cover
Contact Name
Yana Priyana
Contact Email
mrpyana@gmail.com
Phone
+6282115575700
Journal Mail Official
info@westscience-press.com
Editorial Address
Grand Slipi Tower, level 42 Unit G-H Jl. S Parman Kav 22-24, RT. 01 RW. 04 Kel. Palmerah Kec. Palmerah Jakarta Barat 11480
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan West Science
Published by Westscience Press
ISSN : 29869935     EISSN : 29853818     DOI : https://doi.org/10.58812/jekws.v1i02
Core Subject : Economy,
Jurnal yang diterbitkan oleh West Science Press. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan West Science diterbitkan oleh Westscience Press, yang bertujuan sebagai media pertukaran informasi dan karya ilmiah di bidang bisnis, ekonomi, manajemen dan kewirausahaan.
Articles 30 Documents
Analisis Pertumbuhan Ekonomi Dan Pengembangan Sektor Potensial Di Kabupaten Sukabumi Deni Indra Lesmana
Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan West Science Vol 1 No 01 (2023): Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan West Science
Publisher : Westscience Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (491.709 KB)

Abstract

Pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu tolok ukur yang dapat digunakan untuk meningkatkan perkembangan suatu wilayah dari berbagai sektor ekonomi yang secara tidak langsung menggambarkan tingkat perubahan ekonomi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan ini digunakan untuk mendapatkan analisis data yang komprehensif, deskriptif, dan analitis. Oleh karena itu, untuk penelitian ini, penulis menggunakan 2 (dua) metode pengumpulan data yaitu metode dokumentasi dan wawancara. Sektor ekonomi pada Tipologi I merupakan sektor dengan tingkat potensi pengembangan yang “khusus” karena merupakan sektor basis (LQ > 1). Selain itu, di Kabupaten Sukabumi pertumbuhannya lebih cepat dibandingkan di tingkat provinsi (Dj > 0), meskipun di tingkat provinsi juga berkembang pesat. (Pj rata-rata positif). Sektor ini akan mendatangkan pendapatan yang tinggi dan pada akhirnya mampu meningkatkan PDRB Kabupaten Sukabumi. Sektor ekonomi yang paling potensial dan strategis untuk dikembangkan guna memacu dan menunjang pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Sukabumi adalah sektor industri pengolahan kemudian sektor jasa. Berdasarkan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang ada di lapangan, dapat diterapkan beberapa strategi terkait pengembangan industri pengolahan.
Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Pasar Cisaat Kabupaten Sukabumi Eki Saputra
Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan West Science Vol 1 No 01 (2023): Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan West Science
Publisher : Westscience Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (422.961 KB)

Abstract

Populasi penelitian yaitu pedagang Pasar Cisaat Kabupaten Sukabumi sebanyak 958 pedagang pasar. Jumlah sampel yang diperoleh berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan berjumlah 90 pedagang pasar. Data yang digunakan berupa data primer yang diambil dengan metode angket. Dengan menggunakan teknik analisis regresi berganda, uji hipotesis secara parsial (uji t), uji hipotesis secara simultan (uji F) dan koefisien determinasi ganda pada level significance 5%. Hasil uji hipotesis secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa nilai modal berpengaruh signifikan pada pendapatan pedagang pasar, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Lokasi berdagang berpengaruh signifikan pada pendapatan pedagang pasar, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Kondisi tempat berdagang berpengaruh signifikan pada pendapatan pedagang pasar dengan nilai signifikansi sebesar 0,001. Hasil uji hipotesis secara serempak (uji F) dapat diketahui bahwa modal, lokasi berdagang, kondisi tempat berdagang secara simultan berpengaruh signifikan pada pendapatan pedagang pasar dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Hasil perhitungan dengan uji koefisien determinasi ganda dapat diketahui bahwa modal, lokasi berdagang, kondisi tempat berdagang secara bersama-sama mempengaruhi variabel dependen pendapatan pedagang pasar sebesar 52,8%, sedangkan sisanya sebesar 47,2% disebabkan oleh faktor-faktor lain.
Peran BMT dalam Pengembangan Usaha Mikro Kecil (Studi Kasus Pada BMT Ibaadurrahman Kota Sukabumi) Sandi Rahayu
Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan West Science Vol 1 No 01 (2023): Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan West Science
Publisher : Westscience Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (358.368 KB)

