cover
Contact Name
Yuliani Wahyu Sardana
Contact Email
yulianiwahyusardana25@gmail.com
Phone
+6282234657237
Journal Mail Official
deteksi.jurnaltekniksipil@gmail.com
Editorial Address
Jl. Lettu Suyitno No. 2 Kalirejo, Kec. Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Indonesia
Location
Kab. bojonegoro,
Jawa timur
INDONESIA
De`Teksi : Jurnal Teknik Sipil
Published by Universitas Bojonegoro
ISSN : -     EISSN : 25023152     DOI : https://doi.org/10.56071/de'teksi
Core Subject : Engineering,
Jurnal ini Memiliki bidang keahlian yang terdiri dari Teknik Struktural, Teknik dan Manajemen Konstruksi, Teknik Geoteknik, Teknik Sumber Daya Air, Teknik Transportasi dan Teknik Kelautan.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 2 (2020): De' Teksi - Jurnal Teknik Sipil Unigoro" : 6 Documents clear
Perencanaan Embung Di Desa Karangsono Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro harjono
Jurnal teknik sipil Vol. 5 No. 2 (2020): De' Teksi - Jurnal Teknik Sipil Unigoro
Publisher : Universitas Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1076.108 KB)

Abstract

Wilayah Kabupaten Bojonegoro mengalami penurunan sumber daya air berupa penurunan muka air tanah yang signifikan, kondisi air sungai yang kering pada musim kemarau dan banjir pada musim hujan, serta berkurangnya ketersediaan air baku baik untuk air minum maupun untuk irigasi. Kerusakan sumber daya air tersebut disebabkan oleh faktor alam maupun manusia. Berbagai macam upaya dapat dilakukan untuk mengembalikan kondisi sumber daya air seperti semula, atau paling tidak dapat memperlambat laju kerusakannya. Perhitungan-perhitungan yang dilakukan dalam perencanaan embung ini meliputi analisa tampungan embung, perhitungan curah hujan rencana, Analisa tubuh embung serta menghitung rencana anggaran biaya (RAB). Dari perhitungan yang telah dilakukan diperoleh ketersediaan air yang dapat ditampung dari hujan diperkirakan 26.429,3 m3, volume tampungan air embung yang didapat adalah 13.249,89 m3, Evaporasi selama musim kering (Agustus sampai dengan November) sebesar 310,15 m3 sehingga sisa tampungan menjadi 12.939,74 m3, jika kebutuhan air penduduk adalah 12.849 m3, maka terdapat sisa 90,74 m3, luas tanah yang dibutuhkan guna melaksanakan pekerjaan pembuatan embung tersebut adalah minimal sebesar 6.320,25 m2 atau 0,632 Ha, serta biaya yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan pembuatan embung jika dilaksanakan sekarang adalah sebesar Rp 467.620.379,46,-.
Pengaruh Kadar Lumpur Di 3 Wilayah Penambang Pasir Bengawan Solo Terhadap Kuat Tekan Beton Normal Menggunakan Metode Sni 03-2834-2000: Studi Kasus Kecamatan Kalitidu, Tulung Dan Ledok Kulon soegiyarto
Jurnal teknik sipil Vol. 5 No. 2 (2020): De' Teksi - Jurnal Teknik Sipil Unigoro
Publisher : Universitas Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (953.003 KB)

