cover
Contact Name
Yuliani Wahyu Sardana
Contact Email
yulianiwahyusardana25@gmail.com
Phone
+6282234657237
Journal Mail Official
deteksi.jurnaltekniksipil@gmail.com
Editorial Address
Jl. Lettu Suyitno No. 2 Kalirejo, Kec. Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Indonesia
Location
Kab. bojonegoro,
Jawa timur
INDONESIA
De`Teksi : Jurnal Teknik Sipil
Published by Universitas Bojonegoro
ISSN : -     EISSN : 25023152     DOI : https://doi.org/10.56071/de'teksi
Core Subject : Engineering,
Jurnal ini Memiliki bidang keahlian yang terdiri dari Teknik Struktural, Teknik dan Manajemen Konstruksi, Teknik Geoteknik, Teknik Sumber Daya Air, Teknik Transportasi dan Teknik Kelautan.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 1 (2021): De' Teksi - Jurnal Teknik Sipil Unigoro" : 5 Documents clear
Analisis Sistem Drainase Kota Bojonegoro Wilayah Afvoer Karang Pacar Kabupaten Bojonegoro: Studi Kasus: Persilangan Saluran Jalan Mastrip – Jalan Pemuda harjono
Jurnal teknik sipil Vol. 6 No. 1 (2021): De' Teksi - Jurnal Teknik Sipil Unigoro
Publisher : Universitas Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4327.254 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di wilayah Afvoer Karang Pacar Kabupaten Bojonegoro, dengan daerah tangkapan air seluas 2,898 Km2 . Beberapa jalan di wilayah tersebut sering terjadi banjir saat hujan turun. Wilayah afvoer Karang Pacar yang akan diteliti berawal dari persilangan saluran Jalan Mastri sampai Jalan Pemuda. Peneliti menggunakan data curah hujan stasiun Bojonegoro yang diperoleh dari Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Kabupaten Bojonegoro. Data curah hujan yang digunakan adalah data hujan harian 15 tahun terakhir (2005-2019). Dalam analisi ini untuk perhitungan debit rencana menggunakan metode Log Pearson III dan untuk menghitung debit rencana menggunakan metode rasional. Berdasarkan hasil analisis, ada beberapa saluran yang dikatakan tidak aman. Maka dari itu saluran-saluran tersebut harusnya menjadi fokus pemerintah untuk mencari solusi agar tidak lagi terjadi banjir saat musim hujan. Ada dua alternatif yang bisa digunakan dalam mengurangi potensi banjir, yaitu dengan sosialisasi kepada masyarakat agar turut serta dalam merawat saluran agar terhindar dari sampah yang menyumbat atau dengan melakukan normalisasi infrastruktur drainase dengan mengubah bentuk maupun dimensi saluran.
Perencanaan Tembok Penahan Tanah ( Kantilever ) Desa Sidomukti Kecamatan Kenduruan Kabupaten Tuban Pada Awal Tahun 2020 Sudirham Sudirham
Jurnal teknik sipil Vol. 6 No. 1 (2021): De' Teksi - Jurnal Teknik Sipil Unigoro
Publisher : Universitas Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1133.052 KB)

Abstract

Pada penelitian ini peneliti mengambil lokasi study di Kecamatan Kenduruan tepatnya di dibelakang pasar Desa Sidomukti Kecamatan Kenduruan Kabupaten Tuban Provinsi Jawa Timur. Karena tanah di belakang pasar Desa Sidomukti Kecamatan Kenduruan yang tipe tanahnya bersifat tanah gerak/ hidup dan mudah susut namun bukan tanah likuifaksi.Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan perencanaan dimensi tembok penahan tanah. Melakukan perhitungan kestabilan tembok penahantanah.Menghitung gaya guling, geser dan daya dukung.Perhitungan struktur penulangan dinding penahantanah. Menggambar hasil penulangan. Pada penelitian ini peneliti fokus pada TPT dengan type kantilever yang memiliki kelebihan mengandalkan daya jepit untuk menjaga kestabilan dari struktur penahan dibandingkan dengan type tpt lainnya yang dianggap sesuai dengan jenis tanah di lokasi study. Analisa data tanah dari data tanah yang ada dapat kita ketahui kemampuan tanah dalam menahan beban dari suatu struktur yang direncanakan.Kohesi (c) dan sudut gesek didapatkan dengan melakukan pengujian uji geser langsung (direct shear test) di Laboratorium, Berat isi tanah juga diperoleh dengan pengujian di laboratorium. Perencanaan menggunakan berat isi beton 24kN/m. Adapun data tanah yang didapatkan dari pengujian laboratorium adalah volume tanah 1 (γ) 19,15 kN/m3; kohesi (c) 0,624 kN/m2; sudut gesek dalam (φ) 4,50o .volume tanah 2 (γ) 17,75 kN/m3; kohesi (c) 0,669 kN/m2; sudut gesek dalam (φ) 4,80o .volume tanah 3 (γ) 18,73 kN/m3; kohesi (c) 0,730 kN/m2; sudut gesek dalam (φ) 4,60o .Hasil perencanaan stabilitas tembok penahan tanah aman terhadap geser, guling dan daya dukung tanah menggunakan teori terzaghi,dengan hasil perhitungan sebagai berikut: Stabilitas terhadap gaya geser = 3,36 > 2 (aman). Stabilitas terhadap gaya guling = 2,16 > 2(aman). Stabilitas terhadap daya dukung tanah =5,08 > 3(aman). Dari hasil perhitungangeser, guling dan daya dukung tanah dapat dinyatakan aman karena nilai di atas sudah lebih besar dari nilai Safety Factor. Dari analisis perencanaan tpt di gunakan penulangan dengan di ameter tulangan utama D10-250mm untuk tulangan sengkang dengan diameter D10 dengan jarak 25 cm.
Analisis Kelayakan Pembangunan Jalan Lingkar Selatan (JLS) Tuban Ditinjau Dari Segi Kepadatan Arus Lalu Lintas Dan Kecepatan Laju Kendaraan Khususnya Di Segmen Satu Antonius Andi Tjandra
Jurnal teknik sipil Vol. 6 No. 1 (2021): De' Teksi - Jurnal Teknik Sipil Unigoro
Publisher : Universitas Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1161.792 KB)