Abstract

Pengembangan usaha mikro memiliki hubungan yang sangat erat dengan upaya pemberdayaan masyarakat miskin yang merupakan pelaku utama usaha tersebut. BMT Ibaadurrahman sebagai salah satu Lembaga keuangan syariah hadir sebagai wujud perkembangan aspirasi masyarakat yang menginginkan kegiatan perekonomian dengan berdasarkan prinsip syariah, dapat mengeluarkan masyarakat kecil dari kemiskinan dan dari jeratan rentenir. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang Peran BMT Ibaadurrahman Dalam Pengembangan Usaha Mikro kecil di kota Sukabumi. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yang bersifat kualitatif yaitu dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti yang terlibat langsung dengan BMT Ibaadurrahman, sedangkan dokumentasi dilakukan dengan cara mengumpulkan dokumen-dokumen yang ada hubungannya dengan pengembangan usaha mikro kecil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran BMT Ibaadurrahman dalam pengembangan Usaha Mikro Kecil di Kota Sukabumi sudah sangat maksimal, hal ini dibuktikan dengan dibukanya lapangan pekerjaan diberbagai sektor untuk menyerap tenaga kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat kecil atau kurang mampu. Namun, ada beberapa problematika yang harus dihadapi oleh BMT Ibaadurrahman diantaranya dari pihak eksternal (nasabah) dan pihak internal BMT Ibaadurrahman. Meskipun demikian, BMT Ibaadurrahman tetap memiliki strategi-strategi khusus dalam mengahdapi problematika tersebut. Dengan memberikan pelatihan-pelatihan dan mempermudah pelayanan pembiayaan di BMT Ibaadurrahman maka dapat mengembangkan usaha mikro kecil.
Strategi Pemasaran Syariah Untuk Augmented Products (Studi Kasus Hotel Sakinah) Agung Zulfikri; Sarah Farihah
Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan West Science Vol 1 No 01 (2023): Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan West Science
Publisher : Westscience Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (742.856 KB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah dengan maraknya dunia persaingan bisnis saat ini, khususnya pada bidang perhotelan menyebabkan banyaknya perusahaan yang harus bisa mempertahankan produk yang mereka tawarkan. Cara yang paling tepat yaitu dengan adanya produk pesaing ataupun jasa yang dapat memberikan manfaat tambahan bagi para konsumennya atau yang sering disebut sebagai Augmented Product. Augmented Product yaitu ada sesuatu nilai tambah yang di luar apa yang dibayangkan konsumen. Nilai tambah tersebut dapat kita lihat pada fasilitas hotel yaitu kamar dengan Augmented Product berupa Al-Qur’an, Surah Yasin, Sajadah, dan Penunjuk Arah Kiblat, pada dekorasi dan ornamen dengan Augmented Product yang bernuansa modern, minimalis, dan nuansa Islami, dan pada makanan dan minuman dengan Augmented Product makanan dan minuman yang halal dan sangat terjaga kebersihannya serta dengan adanya Sertifikat yang dikeluarkan oleh MUI. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan pada Hotel Sakinah Sukabumi yang beralamat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran hotel Sakinah terhadap Augmented Product dan bagaimana strategi pemasaran hotel Sakinah terhadap Augmented Product menurut Ekonomi Islam. Adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dari penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder yang diperoleh langsung dari Hotel Sakinah dan buku - buku yang berkaitan kemudian dianalisa menggunakan analisa deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah : Hotel Sakinah adalah hotel yang memiliki Augmented Product, dan dalam strategi pemasarannya selalu memperhatikan komponen 7P yang terdapat pada marketing mix yaitu yang terdiri atas : Product, Price, Place, Process, People of Participant, Physical evidence dan Promotion sesuai dengan aturan syariah, dimana semua produk dan pelayanan telah menerapkan prinsip syariah.
Pengaruh Harga Terhadap Perilaku Konsumen Belanja (Studi Eksperimen Pada Tsabita Hijab Syar’i Sukabumi) Suci Lestari; Yana Priyana
Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan West Science Vol 1 No 01 (2023): Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan West Science
Publisher : Westscience Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (732.852 KB)

