cover
Contact Name
Nur Indah Sholikhati
Contact Email
nur.indah.sholikhati@unsoed.ac.id
Phone
+6285226987945
Journal Mail Official
nur.indah.sholikhati@unsoed.ac.id
Editorial Address
JI. Dr. Soeparno, Kampus Karangwangkal, Purwokerto 53123, Kab. Banyumas, Provinsi Jawa Tengah
Location
Kab. banyumas,
Jawa tengah
INDONESIA
Prawara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN : 27467120     EISSN : 27467139     DOI : https://doi.org/10.20884/1.jpbsi
Jurnal Prawara: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is published by the Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Humanities, Universitas Jenderal Soedirman. Prawara which is published twice a year (every June and December), is a double blind peer-reviewed publication consists of research-based and review articles, fresh ideas about education, language, literature, which have never been published before. The scopes of the topics include: Indonesian language teaching; Linguistics; Applied Linguistics, and; Literature Teaching. Indonesian language for foreigners.
Articles 40 Documents
RESPON SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING SMA DI ERA PANDEMI Ragita Gusniar Nazila; Sri Muryati; Sutarman Sutarman; Wiwik Darmini; Nila Fitri Faidzah
Prawara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2 No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Fakultas Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (315.987 KB) | DOI: 10.20884/1.jpbsi.2021.2.1.3654

Abstract

Artikel yang berjudul “Respon Siswa Dalam Pembelajaran Daring SMA di Era Pandemi” tujuannnya adalah untuk memperoleh gambaran proses belajar mengajar di era pandemi menggunakan pembelajaran secara online. Artikel ini mengangkat media pembelajaran google meet dan google classroom karena media itu yang digunakan siswa pada pembelajaran jarak jauh di mata pelajaran Bahasa Indonesia. Menggunakan media pembelajaran itu juga sangat cocok untuk kondisi saat ini yaitu pembelajaran jarak jauh. Semua menggunakan teknologi dan secara online,bahkan rapat sekarang bisa online juga. Penulis saat ini lebih menekankan pada pembelajaran jarak jauh,sehingga pembelajaran menggunakan via online dengan media pembelajaran yang memudahkan siswa untuk mengakses. Artikel ini juga menggunakan metode penelitian kualitatif, karena melihat secara nyata pembelajaran yang sedang terjadi saat ini. penelitian kualitatif adalah penelitian yang bersifat deskriptif dan banyak menggunakan analisis. Tujuan dari penelitian kualitatif adalah untuk mengembangkan teori-teori dan pemahaman secara detail dengan analisis. Pembelajaran secara jarak jauh dan bekerja dari rumah adalah perubahan saat masa pademi covid-19. Ini,termasuk dalam perubahan baru seperti siswa yang belajar dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Dalam penelitian ini menggunakan 2 kelas yaitu kelas X IPA 1 dan X IPA 3 berjumlah 35 per kelas. Cara mengambil data dengan 2 cara yaitu dengan observasi mengikuti pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan google meet dan google classroom. Cara kedua membagikan kuesioner dengan google form lewat grup whatsApp. Hasil dari penelitian terdapat banyak kekurangan dan kelebihan dari penggunaan google meet dan google classroom, media yang digunakan sangat efekif untuk pembelajaran jarak jauh. Dilihat,zaman sekarang teknologi sudah sangat berkembang apalagi teknologi sudah masuk ke dunia pendidikan. Karena sekarang teknologi itu sudah menyebar luas di kalangan masyarakat apalagi di lingkungan anak muda sekalipun. Hasil penelitian ini bahwa terdapat beberapa media pembelajaran yang dipakai. Media pendidikan untuk pembelajaran jarak jauh sudah beragam mulai dari zoom, google meet, google classroom, grup whatsapp dan masih banyak variasi lainnya. Walaupun ada beberapa kelemahan dan kelebihan dari pembelajaran jarak jauh ini yang dirasakan oleh guru maupun siswa itu sendiri. Pembelajaran jarak jauh adalah sistem baru di dunia pendidikan di mana guru maupun siswa harus beradaptasi dengan sistem baru yang ada di dunia pendidikan. Seiring berjalannya waktu, pembelajaran jarak jauh akan menjadi suatu pembelajaran yang biasa di dunia pendidikan. Meskipun masih dalam masa pandemi pembelajaran jarak jauh tidak berjalan dengan mudah dan pasti ada hambatan tersendiri. Pembelajaran masih tetap berjalan agar dunia pendidikan semakin maju dan berkembang mengikuti kondisi yang ada.
PENGEMBANGAN MATERI AJAR PANTUN PADA BUKU TEMATIK KELAS V TEMA 4 Rahmah Desfitria; Aninditya Sri Nugraheni
Prawara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2 No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Fakultas Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (253.793 KB) | DOI: 10.20884/1.jpbsi.2021.2.1.3814

