cover
Contact Name
Yana Priyana
Contact Email
mrpyana@gmail.com
Phone
+6282115575700
Journal Mail Official
info@westscience-press.com
Editorial Address
Grand Slipi Tower, level 42 Unit G-H Jl. S Parman Kav 22-24, RT. 01 RW. 04 Kel. Palmerah Kec. Palmerah Jakarta Barat 11480
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan West Science
Published by Westscience Press
ISSN : 29869935     EISSN : 29853818     DOI : https://doi.org/10.58812/jekws.v1i02
Core Subject : Economy,
Jurnal yang diterbitkan oleh West Science Press. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan West Science diterbitkan oleh Westscience Press, yang bertujuan sebagai media pertukaran informasi dan karya ilmiah di bidang bisnis, ekonomi, manajemen dan kewirausahaan.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 01 (2023): Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan West Science" : 5 Documents clear
Analisis Pertumbuhan Ekonomi Dan Pengembangan Sektor Potensial Di Kabupaten Sukabumi Deni Indra Lesmana
Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan West Science Vol 1 No 01 (2023): Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan West Science
Publisher : Westscience Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (491.709 KB)

Abstract

Pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu tolok ukur yang dapat digunakan untuk meningkatkan perkembangan suatu wilayah dari berbagai sektor ekonomi yang secara tidak langsung menggambarkan tingkat perubahan ekonomi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan ini digunakan untuk mendapatkan analisis data yang komprehensif, deskriptif, dan analitis. Oleh karena itu, untuk penelitian ini, penulis menggunakan 2 (dua) metode pengumpulan data yaitu metode dokumentasi dan wawancara. Sektor ekonomi pada Tipologi I merupakan sektor dengan tingkat potensi pengembangan yang “khusus” karena merupakan sektor basis (LQ > 1). Selain itu, di Kabupaten Sukabumi pertumbuhannya lebih cepat dibandingkan di tingkat provinsi (Dj > 0), meskipun di tingkat provinsi juga berkembang pesat. (Pj rata-rata positif). Sektor ini akan mendatangkan pendapatan yang tinggi dan pada akhirnya mampu meningkatkan PDRB Kabupaten Sukabumi. Sektor ekonomi yang paling potensial dan strategis untuk dikembangkan guna memacu dan menunjang pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Sukabumi adalah sektor industri pengolahan kemudian sektor jasa. Berdasarkan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang ada di lapangan, dapat diterapkan beberapa strategi terkait pengembangan industri pengolahan.
Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Pasar Cisaat Kabupaten Sukabumi Eki Saputra
Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan West Science Vol 1 No 01 (2023): Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan West Science
Publisher : Westscience Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (422.961 KB)

Abstract

Populasi penelitian yaitu pedagang Pasar Cisaat Kabupaten Sukabumi sebanyak 958 pedagang pasar. Jumlah sampel yang diperoleh berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan berjumlah 90 pedagang pasar. Data yang digunakan berupa data primer yang diambil dengan metode angket. Dengan menggunakan teknik analisis regresi berganda, uji hipotesis secara parsial (uji t), uji hipotesis secara simultan (uji F) dan koefisien determinasi ganda pada level significance 5%. Hasil uji hipotesis secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa nilai modal berpengaruh signifikan pada pendapatan pedagang pasar, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Lokasi berdagang berpengaruh signifikan pada pendapatan pedagang pasar, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Kondisi tempat berdagang berpengaruh signifikan pada pendapatan pedagang pasar dengan nilai signifikansi sebesar 0,001. Hasil uji hipotesis secara serempak (uji F) dapat diketahui bahwa modal, lokasi berdagang, kondisi tempat berdagang secara simultan berpengaruh signifikan pada pendapatan pedagang pasar dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Hasil perhitungan dengan uji koefisien determinasi ganda dapat diketahui bahwa modal, lokasi berdagang, kondisi tempat berdagang secara bersama-sama mempengaruhi variabel dependen pendapatan pedagang pasar sebesar 52,8%, sedangkan sisanya sebesar 47,2% disebabkan oleh faktor-faktor lain.
Peran BMT dalam Pengembangan Usaha Mikro Kecil (Studi Kasus Pada BMT Ibaadurrahman Kota Sukabumi) Sandi Rahayu
Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan West Science Vol 1 No 01 (2023): Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan West Science
Publisher : Westscience Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (358.368 KB)

