cover
Contact Name
Agus Mailana
Contact Email
agus.mailana@gmail.com
Phone
+628170200505
Journal Mail Official
agus.mailana@gmail.com
Editorial Address
Jl. Raya Dramaga KM. 7 Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor Telp: 0251-8625187 HP: 0812 2220 2006 email: admin@staiabogor.ac.id
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah
ISSN : -     EISSN : 29632927     DOI : 10.30868
Core Subject : Religion, Social,
contains various activities of the teaching staff in STAIA Bogor in handling and managing the different potentials, obstacles, challenges, and problems that exist in society. Implementation of service activities also involves the participation of the community and partners. Service activities are organized into an activity aimed at improving the welfare of society.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 01 (2021): Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah" : 12 Documents clear
Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Menanamkan Karakter Religius Siswa di SMK Muhammadiyah 1 Purwokerto Tahun Ajaran 2020/2021 Mukhtaliful Luyus; Rahendra Maya; Muhamad Priyatna
Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah Vol 1, No 01 (2021): Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah
Publisher : STAI Al-Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (375.458 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam dan Budi Pekerti dalam menanamkan karakter religius siswa di SMK Muhammadiyah 1 Purwokerto. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian sebagai berikut: 1. Implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam dan Budi Pekerti dalam menanamkan karakter religius siswa yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan, dan evaluasi program intrakurikuler dan ektrakurikuler. 2. Faktor pendukung yaitu prasarana dan sarana di sekolah, semangat guru dalam mengajar, lingkungan yang bersih dan nyaman, program kegiatan sekolah meliputi intrakurikuler dan ektrakurikuler. 3. Faktor penghambat: kurangnya motivasi dari internal siswa, adanya pengaruh faktor keluarga siswa, pengaruh pertemanan, pengaruh penggunaan handphone, dan kurangnya keteladanan dari para guru. 4. Solusi mengatasi faktor penghambat: melakukan pendekatan persuasife, belajar memahami, dan mengenal psikologis siswa, mengadakan pembinaan dan pertemuan orang tua, guru memberikan nasehat agar memilih teman yang baik, mengajak orang tua siswa untuk ikut serta mengawasi siswa dalam pergaulan, mengoptimalkan media komunikasi, menghimbau batasan penggunaan smartphone pada siswa, dan memberikan suri teladan yang baik dan budaya saling mengingatkan dalam kebaikan.
Implementasi Pelaksanaan Salat Fardu Awal Waktu Pada Pembentukan Karakter Disiplin Santri di Pesantren Islam Al Ghiffari Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor Tahun Ajaran 2019/2020 Madromi Madromi; Rahendra Maya; Sarifudin Sarifudin
Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah Vol 1, No 01 (2021): Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah
Publisher : STAI Al-Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (343.631 KB)

Abstract

Pelaksanaan salat fardu awal waktu merupakan salah satu faktor terbentuknya karakter dispilin seseorang, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terbentuknya karakter disiplin dengan mengimplementasikan salat fardu awal waktu. Penelitian ini bertempat di Pesantren Islam Al Ghiffari Kecamatan Lewuliang Desa Cibeber Kabupaten Bogor dengan menggunakan metode kualitatif lapangan non statistik. Sedangkan hasil penelitian ini adalah (1) Implementasi pelaksanaan salat fardu awal waktu di Pesantren Islam Al Ghiffari sangat baik dan berjalan dengan lancar,(2) Faktor pendukung; penerapan salat fardu di awal waktu, adanya teladan dari asatidzah (para guru), penguatan internal pada pembimbing dalam mengontrol santri, penguatan pada hukuman (punishment), adanya hadiah (prestasi) untuk santri yang disiplin, dan teman yang rajin (3) Faktor penghambat; kurangnya pemahaman santri terhadap kedisplinan, santri yang pulang pergi (tidak mukim); dan santri pindahan (4) Solusi yang dilakukan; adanya bimbingan terhadap santri, pengontrolan terhadap santri yang pulang pergi (pp), dan bimbingan khusus terhadap santri pindahan.
Implementasi Manajemen Ekstrakulikuler Pramuka dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik di SMK IT Nurul Huda Cianjur Puji Ananda Putra; Muhammad Hidayat Ginanjar; Heriyansyah Heriyansyah
Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah Vol 1, No 01 (2021): Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah
Publisher : STAI Al-Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (288.612 KB)