Abstract

Pantun merupakan salah satu hal yang tidak terlepas dari masyarakat Indonesia. Dengan kata lain, pantun adalah ciri khas Indonesia. Pantun telah ada sejak zaman dahulu. Akan tetapi dengan adanya berbagai perubahan yang terjadi atas perkembangan zaman, banyak ditemui pantun yang tidak sesuai dengan kaidah penulisannya, seperti suku kata dan rima yang tidak sesuai dengan aturan. Untuk itu, diperlukan adanya edukasi sejak dini terhadap penciptaan pantun khususnya agar pantun yang telah menjadi ciri khas Indonesia tidak hilang ditelan zaman. Materi mengenai pantun ini rupanya sudah diajarkan pada jenjang sekolah dasar atau lebih tepatnya pada kelas V. Untuk itu, tujuan dari penilitian ini adalah mengembangkan materi ajar pantun yang sesuai dengan tuntutan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi pustaka yang menggunakan dokumen-dokumen seperti buku, jurnal, dan lainnya sebagai acuan. Memahami pantun bukan hanya hafal pengertiannya saja, tetapi perlu mendalami pula dalam kaidah-kaidahnya. Penggunaan pantun pun dapat disesuaikan dengan kondisi yang sedang terjadi karena pantun mempunyai beragam jenis. Kata Kunci: pantun, aturan, khas
PERSPEKTIF AGAMA DALAM TRADISI TOGAK BALIAN PADA NASKAH DRAMA ROH KARYA WISRAN Lusy Novitasari; Ummi Nurjamil Baiti Lapiana
Prawara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2 No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Fakultas Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (323.21 KB) | DOI: 10.20884/1.jpbsi.2021.2.1.4004

Abstract

Penelitian ini berjudul Perpekstif Agama dalam Tradisi Togak Balian pada Naskah Drama Roh Karya Wisran Hadi. Masalah yang dicari dalam penelitian ini yakni bagaimana perspektif agama dalam tradisi Togak Balian dalam naskah drama Roh? Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menjelaskan perspektif tradisi Togak Balian dalam naskah drama Roh karya Wisran Hadi. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kepustakaan (library research). Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah teks dalam naskah drama Roh karya Wisran Hadi yang diambil dari buku kumpulan Drama Sobrat yang diterbitkan oleh Grasindo Jakarta. Roh merupakan pemenang Juara Harapan II sayembara naskah yang dilaksanakan oleh DKJ (Dewan Kesenian Jakarta) pada tahun 2004. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan tradisi Togak Balian dan perpeltif agama secara umum. Pengumpulan data menggunakan teknik Content analysis. Teknik analisis data menggunakan analisis model interaktif (Interactive Model Analysis). Pendekatan yang dipergunakan adalah sosiologi sastra., terlebih sosiologi karya sastra yang menitikberatkan pada tradisi dan perspektif agama secara umum yang terdiri dari: identifikasi data, deskripsi data, analisis data, dan interpretasi data. Adapun hasil yang didapatkan dari penelitian ini meliputi tradisi memanggil roh dan tradisi upacara di tempat keramat berdasarkan perspektif agama.
Register Jual Beli Pakan Ternak di Pasar Induk Wonosobo sebagai Referensi Pembelajaran Teks Negosiasi Bahasa Indonesia Puspita Rahayu; Etin Pujihastuti; Dyah Wijayawati
Prawara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2 No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Fakultas Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.639 KB) | DOI: 10.20884/1.jpbsi.2021.2.1.4031

