cover
Contact Name
Desi Dwi Kristanto
Contact Email
desi.dwikristanto@upj.ac.id
Phone
+6287814923466
Journal Mail Official
desi.dwikristanto@upj.ac.id
Editorial Address
Universitas Pembangunan Jaya, Jl. Cendrawasih Raya Blok B7/P Sawah Baru, Ciputat. Tangerang Selatan Banten 15413
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Desainpedia
ISSN : 28302966     EISSN : -     DOI : https://doi.org/10.36262/dpj.v1i1
Journal of Product Design and Visual Communication Design department of Pembangunan Jaya University regularly publish articles biannual. We invite scholars, researchers, and academics to publish research results for three thematic special issues on Design, Lifestyle and Behaviour.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2022): URBAN DESIGN, LIFESTYLE " : 7 Documents clear
Desain Sarana Pengukur Suhu Tubuh New Normal Covid-19 Faradilla Chika Arienta
Desainpedia Journal of Urban Design, Lifestyle & Behaviour Vol 1, No 1 (2022): URBAN DESIGN, LIFESTYLE & BEHAVIOUR
Publisher : Universitas Pembangunan Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (527.799 KB) | DOI: 10.36262/dpj.v1i1.564

Abstract

Abstrak — Saat ini telah memasuki masa new normal pasca pandemi Covid-19 yang mana kita harus menyiapkan diri untuk hidup berdampingan dengan virus yang mendunia ini.  Banyak instansi berlomba-lomba menyiapkan dan menyediakan fasilitas yang dapat mengatur pergerakan tiap orang guna menekan angka penularan virus Covid-19. Penelitian ini dibuat untuk menyediakan fasilitas yang dirasa mampu membantu memudahkan kita hidup di masa new normal seperti ini. Metode yang dilakukan dalam pelaksanaan penelitian ini diawali dengan observasi lapangan, identifikasi aktivitas seseorang ketika ingin mengakses sebuah gedung selanjutnya kita dapat menentukan produk seperti apa yang bisa membantu memudahkan seseorang mengakses sebuah gedung. Hasil yang diperoleh adalah desain tiang pengukur suhu yang dapat mengukur suhu sendiri sehingga dapat membatasi jarak antar individu dan di desain menggunakan material yang bisa di atur sesuai kebutuhan yang telah sesuai dengan prinsip ergonomi.
Penggunaan Sinar Uv Sebagai Sterilisasi Pada Masa Pandemi Covid-19 Agustinus Leonard Habel; Muhammad Ellbendl Rivaldi
Desainpedia Journal of Urban Design, Lifestyle & Behaviour Vol 1, No 1 (2022): URBAN DESIGN, LIFESTYLE & BEHAVIOUR
Publisher : Universitas Pembangunan Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (535.484 KB) | DOI: 10.36262/dpj.v1i1.563

Abstract

Abstrak — Di masa pandemi Covid-19 saat ini banyak hal berubah termasuk cara kita berinteraksi dengan sesama atau menjalani kehidupan sehari-hari. Saat masa pandemi sekarang masyarakat diharuskan untuk menjaga kesehatan dan kesterilan tubuh untuk mencegah tersebarnya virus Covid-19. adanya physical distancing dan work from home menjadi pilihan untuk mencegah penyebaran Covid-19 secara langsung, tetapi walau ada aturan untuk menjaga jarak dan bekerja dari rumah tetap saja akan ada saat dimana masyarakat akan bersentuhan secara langsung atau tidak langsung  apalagi ada ada beberapa pekerja yang tidak bisa melakukan konsep kerja work from home karena jenis pekerjaan yang tidak mendukung atau karena berada dibagian yang harus untuk datang ke tempat kerja. Untuk menjaga kesehatan diri masyarakat menggunakan masker dan selalu membawa hand sanitizer untuk membersihkan tangan ditambah juga di beberapa tempat disediakan tempat hand sanitizer atau tempat untuk mencuci tangan sehingga dapat tetap terjaga kebersihan dan kehigenisan tubuh. Adanya pekerja yang diharuskan tetap datang ketempat bekerjanya menjadi sebuah keharusan adanya alat untuk tetap menjaga ke higenisan diri atau orang lain di tempat-tempat yang berpotensi untuk berkumpul karena terpaksa contohnya pintu yang harus dipegang gagangnya dan tombol lift yang harus di tekan untuk menuju ke lantai yang diinginkan. Penggunaan sinar uv juga menjadi alternatif dalam sterilisasi sehingga sinar uv juga dapat digunakan sebagai pengganti hand sanitizer dan air yang dapat habis atau sulit disediakan.
Munculnya Kerajaan Fiktif sebagai Fenomena Subkultur di Indonesia Camila Ciu
Desainpedia Journal of Urban Design, Lifestyle & Behaviour Vol 1, No 1 (2022): URBAN DESIGN, LIFESTYLE & BEHAVIOUR
Publisher : Universitas Pembangunan Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (824.65 KB) | DOI: 10.36262/dpj.v1i1.581