Abstract

Beton merupakan bahan bangunan yang sudah lama di kenal lama dan sangat banyak di gunakan. Beton terdiri dari bahan campuran material semen, pasir, air, kerikil. Salah satu bahan pencampuran beton yaitu agregat halus (pasir) yang dimana di daerah Bojonegoro banyak orang yang kurang memperhatikan kualitas agregat halus (pasir) terutama kandungan kadar lumpur pasir. Kandungan kadar lumpur pada pasir sangat mempengaruhi kuat tekan beton yang dimana semakin banyak kandungan lumpur pada pasir maka kuat tekan beton semakin rendah begitu juga sebaliknya semakin sedikit kandungan lumpur pada pasir maka kuat tekan beton semakin tinggi. Bahan-bahan penyusun beton sebaiknya memenuhi syarat. Kandungan kadar lumpur yang melekat pada agregat dibatasi atau tidak boleh melebihi syarat. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui berapakah kadar lumpur agregat halus di 3 wilayah bengawan solo (kalitidu, tulung dan ledok kulon) yang sesuai dengan persyaratan sehingga mendapatkan mutu beton yang kuat tekanan. Metode pencampuran beton mengacu pada SNI-03-2834-2000 tentang “Tata cara pembuatan rencana campuran beton normal”. Pada penelitian ini Benda uji yang di gunakan dalam pengujian kuat tekan adalah Mould silinder ukuran 15 x 30 cm. persen kadar lumpur yang diperoleh dimana Untuk pasir Ledok belum dicuci sebesar 13%, pasir ledok sudah dicuci 3%, pasir Tulung 5%, pasir Kalitidu belum dicuci 17% dan Pasir Kalitidu sudah dicuci 0%. Pengujian dilakukan pada saat beton berumur 28 hari. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan bahwa semakin rendah kadar lumpur dan semakin kasar variasi butiran pasir maka semakin tinggi nilai kuat tekan beton. kuat tekan beton pada pasir Ledok belum dicuci mendapatkan nilai kuat tekan 10,95 MPa, untuk pasir Ledok sudah dicuci mendapatkan nilai kuat tekan 11,23 MPa, untuk pasir Tulung mendapatkan nilai kuat tekan 10,24 MPa, untuk pasir Kalitidu belum dicuci mendapatkan nilai kuat tekan 10,66 dan untuk pasir Kalitidu sudah dicuci mendapatkan nilai kuat tekan 15,90 MPa. Namun kekuatan beton tersebut tidak memenuhi kekuatan rencana, Karena memiliki nilai kuat di bawah 21 MPa.
Analisis Kemacetan Lalu Lintas Akibat Parkir Di Badan Jalan: Studi Kasus : Sekitar Jalan Ketapang Selatan Depan Pasar Cepu Kabupaten Blora Herta Novianto
Jurnal teknik sipil Vol. 5 No. 2 (2020): De' Teksi - Jurnal Teknik Sipil Unigoro
Publisher : Universitas Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1126.53 KB)

Abstract

Permasalahan lalu lintas terdapat beberapa aspek yang saling berkaitan. Lalu lintas yang baik adalah yang mampu mewujudkan arus yang lancar, kecepatan yang cukup, aman, nyaman dan murah. Kemacetan merupakan permasalahan yang sering kali terjadi di wilayah perkotaan. Volume arus lalu lintas sudah hampir mendekati atau melebihi kapasitas jalan akan menimbulkan suatu kemacetan. Kegiatan parkir di bahu jalan menjadi fenomena yang mempengaruhi pergerakan kendaraan di saat kendaraan-kendaraan yang mempunyai intensitas pergerakan yang begitu tinggi akan terhambat oleh kendaraan yang parkir di bahu jalan sehingga menyebabkan kemacetan. Fenomena kemacetan akibat dari pengaruh parkir pada badan jalan parkir pada badan jalan (on street parking) menjadi hal yang menarik untuk dikaji. Dalam Penelitian ini jenis penelitian yang digunakan berdasarkan rumusan masalah adalah jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI 2014). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemacetan akibat parkir di badan jalan. Lokasi jalan yang diteliti adalah Sekitar Jalan Ketapang Selatan Depan Pasar Cepu Kabupaten Blora. Titik fokus yang diteliti berada pada sekitar Pasar Cepu, pertokoan dan pengamatan parkir di badan jalan. Berdasarkan analisa dan pembahasan diketahui bahwa parkir di badan jalan sekitar Jalan Ketapang Selatan Depan Pasar Cepu, menimbulkan permasalahan yaitu berupa kemacetan, meskipun demikian secara umum kondisi kemacetannya masih bisa dikendalikan oleh para pengendara yang melintas dijalan tersebut. Hal ini dapat dilihat dari volume yang menunjukkan berkisar antara 489,7 smp/jam. Diketahui pula kelas hambatan samping pada hari libur dengan jumlah total berkisar 1.196, sedangkan untuk hari kerja kelas hambatan sampinya total 1.042. dengan demikian kelas hambatan samping tergolong sangat tinggi. Sedangkan untuk nilai kepadatan lalu lintas diketahui pada hari libur sebesar 45,36. Pada hari kerja sebesar 33,82. Untuk derajat kejenuhan diketahui berkisar 0,55 pada hari Minggu dan pada hari Senin berkisar 0,51. Tingkat pelayanan jalan tergolong pada kategori C. Dengan demikian dapat disimpulakan bahwa arus lalu lintas masih dalam batas stabil namun hambatan dari kendaraan lain dirasakan semakin besar akibat dari aktivitas parkir di badan jalan.
Analisis Struktur Gedung Fakultas Sains Dan Teknik Dan Universitas Bojonegoro zainuddin
Jurnal teknik sipil Vol. 5 No. 2 (2020): De' Teksi - Jurnal Teknik Sipil Unigoro
Publisher : Universitas Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1382.884 KB)