Abstract

Penelitian ini berjudul “Register Jual Beli Pakan Ternak di Pasar Induk Wonosobo sebagai Referensi Pembelajaran Teks Negosiasi Bahasa Indonesia”. Penelitian ini mendeskripsikan bentuk dan fungsi register yang ada pada kegiatan jual beli pakan ternak di Pasar Induk Wonosobo, serta penggunaannya sebagai referensi pembelajaran teks negosiasi Bahasa Indonesia”. Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif. Data pada penelitian ini adalah tuturan yang muncul pada kegiatan jual beli pakan ternak di Pasar Induk Wonosobo dan mengandung register. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat 28 register yang digunakan pada kegiatan jual beli pakan ternak di Pasar Induk Wonosobo. Register tersebut berbentuk kata, frasa, singkatan dan akronim. Terdapat register bentuk kata dasar berjumlah 12 kata, register bentuk kata berimbuhan berjumlah 5 kata, register bentuk kata majemuk berjumlah 3 kata, register bentuk kata ulang berjumlah 1 kata, register bentuk frasa berjumlah 1, register bentuk singkatan berjumlah 5, dan register bentuk akronim berjumlah 1. Masing-masing register memiliki makna yang khas dan hanya dikenal pada kegiatan jual beli pakan ternak saja. Data yang diperoleh dapat digunakan dalam pembelajaran teks negosiasi di kelas X Sekolah Menengah Atas pada KD. 3.10 yaitu mengevaluasi pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi lisan maupun tulis.
NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL JATISABA KARYA RAMAYDA AKMAL Suprihatma Suprihatma; Maulida Putri Rahmawati
Prawara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2 No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Fakultas Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (297.929 KB) | DOI: 10.20884/1.jpbsi.2021.2.1.4083

Abstract

This paper aims to describe the educational values which is contained in Jatisaba novel by Ramayda Akmal and also describe alternative learning material for educational values in Jatisaba novel by Ramayda Akmal. The expected benefits are knowledge about the value of education in the novel Jatisaba by Ramayda Akmal, increasing appreciation of literary works for students, to provide information to readers about the value of education in the novel Jatisaba by Ramayda Akmal, and alternative junior high school learning materials. The research method used by researchers to analyze library methods and analysis methods with a dedactic approach. The research results show that the novel Jatisaba by Ramayda Akmal contains extrinsic elements of literary works, namely the value of education which consists of the value of religious education, the value of sociality education, the value of justice education, and the value of honesty education. Keywords: the value of education, literature, junior high school learning
NILAI DIDAKTIS NOVEL SANG PEMENANG BERDIRI SENDIRIAN KARYA PAULO COELHO (TINJAUAN STRUKTURAL) Marlina Agkris Tambunan; Nanda Ayu Safira
Prawara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2 No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Fakultas Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (311.178 KB) | DOI: 10.20884/1.jpbsi.2021.2.1.4236