Abstract

Kepadatan volume lalu lintas yang terjadi khususnya di jalan dalam kota adalah dampak langsung dari kemajuan perekonomian dibidang industri yang menjadi bomerang karena menimbulkan ketidak nyamanan bagi penduduk setempat disekitar sepanjang jalan dalam Kota Tuban dan pengguna jalan yang melintas jalan dalam kota. Dengan rencana pembangunan Jalan Lingkar Selatan Tuban dengan total panjang 19 km yang terbagi menjadi tiga segmen, sehingga jalan tersebut digadang-gadang dapat mengurai dan mengurangi tingkat kepadatan yang berdampak arus lalu lintas di jalan raya dalam Kota Tuban. Untuk mengatasi kepadatan arus lalu lintas diperlukan suatu sistem pengaturan lalu lintas yang benar-benar baik sehingga mampu memberikan kelancaran, kenyamanan, dan keselamatan bagi 2 pengguan jalan yang melintasi di jalan raya dalam kota dan penduduk setempat di sekitar jalan raya dalam kota Kabupaten Tuban. Sebagai studi kasus, penelitian ini mengambil lokasi di Jalan Lingkar Selatan Tuban. Dari penelitian yang telah dilaksanakan dengan menggunakan kajian-kajian yang ada dan analisis pembahasan dilaksanakan dapat disimpulkan, bahwa Jalan Lingkar Selatan khususnya di Segmen Satu Layak Digunakan, Pada perhitungan TMS dilihat besarnya time mean speed di lokasi studi adalah 42,598 km/jam, space mean speed dapat dihitung pada besarnya space mean speed di lokasi studi adalah 41,62 km/jam, dengan data volume jam-an maksimum dan arus ekuivalen jam-an maksimum PHF dapat dilihat kapasitas yang terpakai sebesar 32% dari kapasitas maksimumnya, volume lalu lintas paling tinggi selama satu jam terjadi mulai pukul 16.00 – 16.15 WIB sampai pukul 17.00 - 17.15 WIB. kapasitas praktis yang dapat disimpulkan sebesar 1432 kend/jam atau sama dengan 942,1 smp/jam. kapasitas sisa yang didapat masih dapat digunakan pengguna jalan 68% dari kapaitas jalan tersebut, kapasitas teoritis mengacu pada hasil beberapa faktor seperti Co (Kapasitas Dasar), FCw (Factor Penyesuaian Lebar Lajur), FCsp (Faktor Penyesuaian Pemisah Arah), FCsf (Faktor Penyesuaian Hambatan Samping), dan FCcs (Faktor Penyesuaian Ukuran Kota) maka hasil kapasitas teoritis adalah 2453,4 smp/jam. komposisi lalu lintas pada jalan tersebut secara total adalah 2474,45 smp/jam.
Analisis Dampak Kerusakan Jalan Terhadap Pengguna Jalan Dan Lingkungan Masyarakat: Studi Kasus: Jalan Raya Pemuda Timur Kabupaten Bojonegoro mushthofa
Jurnal teknik sipil Vol. 6 No. 1 (2021): De' Teksi - Jurnal Teknik Sipil Unigoro
Publisher : Universitas Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1130.328 KB)

