cover
Contact Name
-
Contact Email
journal@mail.unnes.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
journal@mail.unnes.ac.id
Editorial Address
Sekaran, Gunung Pati, Semarang, Provinsi Jawa Tengah, 50229
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang
ISSN : 2829386X     EISSN : -     DOI : https://doi.org/10.1529/kp
Core Subject : Education,
Bookchapter Kimia Universitas Negeri Semarang adalah terbitan ilmiah berkualitas tinggi di bidang pendidikan.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "No. 1 (2022)" : 7 Documents clear
STRATEGI BELAJAR WIRAUSAHAWAN DALAM MEMBANGUN KAPABILITAS INOVASI BISNIS DI KOTA SEMARANG
Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang No. 1 (2022)
Publisher : Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1529/kp.v1i1.34

Abstract

Kapabilitas inovasi merupakan peran utama dari kegiatan bisnis yang dilakukan oleh wirausahawan. Para wirausahawan ditekan untuk selalu belajar dengan berbagai cara untuk meningkatkan kapabilitas tersebut. Salah satu aktivitas yang dapat meningkatkan kapabilitas inovasi adalah berbagi pengetahuan, orientasi karyawan dan kerativitas bisnis. Hasil penelitian menunjukkan berbagi pengetahuan, orientasi pemasaran dan kreativitas bisnis berpengaruh signifikan terhadap kapabilitas inovasi. Temuan ini menunjukkan bahwa teori kapabiltas dinamis masih dapat menjelaskan bagaimana para wirausahawahan belajar dengan tekanan lingkungan bisnis yang ada sehingga kapabilitas inovasi terbentuk dari aktivitas berbagi pengetahuan yang intensif , orientasi permintaan yang tepat dan kreativitas bisnis yang optimal. Sementara implikasi praktisnya adalah maka perlunya fasilitasi dari pemerintah bagi paguyuban atau asosisasi pengusaha UMKM untuk saling mengaktifkan difusi inovasi bisnis di antara pengusaha, ataupun peran pakar yang disiapkan bagi pemerintah untuk melakukan pendampingan terhadap pengusaha tersebut.
PRAKTIK PENILAIAN DALAM PEMBELAJARAN ONLINE
Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang No. 1 (2022)
Publisher : Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1529/kp.v1i1.35

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengeksplorasi proses penilaian dalam pembelajaran online di SMA Negeri 1 Rembang. Proses yang dimaksud adalah penerapan prinsip penilaian sesuai Permendikbud No 23, 2016 tentang Standar Penilaian. Kajian ini akan menunjukkan bagaimana keabsahan instrumen, keseseuaian metode, efektifitas prosedur dan berbagai hal lain tentang penilaian online. Kajian ini memanfaatkan pendekatan deskriptif kualitatif dasar dengan tahapan pengumpulan, penyajian dan reduksi data serta penarikan kesimpulan. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipatif dan studi dokumentasi. Hasil kajian menunjukkan 3 dari 9 prinsip penilaian, sudah terpenuhi, yakni integrasi, struktur penilaian dan acuan kriteria. Sedangkan 6 prinisp lain yakni validitas, objektifitas, keadilan, keterbukaan, cakupan aspek, dan keterandalan kesemuanya belum terpenuhi. Hasil data tersebut akan menjadi bahan pertimbangan konkret untuk menentukan kebijakan dari para pemangku kepentingan. Kebijakan ini tentunya tidak hanya bermanfaat pada masa pandemi, namun juga pasca pandemi dimana pola ataupun tren virtualisasi dunia pendidikan akan tetap berjalan di masa yang akan datang.
PROBLEM SOLVING PROCESS SISWA SMP BERBANTUAN PROBLEM SOLVING PROPS 1 2 BERMUATAN KONEKSI MATEMATIS
Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang No. 1 (2022)
Publisher : Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1529/kp.v1i1.36