Abstract

Pengembangan usaha mikro memiliki hubungan yang sangat erat dengan upaya pemberdayaan masyarakat miskin yang merupakan pelaku utama usaha tersebut. BMT Ibaadurrahman sebagai salah satu Lembaga keuangan syariah hadir sebagai wujud perkembangan aspirasi masyarakat yang menginginkan kegiatan perekonomian dengan berdasarkan prinsip syariah, dapat mengeluarkan masyarakat kecil dari kemiskinan dan dari jeratan rentenir. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang Peran BMT Ibaadurrahman Dalam Pengembangan Usaha Mikro kecil di kota Sukabumi. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yang bersifat kualitatif yaitu dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti yang terlibat langsung dengan BMT Ibaadurrahman, sedangkan dokumentasi dilakukan dengan cara mengumpulkan dokumen-dokumen yang ada hubungannya dengan pengembangan usaha mikro kecil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran BMT Ibaadurrahman dalam pengembangan Usaha Mikro Kecil di Kota Sukabumi sudah sangat maksimal, hal ini dibuktikan dengan dibukanya lapangan pekerjaan diberbagai sektor untuk menyerap tenaga kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat kecil atau kurang mampu. Namun, ada beberapa problematika yang harus dihadapi oleh BMT Ibaadurrahman diantaranya dari pihak eksternal (nasabah) dan pihak internal BMT Ibaadurrahman. Meskipun demikian, BMT Ibaadurrahman tetap memiliki strategi-strategi khusus dalam mengahdapi problematika tersebut. Dengan memberikan pelatihan-pelatihan dan mempermudah pelayanan pembiayaan di BMT Ibaadurrahman maka dapat mengembangkan usaha mikro kecil.
Strategi Pemasaran Syariah Untuk Augmented Products (Studi Kasus Hotel Sakinah) Agung Zulfikri; Sarah Farihah
Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan West Science Vol 1 No 01 (2023): Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan West Science
Publisher : Westscience Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (742.856 KB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah dengan maraknya dunia persaingan bisnis saat ini, khususnya pada bidang perhotelan menyebabkan banyaknya perusahaan yang harus bisa mempertahankan produk yang mereka tawarkan. Cara yang paling tepat yaitu dengan adanya produk pesaing ataupun jasa yang dapat memberikan manfaat tambahan bagi para konsumennya atau yang sering disebut sebagai Augmented Product. Augmented Product yaitu ada sesuatu nilai tambah yang di luar apa yang dibayangkan konsumen. Nilai tambah tersebut dapat kita lihat pada fasilitas hotel yaitu kamar dengan Augmented Product berupa Al-Qur’an, Surah Yasin, Sajadah, dan Penunjuk Arah Kiblat, pada dekorasi dan ornamen dengan Augmented Product yang bernuansa modern, minimalis, dan nuansa Islami, dan pada makanan dan minuman dengan Augmented Product makanan dan minuman yang halal dan sangat terjaga kebersihannya serta dengan adanya Sertifikat yang dikeluarkan oleh MUI. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan pada Hotel Sakinah Sukabumi yang beralamat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran hotel Sakinah terhadap Augmented Product dan bagaimana strategi pemasaran hotel Sakinah terhadap Augmented Product menurut Ekonomi Islam. Adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dari penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder yang diperoleh langsung dari Hotel Sakinah dan buku - buku yang berkaitan kemudian dianalisa menggunakan analisa deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah : Hotel Sakinah adalah hotel yang memiliki Augmented Product, dan dalam strategi pemasarannya selalu memperhatikan komponen 7P yang terdapat pada marketing mix yaitu yang terdiri atas : Product, Price, Place, Process, People of Participant, Physical evidence dan Promotion sesuai dengan aturan syariah, dimana semua produk dan pelayanan telah menerapkan prinsip syariah.
Pengaruh Harga Terhadap Perilaku Konsumen Belanja (Studi Eksperimen Pada Tsabita Hijab Syar’i Sukabumi) Suci Lestari; Yana Priyana
Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan West Science Vol 1 No 01 (2023): Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan West Science
Publisher : Westscience Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (732.852 KB)

Abstract

Semakin majunya perkembangan zaman menyebabkan selera konsumen makin cepat berubah dan konsumen semakin selektif dalam memilih tempat berbelanja. Strategi harga sangat penting dilakukan oleh Tsabita Hijab Syar’i Sukabumi untuk menarik konsumen. Dalam penelitian ini terdapat dua variable yaitu variable X dan variable Y. penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh harga terhadap perilaku belanja konsumen pada Tsabita Hijab Syar’i Sukabumi. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah Bagaimana harga produk di Tsabita Hijab Syar’i? Bagaimana perilaku belanja konsumen di Tsabita Hijab Syar’i? Bagaimana pengaruh harga terhadap perilaku konsumen belanja di Tsabita Hijab Syar’i? adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah hubungan harga terhadap perilaku belanja konsumen di Tsabita Hijab Syar‘i Sukabumi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Harga berpengaruh terhadap Perilaku Belanja Konsumen. Dari kesimpulan diatas dapat pertanggungan jawabkan untuk menarik kesimpulan mengenai pengaruh harga terhadap perilaku belanja konsumen. Dari persamaan ini dapat diartikan bahwa peningkatan satu unit nilai pada harga menyebabkan peningkatan sebesar 0,822124-unit nilai pada perilaku belanja konsumen. Koefisien determinasi yaitu sebesar 0,675888 ini menunjukan bahwa 67,5% varians yang terjadi pada perilaku belanja konsumen dijelaskan oleh varians Harga melalui persamaan Y= 0,6186 + 1,058129 X. Sehingga pengaruh harga terhadap perilaku belanja konsumen signifikan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5