cover
Contact Name
-
Contact Email
journal@mail.unnes.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
journal@mail.unnes.ac.id
Editorial Address
Sekaran, Gunung Pati, Semarang, Provinsi Jawa Tengah, 50229
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang
ISSN : 2829386X     EISSN : -     DOI : https://doi.org/10.1529/kp
Core Subject : Education,
Bookchapter Kimia Universitas Negeri Semarang adalah terbitan ilmiah berkualitas tinggi di bidang pendidikan.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "No. 5 (2023)" : 5 Documents clear
PENGEMBANGAN GAME EDUKASI SHARF (MORFOLOGI ARAB) BERASIS WORDWALL UNTUK PONDOK PESANTREN
Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang No. 5 (2023)
Publisher : Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1529/kp.v1i5.128

Abstract

Pembelajaran sharf satu diantara pembelajaran yang terdampak oleh situasi pandemi. Pembelajaran sharf semakin terasa sulit dilakukan secara daring, hal ini karena sistem morfologi bahasa Arab memiliki perbedaan yang signifikan dengan morfologi bahasa Indonesia, sebagai bahasa ibu para pembelajar. Pemaparan kaidah-kaidah morfologi kebahasaan jelas tidak bisa dilakukan secara langsung, maka pendidik memiliki tanggungjawab untuk melakukan inovasi pembelajaran. Pengembangan game edukasi Sharf berbasis wordwall menjadi solusi inovatif yang tepat dalam mengatasi pembelajaran sharf dalam jaringan. Game ini bersifat interaktif dilengkapi dengan latihan-latihan untuk mengasah pemahaman sharf santri. Tujuan penerapan penelitian ini yaitu: (1) memahami kebutuhan ustaz dan santri terhadap game edukasi Sharf untuk pembelajaran sharf, (2) mendeskripsikan gambaran prototipe media game edukasi Sharf, 3) mengetahui tingkat penilaian ahli terhadap edukasi Sharf Pelaksanaan penelitian ini menggunakan research and development (R&D) dengan tes dan non tes sebagai data. Implikasi dari penelitian ini di beberapa pesantren, diantaranya Rijalul Qur’an menunjukkan hasil yang siginifikan (efektif)
DUKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI KOTA SEMARANG
Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang No. 5 (2023)
Publisher : Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1529/kp.v1i5.129

Abstract

Tujuan penelitian ini mengetahui dukungan lembaga terhadap terlaksananya layanan bimbingan dan konseling. Pelayanan bimbingan dan konseling berbantuan teknologi informasi mengaruskan penguasaan pada sistem teknologi informasi dan memberikan tantangan terhadap konselor untuk menguasai perkembangan teknologi sekaligus menampilkan profesionalitas. Pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling yang dilakukan secara online tidak dapat berjalan dengan semestinya tanpa dukungan dari lembaga. Penelitian ini menggunakan desain survei yaitu jenis cross-sectional dengan partsipan sebanyak 333 orang. Responden penelitian ini guru bimbingan dan konseling Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri di Kota Semarang berjumlah 333 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji statistik yaitu deskriptif. Tingkat dukungan sekolah terhadap pelayanan konseling pada masa pandemi Covid-19 di SMK se Kota Semarang tergolong sedang dan dukungan sekolah sudah dilakukan tapi belum maksimal.
TINGKAT LITERASI MEDIA GURU BAHASA INDONESIA JENJANG MENENGAH BERBASIS POLA KERJA KOMPETENSI INDIVIDU
Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang No. 5 (2023)
Publisher : Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1529/kp.v1i5.130

