurnal Teknik Sipil
Published by Universitas Bojonegoro
ISSN : -     EISSN : 25023152     DOI : https://doi.org/10.56071/de'teksi
Core Subject : Engineering,
Jurnal ini Memiliki bidang keahlian yang terdiri dari Teknik Struktural, Teknik dan Manajemen Konstruksi, Teknik Geoteknik, Teknik Sumber Daya Air, Teknik Transportasi dan Teknik Kelautan.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 1 (2020): De' Teksi - Jurnal Teknik Sipil Unigoro" : 7 Documents clear
RENCANA PEMBANGUNAN IPAL (INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH) UNTUK MENGURANGI LIMBAH DI DESA KABUNAN KECAMATAN BALEN KABUPATEN BOJONEGORO Heri Mulyanti; Febri Exta
Jurnal teknik sipil Vol. 5 No. 1 (2020): De' Teksi - Jurnal Teknik Sipil Unigoro
Publisher : Universitas Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (349.826 KB)

Abstract

Pengolahan limbah cair pabrik tahu dapat menggunakan kombinasi sistem anaerobik aerobik dengan biofilter karena limbah cair pabrik tahu dapat terurai secara biologis dengan peranan mikroorganisme. Instalasi yang dibutuhkan yaitu bak pemisah minyak, bak ekualisasi, bak anaerobik dan bak aerobik yang dilengkapi biofilter, serta bak penjernih. Bak pemisah minyak multifungsi untuk saponifikasi, bak ekualisasi dapat menurunkan kadar TSS, bak anaerobikmemiliki efisiensi sebesar 75 % dan efisiensi bak aerobik 95 %, serta bak penjernih yang dilengkapi dengan pompa sirkulasi lumpur. Dari pengolahan tersebut tidak didapatkan lumpur dan diperkirakan BOD5, COD, TSS berturut – turut sebesar 15,9 mg/L , 22,0 mg/L, 1,5 mg/L, dan pH 6,50.Pengolahan air limbah (IPAL) dari pabrik tahu di Desa Kabunan Kabupaten Bojonegoro menyarankan agar industri rumahan pabrik tahu terkait dapat mengkaji pengadaan atau pelaksanaan pembangunan IPAL untuk menangani limbah cair yang tiap hari dihasilkan dari proses produksi tahu tersebut. Perlu penelitian yang terpisah untuk tiap variasi waktu tinggal agar dapat menghindari terjadinya Carry over.
KAJIAN ULANG CONTROL STABILITAS GROUNDSILL BENDUNG GERAK SUNGAI BENGAWAN SOLO DI KABUPATEN BOJONEGORO Harjono; Dimas Putra Permana
Jurnal teknik sipil Vol. 5 No. 1 (2020): De' Teksi - Jurnal Teknik Sipil Unigoro
Publisher : Universitas Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (738.642 KB)

Abstract

Bendungan gerak di desa Ngringinrejo kec. Kalitidu dan desa Padang kec. Trucuk adalah sebuah aset negara yang memiliki nilai penting bagi masyarakat Bojonegoro. Dari kondisi tersebut, penurunan elevasi dasar (scouring) pada bagian downstream bendungan gerak Bojonegoro selain karena akibat penambangan pasir juga terjadi akibat pengaruh hidraulis. Dengan adanya pembangunan groudsill dapat mengembalikan kondisi sungai serta, menjaga bangunan Bendungan Gerak, dan mengatur arus sungai. Groundsill merupakan suatu struktur ambang melintang yang di bangun pada alur sungai yang bertujuan untuk mengurangi kecepatan arus dan meningkatkan laju pengendapan di bagian hulu struktur. Berdasarkan hal tersebut, penulis ingin menganalisis stabilitas Groundsill baik ditinjau dari keamanan terhadap bahaya gerusan, bahaya rembesan (piping), keamanan terhadap daya dukung tanah, dan kemanan terhadap bahaya geser pada saat debit banjir.Hasil yang didapatkan berdasarkan anilisis yang di lakukan adalah groundsill bendung gerak aman dari bahaya rembesan (piping) karena nilai weight creepratio hitung lebih besar daripada weight creep ratio untuk tanah berjenis pasir halus. Groundsill bendung aman dari bahaya geseran saat banjir. Groundsill tidakaman dari daya dukung tanah karena nilai tekanan lebih besar daripada daya dukung tanah. Groundsill aman dari bahaya gerusan.
PERENCANAAN TEMBOK PENAHAN TANAH STRUKTUR KANTILEVER: Studi Kasus Ruas Jalan Bakalan – Semanding Kecamatan Kapas, Bojonegoro soegyarto; Kukuh Bahtiar
Jurnal teknik sipil Vol. 5 No. 1 (2020): De' Teksi - Jurnal Teknik Sipil Unigoro
Publisher : Universitas Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (548.842 KB)