Abstract

Semakin majunya perkembangan zaman menyebabkan selera konsumen makin cepat berubah dan konsumen semakin selektif dalam memilih tempat berbelanja. Strategi harga sangat penting dilakukan oleh Tsabita Hijab Syar’i Sukabumi untuk menarik konsumen. Dalam penelitian ini terdapat dua variable yaitu variable X dan variable Y. penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh harga terhadap perilaku belanja konsumen pada Tsabita Hijab Syar’i Sukabumi. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah Bagaimana harga produk di Tsabita Hijab Syar’i? Bagaimana perilaku belanja konsumen di Tsabita Hijab Syar’i? Bagaimana pengaruh harga terhadap perilaku konsumen belanja di Tsabita Hijab Syar’i? adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah hubungan harga terhadap perilaku belanja konsumen di Tsabita Hijab Syar‘i Sukabumi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Harga berpengaruh terhadap Perilaku Belanja Konsumen. Dari kesimpulan diatas dapat pertanggungan jawabkan untuk menarik kesimpulan mengenai pengaruh harga terhadap perilaku belanja konsumen. Dari persamaan ini dapat diartikan bahwa peningkatan satu unit nilai pada harga menyebabkan peningkatan sebesar 0,822124-unit nilai pada perilaku belanja konsumen. Koefisien determinasi yaitu sebesar 0,675888 ini menunjukan bahwa 67,5% varians yang terjadi pada perilaku belanja konsumen dijelaskan oleh varians Harga melalui persamaan Y= 0,6186 + 1,058129 X. Sehingga pengaruh harga terhadap perilaku belanja konsumen signifikan.
Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Dan Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha (Survei Pada SMK Swasta Di Kota Bogor) Marina Marina
Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan West Science Vol 1 No 02 (2023): Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan West Science
Publisher : Westscience Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (397.43 KB) | DOI: 10.58812/jekws.v1i02.236

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha siswa SMK Swasta di Kota Bogor. (2) Pengaruh kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha siswa SMK Swasta di Kota Bogor. (3) Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha siswa SMK Swasta di Kota Bogor. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian angket untuk semua variabel bebas dan terikat. Sampel yang diambil dalam penelitian ini berasal dari populasi terjangkau siswa kelas XI SMK Swasta Yasbam dan SMK Swasta Bhakti Insani tahun ajaran 2021/2022 dengan Teknik pengambilan sampel Proporsional stratified random sampling. Sebelum melakukan uji hipotesis, peneliti melakukan uji persyaratan data yaitu uji normalitas data menunjukan bahwa data atau sampel setiap variabel berdistribusi normal. Untuk hasil perhitungan uji linieritas menunjukan bahwa regresi berpola linier. Sementara itu, Hasil uji hipotesis utama menggunakan korelasi ganda menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif antara variabel bebas pertama dan variabel bebas kedua dalam model regresi. Hasil penelitian menyimpulkan: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan Pengetahuan Kewirausahaan dan Efikasi Diri Secara Bersama-sama terhadap Minat Berwirausaha siswa SMK di Kota Bogor. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig 0,001 < 0,05 dan F hitung = 7,867, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK swasta di Kota Bogor. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig 0,041 < 0,05 dan t hitung = 2,071, serta (3) Terdapat Pengaruh yang signifikan Efikasi Diri terhadap Minat Berwirausaha siswa SMK Swasta di Kota Bogor. Hal ini dibuktikan dengan sig 0,019 < 0,05 dan t hitung = 2,392.
The Influence of Entrepreneurship Intellectual Capital in The Contribution to Economic Growth in The City of Bandung Chairul Hakim; Titien Agustina; Arief Yanto Rukmana; Joni Hendra; Herry Ramadhani
Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan West Science Vol 1 No 02 (2023): Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan West Science
Publisher : Westscience Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (399.687 KB) | DOI: 10.58812/jekws.v1i02.237