Abstract

Abstrak — Fenomena kerajaan fiktif yang sedang marak di Indonesia pada beberapa tahun belakangan menyita banyak perhatian publik. Tanggapan yang diberikan pada peristiwa ini beragam, mulai dari ada yang tidak percaya dan merasa fenomena tersebut konyol hingga ada yang percaya dan menjadi pengikut dari kerajaan-kerajaan fiktif tersebut. Fenomena yang sebenarnya sudah muncul sejak lama ini akan diteliti lebih lanjut dengan tujuan untuk memahami lebih rinci mengenai jenis-jenis kerajaan fiktif yang muncul dan motif yang yang melandasinya serta dampak yang diberikan kepada masyarakat Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan informasi-informasi dari surat kabar online yang dapat dipertanggungjawabkan. Hasil penelitian mengarah pada adanya motif untuk mendapatkan ketenaran hingga motif ekonomi. Para perintis mampu mengumpulkan banyak pengikut dengan memberikan janji-janji palsu yang menarik sehingga motif mereka terpenuhi sedangkan para pengikut dirugikan, tidak hanya dari segi ekonomi, tetapi juga dari segi psikologi. Rasa percaya dalam kalangan masyarakat terhadap pemerintah yang sudah ada menjadi menurun dan kesatuan negara Indonesia menjadi terganggu. Peristiwa ini telah menjadi salah satu fenomena yang merugikan banyak orang hingga negara sehingga masyarakat Indonesia harus belajar untuk tidak mudah percaya terhadap informasi-informasi dengan sumber yang tidak akurat.
Analisis Peran Desain Visual Dalam Meningkatkan Edukasi Medis Tentang Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Diba Nur Hanifa
Desainpedia Journal of Urban Design, Lifestyle & Behaviour Vol 1, No 1 (2022): URBAN DESIGN, LIFESTYLE & BEHAVIOUR
Publisher : Universitas Pembangunan Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (656.662 KB) | DOI: 10.36262/dpj.v1i1.582

Abstract

Abstrak — Pertolongan pertama adalah perawatan yang diberikan segera pada orang yang cedera atau mendadak sakit. Pertolongan pertama tidak menggantikan perawatan medis yang tepat. Pertolongan pertama hanya memberi bantuan sementara sampai mendapatkan perawatan medis yang kompeten, jika perlu, atau sampai kesempatan pulih tanpa perawatan medis yang terpenuhi. Anak-anak perlu mengetahui bagaimana cara menggunakan alat pertolongan pertama pada kecelakaan untuk keselamatan dirinya. Buku ilustrasi merupakan bentuk media informasi yang banyak digunakan untuk anak-anak dan mudah dipahami. Dengan menggunakan buku ilustrasi, diharapkan dapat memberikan pendidikan yang dibutuhkan oleh anak-anak agar dapat memberikan bantuan medis darurat secara efektif. Kata Kunci: pertolongan pertama, medis, aplikasi, perawatan, desain komunikasi visual
Analisis Desain Aplikasi Mobile dalam Membantu Aktivitas Olahraga Berkelompok Muhammad Naufal Hariz
Desainpedia Journal of Urban Design, Lifestyle & Behaviour Vol 1, No 1 (2022): URBAN DESIGN, LIFESTYLE & BEHAVIOUR
Publisher : Universitas Pembangunan Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (554.608 KB) | DOI: 10.36262/dpj.v1i1.588