Abstract

Terdapat banyak manfaat pembangunan tembok penahan tanah di wilayah Bojonegoro.Salah satu fungsinya yaitu untuk menstabilkan area tanah di sekitar bahu jalan agar tidak terjadilongsor ataupun penurunan tanah akibat faktor alam (hujan dan banjir) maupun faktor tekananbeban dari atas jalan. contoh yang terjadi dapat kita lihat di jalan raya desa bakalan kecamatan kapas. Jalan beraspal yang sudah diperbaiki mudah sekali rusak kembali. Kerusakan dimulai dari bagian tepi jalan hingga merembet ke tengah jalan. Akibatnya permukaan jalan jadi tidak rata lagi dan berbahaya bagi para penggunanya. Tembok penahan tanah adalah suatu struktur konstruksi yang dibangun untuk menahan tanah yang mempunyai kemiringan, dinding penahan tanah digunakan untuk menahan tekanan tanah lateral yang ditimbulkan oleh tanah urugan atau tanah asli yang labil akibat kondisi topografinya. Tujuan dari perencanaan ini adalah untuk mengatasi masalah longsornya tanah dan mengurangi resiko kerusakan jalan dari akibat tersebut. Perhitungan tekanan tanah dihitung dengan menggunakan Teori Rankine serta perhitungan stabilitas terhadap keruntuhan kapasitas dukung tanah dihitung berdasarkan persamaan Terzhagi berdasarkan data-data karakteristik (c dan Ø ). Hasil perencanaan dinding penahan tipe kantilever dengan menggunakan data tanah hasil uji laboratorium pada salah satu lokasi di wilayah Bojonegoro dengan Tinggi Tembok Penahan Tanah 2,5 m, lebar alas (L) 1,75 stabil terhadap gaya guling 0,29 ( Aman ), geser 2,10 ( Aman ) , dan keruntuhan daya dukung tanahnya dihitung dengan Metode Terzaghi adalah 4,75 > 1,80 Ok.
PENGARUH VARIASI PENAMBAHAN ACCELERATOR ADMIXTURE TERHADAP KUAT TEKAN BETON Zainudin; Muhamad Nurkholis
Jurnal teknik sipil Vol. 5 No. 1 (2020): De' Teksi - Jurnal Teknik Sipil Unigoro
Publisher : Universitas Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (418.628 KB)

Abstract

Semakin berkembangnya pembangunan nasional yang terus menerus mengalami peningkatan dan tidak lepas dari tuntutan dari kebutuhan masyarakat terhadap fasilitas infrastruktur yang semakin maju dan serba cepat. Untuk mempercepat pengeringan beton bisa menggunakan bahan tambah jenis Accelerating Admixture yang berfungsi untuk mempercepat pengikatan dan peningkatkan mutu dan kekuatan awal beton, mempercepat pengerasan,menambah kuat tekan, penghematan, atau untuk tujuan lain seperti penghematan energi, biaya, dan waktu, misalnya pada pekerjaan jalan rigid yang semula boleh dilalui kendaraan pada umur 28 hari. Penulis menggunaan bahan tambah jenis Accelerating Admixture bermerk AMCA B+ yang diharapkan dapat mempercepat pekerjaan dan pengeringan jalan tersebut. Dari hasil kuat tekan beton dengan variasi penambahan Accelerator Admixture pada umur 7 hari menghasilkan nilai kuat tekan rata-rata yaitu variasi 0% = 14,34 Mpa, 1% = 15,54 Mpa, 2% = 16,84 Mpa, dan 2,5% = 11,56 Mpa. Sedangkan, pada umur 28 hari menghasilkan nilai kuat tekan beton rata-rata yaitu variasi 0% = 22,30 Mpa, 1% = 23,96 Mpa, 2% = 26,09 Mpa, dan 2,5% = 18,22 Mpa. Dari hasil tersebut nilai kuat tekan beton tertinggi terdapat pada variasi penambahan Accelerator Admiture 2% pada umur 7 hari dengan nilai rata-rata sebesar 16,84 Mpa dan padaumur 28 hari dengan nilai kuat tekan rata-rata sebesar 26,09 Mpa
PENGARUH PENAMBAHAN LIMBAH SERBUK KACA SEBAGAI PENGGANTI SEBAGIAN AGREGAT HALUS TERHADAP KUAT TEKAN BETON Mushtofa; Juli Purnomo
Jurnal teknik sipil Vol. 5 No. 1 (2020): De' Teksi - Jurnal Teknik Sipil Unigoro
Publisher : Universitas Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (480.88 KB)