Abstract

Pada setiap bangunan konstruksi gedung, semua komponen strukturnya harus memiliki kekuatan untuk menahan beban yang di pikulnya. Balok dan kolom merupakan komponen struktur yang sangat penting dalam konstruksi bangunan. Untuk itu kedua komponen tersebut harus di hitung dan di analisa berdasarkan kombinasi beban dan gaya terfaktor yang sesuai. Dalam penyusunan penelitian ini penulis meninjau pelat, balok dan kolom struktur gedung fakultas Teknik Universitas Bojonegoro terhadap tekanan yang sesuai dengan fungsinya. Analisa struktur pada gedung fakultas teknik ini menggunakan bantuan program sap 2000 V.14 yang mengacu pada persyaratan beton struktural untuk bangunan gedung dan struktur lain ( SNI 2847-2013) , Tata cara perencanaan ketahanan gempa untuk bangunan gedung dan non gedung, serta peraturan pembebanan indonesia untuk bangunan Gedung (PPIUG 1983). Pada control tulangan struktur dapat di ketahui bahwa : Pada balok B1 (25/40) untuk Panjang 4 meter, perhitungan tulangan aman, Pada balok B1 (25/40) untuk Panjang 3 meter, perhitungan tulangan aman, Pada balok B1 (25/40) untuk Panjang 2 meter, perhitungan tulangan aman, Pada balok B1 (25/40) untuk Panjang 9/3 meter, perhitungan tulangan aman, Pada balok B1 (20/30) untuk Panjang 9/3 meter, perhitungan tulangan aman, Pada balok B3 (WF200) untuk Panjang 4 meter, penggunaan balok aman. Pada balok B3 (WF200) untuk Panjang 3 meter, penggunaan balok aman. Pada balok B4 (WF150) untuk Panjang 3 meter, penggunaan balok aman. Pada balok B4 (WF150) untuk Panjang 2 meter, penggunaan balok aman. Pada kolom lantai 1 (35x35), penggunaan tulangan aman. Pada kolom lantai 2 (35x35), penggunaan tulangan aman. Pada kolom lantai 2 (35x35), penggunaan tulangan aman. Plat mampu menerima beban.
Analisis Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Terhadap Kinerja Pekerja Proyek Konstruksi: Studi Kasus: Proyek Pembongkaran dan Pemasangan Ducting CT 343CT01 di Area Raw Mill Tuban III PT. Garuda Joyo Kusumo mushthofa
Jurnal teknik sipil Vol. 5 No. 2 (2020): De' Teksi - Jurnal Teknik Sipil Unigoro
Publisher : Universitas Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1082.5 KB)