Abstract

Karya sastra yang merupakan salah satu alat untuk melukiskan kehidupan manusia baik persoalan secara pribadi maupun secara menyeluruh.. Sastra dapat mencerminkan ajaran moral (didaktis), estetika dan berbagai hal yang menyangkut tata pergaulan sesama umat manusia. Pendekatan struktural memandang dan menelaah novel sebagai salah satu karya sastra dari segi intrinsik yang membangun suatu karya sastra itu sendiri dan tidak akan terlepas dari nilai didaktis. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Tema novel tersebut yakni penebusan cinta yang berlebihan dengan serangkain pembunuhan dengan menggunakan alur campuran, latar tempat, latar waktu dan latar sosial. Adapun sudut pandang yang digunakan pengarang ialah sudut pandang diaan (pengarang berperan sebagai pengamat yang serba tahu), tokoh /penokohan dalam novel yaitu tokoh utama dan tokoh tambahan serta protagonis dan antagonis. Amanat dalam novel ini ialah jangan mencintai dengan berlebihan pastikan bahwa cinta yang kita berikan adalah cinta yang tulus, bersyukur atas apa yang sudah Tuhan berikan dan tidak menjadi manusia yang serakah. Gaya bahasa (majas) dalam novel yang didapat adalah majas repetisi, metafora, allegori, personifikasi, metonemia, antithesis, hiperbola, pleonasme, repetisi, dan sarkasme. Pada novel tersebut ditemukan nilai-nilai didaktis yang dapat diterapkan oleh setiap anggota masyarakat yaitu nilai pendidikan religius, moral, sosial, budaya, dan keindahan.
DEIKSIS DALAM PIDATO PEMBINA UPACARA DI SD NEGERI SIDOREJO SEBAGAI BAHAN AJAR MATERI PIDATO KELAS IX (KAJIAN PRAGMATIK) Ellie Natanael Kurnia Agung; Dyah Wijayawati; Etin Pujihastuti
Prawara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2 No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Fakultas Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (316.641 KB) | DOI: 10.20884/1.jpbsi.2021.2.1.4315

Abstract

Pragmatics is a study that examines the meaning of speech based on the speech context. One of the studies is deixis. This research is motivated by the misconceptions on the use of nearly similar deixis in some public speech,which are often confused or considered to be same. Example is in the form of spontaneous speech. The purpose of this research is to describe the types and meanings of deixis contained in the speech of the ceremonial inspector at SD Negeri Sidorejo by using study of pragmatics studies and its use as a reference for teaching material in junior high school. The data in this study are ceremony inspector’s speech fragments containing deixis. Collecting data using the observation method with basic tapping techniques to record the ceremony inspector’s speech and the advanced techniques of note to convert the recorded to written form and collecting deixis in it. The data analysis technique used was qualitative data analysis, the equivalent method with the basic technique of Dividing Key Factors Technique to describe the types and meanings of deixis in the speech of the ceremonial supervisor. The result shows that the types of deixis found were matched with Yule’s theory, that is persona deixis (99 data), place deixis (26 data), and time deixis (24 data). The results can be used as a reference for Indonesian Class IX Basic Competence 3.3. Identifying ideas, thoughts, views, directions or messages in a persuasive speech about actual problems heard and read, and Basic Competence 3.4 Examining the structure and characteristics of persuasive speech about actual problems that are heard and read.
Implikatur Percakapan dalam Film Orang Kaya Baru sebagai Bahan Ajar Teks Anekdot Kelas X Widia Siska MaericE; Dyah Wijayawati; Bivit Anggoro Prasetyo Nugroho
Prawara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1 No 1 (2020): Desember 2020
Publisher : Fakultas Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (898.467 KB) | DOI: 10.20884/1.jpbsi.2020.1.1.4325