Abstract

Kajian dalam Book Chapter ini bertujuan: (1) Mendapatkan hasil kuantitatif kemampuan dalam Problem Solving Process siswa SMP berbantuan Problem Solving Props bermuatan Koneksi Matematis berbasis pembelajaran daring. (2) Mendapatkan hasil kualitatif pertumbuhan Problem Solving Process siswa Kelas IX SMP. Metode penelitiannya, dengan Mixed Method yaitu gabungan antara pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pada pendekatan kuantitatif, menggunakan Uji t. Selanjutnya dipakai dasar untuk pengambilan subjek penelitiannya dalam pendekatan kualitatif. Subjek penelitiannya, 6 siswa Kelas IX. Kegiatan utamanya: (1) menyediakan alat peraga berupa Problem Solving Props, yang diuji dengan R & D, (2) menyediakan soal-soal koneksi matematis yang bersifat problem solving yang penyelesaiannya perlu Problem Solving Props, (3) tes, (4) Uji t, dan (5) analisis data secara kualitatif. Hasil: (1) Kemampuan dalam Problem Solving Process Siswa SMP, mean 74,64 dan di atas KKM yang 70,00. (2) Dari 6 subjek penelitian, pertumbuhan Problem Solving Process siswa SMP terdapat 1 siswa berkategori Sangat Baik, 2 siswa berkategori Baik, 2 siswa berkategori Sedang, dan 1 siswa berkategori Kurang. Kesimpulannya: (1) Diperlukan Problem Solving Props agar kemampuan Problem Solving Process Siswa SMP meningkat. (2) Pertumbuhan Problem Solving Process siswa SMP cenderung Sedang atau Baik.
MODEL POLITIK PERDAMAIAN UNTUK REKONSTRUKSI IDENTITAS SOSIAL DAN NASIONALISME MASYARAKAT PASCA KONFLIK DI BOYOLALI MELALUI RANAH PENDIDIKAN
Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang No. 1 (2022)
Publisher : Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1529/kp.v1i1.37

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model politik perdamaian untuk rekonstruksi identitas sosial dan nasionalisme pada masyarakat pasca konflik di Boyolali melalui pendidikan.. Penelitian ini dikerjakan dengan metode kualitatif yang dilakukan secara investigatif pada saksi sejarah, pelaku sejarah, dan elemen pendidikan di Boyolali. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa peristiwa di tahun 1965 telah berdampak pada trauma dan menimbulkan prasangka dan dendam yang tidak berujung. Untuk itu dibutuhkan sebuah jalan alternatif untuk mencapai penyatuan pihak-pihak berkonflik ataupun generasi sesudahnya yang terkena imbas dari konflik tersebut. Model politik perdamaian yang digagas cukup konstruktif dan dapat diapresiasi sebagai suatu jalan baru dalam mengembangkan harmonisasi sosial masyarakat melalui kegiatan belajar yang kreatif dengan memanfaatkan media dan model pembelajaran inovatif. Model ini sangat kompatibel bagi pendidikan masyarakat pasca konflik untuk membina masyarakat yang memahami nilai kemanusiaan dan melaksanakan Pancasila dalam praktik. Untuk itu model politik perdamaian ini sangat penting untuk direkomendasikan bagi dunia pendidikan.
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PREPROSPEC BERBANTUAN TIK DITINJAU DARI PERSPEKTIF GENDER
Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang No. 1 (2022)
Publisher : Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1529/kp.v1i1.38

Abstract

Kemampuan dalam pemecahan masalah secara matematis adalah tujuan utama disiplin ilmu matematika, bahkan menjadi jantungnya matematika. Beberapa temuan penelitian menunjukkan bahwa perspektif gender berpengaruh tidak hanya pada perbedaan pada pemahaman dalam menyelesaikan msalah matematis pada mahasiswa, namun juga sangat mempengaruhi proses penyelesaiannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seacara empiris perspektif gender yang dikaitkan dengan pemecahan masalah secara matematis dengan model pembelajaran preprospec dengan bantuan teknologi dan informasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi yang digunakan penelitian ini adalah mahasiswa program studi matematika di Jawa Tengah dengan sampel mahasiswa yang telah menyelesaikan mata kuliah kalkulus integral yang dipilih secara random. Instrument yang digunakan adalah uji kemampuan menyelesaikan masalah matematis dan lembar observasi. Kemudian, data diolah dengan menggunakan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman dalam memecahkan masalah tidak bisa dilihat dari perspektif gender.
FINANCIAL LITERACY DAN KINERJA USAHA MAHASISWA UNNES DI MASA PANDEMI COVID 19
Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang No. 1 (2022)
Publisher : Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1529/kp.v1i1.39

