cover
Contact Name
Muhamad Sidik
Contact Email
sidik@alimspublishing.co.id
Phone
+6289671418611
Journal Mail Official
sidik@alimspublishing.co.id
Editorial Address
Jl. Waru no. 15 Rawamangun Jakarta Timur
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
JURNAL ILMIAH KESEHATAN MASYARAKAT DAN SOSIAL
Published by CV ALIMS PUBLISHING
ISSN : 29643120     EISSN : 29643155     DOI : https://doi.org/10.59024/jikas.v1i2.121
Core Subject : Health, Education,
URNAL ILMIAH KESEHATAN MASYARAKAT DAN SOSIAL (JIKAS), merupakan jurnal yang meliputi bidang keperawatan dengan cakupan Keperawatan Medikal Bedah, meternistik, anak, gerontik, jiwa . Kesehatan , Sosial, Masyarakat Sosial . Jurnal Kesehatan Jurnal ini terbit 1 tahun 4 kali (Februari, Mei, Agustus dan November).
Articles 1 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 4 (2023): November" : 1 Documents clear
Review: Komunikasi Terapeutik dan Komunikasi Situation, Background, Assessment, Recommendation (SBAR) di Pelayanan Kesehatan Retno Mardhiati
JURNAL ILMIAH KESEHATAN MASYARAKAT DAN SOSIAL Vol. 1 No. 4 (2023): November
Publisher : CV. ALIM'SPUBLISHING

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59024/jikas.v1i4.460

Abstract

Abstrak. Banyak faktor yang mendukung kesembuhan pasien di pelayanan kesehatan, tidak hanya berkaitan dengan ketepatan diagnosis dan pengobatan yang diberikan oleh tim medis, namun psikis pasien yang nyaman karena adanya komunikasi yang baik selama berobat di pelayanan kesehatan juga mendukung kesembuhan pasien. Tujuan penelitian ini menggambarkan beberapa metode komunikasi di pelayanan kesehatan. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini, pengumpulan referensi dalam bentuk artikel yang berkaitan dengan komunikasi di pelayanan kesehatan dari Google. Kata kunci yang digunakan komunikasi kesehatan dan Healthcare Communication. Penelitian ini berjenis penelitian literatur, penyajian dengan menampilkan hasil review. Analisis penelitian dengan analisis deskriptif. Hasil menemukan komunikasi yang ada dalam pelayanan Kesehatan, antara pasien dengan tim medis dan antara tim medis dengan tim medis di pelayanan kesehatan. Komunikasi terapeutik mampu meningkatkan kepuasan pasien dan memberikan ketenangan pasien beserta keluarga. Komunikasi Situation, Background, Assessment, Recommendation (SBAR) yang baik, meningkatkan motivasi kerja tim medis dan membangun kekompakan kerja tim medis. Implikasi penelitian ini, dasar pengembangan metode komunikasi di pelayanan kesehatan yang lebih baik.

Page 1 of 1 | Total Record : 1