Abstract

Penelitian ini mengambil lokasi yaitu pada proyek pembongkaran dan pemasangan Ducting CT 343CT01 di Area Raw Mill Tuban III berlokasi di Desa Sumberarum Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data diperoleh melalui penyebaran angket/kuesioner dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah pekerja proyek konstruksi sebanyak 100 dengan teknik sampel yang digunakan yaitu simple random sampling (sampel acak sederhana), sehingga jumlah sampel diperoleh sebanyak 50 responden. Metode analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan Regresi Linier Berganda dengan bantuan program SPSS versi 25. Dari hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) terhadap kinerja pekerja proyek konstruksi pembongkaran dan pemasangan Ducting CT 343CT01 di Area Raw Mill Tuban III PT. Garuda Joyo Kusumo secara keseluruhan sudah berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil jawaban responden dimana variabel Sistem Manajemen Keselematan dan Kesehatan Kerja (K3) masuk dalam kategori setuju dengan nilai rerata sebesar 3,70. Variabel Alat Pelindung Diri (APD) masuk dalam kategori sangat setuju dengan nilai rerata sebesar 4,05. Sedangkan variabel risiko kecelakaan kerja masuk dalam kategori sangat setuju dengan nilai rerata sebesar 4,22. Variabel yang berpengaruh terhadap kinerja pekerja proyek konstruksi pembongkaran dan pemasangan Ducting CT 343CT01 di Area Raw Mill Tuban III PT. Garuda Joyo Kusumo yaitu Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dengan nilai ????ℎ???????????????????? 2,334, untuk variabel Alat Pelindung Diri (APD) diperoleh nilai ????ℎ???????????????????? 2,037 sedangkan untuk variabel Risiko Kecelakaan Kerja diperoleh nilai ????ℎ???????????????????? 2,053. Variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap kinerja pekerja proyek konstruksi pembongkaran dan pemasangan Ducting CT 343CT01 di Area Raw Mill Tuban III PT. Garuda Joyo Kusumo adalah variabel Risiko Kecelakaan Kerja dengan hasil nilai rerata sebesar 4,22.
Evaluasi Kinerja Dan Kapasitas Teriminal Tipe B Padangan Bojonegoro Yulis Widhiastuti
Jurnal teknik sipil Vol. 5 No. 2 (2020): De' Teksi - Jurnal Teknik Sipil Unigoro
Publisher : Universitas Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (314.157 KB)

Abstract

Terminal Padangan Bojonegoro terdapat diwilayah kabupaten Bojonegoro yang bertipe terminal tipe B. Hal ini menyebabkan kemacetan di jalur keluar dan masuk terminal. Buruknya kondisi terminal Padangan tersebut berbanding terbalik dengan begitu besarnya manfaat terminal Padangan bagi masyarakat, khususnya warga Bojonegoro. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahu bagaimana kondisi kapasitas terminal saat ini .Mengetahui bagaimana tingkat kepuasan pengunjung terhadap kinerja terminal saat ini .Mengetahui fasilitas yang tersedia di terminal Padangan Bojonegoro apakah sudah sesuai dengan standart dari derektorat jendral perhubungan darat menganalisis variabel kinerja dan kapasitas terminal padangan , metode analisis deskriptif , IPA . Survei dilakukan pada jam operasional terminal hari kamis jumat senin dan selasa serta lokasi survei dilakukan di dalam terminal dan di beberapasekitar terminal yang dilintasi oleh bus yang melayani trayek Terminal Padangan Bojonegoro. Survei kinerja dan kapasitas terminal dan survei wawancara kuisoner kepada responden penumpang sebanyak 30 dan operator angkutan umum (supir) sebamyak 30 dan wawancara dinas terkait. Dari hasil penelitian didapatkan survei dengan yang mengetahui fasilitas terminal dan penumpang rata-rata turun di dalam terminal dan wawancara mengetahui terminal melayani 7 trayek yang melewati terminal padangan dan dari tabel IPA dapat di ketahui t ingkat kesesuaian yang paling rendah adalah atribut Ruang tunggu yang nyaman 85,36 hal ini menunjukan bahwa Para penumpang tidak puas dengan fasilitas tempat tunggu penumpang saat ini untuk tinkat kesesuaian total rata – rata dari setiap atribut di peroleh nilai sebesar 100,7 yang berarti pengguna jasa terminal Padangan Bojonegoro secara keseluruhan merasa sangat puas terhadap pelayanan yang di rasakan selama ini.

Page 1 of 1 | Total Record : 6