Abstract

Perkembangan sektor industri di Indonesia beberapa tahun belakang menunjukkan kemajuan yang cukup baik. Dalam pendistribusian suatu barang sektor industri tentu saja membutuhkan sebuah transportasi. Agar transportasi juga berjalan dengan baik dibutuhkan akses jalan yang maksimal dan mudah untuk dilalui. Salah satu kabupaten dengan potensi perkembangan industri yang cukup pesat yaitu Kabupaten Bojonegoro. Bojonegoro merupakan salah satu wilayah yang saat ini sedang berkembang dalam Industri Migas. Banyak truk-truk besar yang melewati kawasan jalan Raya Pemuda Timur dengan melebihi kapasitas. Dalam penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh yang ditimbulkan akibat dari kerusakan Jalan Raya Pemuda Timur. Akibat yang ditimbulkan dari Kerusakan Jalan Raya Pemuda Timur Kabupaten Bojonegoro bagi pengguna jalan dan lingkungan masyarakat adalah berdampak pada aspek keamanan, kenyamanan dan aspek biaya. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,675 yang berarti bahwa variabel bebas yaitu aspek keamanan, aspek kenyamanan dan aspek biaya dapat menjelaskan variasi variabel terikat (kerusakan jalan) sebesar 67,5% sedangkan sisanya sebesar 32,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Variabel yang mempengaruhi kerusakan Jalan Raya Pemuda Timur Kabupaten Bojonegoro yaitu aspek keamanan, aspek kenyamanan dan aspek biaya. Hal ini dibuktikan dengan hasil Uji Regresi Linier Berganda dimana variabel Aspek Keamanan memiliki nilai koefisien sebesar 0,216, variabel Aspek Kenyamanan memiliki nilai koefisien sebesar 0,663 dan variabel Aspek Biaya memiliki nilai koeefisien sebesar 0,276. Variabel yang paling dominan terhadap kerusakan Jalan Raya Pemuda Timur Kabupaten Bojonegoro adalah aspek kenyamanan dengan nilai koefisien sebesar 0,663.
PENGARUH INTERVAL UNIT SEGMENT TERHADAP BESARAN SURFACE DISTRESS INDEX (SDI) PADA RUAS JALAN PUK JALAN LETTU SUYITNO KABUPATEN BOJONEGORO STA 0+000 – 3+000 Yulis Widhiastuti
Jurnal teknik sipil Vol. 6 No. 1 (2021): De' Teksi - Jurnal Teknik Sipil Unigoro
Publisher : Universitas Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (755.695 KB)

Abstract

Kondisi suatu jalan sangat mempengaruhi kelancaran kegiatan perekonomian dan pembangunan suatu bangsa. Perkembangan globalisasi juga mempengaruhi tingkat mobilitas yang berdampak pada penggunaan kendaraan yang semakin meningkat, mengakibatkan beban volume kendaraan melampaui batas kelas jalan yang sudah direncanakan, sehingga kualitas dan usia perkerasan semakin berkurang (Hardiyatmo, 2007). Salah satu ruas jalan di Kabupaten Bojonegoro yang mengalami kerusakan adalah Jalan Lettu Suyitno. Kerusakan pada jalan tersebut antara lain terdapat beberapa lubang, retak turun atau ambles, retak buaya, terdapat juga beberapa tambalan dan banyak aggregat dari hotmixnya terlepas. Salah satu metode yang dapat diguakan untuk memperoleh nilai kondisi suatu jalan adalah dengan Road Condition Survey (RCS) atau Survei Kondisi Jalan dengan bantuan Microsoft Excel sebagai program pengolahan data yang saat ini dipergunakan oleh Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Provinsi Jawa Timur untuk penyusunan rencana dan program pembinaan jarigan jalan. Berdasarkan hasil perhitungan dengan metode Surface Distress Index (SDI) nilai kondisi jalan pada Ruas Jalan PUK Jalan Lettu Suyitno Kabupaten Bojonegoro STA 0+000 – 3+000 memiliki kondisi jalan Baik = 2,00 Km pada STA 0+400 – 2+200 dan STA 2+800 – 3+000, Sedang = 0,60 Km pada STA 0+000 – 0+200 dan STA 2+200 – 2+600, Rusak Ringan = 0,20 Km pada STA 2+600 – 2+800 dan Rusak Berat = 0,20 Km pada STA 0+200 – 0+400. Pengaruh Interval Unit Segment terhadap besaran Surface Distress Index (SDI) pada Ruas Jalan PUK Jalan Lettu Suyitno Kabupaten Bojonegoro STA 0+000 – 3+000 adalah semakin panjang Interval Unit Segment maka nilai Surface Distress Index (SDI) akan semakin besar.

Page 1 of 1 | Total Record : 5