cover
Contact Name
Murtafiah
Contact Email
murtafiah@unsulbar.ac.id
Phone
+628114119717
Journal Mail Official
pedamath@unsulbar.ac.id
Editorial Address
Address. Jl. Prof. Dr. Baharuddin Lopa, S.H., Talumung, Majene, West Sulawesi Telp/Fax : (0422) 22559, Website: https://www.unsulbar.ac.id
Location
Kab. majene,
Sulawesi barat
INDONESIA
PEDAMATH: Journal on Pedagogical Mathematics
ISSN : 26549484     EISSN : 26549484     DOI : https://doi.org/10.31605/pedamath.v5i1
Core Subject : Education,
PEDAMATH Journal on Pedagogical Mathematics provides an opportunity for the students, teachers, academicians, researches, and anyone who wants to share the contemporary knowledge in the field of pedagogical mathematics.
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2021): Journal on Pedagogical Mathematics" : 3 Documents clear
PENGARUH MODEL PAIKEM DENGAN METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X MIA SMA NEGERI 1 ALU Santika
PEDAMATH: Journal on Pedagogical Mathematics Vol 3 No 2 (2021): Journal on Pedagogical Mathematics
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (963.654 KB) | DOI: 10.31605/pedamath.v3i2.1915

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model PAIKEM dengan metode tutor sebaya terhadap aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Alu dengan melihat perbandingan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa antara kelas yang menerapkan model PAIKEM dengan metode tutor sebaya (X MIA 2) dengan kelas yang menerapkan model pembelajaran langsung dengan metode ceramah (X MIA 1). Dimana dikatakan berpengaruh apabila aktivitas dan hasil belajar matematika siswa pada kelas yang menerapkan model PAIKEM dengan metode tutor sebaya lebih tinggi dibandingkan dengan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa pada kelas yang menerapkan model pembelajaran langsung dengan metode ceramah. Tehnik pengumpulan data meliputi observasi dan tes hasil belajar. Sedangkan tehnik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial dengan bantuan program SPSS 20 for windows. Analisis statistik deskriptif yang digunakan adalah aktivitas belajar siswa dengan hasil skor rata-rata aktivitas belajar sebesar 66.94 untuk kelas kontrol sedangkan untuk kelas eksperimen diperoleh skor rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 74.24. Selanjutnya, adalah N-Gain dengan hasil skor rata-rata N-Gain hasil belajar matematika sebesar 0.5718 untuk kelas kontrol sedangkan untuk kelas eksperimen diperoleh skor rata-rata N-Gain hasil belajar matematika sebesar 0.7633. Dari hasil aktivitas belajar dan N-Gain hasil belajar matematika tersebut menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model PAIKEM dengan metode tutor sebaya lebih tinggi dibandingkan dengan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode ceramah yang berarti ada pengaruh model PAIKEM dengan metode tutor sebaya terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X MIA SMAN 1 Alu.
PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 TINAMBUNG Nur Fajriani
PEDAMATH: Journal on Pedagogical Mathematics Vol 3 No 2 (2021): Journal on Pedagogical Mathematics
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (728.969 KB) | DOI: 10.31605/pedamath.v3i2.1916

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 1 Tinambung. Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto yang bersifat kausal komparatif dengan sampel penelitian sebanyak 61 siswa yaitu kelas IX A dan kelas IX B SMP Negeri 1 Tinambung yang dipilih dengan menggunakan sampling acak. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen: (1) angket kepercayaan diri, (2) tes kemampuan komunikasi matematis, dan (3) tes hasil belajar matematika. Analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif dan analisis inferensial. Hasil pengujian deskriptif data menunjukkan bahwa: (1) rata-rata skor persentase kepercayaan diri siswa berada pada kategori sedang. (2) rata-rata skor persentase kemampuan komunikasi matematis siswa berada pada kategori tinggi, dan (3) rata- rata skor persentase hasil belajar matematika siswa berada pada kategori tinggi. Adapun hipotesis dalam penelitian ini ada 3 dengan hasil pegujian menggunakan analisis regresi, yaitu: (1) kepercayaan diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil matematika siswa, (2) kemampuan komunikasi matematis berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika, (3) kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi matematis berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika.
PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VIII SMP NEGERI 2 POLEWALI Syahrul Permadi
PEDAMATH: Journal on Pedagogical Mathematics Vol 3 No 2 (2021): Journal on Pedagogical Mathematics
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (842.421 KB) | DOI: 10.31605/pedamath.v3i2.1917

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Polewali. Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto yang bersifat kausalitas dengan sampel penelitian sebanyak 64 siswa yaitu 13 siswa kelas VIII 1, 13 siswa kelas VIII 2, 13 siswa kelas VIII 3, 13 siswa kelas VIII 4 dan 12 siswa kelas VIII 5 SMP Negeri 2 Polewali yang dipilih dengan menggunakan proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen: (1) angket perhatian orang tua, (2) angket kemandirian belajar, (3) tes hasil belajar matematika. Analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif dan analisis inferensial. Hasil analisis deskriptif data menunjukkan bahwa: (1) perhatian orang tua berada pada kategori sangat tinggi, (2) kemandirian belajar berada pada kategori sangat tinggi, dan (3) hasil belajar matematika siswa berada pada kategori cukup. Hasil uji hipotesis menggunakan analisis regresi linear sederhana dan regresi linear berganda, yaitu: (1) perhatian orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa, (2) kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa, (3) perhatian orang tua dan kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 3