Abstract

Cara sekolah untuk memfasilitasi kedisiplinan peserta didik yakni dengan diadakannya ekstrakulikuler Pramuka. Manajemen harus diterapkan dalam ekstrakulikuler pramuka. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan; (1) Bagaimana perencanaan ekstrakulikuler pramuka di SMK IT Nurul Huda Cianjur? (2) Apa saja faktor penghambat kedisiplinan? (3) Apa saja faktor pendorong kedisiplinan? (4) Bagaimana strategi manajemen ekstrakulikuler pramuka dalam meningkatkan kedisiplinan? (5) Bagaimana pengaruh manajemen ekstrakulikuler pramuka terhadap kedisiplinan?. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode triangluasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) Ekstrakulikuler pramuka telah direncanakan dengan matang. Perencanaan melibatkan semua pihak yang terkait. Perencanaan meliputi kegiatan, keuangan, tata tertib, dan lainnya (2) Faktor penyebab kedisiplinan menurun, dari diri sendiri peserta didiknya, dari lingkungan sekolah atau luar sekolah.; (3) Faktor penyebab meningkatnya disiplin, bisa dari peserta didik, lingkungan, atau sistem dan guru yang mengajar di sekolah (4) Manajemen SMK IT Nurul Huda mewajibkan ekstrakulikuler pramuka kepada seluruh peserta didik dan merancang kegiatan pramuka dengan sedemikian menarik (5) Ada dampak dari pengaturan ekstrakulikuler pramuka ini, terutama pada kedisiplinan peserta didik, peserta didik lebih bisa disiplin di luar pramuka.
Strategi Kepala Madrasah Ummul Quro Al-Islami dalam Meningkatkan Citra Madrasah Di Masyarakat Erwan Sapardan; M Hidayat Ginanjar; Heriyansyah Heriyansyah
Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah Vol 1, No 01 (2021): Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah
Publisher : STAI Al-Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (157.505 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui citra MTs Ummul Quro Al-Islami Leuwiliang. Sub fokus yang akan diteliti iaalah; (1) Persepsi Masyarakat terhadap MTs UQI Leuwiliang  (2) Upaya Kepala Madrasah dalam meningkatkan citra positif dari masyarakat terhadap MTs UQI Leuwiliang (3) Faktor-faktor pendukung yang mempengaruhi keberhasilan Kepala MTs UQI dalam meningkatkan citra positif di Masyarakat (4) Faktor-faktor penghambat yang mempengaruhi Kepala Madrasah dalam meningkatkan citra positif di Masyarakat (5) Serta solusi terhadap faktor-faktor penghambat dalam meningkatkan citra di Masyarakat dan strategi yang dirancang oleh Kepala MTs UQI dalam meningkatkan citra positif di Masyarakat.  Metode penelitian ini adalah menggunakan pendekatan jenis penelitian kualitatif studi kasus. Adapun hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: Pertama, berdasarkan hasil observasi peneliti bahwa, Masyarakat mempunyai persepsi positif terhadap MTs UQI. Kedua¸ dari hasil wawancara dan observasi yang dilakukan peneliti bahwa, Kepala MTs mempunyai upaya untuk meningkatkan citra positif lembaganya. Ketiga, Terdapat faktor penghambat dalam upaya meningkatkan citra positif di Masyarakat. Keempat, Terdapat faktor pendukung dalam upaya meningkatkan citra positif di Masyarakat. Kelima, Terdapat solusi dari kepala Madrasah dalam mengatasi masalah terkait citra positif MTs UQI di Masyarakat Bogor.
Upaya Guru Mengaji dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Anak Usia Sekolah Dasar di Masjid Jami At-Taufiq Situ Gede Kota Bogor Muhammad Rohimat; Moch Yasyakur; Wartono Wartono
Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah Vol 1, No 01 (2021): Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah
Publisher : STAI Al-Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (345.567 KB)