Abstract

Tingkat kecakapan literasi media guru bahasa Indonesia perlu dikaji karena penggunaan media digital dalam pembelajaran berdampak pada kondusivitas pembelajaran keterampilan berbahasa. Penelitian ini mengkaji tingkat literasi media guru Bahasa Indonesia SMP/SMA di Jawa Tengah berdasarkan pola kerja kompetensi individu. Penelitian ini mengadopsi metode penelitian kuantitatif. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner, yang disusun menurut pola kerja kompetensi individu. Teknik pemilihan sampel menggunakan prosedur sampling dua tahap. Sampel penelitian ini adalah 84 guru Bahasa Indonesia SMP/SMA di Provinsi Jawa Tengah. Analisis data menggunakan tabel frekuensi (bobot) dan tabel skor akhir kategori. Tahapan proses analisis data meliputi kodifikasi, penskoran, dan pengambilan keputusan. Tingkat literasi media dihitung berdasarkan hasil angket dan ditentukan berdasarkan bobot setiap standar. Tingkat literasi media dibagi menjadi dasar (<70), menengah (70-130), dan lanjutan (>130). Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi media guru SMP/SMA Bahasa Indonesia di Jawa Tengah berada pada level menengah, dengan skor rata-rata 78. Tingkat literasi media pada level tersebut cukup dalam menjalankan tugas dan peran guru, tetapi perlu upaya peningkatan yang didukung oleh seluruh pemangku kepentingan.
PERSEPSI GURU TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DENGAN PROTOKOL KESEHATAN
Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang No. 5 (2023)
Publisher : Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1529/kp.v1i5.131

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk membantu guru menentukan aktivitas yang tepat dalam pembelajaran pendidikan jasmani dengan protokol kesehatan. Tujuan penelitian ini mengetahui persepsi guru pendidikan jasmani dalam menghadapi sistem pembelajaran offline di era pasca pandemi covid-19. Metode berupa studi kasus dengan penelitian kualitatif deskriptif. Pertanyaan pokok penelitian ini; Bagaimana persepsi guru Penjasorkes saat diminta mengajar secara offline dengan protokol kesehatan? ; Bagaimana pengalaman guru Penjasorkes saat beralih dari pembelajaran online ke offline dengan penerapan protokol kesehatan? Dan; Apakah cara pandang guru penjas berubah setelah pembelajaran offline dengan penerapan protokol kesehatan?. Teknik analisis data : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Lima poin pokok dari analisis data: (a) Terbatasnya ruang untuk kegiatan siswa (b) Tantangan pembelajaran dengan penerapan protokol kesehatan; (c) Kreativitas guru dalam mengolah pembelajaran dengan protokol kesehatan; (d) Siswa antusias setelah lama belajar daring; (e) Ketersediaan fasilitas penunjang protokol kesehatan di sekolah.
MODEL PRAKTEK BERBASIS VIRTUAL LABORATORY DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING : ANALISIS DARI SKILL DIGITAL, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA
Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang No. 5 (2023)
Publisher : Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1529/kp.v1i5.132

Abstract

Di dalam pelaksanaan pembelajaran praktek berbasis virtual laboratory memperlukan beberapa persyaratan dan kesiapan guna memenuhi hasil belajar yang lebih efektif mencakup faktor motivasi dari mahasiswa, skill digital. Tujuan penelitian : 1) Menganalisis pengaruh motivasi mahasiswa terhadap hasil belajar dalam model pembelajaran praktek berbasis virtual laboratory, 2) Menganalisis pengaruh skill digital mahasiwa terhadap hasil belajar mahasiswa dalam model pembelajaran praktek berbasis virtual laboratory, 3) Menganalisis pengaruh motivasi dan skill digital mahasiswa terhadap hasil belajar mahasiswa dalam pelaksanaan model pembelajaran praktek berbasis virtual laboratory. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain survei. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Model pembelajaran mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa, 2) Motivasi belajar mahasiswa mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa, 3) Skill digital mempunyai pengaruh yang siginifikan terhadap hasil belajar mahasiswa, 4) Model pembelajaran mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap motivasi mahasiswa , 5) Skill digital mempunyai pengaruh yang siginifikan terhadap motivasi mahasiswa

Page 1 of 1 | Total Record : 5