Abstract

Teknologi beton telah berkembang sejak ditemukannya beton prategang pada beberapa dekade lalu yang diikuti oleh berbagai penelitian untuk meningkatkan kinerja bahan bangunan. Penelitian tersebut dilakukan dengan memperhatikan pemilihan material pembentuk beton sampai pada substitusi material lainnya, dengan memperhatikan adanya limbah kaca baik yang berasal dari industri ataupun pembongkaran bangunan dan dari rumah tangga dalam jumlah besar,berkemungkinan dimanfaatkan sekaligus sebagai alternatif solusi permasalahan lingkungan yang dapat diakibatkan oleh limbah kaca. Serbuk kaca diharapkan berfungsi sebagai filler karena memiliki potensi sebagai material pozzolan. Perencanaan campuran beton menggunakan Metode SNI 7656-2012 yang dimodifikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberi solusi bagi permasalahan lingkungan yang diakibatkan oleh limbah kaca. Dan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh penambahan limbah serbuk kaca terhadap kuat tekan tekan beton. Prosentase campuaran serbuk kaca yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 0%, 5%, 7,5%, 10% dan 12,5% dari berat semen (agregat halus) menggunakan analisa regresi linear dengan SPSS. Diperoleh hasil analisa berpengaruh karena hasil signikansi output spss (tabel coefficients) sebesar 0,021 < 0,05 & nilai T hitung 2,630 > T tabel yg menunjukan nilai sebesar 2,16037. Artinya ada pengaruh dari variasi penambahan ini sehingga variasi ini tidak bisa digunakan dalam jumlah banyak, dan variasi penambahan maksimal sebesar 5%. Benda uji yang digunakan adalah berbentuk silinder, mutu beton yang direncanakan 25 MPa yang di uji pada umur 28 hari dengan terlebih dahulu dilakukan perawatan sebelum pengujian. Penelitian ini menguji beton dengan benda uji silinder untuk uji kuat tekan (diameter 15cm x 30cm). Sebanyak 30 sampel dari terdiri dari 5 variasi sebanyak 6 sampel. Dari penelitian ini diperoleh hasil kuat tekan beton yang tertinggi terdapat pada prosentase 5% yaitu sebesar 13,4915 MPa. Dan terendah terdapat pada prosentase 12,5% yaitu sebesar 12,175 MPa. Penambahan serbuk kaca berpengaruh terhadap kuat tekan beton. Berat jenis untuk semua variasi penggunaan serbuk kaca termasuk beton normal. Beton dengan nilai kuat tekan tertinggi dicapai pada komposisi serbuk kaca 5% edangkan nilai kuat tekan terendah di dapat pada komposisi kaca 12,5%.
PENGARUH PENAMBAHAN LIMBAH LOGAM SEBAGAI BAHAN PENGGANTI SEBAGIAN AGREGAT HALUS TERHADAP KUAT TEKAN BETON Yulis Widhiastuti
Jurnal teknik sipil Vol. 5 No. 1 (2020): De' Teksi - Jurnal Teknik Sipil Unigoro
Publisher : Universitas Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (926.527 KB)