Abstract

Guru mengaji mempunyai tugas yang besar untuk berupaya meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an khusus nya pada anak usia sekolah dasar supaya terhindar dari kesalahan dalam membaca Al-Qur’an, penelitian ini bertempatkan di Masjid Jami At-Taufiq Situ Gede Kota Bogor. Adapun metode penelitian penulis menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitiann yang dihasilkan adalah Pertama upaya guru mengaji dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an adalah (a) mengkondisikan guru mengaji (b) memberikan pendekatan (c) membuat kurikulum (d) metode talaqqi (e) memberikan motivasi (f) tadarus (g) sabar (h) mengajarkan ilmu tajwid (i) menghafal surat pendek. Kedua Faktor pendukung Guru Mengaji  adalah (a) membuat perencanaan (b) guru mengaji semangat (c) guru mengaji yang mumpuni (d) sarana dan prasarana yang baik (e) hubungan baik guru mengaji dengan para orang tua murid (f) motivasi yang terus diberikan (g) dukungan orang tua. Ketiga Faktor penghambat Guru Mengaji adalah (a) kurangnya motivasi (b) kurangnya guru mengaji yang mumpuni (c) kurangnya dukungan masyarakat (d) kurangnya sarana prasarana yang ada dimasjid (e) kurangnya pendekatan dari guru mengaji dengan orang tua murid. Keempat Solusi Guru Mengaji adalah (a) memberikan motivasi (b) ditambahnya guru mengaji yang mumpuni (c) sosialisasi dengan masyarakat (d) dilengkapinya sarana dan prasarana  (e) pendekatan guru mengaji dengan orang tua murid.
Peran Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Menanamkan Karakter Religius pada Siswa Kelas V SD Negeri Kotabatu 04 Desa Kotabatu Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor Tahun Ajaran 2019/2020 Mitra Mitra; Rahendra Maya; Moch Yasyakur
Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah Vol 1, No 01 (2021): Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah
Publisher : STAI Al-Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.908 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pengaruh globalisasi sehingga minimnya karakter religius di sekolah dasar negeri. Lembaga pendidikan formal yang mengadakan kegiatan penanaman karakter religius salah satunya adalah sekolah dasar negeri Kotabatu 04, kecamatan Ciomas, kabupaten Bogor.  Metode penelitian ini bersifat kualitatif lapangan dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya bersifat deskriptif interpretatife. Adapun hasil penelitian: 1. Peran guru pendidikan agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti dalam menanamkan karakter religius pada siswa Kelas V sekolah dasar negeri Kotabatu 04 desa Kotabatu kecamatan Ciomas kabupaten Bogor tahun ajaran 2019/2020 yaitu: sebagai pengajar, pendidik, teladan, pembimbing, dan pendorong kesadaran keimanan. 2. Faktor pendukungnya yaitu: (a) motivasi yang tinggi siswa dan guru; (b) kondisi kesehatan siswa; (c) minat siswa besar; (d) dukungan orang tua; (e) pengaruh teman; (f) lingkungan tempat tinggal khas religius; (g) sarana prasarana yang memadai; dan (h) lingkungan sekolah dan peraturan sekolah. 3. Faktor penghambatnya yaitu: (a) alokasi waktu yang kurang; (b) sikap dan prilaku siswa beragam; dan (c) kurangnya perhatian orang tua. 4. Solusi faktor penghambat yaitu: (a) mengadakan belajar diluar jam kelas; (b) memperlakukan peserta didik dengan adil, berinteraksi dengan akhlak mulia, memberikan nasehat, dan motivasi; dan (c) bangun hubungan interaksi guru dengan orang tua secara langsung atau tidak langsung
Strategi Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Profesionalisme dan Kompetensi Tenaga Pendidik di Ma Al-Hidayah Warungkondang Cianjur Agus Parda; Sarifudin Sarifudin; Ade Kohar
Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah Vol 1, No 01 (2021): Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah
Publisher : STAI Al-Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (246.18 KB)