Abstract

During the COVID-19 pandemic, it is quite difficult to carry out activities outside the home such as studying, working, worshiping, and even sports are recommended at home so that there are no gathering activities and direct contact with other people, but people are starting to realize the importance of health so that sports trends have formed since the beginning of the pandemic, and continues to this day, such as cycling, futsal, and badminton. Sports venue rental applications can make it easier for people who want to exercise without having to bother coming to the rental place. The user interface is a liaison for interaction between users and the system, therefore an attractive user interface must be communicative and easily understood by users in order to provide a good experience for users. Visual design that is easy to understand is very important in designing the user interface of the application, because users get convenience and comfort when interacting with the application and the design can help to meet user needs
Analisis Pengaruh Desain Visual Promosi Industri Musik Pop Korea pada Tingkat Konsumsi Penggemar Drizka Ramadhia
Desainpedia Journal of Urban Design, Lifestyle & Behaviour Vol 1, No 1 (2022): URBAN DESIGN, LIFESTYLE & BEHAVIOUR
Publisher : Universitas Pembangunan Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (780.349 KB) | DOI: 10.36262/dpj.v1i1.553

Abstract

Abstrak — Industri musik pop Korea atau yang lebih dikenal dengan sebutan K-pop merupakan genre musik asal Korea Selatan. Industri musik pop Korea juga memiliki segmen audiens sendiri sama seperti genre musik lainnya. Seiring dengan berkembangnya era digitalisasi mengakses informasi jadi sangat mudah, termasuk mengakses musik. Tidak berhenti hanya dengan musik atau mendengar kan musik lewat aplikasi streaming musik, tapi juga akses terhadap materi promosi artis baik secara digital ataupun produk. Oleh sebab itu, desain visual dari material promosi musisi juga mengambil peranan penting dalam pemasaran musik musisi. Material promosi seperti cover album, poster promosi dan juga produk yang dikeluarkan agensi. Desain visual yang menarik ini bertujuan untuk mempromosikan citra artis, menginterpretasikan musik mereka melalui visual serta menarik perhatian publik. Dengan banyaknya material promosi yang dikeluarkan banyak pula pembelian yang dilakukan oleh penggemar untuk mendukung musisi yang mereka sukai. Oleh sebab itu penulis melakukan penelitian terkait pengaruh desain visual materi promosi musisi pop Korea dengan tingkat konsumsi penggemar. Penelitian ini terlaksana dengan menyebarkan kuesioner dan melakukan riset terkait data yang bersangkutan dengan materi.   
Analisis Desain User Interface pada Aplikasi Pencari Parkir Mobil Muhammad Rizky Arfianto
Desainpedia Journal of Urban Design, Lifestyle & Behaviour Vol 1, No 1 (2022): URBAN DESIGN, LIFESTYLE & BEHAVIOUR
Publisher : Universitas Pembangunan Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (601.415 KB) | DOI: 10.36262/dpj.v1i1.589

Abstract

The rapid population growth has an impact on the increase in the number of vehicles. The problem of parking space needs is a common phenomenon that occurs in Indonesia, many parking systems currently available only record the time of entering and leaving the car and calculating how long the car has been in the parking lot. As the development of increasingly sophisticated technology makes changes in human character to want things that are easy and fast, so is the parking problem that is happening today. In 2019 there is a parking facility application that has the main feature of searching for the nearest parking lot, but the application still does not have complete parking facilities and also a user interface display that still confuses users. A good user interface has aspects of clarity, conciseness, recognizability, responsiveness, consistency and has aesthetic content. Therefore, it is important to design the user interface and usability so that users are more interested and can explore the application and the need for additional features to the application so that the application can have complete features and work well.

Page 1 of 1 | Total Record : 7