Abstract

Beton sebagai suatu campuran yang terdiri dari agregat halus, agregat kasar dan semen yang dicampur menjadi satu dengan air membentuk suatu massa yang mirip batuan. Agregat yang digunakan sebagai material penyusunan beton merupakan sumber daya alam yang mengalami penyusutan atau penurunan jumlah volume dibumi saat ini. Hal tersebut menyebabkan bumi mengalami kerusakan. Sehingga perlu adanya pemanfaatan bahan lain untuk dijadikan pengganti agregat beton. Limbah logam dapat dijadikan sebagai bahan pengganti agregat halus. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh penmbahan limbah logam terhadap berat jenis dan kuat tekan beton. komposisi campuran limbah logam yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebesar 0%, 5%, 25%, dan 50% dari berat agregat halus. Benda uji yang digunakan adalah berbentuk silinder , mutu beton yang direncanakan adalah 20 Mpa yang diuji pada umur 28 hari dengan terlebih dahulu dilakukan perawatan sebelum pengujian. Penelitian ini menguji beton dengan benda uji silinder untuk uji kuat tekan (diameter 150 mm dan tinggi 300 mm) sebanyak 24 sampel dan terdiri dari 4 variasi dan masing-masing sebanyak 6 sampel. Dari penelitian diperoleh bahwa kuat tekan beton yang tertinggi pada campuran limbah logam sebesar 0% yaitu sebesar 8,91 Mpa dan setiap variasinya mengalami penurunan kuat tekan. Penggantian limbah logam sebesar 0%, 5%, dan 25% merupakan campuran yang memiliki berat jenis sesuai beton normal yaitu anatara 2300-2400 kg/m3.
ANALISIS DAMPAK BERFUNGSINYA JEMBATAN SOSRODILOGO TERHADAP LALU LINTAS DI PERSIMPANGAN DESA KLANGON Herta Novianto
Jurnal teknik sipil Vol. 5 No. 1 (2020): De' Teksi - Jurnal Teknik Sipil Unigoro
Publisher : Universitas Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (369.9 KB)

Abstract

Pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan bertujuan untuk mendukung distribusi lalu lintas barang maupun manusia dan membentuk struktur ruang wilayah (Renstra Kementerian PU 2010-2014,2010), sehingga pembangunan infrastruktur memiliki 2 (dua) sisi yaitu : tujuan pembangunan dan dampak pembangunan. Setiap kegiatan pembangunan yang dilaksanakan pasti menimbulkan dampak terhadap lingkungan baik dampak positif maupun dampak negatif, yang perlu diperhatikan adalah bagaimana melaksanakan pembangunan untuk mendapatkan hasil dan manfaat yang maksimum dengan dampak negatif terhadap lingkungan yang minimum. Penelitian ini menggunakan metode observasi merupakan teknik pegumpulan data yang dilakuan dengan cara terjun langsung ke lapangan. Teknik ini dinilai efisien bila peneliti tahu dengan pasti varibel yang akan diukur dan tahu apa yg diharapkan. Dalam penelitian,menghasilkan data survey dampak berfungsinya jembatan sosrodilogo memiliki hambatan samping sangat rendah. Dari hasil penelitian dan perhitungan yang telah dilakukan dengan kondisi setelah terjadi perubahan terhadap simpang bersinyal jembatan sosrodilogo didapat kecepatan tempuh 0,45 km/jam dan kecepatan arus bebas 32,825 km/jam. Dan kondisi aktifitas lalu lintas jalan Rajekwesi termasuk tingkat pelayanan golongan A dengan prosentase dari kecepatan bebas lebih besar dari 90 km/jam yang termasuk lalu lintas bebas. Volume lalu lintas merupakan jumlah kendaraan yang melewati suatu titik tertentu dari satu segmen/ruas jalan selama waktu tertentu. Jenis volume yang digunakan adalah volume jam puncak. Volume jam puncak merupakan banyaknya kendaraan yang melewati suatu titik tertentu dari suatu ruas jalan selama satu jam pada saat terjadi arus lalu lintas yang terbesar dalam satu hari. Menurut PKJI 2014, semua nilai arus lalu lintas diubah menjadi satuan kendaraan ringan (skr) dengan menggunakan ekivalensi kendaraan ringan (ekr).

Page 1 of 1 | Total Record : 7