Abstract

Dalam instansi pendidikan kepala sekolah harus mampu membuat strategi pengembangan profesionalisme dan kompetensi tenaga pendidik, terkhusus di MA Al-Hidayah Warungkondang Cianjur. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan: (1) Strategi yang dilakukan kepala sekolah dalam mengembangkan profesionalisme dan kompetensi tenaga pendidik.; (2) Faktor yang mendukung strategi kepala sekolah dalam mengembangkan profesionalisme dan kompetensi tenaga pendidik.; (3) Faktor yang mengambat strategi kepala sekolah dalam  mengembangkan profesionalisme dan kompetensi tenaga pendidik.; (4) Bagaimana Solusi untuk menanggulangi hambatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: (1) Kepala sekolah menyusun strategi dalam mengembangkan profesionalisme dan kompetensi tenaga pendidik dengan mengadakan diklat, workshop, seminar dan memberikan motivasi; (2) Faktor pendukung dalam mengembangkan profesionalisme dan kompetensi tenaga pendidik, diantaranya: Kesadaran diri, lingkungan, sarana prasarana, diklat, workshop dan seminar.; (3) Faktor penghambat dalam mengembangkan profesionalisme dan kompetensi tenaga pendidik, diantaranya: Dana, dampak covid-19, sempitnya lahan, padatnya lingkungan. ; (4) Solusi untuk menangani hambatan dalam mengembangkan profesionalisme dan kompetensi tenaga pendidik, diantaranya: Menggunakan uang kas madrasah, memaksimalkan kegiatan online di era covid-19, melakukan pendekatan dengan masyarakat, memberikan penghargaan untuk tenaga pendidik.
Manajemen Sarana dan Pemeliharaan dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Kepada Jamaah Masjid Toni Antoni; M Hidayat Ginanjar; Heriyansyah Heriyansyah
Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah Vol 1, No 01 (2021): Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah
Publisher : STAI Al-Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (223.334 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen sarana dan pemeliharaan masjid dalam meningkatkan mutu pelayanan kepada jamaah, ditinjau dari (1) Mengetahuisarana dan prasarana yang dimiliki (2) Untuk mengetahui program kerja DKM (3) Untuk mengetahui peran DKM dalam pemeliharaan sarana masjid (4) Faktor-faktor yang menjadi kendala dalam pemeliharaan Sarana dan prasarana (5) Solusi DKM dalam mengatasi kendala pemeliharaan sarana dan prasarana. Penelitian ini dilakukan di Masjid Raya Taman Yasmin Bogor Jl Cimanggu Raya RW.09 Kelurahan Cilendek Timur Bogor Jawa Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif/studi lapangan dengan pengumpulan data melalui obervasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa manajemen sarana dan pemeliharaan di Masjid Raya Taman Yasmin Bogor dari tahun ketahun menunjukan perkembangan diantaranya:(1)Sarana masjid sudah lengkap dan sudah memenuhi standar. (2) Peran DKM dalam pemeliharaan sarana masjid cukup baik. (3) Pemeliharaan sarana masjid sudah baik teratur dan menjadi prioritas pertama. (4) kendala dalam pemeliharaan sarana masjid adalah  pengurus sebagian kurang aktif, dan sebagian sibuk dengan  kerja pribadinya. (5) solusi DKM dalam mengatasi kendala yakni musyawarah, keterbukaan dan kerjasama. Dapat disimpulkan Sarana dan prasarana masjid sudah cukup baik, terorganisir, rapih dan jamaah merasa nyaman.
Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Keislaman di Sekolah Menengah Pertama SMP Negeri 1 Tamansari Bogor Muhammad Akvin Syarifudin; Muhammad Hidayat Ginanjar; Heriyansyah Heriyansyah
Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah Vol 1, No 01 (2021): Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah
Publisher : STAI Al-Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (241.116 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis strategi kepala sekolah dalam meningkatkan nilai-nilai keislaman. Tempat penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Tamansari Bogor. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala bidang kesiswaan, dan guru-guru Pendidikan Agama Islam. Adapun fokus maslah penelitian ini yaitu tentang strategi kepala sekolah dalam meningkatkan nilai-nilai keislaman Di Sekolah Menengah Pertama (SMP)  Negeri 1 Tamansari Bogor. Temuan yang didapatkan dari penelitian ini yaitu sebagai berikut : (1) Nilai-nilai Keislaman peserta didik di SMP Negeri 1 Tamansari Bogor cukup baik. (2) Strategi  yang dilakukan Kepala Sekolah bervariasi dan inovatif. (3) Adanya faktor pendukung dari warga sekolah, orang tua, sarana dan prasarana. (4) Adanya faktor penghammbat dari kesadaran belajar siswa, latar belakang siswa, kurangnya perhatian orang tua dan minimnya jumlah guru. (5) Solusi yang dilakukan kepala sekolah yang tepat.
Implementasi Kurikulum Akhlakul Karimah Dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa di Ma Nurul Ihya Bogor Tahun Ajaran 2020/2021 Yunmandori Yunmandori; Muhammad Sarbini; Ade Kohar
Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah Vol 1, No 01 (2021): Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah
Publisher : STAI Al-Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (251.198 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengimplementasi kurikulum akhlakul karimah dalam meningkatkan kompetensi siswa di MA Nurul Ihyah Bogor. Jenis penelitian ini adalah Kualitatif. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, bidang kurikulum, tenaga pendidik dan para siswa di MA Nurul Ihyah Bogor. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan setudi dokumentasi. Kemudian peneliti menggunakan analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian, menunjukan bahwa implementasi kurikulum akhlakul karimah dalam meningkatkan kompetensi siswa di MA Nurul Ihyah Bogor; (1) Perencanaan kurikulumnya yang ditetapkan dengan prosedur dari kementrian agama; (2) Penerapan kurikulum sudah mencapai efektif, evisien dan para siswa mampu menyerap pemahaman keagamaan dengan baik; (3) Faktor penghambat dalam pengimplementasian kurikulum akhlakul karimah berkenaan dengan lingkungan masyarakat dan keluarga yang kurang mempunyai pemahaman akhlak terpuji; (4) Adapun faktor pendukungnya nilai-nilai dari keteladanan para guru: (5) Evaluasi dari hambatan pengimplementasian kurikulum akhlakul karimah dengan penilaian, musyawarah, memberi peringatan jika ada kesalahan pada siswa dan memperbaiki komponen belajar jika ada permasalahan.

Page 1 of 2 | Total Record : 12