Abstract

Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan wujud pelanggaran prinsip kerja sama dan prinsip kesantunan dalam film Orang Kaya Baru, mendeskripsikan makna implikatur yang terkandung dalam film Orang Kaya Baru, dan mendeskripsikan implementasinya dalam pembelajaran teks anekdot. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak dengan teknik dasar sadap dan teknik lanjutannya teknik simak bebas libat cakap dan teknik catat. Pada tahap analisis data, peneliti menggunakan metode padan dengan teknik dasar pilah unsur penentu menggunakan daya pilah pragmatis, dan teknik lanjutan hubung banding memperbedakan. Adapun hasil analisis data disajikan dengan metode informal. Berdasarkan analisis data, terdapat pelanggaran pada setiap maksim dalam prinsip kerja sama dan prinsip kesantunan. Pelanggaran maksim-maksim tersebut menjadi penyebab munculnya implikatur percakapan dalam film Orang Kaya Baru. Adanya pelanggaran tersebut juga memberikan manfaat bagi pembaca, khususnya siswa. Melalui pemahaman tentang pelanggaran prinsip percakapan, diharapkan pembaca dapat menggunakan prinsip percakapan yang sesuai dalam berkomunikasi. Pemahaman mengenai implikatur dapat digunakan sebagai bahan ajar untuk mencapai tujuan pembelajaran pada Kompetensi Dasar (KD) 3.5 yaitu mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING DAN MEDIA VIDEO Indri Suwarti; Etin Pujihastuti; Bivit Anggoro Prasetyo Nugroho
Prawara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1 No 1 (2020): Desember 2020
Publisher : Fakultas Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (913.53 KB) | DOI: 10.20884/1.jpbsi.2020.1.1.4330

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada masalah rendahnya keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Karanglewas. Rendahnya keterampilan menulis teks berita dikarenakan siswa tidak tertarik untuk mengikuti pembelajaran bahasa Indonesia. Ketidaktertarikan siswa terhadap pembelajaran disebabkan oleh komponen pendukung dalam proses pembelajaran yang kurang maksimal yaitu guru kurang memanfaatkan metode dan media pembelajaran. Berawal dari masalah tersebut, maka peneliti menawarkan suatu alternatif metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran menulis teks berita, yaitu metode mind mapping. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan tiga siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan nontes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Teknik kuantitatif digunakan untuk mengetahui hasil tes menulis teks berita siswa, sedangkan teknik kualitatif digunakan untuk mengetahui hasil nontes berupa perubahan perilaku belajar siswa. Berdasarkan hasil tes, keterampilan menulis teks berita siswa mengalami peningkatan yang dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh pada setiap siklusnya. Pada prasiklus, nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 61, siklus I nilai rata-rata diperoleh sebesar 71,34, dan siklus II nilai rata-rata yang diperoleh mencapai 82,94. Selain itu, berdasarkan hasil nontes juga menunjukkan adanya perubahan perilaku belajar siswa ke arah yang lebih baik.
MODALITAS DALAM TAJUK RENCANA KOMPAS EDISI OKTOBER 2018 Intan Rifiwanti; Etin Pujihastuti; Lalita Melasarianti
Prawara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1 No 1 (2020): Desember 2020
Publisher : Fakultas Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (994.519 KB) | DOI: 10.20884/1.jpbsi.2020.1.1.4332

Abstract

Penelitian ini berjudul “Modalitas dalam Tajuk Rencana Kompas Edisi Oktober 2018”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis modalitas dan pengungkap maknanya serta pendistribusiannya yang terdapat dalam tajuk rencana Kompas edisi Oktober 2018. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data pada penelitian ini adalah penggalan kalimat dalam wacana tajuk rencana yang diduga mengandung sarana pengungkap jenis-jenis modalitas bahasa Indonesia. Dari hasil analisis, dapat ditemukan 112 data yang mengandung empat jenis modalitas yaitu modalitas intensional, modalitas epistemik, modalitas deontik, dan modalitas dinamik. Selain itu juga ditemukan tiga data yang mengandung dua jenis modalitas sekaligus. Dari empat jenis tersebut, modalitas yang paling dominan ialah modalitas epistemik. Hal ini logis karena modalitas epistemik mempersoalkan sikap pembicara yang didasari oleh keyakinan atau kekurangyakinan terhadap kebenaran proposisi. Hal ini juga sesuai dengan konsep dasar tajuk rencana yang berisi asumsi (belum pasti kebenarannya) dari penulis selaku pembicara tentang peristiwa nonaktual yang terjadi. Selanjutnya adalah modalitas deontik, modalitas intensional, dan terakhir modalitas dinamik.

Page 1 of 4 | Total Record : 40