Abstract

Entrepreneurship and innovation are significant economic growth factors in cities, including Bandung, Indonesia. This study intends to investigate the impact of entrepreneurial intellectual capital on Bandung's economic growth. Using a convenience sampling technique, data were obtained from 300 Bandung entrepreneurs. Even after controlling for other characteristics such as education, age, and gender, the study discovered that entrepreneurial intellectual capital has a considerable beneficial impact on Bandung's economic growth. This research shows that officials in Bandung should prioritize fostering entrepreneurship and innovation to assist the city's economic growth.
Entrepreneurial Ecosystem: Interaction between Government Policy, Funding and Networks (Study on Entrepreneurship in West Java) Egidius Fkun; Muhammad Yusuf; Arief Yanto Rukmana; Zahra Fitriana Putri; M. Ade Kurnia Harahap
Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan West Science Vol 1 No 02 (2023): Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan West Science
Publisher : Westscience Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (414.33 KB) | DOI: 10.58812/jekws.v1i02.248

Abstract

This study examines the entrepreneurial ecosystem in West Java, Indonesia, and explores the interaction between government policy, funding, and networks in shaping the ecosystem. The study uses a mixed-methods approach, including surveys and interviews with entrepreneurs and key regional stakeholders. The findings suggest that government policy, such as tax incentives and support for small and medium enterprises, is critical in creating a supportive environment for entrepreneurship in the region. Funding and networking opportunities were identified as essential components of the ecosystem. The study highlights the need for more investment-ready businesses and networking opportunities for entrepreneurs in the region. The study also identifies several challenges entrepreneurs face in the region,including limited access to funding and networking opportunities, and regulatory barriers. The study concludes that continued support for entrepreneurship in the region is necessary and suggests areas for future research, including the impact of specific government policies, cultural factors, and technology on the entrepreneurial ecosystem in West Java. Overall, this study provides valuable insights into the factors that shape the entrepreneurial ecosystem in West Java and has important implications for policymakers and stakeholders seeking to support entrepreneurship in the region.
Pengaruh Dukungan Orang Tua, Harga Diri, Pengakuan Peluang, dan Jejaring terhadap Niat Berwirausaha di Kalangan Mahasiswa Manajemen di Kota Bandung Arief Yanto Rukmana; Rizal Bakti; Hadiansyah Ma’sum; Lulu Ulfa Sholihannnisa; Efendi Efendi
Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan West Science Vol 1 No 02 (2023): Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan West Science
Publisher : Westscience Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (427.97 KB) | DOI: 10.58812/jekws.v1i02.249

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan orang tua, harga diri, pengenalan peluang, dan jejaring terhadap niat berwirausaha di kalangan manajemen mahasiswa di Kota Bandung, Indonesia. Penelitian menggunakan desain survei kuantitatif dan mengumpulkan data dari 384 peserta manajemen mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengenalan peluang dan jejaring berpengaruh positif signifikan terhadap intensi berwirausaha, sedangkan dukungan orang tua dan harga diri tidak berpengaruh signifikan. Temuan ini memiliki implikasi penting untuk mempromosikan kewirausahaan di kalangan manajemen mahasiswa di Indonesia, dengan fokus pada pengembangan pengenalan peluang dan keterampilan berjejaring.
Regulatory Environmental Impact, Contract Law, Intellectual Property Rights, and Taxation of Entrepreneurial Activities in Bandung City Anis Okta Cahyaningrum; Riko Mersandro Permana; Arief Yanto Rukmana; Suroso Suroso; Fachrurazi Fachrurazi
Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan West Science Vol 1 No 02 (2023): Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan West Science
Publisher : Westscience Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (400.78 KB) | DOI: 10.58812/jekws.v1i02.250

Abstract

This study investigates the regulatory environment impacting entrepreneurial activities in Bandung City, focusing on environmental impact, contract law, intellectual property rights, and taxation. The study employs a mixed-methods approach, including a survey of 100 entrepreneurs and interviews with key stakeholders. The results indicate that entrepreneurs in Bandung City face significant challenges in complying with environmental impact regulations, protecting their intellectual property rights, and navigating the complex tax system.These challenges can significantly impact the success of entrepreneurial activities and discourage entrepreneurship in the region. The study identifies several strategies for supporting entrepreneurial activities in Bandung City, including improving the clarity and consistency of regulations, enhancing awareness and understanding of intellectual property rights, and simplifying the tax system. Policymakers could also explore other strategies, such as providing training and support for entrepreneurs on regulatory compliance and intellectual property management. The study highlights the need for policymakers to balance the benefits of regulation with the potential burdens on entrepreneurial activities and adopt a more entrepreneurial mindset in designing policies that support innovation and economic growth.

Page 1 of 3 | Total Record : 30