Abstract

UMKM memegang peranan penting dalam perekonomian Indonesia karena mampu berkontribusi terhadap nilai eksport Indonesia sebesar 293 T, dan dapat mengatasi masalah pengangguran di Indonesia yang mencapai angka pengangguran sebesar 7.05 juta, dan termasuk didalamnya adalah pengangguran terdidik (Badan Pusat Statistik, 2020). Pandemi Covid-19 menyebabkan ekonomi negara di seluruh dunia terguncang, tidak terkecuali di Indonesia, termasuk UMKM. Karena UMKM berkontribusi terhadap ekonomi negara maka pemerintah berusaha menggalakkan progam-progam kusus untuk mengangkat dan mempopulerkan kewirausahaan dikalangan masyarakat, termasuk juga masuk ke perguruan tinggi (PT). Pemerintah menyusun kurikulum Perguruan Tinggi yang disinergikan dengan konsep kewirausahaan dan memberikan progam bantuan pendanaan kepada mahasiswa wirausaha. UNNES salah satu universitas yang turut mendukung perkembangan wirausaha muda. Berdasarkan data awal, ditemukan beberapa kendala yang dihadapi oleh mahasiswa Unnes: 1)kurangnya pengetahuan tentang pengelolaan usaha, kususnya keuangan dan kurangnya literasi keuangan, 2)kurangnya pendampingan profesional, 3)kendala pembagian waktu yang berbenturan dengan kuliah dan 4)kendala motivasi untuk selalu konsisten dalam berwirausaha. Penelitian ini akan mencari gambaran rinci tentang implementasi literasi keuangan, kemudian meneliti tentang pengaruh literasi keuangan dan pengaruhnya terhadap kinerja Usaha wirausaha Unnes. Jenis data penelitian adalah data primer dan data sekunder. Sedangkan Populasi penelitian merupakan pemilik usaha UMKM wirausaha Mahasiswa Unnes. Alatnya adalah Software Smart PLS 3.0. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa kondisi literasi keuangan ada diposisi 20% baik, 50% sedang dan 30% kurang. Sedangkan variable Financial Knowledge, Financial Attitudes dan Financial Behaviour berpengaruh terhadap kinerja usaha pada bisnis mahasiswa wirausaha Unnes
PERSEPSI ANAK USIA DINI TERHADAP GURU DI SEMARANG
Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang No. 1 (2022)
Publisher : Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1529/kp.v1i1.40

Abstract

Riset menunjukkan bahwa persepsi anak pada guru akan mempengaruhi anak-anak yang berada pada fase transisi seperti misalnya perpindahan dari jenjang TK sampai SD. Penelitian ini bertujuan menggambarkan persepsi siswa usia dini (usia 5-6 tahun yang berada pada masa transisi), sejumlah 47 anak, terhadap guru. Desain kualitatif-fenomenologi menguraikan bagaimana persepsi anak terhadap profil guru yang tertuang dalam hasil gambarnya dilanjutkan dengan interview terstruktur untuk mengetahui makna gambar tersebut untuknya dan mengapa mereka menggambar itu. Hasil analisis gambar menghasilkan 9 kategori yaitu: Jenis, jenis kelamin, tinggi badan, gerak tubuh dan ekspresi wajah, ciri fisik, lokasi, aktivitas yang dilakukan, benda di tangan, gambar, benda di dalam kelas. Selanjutnya, alasan yang menjadikan anak menyukai guru mereka lebih didasarkan pada kompetensi sosial dan kepribadian, Terdapat 4 dari 47 anak (8.5%), yang menilai guru mereka dari kompetensi profesional, sepertinya misalnya kemampuan bermain balok dan menggambar. Hasil penelitian ini sebagai inisiasi pada bidang metodologi bahwa studi termasuk anak usia dini sebagai peserta aktif adalah sangat mungkin dengan mempertimbangkan metodologi dan teknik pengumpulan data. Penelitian ini juga memberikan masukan bagi praktik pemerintah khususnya bagi guru dalam mengembangkan pendekatan evaluasi guru berdasarkan perspektif siswanya.

Page 1 of 1 | Total Record : 7